alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53f6bb6596bde673468b45ad/untuk-yang-sering-merasakan-sakit-gigi-disini-solusinya--masuk-gan
Thumbs up 
Untuk yang Sering Merasakan Sakit Gigi.. Disini Solusinya ! [Masuk GAN]
Untuk yang Sering Merasakan Sakit Gigi.. Disini Solusinya ! [Masuk GAN]

Selamat pagi para juragan-juragan semua. Ketemu lagi yah sama ane, dr.blackmetal13 emoticon-Ngakak

Maaf nih, klo ada yang nunggu tentang konten baru yg ane share, baru bisa ngaskus lagi soalnya. Maklum pegawai, jadi kemaren blm sempet baca-baca lagi emoticon-Big Grin

Nah, kali ini ane mau coba share tentang kesehatan lagi nih, tapi berhubungan dengan sakit gigi. Buat agan-agan atau aganwati yang sering sakit gigi, mungkin ini bisa menjadi informasi atau referensi untuk kalian semua.

Langsung aja ke pokok pembahasan yah juragan-juragan sekalian.

Referensi Obat Sakit Gigi beserta Pengobatan Kimia, Pengobatan Alami dan Pencegahan Sakit Gigi

Untuk yang Sering Merasakan Sakit Gigi.. Disini Solusinya ! [Masuk GAN]

Sakit gigi dirasakan sebagai rasa sakit yang sangat menyiksa. Sakit yang menyerang gigi, umumnya tidak hanya dirasakan pada bagian gigi saja tetapi menjalar ke bagian-bagian tubuh lainnya.

Aktivitas pun menjadi terganggu karena pikiran menjadi sulit untuk berkonsentrasi. Dalam keadaan inilah, obat sakit gigi sangat dibutuhkan untuk mengurangi siksaan yang datang.

Ada beragam penyebab sakit pada gigi, mulai dari gusi yang mengalami pembengkakan, gigi yang berlubang, gigi yang retak hingga gigi yang baru tumbuh.

Karena penyebabnya berbeda-beda, maka pengobatan sakit gigi dilakukan berdasarkan penyebabnya. Misalnya saja pada gigi yang berlubang bisa dilakukan pencabutan gigi ataupun penambalan gigi.

Untuk yang Sering Merasakan Sakit Gigi.. Disini Solusinya ! [Masuk GAN]

Referensi Obat Sakit Gigi beserta Pengobatan Kimia, Pengobatan Alami dan Pencegahan Sakit Gigi

Sementara itu untuk mengurangi rasa sakit pada gigi, ada beberapa jenis obat yang bisa dikonsumsi. Obat-obatan ini hanya berfungsi untuk meredakan rasa nyeri tetapi tidak mengatasi masalah pada gigi yang sesungguhnya. Karena itu pula, sakit gigi bisa kembali datang kembali.

Untuk mengatasi sakit gigi yang ringan dan sedang, obat-obatan dari golongan analgetik NSAID (Non Steroidal Anti Inflammatory Drugs) seperti ibuprofen dan aspirin. Obat-obatan ini bisa didapatkan dengan mudah di apotik-apotik terdekat.

Setelah rasa sakit pada gigi berkurang atau hilang karena sudah mengkonsumsi obat-obatan tersebut, sebaiknya segeralah periksakan gigi ke dokter.

Langkah ini penting dilakukan untuk mengatasi sakit gigi secara tuntas. Seringkali para penderita sakit gigi tidak menuntaskan pengobatan terhadap gigi karena sudah tidak merasakan lagi rasa sakit sesudah menggunakan obat-obatan tersebut.

Pengobatan Sakit Gigi Secara Alami

Selain obat-obatan kimia, ada cara mengatasi rasa sakit yang tak asing lagi dan sering disarankan banyak orang yakni berkumur dengan air garam. Cara ini paling mudah dan cukup ampuh mengatasi rasa sakit gigi yang tergolong ringan. Kandungan garam di dalam air yang digunakan untuk berkumur bisa membuat peradangan di gigi menjadi lebih ringan dan juga membunuh bakteri yang terdapat di gigi. Sebab di dalam garam tersebut terkandung yodium dan bersifat basa.

Nah, selain berkumur dengan air garam, ada beberapa cara alami yang bisa dicoba untuk mengatasi rasa sakit pada gigi.

