alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53f2edfd507410fd0a8b459e/konsultasi-seputar-bedah-saraf--otak-sumsum-tulang-belakang-dan-saraf-tepi
To busy
To Busy
ini dokter siapa ya? Dokter tergabung dalam PERSPEBSI atau KBSI?

siapa tau saya kenal emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By makankamus
ini dokter siapa ya? Dokter tergabung dalam PERSPEBSI atau KBSI?

siapa tau saya kenal emoticon-Smilie


Perspebsi. Salam kenal
Trims
Quote:Original Posted By Madoel02


Perspebsi. Salam kenal
Trims


oh i see, salam kenal dok, sukses ya dijaga juga y threadnya.. emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By makankamus


oh i see, salam kenal dok, sukses ya dijaga juga y threadnya.. emoticon-I Love Indonesia (S)


Sy mau share aja. Siapa tau temen2 kaskuser ada yg membutuhkan. thank you,

tentang stroke

Selamat siang.
Bapak saya tiba-tiba tangan kiri dan kaki kiri sulit digerakan. Setelah sekitar 6 jam saya bawa ke rumah sakit, saat di UGD, Bapak saya masih bisa mengangkat tangan kirinya. saya dengar dari suster, nilai kekuatanya yang kiri 4. tangan kiri masih bisa menggengam. setelah di cek tensi darah Bapak saya sampai 190/120. Namun setelah dirawat inap, Tangan kiri Bapak saya tidak bisa digerakan sama sekali, padahal sebelumnya bisa. Setelah di CT scan, tidak ada pendarahan. Kata dokter yang bersangkutan, di otak bapak saya tidak ada masalah. untuk informasi, Bapak saya punya diabetes dan kemarin asam uratnya juga lumayan tinggi. Mohon bantuannya, apakah Bapak saya bisa pulih seperti semula? kenapa tangan kiri dan kaki kiri bapak saya susah bergerak? Profil Bapak saya umur 59 tahun tinggi 160 cm berat 60 kg.
Kondisi Bapak saya saat ini yaitu,

1. Tangan kiri tidak bisa digerakkan, begitupun juga jarinya.

2. Kaki kiri msh bisa digerakin, namun masih sangat lemas dan belum bisa berjalan.

3. Mulut tidak ada masalah, bicara msh jelas, daya ingat masih bagus, bisa mengerutkan dahi.

4. Mata Bapak saya kena Glaukoma , sudah pernah dilakukan operasi pada tahun 2011, dan hanya satu mata saja yang msh bisa berfungsi, itupun tidak sempurna, buram.

Kira-kira, butuh berapa lama kondisi badan bpak saya bisa pulih?
gan ts.. boleh tanya dunks..

apakah di indonesia sudah tersedia bedah saraf 7 (nervus facialis)? misalnya sarafnya rusak, trs dicangkok dari saraf tempat lain (dkat paha atau daerah lain).. apakah di indonesia sudah memungkinkan teknologi dan dokter/tenaga medisnya?

kalau di singapore, saya tau ada, yaitu di NUH (national university hospital, cmiiw)... reanimasi..

mhn pencerahannya gan.. emoticon-Cendol (S)

Kedutan di otot kaki dan tangan dan bokong

Gan mau nanya, umur: 25 tahun, bb: 65kg, tinggi: 173cm.
Sebulan terakhir ini ane tiap hari kedutan otot terus di betis, paha atas, paha samping, bokong, kadang lengan, kadang punggung juga. Kedutan saat otot lagi relaksasi dan random dibagian2 yang ane sebutkan tadi (Saat duduk). Oiya, ane aktif nge gym. Awal bulan july ane dilanda problem yang bisa dibilang psikologi ane jadi down (murung dan sedih, tapi gak sampe depresi ya gan). Kira2 kenapa ya gan, ganggu banget kalo ane lagi diem
Quote:Original Posted By deganfan
gan ts.. boleh tanya dunks..

