alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53f2a647620881f8708b4583/mengapa-donor-darah-gratis-tapi-penerimanya-harus-bayar
icon-hot-thread
Mengapa Donor Darah Gratis Tapi Penerimanya Harus Bayar?
Mengapa Donor Darah Gratis Tapi Penerimanya Harus Bayar?

Darah sangat penting di dalam tubuh manusia. Kita kerap bertanya, mengapa donor darah gratis tapi penerimanya justru harus membayar?

Mengapa Donor Darah Gratis Tapi Penerimanya Harus Bayar?
Kegiatan donor darah di salah satu kawasan kantor di Jakarta. Menurut PMI, Indonesia butuh cadangan darah sekitar 4,6 juta kantong. Akan tetapi, sampai November 2010 lalu, baru tercadangkan sekitar 40 persennya. Kebutuhan yang banyak itu disebabkan oleh kondisi Indonesia sebagai negara yang rentan akan bencana alam. (Purwo Subagiyo/NGI)


Kebutuhan darah di Indonesia sangatlah tinggi, dimulai dari untuk menolong persalinan, mengobati suatu penyakit, dan juga penanganan ketika terjadi suatu kecelakaan yang korbannya mengalami kekurangan banyak darah. Adanya anggapan miring mengenai transfusi darah yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia atau PMI. Salah satunya mengenai mahalnya harga darah yang dibutuhkan per kantongnya.

Masalah mengenai mahalnya harga satu kantong darah yang sekarang mencapai Rp. 360.000 per kantong membuat masyarakat bertanya, kenapa mahal sekali untuk membeli satu kantong darah? Dr. Farid selaku selaku Ketua Pengurus Pusat PMI Bidang Kesehatan, Bantuan Sosial, Donor Darah dan Rumah Sakit PMI menegaskan, “Semua darah dari PMI itu gratis gak harus bayar! Tapi, memang ada biaya yang harus di keluarkan, tapi untuk BPD atau biaya pemrosesan dari darah itu sendiri karena tak bisa langsung disalurkan dari pendonor ke penerima bukan buat bayar darahnya,”

Proses pengambilan darah dari pendonor memang tidak bisa langsung diberikan kepada penerima, ada tahapan yang harus dilakukan selama enam jam sebelum darah bisa diberikan kepada penerima harus melalui tahap uji kelayakan bebas dari penyakit seperti HIV, Malaria, dan Hepatitis. Juga dilihat kualitas darah yang bisa diberikan kepada penerima. Harga kantong darah yang masih impor pun menjadi salah satu faktor kenapa harga sekantong darah begitu mahal.

Yang harus diluruskan disini adalah, setiap biaya yang dikeluarkan ketika membutuhkan darah adalah untuk biaya BPD bukannya harga si darah itu sendiri. Di Indonesia sendiri membutuhkan kantong darah sekitar lima juta pertahunnya dari dua persen jumlah penduduk setiap daerah. Sementara di DKI Jakarta menurut Ketua PMI DKI Jakarta Rini Sutiyoso, Ibu Kota membutuhkan 800 sampai 1.000 kantong darah per harinya.

Semoga penjelasan ini bisa memberikan informasi mengapa donor darah gratis tapi penerimanya harus bayar yang selama ini masih cukup membuat bingung masyarakat.

PMI Tidak Menjual Darah, Bukan Termasuk Jual-Beli Darah Yang Haram

Biaya yang dikeluarkan bagi yang membutuhkan darah adalah biaya pemeliharaan dan pengolahan darah. Bukan statusnya jual beli, jadi hal ini tidak masalah. Berikut kami nukil perkataan direktur PMI pontianak menjelaskan mengenai hal ini:

“Darah yang akan ditransfusikan memerlukan pengolahan lebih dulu, sehingga tidak membahayakan penerima darah. Oleh sebab itu, pengolahan darah membutuhkan biaya dan bertujuan mendapatkan darah yang bermutu, aman dan bebas Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah (IMLTD) agar siap digunakan untuk transfusi.

Adapun biaya yang dibebankan digunakan untuk:

-Merekrut atau mencari donor darah sukarela.
-Biaya pengadaan kantong darah.
-Biaya bahan pakai medis atau non medis.
-Biaya pemeriksaan golongan darah dan Haemoglobin/Hb.
-Biaya pengadaan reagen uji saring agar terbebas dari IMLTD yang meliputi HIV/AIDS, HBsAg, HCV, dan RPR(sifilis).
-Biaya pengadaan reagen untuk uji cocok serasi (metode gel test).
-Biaya penggantian alat.
-Biaya pemeliharaan alat, sarana dan prasarana.
-Biaya penunjang meliputi air, listrik, telepon, dan pemusnahan limbah medik.”