1. Bubuk Lada
Untuk yang Sering Merasakan Sakit Gigi.. Disini Solusinya ! [Masuk GAN]
Bubuk lada biasanya digunakan sebagai bumbu masak. Bubuk lada ini mudah didapatkan di pasar tradisional dan juga di supermarket. Jika ingin memanfaatkan bubuk lada sebagai pengobat rasa sakit, siapkanlah minyak cengkeh secukupnya lalu campurkan bubuk lada dengan beberapa tetes minyak cengkeh. Kemudian oleskan campuran kedua bahan tersebut ke lubang pada gigi yang terasa sakit.

2. Daun Inggu
Untuk yang Sering Merasakan Sakit Gigi.. Disini Solusinya ! [Masuk GAN]
Daun yang satu ini di beberapa tempat sudah dikenal sebagai obat sakit gigi. Daun yang dikenal juga dengan nama daun minggu atau daun anrudabosu ini mengandung senyawa-senyawa yang dapat meringankan rasa sakit pada gigi. Siapkan daun inggu yang sudah kering kurang lebih 2 gram hingga 4 gram. Rebus daun inggu kering tersebut dengan dua gelas air sampai mendidih. Saring dan biarkan air rebusan daun inggu tersebut menjadi dingin lalu gunakan untuk berkumur beberapa kali.

3. Belimbing Wuluh
Untuk yang Sering Merasakan Sakit Gigi.. Disini Solusinya ! [Masuk GAN]
Buah belimbing wuluh memiliki rasa yang asam. Karena itu kaum ibu kerap menggunakannya untuk memberi rasa asam pada masakan secara alami. Untuk mengobati sakit gigi, tumbuk kasar kurang lebih 5 buah belimbing wuluh. Kemudian campurkan dengan garam dan kunyah terus menerus hingga rasa sakit pada gigi menjadi berkurang.

4. Bawang Merah
Untuk yang Sering Merasakan Sakit Gigi.. Disini Solusinya ! [Masuk GAN]
Satu lagi bumbu dapur yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi adalah bawang merah. Bawang merah memiliki kandungan anti mikroba yang bisa membunuh bakteri penyebab infeksi pada gigi. Untuk menggunakan bawang merah sebagai obat, cukup ambil satu siung bawang merah lalu memarkan dengan cara dipukul. Lantas tempatkan bawang merah tersebut pada bagian gigi yang sakit dan biarkan selama beberapa waktu. Setelah itu barulah berkumur. Ulangi pengobatan ini hingga rasa sakit pada gigi semakin berkurang.

5. Bawang Putih
Untuk yang Sering Merasakan Sakit Gigi.. Disini Solusinya ! [Masuk GAN]
Selain bawang merah, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi. Bawang putih memiliki kandungan yang berfungsi sebagai antiseptik sehingga bisa meredakan rasa sakit pada gigi. Penggunaan bawang putih ini sama seperti penggunaan bawang merah. Cukup ambil satu siung bawang putih lalu memarkan. Kemudian tempelkan pada gigi yang sakit dan biarkan selama beberapa waktu. Barulah setelah itu bersihkan mulut dengan cara berkumur. Jika rasa sakit masih terasa, ulangi kembali langkah pengobatan tersebut hingga keadaan membaik.

"Lantas, cara pencegahan biar tidak terkena sakit gigi kaya gimana gan?"
Disini ane coba kasih tau langkah pencegahannya seperti apa, simak dibawah ini.


Untuk yang Sering Merasakan Sakit Gigi.. Disini Solusinya ! [Masuk GAN]

* Langkah pencegahan sakit gigi yang pertama, rajin-rajinlah menggosok gigi gan. Biasanya sikat gigi pada pagi hari dan malam hari itu jauh lebih baik, ketimbang hanya sikat gigi sekali dalam sehari.

Untuk yang Sering Merasakan Sakit Gigi.. Disini Solusinya ! [Masuk GAN]

* Langkah pencegahan sakit gigi yang kedua, menyesuaikan atau memilih sikat gigi yang menurut Anda sesuai. Kenapa? Sikat gigi yang disarankan oleh para dokter biasa yang bulunya terbuat dari bahan nilon. Bulu nilon yang lembut tidak akan membuat gusi menjadi luka, dan lebih lentur dalam membersihkan gigi.

Untuk yang Sering Merasakan Sakit Gigi.. Disini Solusinya ! [Masuk GAN]

* Langkah pencegahan sakit gigi yang ketiga, rajinlah berkumur setelah mengkonsumsi bahan makanan yang menurut Anda membuat gigi terasa tidak nyaman. Misalnya saja cokelat. Hal ini dilakukan untuk menjaga gigi agar tetap terawat dan bersih gan.