apakah di indonesia sudah tersedia bedah saraf 7 (nervus facialis)? misalnya sarafnya rusak, trs dicangkok dari saraf tempat lain (dkat paha atau daerah lain).. apakah di indonesia sudah memungkinkan teknologi dan dokter/tenaga medisnya?

kalau di singapore, saya tau ada, yaitu di NUH (national university hospital, cmiiw)...
reanimasi..

mhn pencerahannya gan.. emoticon-Cendol (S)


Untuk masalah itu sebenernya bukan kasus yang sulit atau tehnik yang sulit, itu diajarkan saat residen buat semua dr bedah saraf di indonesia terutama untuk saraf tepi. Sudah bisa kami sering lakukan cangkok saraf di Surabaya, kami ada ahlinya husus untuk itu, namanya fungtional neurosurgery.
Boleh diadu deh sama singapura.....bahkan operasi stereotaktik dengan DBS ( Deep Brain Stimulator) kita dah kerjakan yang pertama di asia tenggara.
I love Indonesia

Quote:Original Posted By freemantabs
Selamat siang.
Bapak saya tiba-tiba tangan kiri dan kaki kiri sulit digerakan. Setelah sekitar 6 jam saya bawa ke rumah sakit, saat di UGD, Bapak saya masih bisa mengangkat tangan kirinya. saya dengar dari suster, nilai kekuatanya yang kiri 4. tangan kiri masih bisa menggengam. setelah di cek tensi darah Bapak saya sampai 190/120. Namun setelah dirawat inap, Tangan kiri Bapak saya tidak bisa digerakan sama sekali, padahal sebelumnya bisa. Setelah di CT scan, tidak ada pendarahan. Kata dokter yang bersangkutan, di otak bapak saya tidak ada masalah. untuk informasi, Bapak saya punya diabetes dan kemarin asam uratnya juga lumayan tinggi. Mohon bantuannya, apakah Bapak saya bisa pulih seperti semula? kenapa tangan kiri dan kaki kiri bapak saya susah bergerak? Profil Bapak saya umur 59 tahun tinggi 160 cm berat 60 kg.
Kondisi Bapak saya saat ini yaitu,

1. Tangan kiri tidak bisa digerakkan, begitupun juga jarinya.

2. Kaki kiri msh bisa digerakin, namun masih sangat lemas dan belum bisa berjalan.

3. Mulut tidak ada masalah, bicara msh jelas, daya ingat masih bagus, bisa mengerutkan dahi.

4. Mata Bapak saya kena Glaukoma , sudah pernah dilakukan operasi pada tahun 2011, dan hanya satu mata saja yang msh bisa berfungsi, itupun tidak sempurna, buram.

Kira-kira, butuh berapa lama kondisi badan bpak saya bisa pulih?


Mungkin bapak saudara terkena stroke non perdarahan (stroke iskemia) memang hipertensi dan diabetes menjadi faktor resiko utama terjadinya ini. Untuk lebih jelas saya belom bisa lebih detail mungkin ct scan nya bisa di foto yang bagus dan di PM kan saja, nanti kita diskusikan.
Untuk prospek kedepannya tergantung kekuatan motorik saat ini, area yang terkena, terapi yang dijalani, dan rehabilitasi medik.
Maaf untuk berapa lama recovery tergantung yang diatas biasa 3-6 bln tidak pasti. recovery sangat tergantung kondisi motorik saat ini kalo kekuatannya 0 biasanya akan lebih lama, bahkan ada yang tidak kembali. Jika kekuatannya 2-3 bisa recovery meskipun ada kelemahan ringan (tidak seperti semula), kalo 4-5 boasa bagus recoverynya.
Dan yang pasti faktor resiko hipertensi dan diabetes harus bisa dikontrol.
Sementara itu dulu, boleh di PM hasil Ct scannya. Trims
Quote:Original Posted By arif.budi123
Gan mau nanya, umur: 25 tahun, bb: 65kg, tinggi: 173cm.
Sebulan terakhir ini ane tiap hari kedutan otot terus di betis, paha atas, paha samping, bokong, kadang lengan, kadang punggung juga. Kedutan saat otot lagi relaksasi dan random dibagian2 yang ane sebutkan tadi (Saat duduk). Oiya, ane aktif nge gym. Awal bulan july ane dilanda problem yang bisa dibilang psikologi ane jadi down (murung dan sedih, tapi gak sampe depresi ya gan). Kira2 kenapa ya gan, ganggu banget kalo ane lagi diem