Quote:sumber | sumber

Beberapa Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Manfaat donor darah bagi kesehatan ada lebih 28 khasiat? tidak percaya , ayo kita ulas satu per satu. Aktivitas donor darah dipandang sebagai kegiatan positif nan mulia yang mampu menolong sesama. Pasalnya donor darah membantu mereka yang membutuhkan darah tanpa pamrih. Bisa dikatakan aktivitas donor darah dilakukan secara sukarela atau percuma. Namun terkadang tak demikian, donor darah ada pula yang dijalani untuk situasi genting. Dimana salah satu anggota keluarga membutuhkan darah dalam jumlah yang cukup banyak, tetapi PMI atau rumah sakit tak memiliki stoknya.

donor darahDonor darah nyatanya tak hanya bermanfaat bagi sang penerima (resipien) semata. Sang pendonor pun mendapat manfaat yang luar biasa dari melakukan donor darah secara rutin. Setidaknya hal tersebut telah terbukti secara medis dan disetujui oleh banyak ahli. Hasil penelitian membuktikan, pendonor darah nantinya akan merasakan kualitas hidup yang meningkat dari sebelumnya. Tak hanya itu, beberapa manfaat donor darah pun baik bagi kecantikan.

Mengapa Donor Darah Gratis Tapi Penerimanya Harus Bayar?

Donor Darah Bagi Penerima (Resipien)

Seperti yang dikatakan di atas, donor darah bermanfaat bagi banyak orang, baik itu penerima maupun pendonor. Bagi penerima tentu saja dia bisa tertolong nyawanya akibat kondisi tertentu yang memaksanya mendapat transfusi darah. Transfusi darah semacam ini bisa dilakukan pada beberapa kasus, seperti.

  • Pasien penderita demam berdarah
  • Korban kecelakaan yang mengalami kehilangan darah dalam jumlah banyak
  • Penderita talasemia mayor
  • Pasien penderita penyakit tertentu yang harus menjalani operasi besar
  • Pendarahan besar yang terjadi pada saat melahirkan oleh sebagian besar wanita Indonesia


Talasemia mayor adalah penyakit yang cukup langka sebenarnya. Penyakit ini menyebabkan penderitanya tidak bisa memproduksi sendiri haemoglobin di dalam tubuh. Umumnya penderita mengalami hal tersebut sejak lahir atau masa kanak-kanak. Inilah mengapa talasemia mayor disebut pula sebagai penyakit seumur hidup, dimana penderitanya pun memerlukan transfusi darah berkala. Tubuh pastinya tidak bisa menjalankan fungsi secara normal layaknya anak-anak lainnya.

**Menyelamatkan Nyawa Orang Lain**

Donor darah akan sangat membantu menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan donor, terlebih yang sedang sekarat serta membutuhkan operasi mendadak. Sangat penting untuk Beramal dan beribadah untuk menambah pahala dunia dan akhirat.

Selain bermanfaat bagi penerima, nyatanya donor darah pun memberikan keuntungan bagi para pendonor. Setidaknya ada beberapa manfaat yang acapkali dirasakan oleh para pendonor, yaitu.

Donor darah bagi kesehatan pendonor

1. Melindungi jantung

Mereka yang secara aktif mendonorkan darah pastinya akan mendapati jantung yang jauh lebih sehat. American Journal of Epidemology membeberkan hasil ilmiah dari hal tersebut. Penelitian membuktikan bahwa pendonor darah aktif cenderung beresiko rendah mengalami penyakit jantung. Pendonor darah memiliki resiko 88% lebih rendah terkena serangan atau penyakit jantung. Tak hanya itu, mereka pun mengurangi resiko hingga 33% menderita penyakit kardiovaskular lainnya. Terbukti bukan, perbuatan mulia ini tak hanya bermanfaat bagi sang penerima saja?

2. Menurunkan resiko terkena kanker

Konsistensi melakukan donor darah harus tetap dipertahankan, mengingat tubuh akan selalu merasakan manfaatnya. Untuk seorang pria, lakukanlah donor darah setiap 3 bulan sekali, sedangkan untuk wanita, Anda bisa melakukannya 4 bulan sekali. Resiko terkena kanker akan semakin menurun seiring tingkat konsisten si pendonor darah bersangkutan. Mereka mungkin saja terhindar dari kanker paru-paru, lambung, tenggorokan, dan juga usus besar.