Nah, gimana gan sekarang sudah tau kan referensi obat sakit gigi sampai dengan tips pencegahannya. Jangan lupa ajarkan cara pencegahan diatas kepada anak-anak ente gan. Biar giginya selalu sehat dan terawat. Agar tertanam sejak dini, dan terbiasa hingga nanti mereka dewasa.

Kayanya cukup gan, yang ane sampein segitu dulu aja yah, mohon maaf gan, klo pembahasan diatas ada kata-kata ane yang kurang berkenan di hati. Semoga informasi yang ane share dari forum sebelah bisa menjadi salah satu referensi untuk agan-agan semua. Kiranya bermanfaat, ane ga nolak yang ijo-ijo kok gan. hehehe Terima Kasih emoticon-Big Grin emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Indahnya Berbagi emoticon-Shakehand2 emoticon-I Love Kaskus emoticon-Big Grin emoticon-Wink



Untuk yang Sering Merasakan Sakit Gigi.. Disini Solusinya ! [Masuk GAN]
ok nice info gan emoticon-Smilie
Mantap informasinya ommmm
kebetulan lg berasa sakitnya ni
Kalo agan diatas soal obatnya, nih ane soal makanan yg bagus buat gigi nih gan emoticon-Big Grin

Makanan yang Baik Untuk Gigi
Gaya Hidup Sehat, Gigi & Mulut
Minggu, 25 Januari 2015

Makan memang menjadi kebutuhan primer kita. Namun, tentu saja tidak semua makanan baik untuk tubuh terutama untuk gigi. Ada beberapa makanan yang terbukti sangat baik untuk gigi kita. Apa sajakah itu?

Pilih makanan yang mudah dikunyah
Makanan yang sulit dikunyah atau terlalu keras tidak baik untuk gigi. Hal ini dikarenakan untuk mengunyah makanan dengan tekstur yang terlalu keras/alot membutuhkan kontraksi otot kunyah yang tinggi sehingga gigi akan mendapatkan tekanan yang berlebihan. Konsumsi jangka panjang makanan dengan tekstur yang terlalu keras/alot dapat menyebabkan rasa pegal pada daerah sekitar pipi dan tidak jarang juga menyebabkan kegoyangan gigi atau gigi patah.

Susu dan Keju
Susu dan keju banyak mengandung kalsium yang baik untuk tulang dan gigi. Untuk itu, konsumsi susu dan keju secara teratur setiap hari dapat membantu memperkuat tulang dan gigi Anda dari pengeroposan.

Strawberry
Konsumsi strawberry telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Universitas Indonesia, dapat mempertahankan warna gigi Anda. Agar lebih praktis, konsumsilah jus strawberry tanpa gula yang Anda buat sendiri di rumah setiap hari.

- See more at: http://udoctor.co.id/gaya-hidup-seha...-read-280.html

P.S : di UDoctor Indonesia itu bisa chat sama dokternya, soal kesehatan, via live chat atopun video conference, cek dah emoticon-Big Grin emoticon-Malu (S)

Udah beberapa bulan belakangan ini ane sering bgt ngerasain sakit gigi gan sampe ga kerja dlu karena meriang buka mulut aja engga bisa sama sekali , dari sini ane mau coba tips yang pertama dlu aja deh gan semoga berhasil yah
Terima kasih gan infonya cek kulkas dah emoticon-Big Grin
Nice share


Quote:Original Posted By exapink
Udah beberapa bulan belakangan ini ane sering bgt ngerasain sakit gigi gan sampe ga kerja dlu karena meriang buka mulut aja engga bisa sama sekali , dari sini ane mau coba tips yang pertama dlu aja deh gan semoga berhasil yah
Terima kasih gan infonya cek kulkas dah emoticon-Big Grin


keknya bukan bubuk lada yg ngeringanin nyeri,tapi minyak cengkehnya

yg garem dapur emang bener
Dulu pernah disuruh kunyah bawang putih sama Mama di rumah pas sakit gigi emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By pitik.oenyoe
Nice share




keknya bukan bubuk lada yg ngeringanin nyeri,tapi minyak cengkehnya

yg garem dapur emang bener


Kalo minyak cengkeh ane denger dari temen katanya sih rada bau bau roko gitu ya gan ? Ane bukan perokok gan jadi ragu juga ini untuk nyobanya hehehe
Terimah kasih gan infonya.
×