Maaf saya ga terlalu menguasai ini, setau saya untuk keluhan seperti itu faktor kelelahan pada otot biasa terjadi misalnya olahraga berlebihan, atau gerakan olahraga yang kurang baik. Selain itu gangguan mineral seperti kurang K, Na, clor, Mg, Zn juga bisa buat gejala diatas.
Saran coba dievaluasi latihan sudah sesuai belum pola dan bebannya, cairan yang masuk, pola makan sudah betul belum? Sering karna alasan tertentu ada yang mendadak rajin exercise dengan beban berat ditambah diet yang terlalu ketat, yang ada rusak semua badannya, karena badan belom siap terima beban berlebihan terutama jantung dan paru karena kapasitasnya belum cukup.
Usahakan lakukan cardio exercise sekitar 10-20 menit sebelum high impact exercise. Jangan melakukan exercise berlebihan pada salah satu otot tertentu misal latihan bisep tapi ga latihan yang lain. Lebih baik beban kecil-sedang dengan repetisi yang cukup dari pada beban berat cuma sedikit repetisi.
Kalo menurut gw sebaiknya Start Low Go Slow.
Ko gw jd kaya instruktur gym ini? Hehehe
Quote:Original Posted By Madoel02


Mungkin bapak saudara terkena stroke non perdarahan (stroke iskemia) memang hipertensi dan diabetes menjadi faktor resiko utama terjadinya ini. Untuk lebih jelas saya belom bisa lebih detail mungkin ct scan nya bisa di foto yang bagus dan di PM kan saja, nanti kita diskusikan.
Untuk prospek kedepannya tergantung kekuatan motorik saat ini, area yang terkena, terapi yang dijalani, dan rehabilitasi medik.
Maaf untuk berapa lama recovery tergantung yang diatas biasa 3-6 bln tidak pasti. recovery sangat tergantung kondisi motorik saat ini kalo kekuatannya 0 biasanya akan lebih lama, bahkan ada yang tidak kembali. Jika kekuatannya 2-3 bisa recovery meskipun ada kelemahan ringan (tidak seperti semula), kalo 4-5 boasa bagus recoverynya.
Dan yang pasti faktor resiko hipertensi dan diabetes harus bisa dikontrol.
Sementara itu dulu, boleh di PM hasil Ct scannya. Trims



cek PM gan
Quote:Original Posted By freemantabs



cek PM gan


Cek PM juga
Mungkin di sini ada yang bisa ngasih gambaran/kisaran biaya untuk pengobatan Stroke ?
Saya hanya ingin tahu estimasi atau biaya rata-rata pengobatan stroke di Indonesia. Karena ayah saya sejak 2006 mengalami stroke. yang mana hanya mengakibatkan dia sulit untuk berbicara. untuk aktivitas lainnya, ayah saya bisa beraktivitas seperti biasa.

Sekalian bisa kasih rekomendasi RS2 mana aja yang kira2 bisa dijadikan rujukan untuk mengobati pasien stroke.

Terima kasih.
Edited
[QUOTE=Madoel02;53f9d4c9529a45132b8b456a]

Pertanyaannya sulit dijawab
Jujur aja sy ga tau pastinya, tergantung berat ringannya, lama di rumah sakit, perlu operasi apa tidak, perlu perawatan ICU apa tidak, tergantung rumah sakitnya rs negri apa swasta, perawatan kelas berapa, dll banyak faktornya jd ga bisa dipastikan. Cuma pemerintah aja dengan BPJS nya matok sekian rupiah cukup ga cukup ya segitu, tau kan gmn jadinya?