3. Membantu menurunkan level zat besi dalam darah

Iron adalah zat besi yang terdapat di dalam sirkulasi darah setiap orang. Setiap kali seseorang melakukan donor darah, kegiatan ini terbukti menurunkan level iron di dalam tubuh. Penurunan zat besi berarti mengurangi resiko terkena penyakit jantung atau kardiovaskular lainnya. Manfaat zat besi diketahui mempercepat proses oksidasi kolesterol di dalam tubuh manusia. Hal inilah yang berdampak tidak baik bagi arteri dan berdampak terjadinya aterosklerosis.

4. Pembaharuan sel-sel darah secara rutin

Tubuh secara berkala akan memperbaharui sel-sel darah di dalamnya. Hanya saja proses ini ternyata berbeda antara seseorang yang melakukan donor darah dan tidak. Bagi mereka yang konsisten mendonorkan darah, regenerasi sel darah merah akan terjadi 48 jam pasca donor darah. Dalam waktu tersebut, volume darah akan benar-benar terganti dengan yang baru. Setidaknya 4 hingga 8 minggu ke depan, sel darah baru telah terbentuk dan membantu fungsi setiap organ. Dengan begini, tubuh akan terlihat jauh lebih segar dan sehat serta produktif melakukan berbagai aktivitas.

5. Pemeriksaan kesehatan gratis

Seseorang yang berniat mendonorkan darahnya akan diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kondisi tubuhnya prima. Sudah bisa dipastikan kita mendapatkan pemeriksaan gratis dari dokter atau tenaga ahli. Sehingga kita pun tahu bagaimana tekanan darah kita, kadar hemoglobin hingga berat badan pada saat itu. Jadi, Anda tak perlu takut lagi untuk melakukan donor dengan alasan kekurangan darah.

6. Mendapat pemeriksaan analisis darah secara gratis

Ketika Anda melakukan donor darah, maka sample darah yang Anda miliki akan diperiksa di laboratorium. Hal ini guna mengetahui apakah Anda mengalami penyakit tertentu atau tidak. Cara ini bisa pula digunakan untuk mendeteksi penyakit seperti sifilis, HIV, hepatitis atau penyakit lainnya. Langkah ini untuk memastikan apakah Anda memenuhi syarat menjadi pendonor darah atau tidak. Pasalnya penyakit menular tersebut akan menular menlalui transfusi darah yang dilakukan oleh penerima.

Donor darah untuk kecantikan dan psikologis

7. Membakar kalori secara teratur

Banyak wanita yang ingin memiliki tubuh ideal, namun sulit melakukan diet. Mengingat begitu banyak diet ekstrim yang malah berakibat fatal, cobalah melakukan donor darah. Setiap kali melakukan donor darah (500 ml), Anda akan membakar 650 kalori di dalam tubuh. University of California mengatakan bahwa seseorang yang rutin menyumbangkan darah akan kehilangan bobot tubuh sesuai yang diinginkan. Bila berat tubuh ideal, pastinya kulit Anda pun akan terlihat kencang seketika. Namun, jangan sesekali menjadikan donor darah sebagai program penurunan berat badan.

8. Keadaan psikologis lebih stabil

Setiap pendonor pastinya akan merasakan dampak yang menyehatkan bagi pikiran mereka. Pasalnya mereka akan lebih berpikiran jernih dan stabil dalam menyikapi berbagai masalah. Di samping itu, banyak pendonor yang merasakan kemampuan mereka menekan tingkat stress semakin membaik. Hal tersebut pastinya berdampak pada kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan dan masalah yang dihadapi.

9. Mencegah penuaan dini

Stress menjadi salah satu pemicu terjadinya penuaan dini pada seorang wanita. Tak ada seorang wanita pun yang ingin terlihat tua dan keriput di wajah. Donor darah secara teratur akan membantu kulit Anda beregenerasi secara sempurna. Keriput pun tidak mudah timbul karena kulit yang selalu mengencang. Tak perlu mahal-mahal melakukan perawatan kecantikan di pusat kecantikan, Anda pun bisa mendapatkannya.

Rangkuman Manfaat Donor Darah

Mengapa Donor Darah Gratis Tapi Penerimanya Harus Bayar?

Mengapa Donor Darah Gratis Tapi Penerimanya Harus Bayar?

