alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53ff64cbc1cb17fc478b456a/tips-mengatasi-rasa-sakit-pada-saat-pms
Thumbs up 
Tips Mengatasi Rasa Sakit Pada Saat PMS
Jakarta - Bagi wanita, Pra Menstuasi Syndrome (PMS) bisa menjadi hal yang sangat menyebalkan bagi wanita. Kram perut, suasana hati yang berubah-ubah, kembung, dan tiba-tiba ingin mengonsumsi sesuatu biasa dirasakan oleh para kaum hawa setiap bulan.

Keinginan untuk mencomot makanan tertentu atau biasa diistilahkan dengan ngidam menjadi hal yang sulit ditahan saat masa PMS tiba. Tak jarang lho keinginan makan seperti itu bisa merusak program diet yang sudah dilakukan. Alih-alih untuk memperbaiki suasana hati, justru diet dan mood Anda menjadi berantakan. Nyeri saat PMS pun sering membuat aktivitas terganggu.

Sebenarnya, tak sulit untuk mengatasi gejala saat masa PMS tiba yakni dengan menambah makanan sehat bernutrisi ke dalam menu makan sehari-hari. Nah, berikut ini menu-menu yang patut Anda konsumsi sebelum masa PMS datang agar tak terlalu sensi dan memiliki mood jelek saat haid, kami merangkum dari detikHealth, Rabu (27/8/2014). Berikut makanan dan minuman yang dapat membantu para wanita pada saat PMS.

1. Ikan Beromega 3
Semua orang pasti tahu manfaat ikan yang kaya omega 3 untuk kesehatan jantung. Ternyata, lemak omega-3 pun bermanfaat untuk penanganan menstruasi. Menurut dr Jennifer Burns dari The Bienetre Center in Phoenix, Arizona, omega 3 dapat menurunkan tingkat kafein dan asupan gula dalam tubuh. Lemak sehat ini pun banyak mengandung vitamin B6 dan karbohidrat kompleks. Kandungan yang terdapat didalamnya sangat ideal untuk mengatasi gejala PMS.

2.Brokoli
Nutrisi dalam sayuuran hijau kaya serat ini mampu membantu atasi gejala PMS. Dalam brokoli terdapat kalsium, vitamin A,C,B6, dan E, potasium, dan magnesium. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Obstetrics & Gynecology, wanita yang mengonsumsi brokoli saat diet secara signifikan dapat mengatasi sakit dan PMS. Hal ini kemungkinan karena pola diet yang berpengaruh pada aktivitas estrogen pada wanita.

3. Pisang
Buah pisang yang kaya akan potassium dan magnesium ini memang bermanfaat untuk atasi gejala PMS. Buah ini bisa menjadi obat tidur alami yang mengandung melatonin yang bisa membantu tubuh beregulasi dengan irama yang normal dan membuat tidur menjadi nyenyak. Rasa nyeri saat PMS juga berhubungan dengan tidur. Kurang tidur dan tidur yang terganggu bisa membuat nyeri bertambah parah. Makan pisang bisa bantu atasi kedua masalah ini.

4. Telur dan susu rendah lemak
Vitamin D banyak terdapat di susu dan kuning telur. Selain itu, susu pun mengandung kalsium yang baik untuk mengatasi gejala PMS. Kalsium dan vitamin D merupakan nutrisi yang bisa menangani gejala PMS. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine, ditemukan jika vitamin D bisa bantu meningkatkan sistem imun untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas dan menurunkan sel kanker. Kalsium pun bertindak sebagai relaksan otot. Mengonsumsi vitamin D dan kalsium bersama-sama diyakini dapat bantu atasi PMS.
Sumber : http://health.detik.com/read/2014/08/27Tips Mengatasi Rasa Sakit Pada Saat PMS