Sebaiknya punya asuransi bisa lebih aman. Karna pasti besar biayanya untuk perawatan stroke.
Info aja buat semua: kalo pake BPJS sebaiknya ambil paket yg kelas 1 karna iurannya ga terlalu beda jauh, tapi coverage nya cukup lumayan, jadi kalo paketannya habis nambahnya ga terlalu besar.

Untuk rekomendasi tergantung daerah mana tinggalnya? pasti rumah sakit yang punya dokter saraf bisa merawat stroke, lebih baik lagi selain punya dokter saraf, tapi juga punya dokter bedah saraf, icu yang bagus, dokter jantung, penyakit dalam, rehab medik, ct scan dll. Karena perawatan bersama hasilnya lebih baik, stroke itu penyakit yang kompleks karena resiko kecacatan tinggi bahkan resiko kematiannya tinggi.

Dok, telapak kiri saya tepaknya otot dibawah jempol tangan selalu bergerak2, dan ketika naik motor pasti bergerak cepat diseluruh telapak tangan saya kiri dan kanan, otot itu bergerak sangat jelas, dan tangan kesemutan. Itu kenapa ya?
Quote:Original Posted By VeryBagus
Dok, telapak kiri saya tepaknya otot dibawah jempol tangan selalu bergerak2, dan ketika naik motor pasti bergerak cepat diseluruh telapak tangan saya kiri dan kanan, otot itu bergerak sangat jelas, dan tangan kesemutan. Itu kenapa ya?


maaf usia brapa? laki-laki apa perempuan?
kapan aja serangannya terjadi? setiap saat atau saat aktifitas aja?
Quote:Original Posted By Madoel02


maaf usia brapa? laki-laki apa perempuan?
kapan aja serangannya terjadi? setiap saat atau saat aktifitas aja?


Usia 26 laki2, gerakn otot ditelapak tangan setiap saat dok,ada 1 otot yg gerak2 tapi klo naik motor jauh lsg kesemutan,dan otot2 seluruh telapak bergerak sgt jelas, baru beberpa bulan ini stlh didiagnosa dispesia .
Sebelumnya saya opname, ttpi ada bekas benjolan ditangan bekas jrum infus, kt dokter sy itu gp2, dan skg benjolan sdh hilang.

dok, konsul donk,

jadi kronologisnya tangan sya tahun 2004 pernah patah tulang, yang patah tulangnya dua2nya, nah setelah patah itu tangan sya di urut diplintir2 sama tukang pijet gitu buat benerin, tapi karna 2 tulang jadi takutnya gk nyambung makanya lsg dioperasi,
sama dokter yang ngoperasi, tangan saya dibelah bagian atas dan bagian samping, nah setelah operasi jari sya (jari tengah, manis dan kelingking) disfunction dok, gak isa dinaekin gitu a.k.a letoyemoticon-Ngakak, nah sama dokter tulang pas kontrol nyuruh sya ke dokter fisioterapi gitu, skitar 2-3 bulanan fungsi jari sya(3 jari tadi) bisa dikatakan sembuh skitar 80% (tangan sya jika diletakkan tengkurap di meja, jari tengahnya tidak bisa di naikkan).

kemudian karna banyak hal pen yang di tangan saya patah, jadi sya operasi lagi, namun dokter yg kedua ini gak mau buka dari atas, karna katanya disitu banyak saraf sehingga bisa kena nantinya, jadinya dibuka dari samping kiri ( dlm posisi tangan diletakkan tengkurap)

nah yang menjadi pertanyaan dok, kira2 kenapa ya tangan sya ? apa gara2 di pijet diputer2 kena saraf ? atau karna dokter pertama yang sayat dr atas sehingga terkena saraf ?

saya kemudian konsultasi di dokter bedah saraf, dan oleh beliau saya dirujuk ke dokter spesialis hand surgeon (yg saya google dokter tersebut dokter orthopedi), saya takutnya oleh dokter tersebut nantinya dirujuk lagi ke dokter saraf emoticon-Sorryemoticon-Sorry
ada saran dok ?? thanks dok

*ps: kalo ternyata kebetulan dokter adalah dokter yg saya datangi kmaren, tolong jawab yang kedua saja deh emoticon-Ngakak