Mengapa Donor Darah Gratis Tapi Penerimanya Harus Bayar?


Bagaimana, Anda sudah mengetahui bukan beberapa manfaat donor darah? Anda tak hanya membantu menyelamatkan nyawa seseorang, namun juga membantu tubuh tetap sehat. Tak adalagi alasan takut kekurangan darah, karena tenaga medis memastikan Anda siap melakukannya. Setiap tetes darah yang Anda sumbangkan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Jadi, jangan pernah merasa dirugikan jika seseorang meminta Anda menyumbangkan darah untuk membantu sesama, terutama keluarga.

sumber: http://manfaat.co.id/

Serba-serbi dari Kaskuser

Quote:Original Posted By L.U.P.U.S
Ane sih ngerti knp mahal pada saat menganalisa darah tsb sampe di nyatakan bebas penyakit karna ane yang periksa gan dan tau betapa mahalnya reagen n alatnya.. Ts bilang harga 1 kantong darah 360rb kan ? Coba agan periksa HBsAg dan HIV di laboratorium lain deh klo gak kena seharga 1 kantong darah.. Itu baru 2 pemeriksaan blom biaya lainnya.. Ane gak tw masalah segala tetekbengek masalah Keuangan.. Tp mungkin perkiraan ane memang ada anggaran untuk masalah ini tapi jumlahnya masih blom bisa menutup seluruh biaya pemrosesannya..
Ane sih cuma menyarankan, silahkan donor darah agan jika memenuhi syarat, karna klo main itung2n agan itu untung besar,
Jangan sampai karna salah presepsi dan menganggap ada oknum nakal, agan jadi tidak mau berbuat baik
Klo ane prinsipnya "nih ambil darah gw, masalah ni darah di jual beli atau diapain itu urusan lo sama tuhan"
Lagian darah agan ada 5liter, dikasih gratis lagi sama tuhan, prosesnya pembentukan sel2 darah barunya juga gratis, masa nyumbang 250-300ml aja gak mau,, itu nanti pas pertanggung jawaban atas gunanya darah yang di dalam tubuh, agan mw jawab apa ?emoticon-Ngakak (S)


Quote:Original Posted By somodon
Buat yang pernah atau sering melakukan donor darah pasti akan maklum jika penerima donor harus mengganti sejumlah Rupiah untuk mendapatkan dyarah.
Kalau dicermati secara awam saja (kalau secara istilah medik ane gak paham gan), banyak alat atau bahan yang dipergunakan dalam pengambilan darah.
Dari jarum suntik untuk ambil darah , kantong darah, selang, alat cek darah, termasuk makanan.

Belum lagi biaya pengujian darah agar bebas penyakit benar-benar layak untuk ditranfusikan.

Kita bisa hitung sendiri, berapa biaya jika kita mau test darah, sekalipun hanya untuk satu-dua jenis test.
Padahal kalau untuk transfusi ceknya harus lengkap.

Ane sendiri sudah sering donor darah dan salah satu manfaat buat ane adalah cek darah gratis.
Jika darah ane layak ditransfusikan berarti ane bebas setidaknya dari beberapa penyakit. Hepatitis misalnya.
Dan alhamdulillah selama ini tidak ada pemberitahuan tidak layak transfusi, yang berarti darah ane layak ditransfusikan.

Sebagai info bagi yang belum pernah donor, kita akan diberi informasi jika dari hasil test didapatkan darah kita terindikasi penyakit. Dan kita diminta untuk melakukan test secara lebih detil.
Beberapa teman ane pernah mengalami, jadi malah bisa tahu kalau mengidap penyakit sehingga bisa melakukan pengobatan lebih dini.

Buat yang belum pernah donor darah, cobalah... dan rasakan sendiri badan jadi terasa lebih segar. Meskipun di awal biasanya agak sedikit pusing.


