alexa-tracking

[ASK] Game engine Godot

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/540705e4a1cb17b34c8b456d/ask-game-engine-godot
[ASK] Game engine Godot
Gan, ane mau tanya nih,ada gak yang udah nyobain game engine godot? klo udah ada, mohon share tutorialnya gan. sekalian sama2 belajar juga gan klo mau. yang belum tw godot, bisa langsung ke TKP gan http://www.godotengine.org/
Kayaknya enggak deh gan, soalnya bahasa yg dipake custom. Rata2 engine yg pake custom language buat scripting tuh yg kurang diminati (kecuali emang dah dikenal orang, macam UDK ato Gamemaker)
Lebih suka coding sendiri daripada pake engine emoticon-Malu
KASKUS Ads
Quote:


Saking sukanya nekad bikin game 3D pake XNA emoticon-Matabelo
Quote:


XNA itu apa gan? masih pemula di game making emoticon-Matabelo
Quote:


Game frameworknya Microsoft, bisa buat X360, PC, sama WP7. Tapi sekarang dah diambil alih fungsinya sama MonoGame. MonoGame sendiri bisa dipake buat PC, PS3, Android, iOS, sama PS4.

Ane bilang nekad soalnya XNA itu bukan engine, cuman sekadar framework. Physicsnya (collision, gravitasi, de el el) aja musti kita tulis sendiri. Dukungan buat scene/level? Tulis sendiri. Mau pake sistem entity-component? Tulis sendiri. Pathfinding? Tulis sendiri. PDKT gebetan pake surat? Tulis sendiri.

Yg terakhir gak nyambung. Tauk kenapa ane tulis itu.

Tapi ada enaknya juga sih pake framework gini. Kita jadi lebih bebas mengekspresikan diri. Kayaknya ini yg bikin om neko jadi kepincut. Ane juga dulu (sampe skarang sih) sukanya karena ini.
Quote:


sepertinya menarik. soalnya kita bisa bebas mau bawa kmn game yang kita buat. gan, ane jadi tertarik. ada referensi kah yang cocok buat pemula seperti ane gan. kali aja bisa ikut nimbrung emoticon-Malu (S)
Quote:


Cari ebook/tutorial dari google aja gan. Referensinya bejibun, malah menurut ane, satu2nya framework yg bisa nandingin jumlah referensi Unity cuman XNA/Monogame. XNA sama Monogame itu cara pake librarynya sama persis, cuman beda waktu ngimport aset ke dalam project aja (XNA bisa langsung, Monogame pake tool tambahan). Tapi semua referensi XNA berlaku di Monogame.
Untuk jadikan XNA ke Android berbayar ga gan ?
Quote:


dewa nih agan emoticon-Matabelo
Kalau masih newbie mending pakai gameengine macam godot atau unity atau ada yang baru itu cocoscreator. Karena game itu komplek, yang harus diurus dari render, AI, resource management (sprite, sound, level editor, dll), struktur data, physics, dan masih banyak lagi. Kalau pakai game engine setidaknya render, resource, physics sudah di handle sama engine, kita tinggal fokus dengan game kita dan AI aja.
ada yang tahu cara bikin glow effect spt ini di godot ?? kalau di unreal engine4 gampang ~_~

Spoiler for glow:


ane suka Godot karena workflownya simple
Ini game engine prospek ke depannya gimana ya?

Selama ini saya pakai libGDX buat develop game, pengen coba yang baru (sekalian belajar bikin game 3D), kira2 bagus pake Godot atau Unity?
Quote:
Unity dipakai oleh banyak orang.
Mulai dari indie (banyak di steam) sampai square enix (yang mobile macam FF15PE).

Godot, saya ngak tau siapa yang pakai.

Quote:

Iya sih masih kalah populer bgt sama Unity, thanks masukannya gan
×