Quote:Original Posted By joecheng
ane pribadi sudah pernah merasakan mahalnya darah, 1 kantong 550ribu, sekali transfusi butuh 2 kantong.
Dan jika PMI yg berafiliasi dengan rumah sakit tempat agan dirawat tidak punya golongan darah sama dengan agan, agan mesti nyari darah di PMI lain dan birokrasinya repotnya bukan main.
jadi PMI ini masing2 gan, mereka ga konek satu sama lain.
Waktu itu ane dirawat di kapuk, PMI yg kerjasama dengan RS tempat ane dirawat kehabisan darah, trus ane disuru nyari orang buat donor, (nyari orang buat donor susah gan, soalnya dari 10 orang yg mau donor yg cocok dengan darah kita cuma 2 atau 3 orang) nah orang yg mau donor ini ga bisa ke PMI mana aja buat donor, PMI nya uda ditetapin oleh persetujuan antara PMI dan RS.
Bayangin aja gan, kita uda susah2 nyari orang buat donor, trus kita masih harus minta mereka pergi ke PMI yg jauh dari rumah mereka, iya kalo mereka niat banget bantuin kita, mau jauh2 ke PMI buat donor, kalau yg ga punya kendaraan gimana donk gan?
pokoknya soooo birokrasi gan..... emoticon-Cape deeehh Kita uda sakit, kehabisan darah, masih harus pontang panting sana sini mohon2 teman dan saudara agar mau ke PMI yg jauh itu buat donor darah.... emoticon-No Hope

mudah2an ane ga bakalan kekurangan darah lagi..... emoticon-Blue Guy Peace
taro page one gan kalo berkenan,,,,biar pada tau...


Quote:Original Posted By arthur.store
bole jg kalo alesan nya begitu... dulu temen ane kena kasus... orang tua nya sangat membutuhkan darah.. lebi kurang jem 10-11 malam.... dia ke pmi... lalu pihak pmi sangat tidak berjiwa sosial... meminta uang 2-3jt buat 1 kantong darah nya .... dan teman saya mau bayar... kebetulan dia tidak bawa cash ... jd mau minta debit.... namun pihak pmi nya tidak membantu... menyulitkan dan cuek.... katanya "lagipula sudah malam .. pemegang kunci tmpt ambil darahnya .. sudah plg.." jadi sangat tidak ada jiwa membantu sama sekali... lalu teman saya akhir nya ke atm untuk mengambil uang... dan kembali.. membeli darah tersebut.. hasilnya .. satu jiwa tidak terselamatkan akibat dari proses kerja pihak pmi bertransaksi darah yg terlalu berbelit belit ... dari teori dan visi misi sih sangat berjiwa sosial... namun Tidak tertanam Dalam Seluruh Karyawan yang ada di PMi... so ya begitulah...


Di pmi mana gan kejadiannya?
Tahun berapa?

Quote:Original Posted By sanchan.egao
ane juga rajin donor darah, setiap 3 bulan sekali ane donor darah.

Sebagai tambahan aja:

Apa saja yang termasuk pada Biaya Pengganti Pemeriksaan Darah (BPPD)?

Darah pendonor ditampung dalam kantong plastik impor (Labu), karena selama ini negara kita belum bisa memproduksi labu terseut, kemudian darah tersebut diperiksa harus bebas dari Sipilis, Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C dan HIV Aids. Untuk memproses darah tersebut dibutuhkan biaya juga obat obatan yang dipakai atau reagensia yang dipakai untuk memeriksa apabila ada penyakit dalam darah, pegawai yang memeriksa, biaya administrasi, listrik, air, biaya bahan atau alat habis pakai dan jasa PMI.

Semua hal ini memerlukan biaya yang tidak sedikit, terbayang apaila semua biaya yang dikeluarkan ini ditanggung PMI, darimana biaya itu didapat?? oleh karenanya, biaya tersebut ditangguhkan pada pengguna darah tersebut. Dan hal ini juga sudah diatur dengan peraturan Menteri Kesehatan No.478/MenKes/Per/X/1990 dan Dirjen Pelayanan Medik No.1147/YanMed/rsks/1991.

Karena itu, jangan bilang kalau darah itu dibeli!


Quote:Original Posted By spamonkey
donor darah itu salah satu perbuatan mulia gan, gausah lah berpandangan sempit "Dapet nya gratis, penerima harus bayar"hingga akhirnya mikir" buat nyumbangin darah sampean, perbaiki niat nya gan, yang penting ikhlas untuk nolong orang lain, & manfaatnya buat badan juga badan jadi enteng, seger lah bawaannya ( sulit di jabarin dengan kata" emoticon-Malu (S) )

FYI donor darah harus dalam keadaan fit, selain sehat jangan sampe agan kekurangan tidur, ane pernah punya pengalaman habis lembur sampe jam 1 / 2 , besok nya donor darah alhasil ane diambang sadar / pingsan waktu lagi nyumbang darah, untung ga "Lewat" emoticon-Hammer (S) emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Takut (S)


Quote:Original Posted By muh.jazuli
Gan, ane ingin share ajah... Jadi ane setahun yang lalu kerja buat Pak JK yang notabene ketua umum PMI. Jadi sedikit banyak ane tahu bagaiman kerja PMI meski ngga detil ya. Apa yang agan sampein bener banget. Banyak proses yang harus dilakukan sebelum darah siap ditransfusiin.

Soal yang sering Pak JK ulang-ulang buat nyadarin orang untuk paham mengapa harus bayar darah adalah soal teknologi khususnya di bagian storage dan packaging. Beliau selalu bilang kemanapun kalau darah itu jelas bukan barang yang bisa dicari dipasar, gampang nemuinnya, dan apalagi bisa ditawar harganya.

Darah itu mencarinya susah. Makanya selalu harus kita apresiasi dan senang kalau ada orang mau donor darah. Buat nyiapin darah agar siap, katong darah harus dari bahan khusus yang tentu itu gak murah. Darah ga mungkin disimpen pake kantrong kresek dong. Terus yang ngurusin, mastiin darah yang dimasukin cukup, nge-pak juga tentu harus yang ahli, dan keahlian itu tentu secara finansial harus diapresiasi (aka dibayar gan). Lalu soal penyimpanan, darah ga bisa disimpan asal aja di kulkas masing-masing di rumah (emang jualan es batu apa... ). Harus ada storage khusus dan penanganan khusus juga.

Jadi kalau kita pas harus butuh dan beli darah (semoga ngga yah... doa aja agar kita dan keluarga slamet semua), ada aja itu udah alhamdulillah gan. Pak JK waktu itu (belum jadi wapres lagi) sering ke mana-mana (kebetulan ane ikutan terus hehe) gak capek kampanyein ayo donor darah. Di dalam pesawatnya, kadang dia geleng-geleng aja itu denger orang maki-maki PMI gara-gara harus bayar darah...

Sekian gan... semoga bermanfaat...

Spoiler for Bonus:


Quote:Original Posted By bosq
Permisi gan, bagi warga Jakarta yang ingin mendonorkan darahnya, PMI jakartamenyediakan mobil unit darah keliling yang memudahkan agan-agan untuk mendonorkan darahnya.

Di bawah ini snapshot jadwal mobil unit darah keliling untuk besok dan lusa (10-11 Maret 2015) Mengapa Donor Darah Gratis Tapi Penerimanya Harus Bayar?

Nah bagi yg ingin tau jadwal lengkapnya bisa diunduh di link ini http://pmidkijakarta.or.id/files/jad...lunitdarah.pdf (jadwalnya diupdate secara mingguan).

Mohon ditaroh di page one ya gan, biar pada tau infonya.
Thanks.


Quote:Original Posted By ihari
Pernyataan bagian ini gan :
Adapun biaya yang dibebankan digunakan untuk:

1) Merekrut atau mencari donor darah sukarela.
Respon saya :
- kata "sukarela" yg saya pahami adl atas dasar ikhlas tanpa biaya??
- Mungkin ada yg dicari oleh pihak PMI, tp hampir disetiap daerah terkadang ada pendonor aktif dan juga pihak TNI atau anggota Kepolisian menjadi aktivitas rutin berkala bagi mereka dlm mendonorkan darah, blum lg terkadang terdapat komunitas darah segar seperti di daerah saya yg telah bekerja sama dgn pihak PMI dlm membantu menyuplai darah mereka.
2) Biaya penunjang meliputi air, listrik, telepon, dan pemusnahan limbah medik.
Respon saya :
- Apakah biaya ini juga dibebankan kepada pembeli darah?? apakah biaya ini tdk termasuk ke dlm APBD setiap daerah??

Saya mempertanyakan hal tersebut karna saya blum mengerti secara detail ttg alur pembiayaan di PMI dan alur kerja di PMI
dan 1 hal yg menjadi protes saya adalah,
"kenapa setiap orang yg tdk memiliki link atau org dalam di PMI sangat sulit utk mendapatkan darah?" selalu jawaban kosong yg pertama kali diutarakan.

just share pengalaman pribadi TS ^_^


Quote:Original Posted By sealrokubi
nice thread gan..

nambahin manfaat donor darah bagi pendonor :

donor darah sangat disaran kan buat orang2 yang HB nya berlebih tuh.
soalnya HB berlebih gak baik buat kesehatan. sering pusing, sakit kepala dan pegel2 karena kebanyakan HB membuat darah kental..
supaya ga pusing atau sakit kepala dll ya satu2 nya cara harus di donorkan



Quote:Original Posted By blekatze


kalo gak salah sih bukan 50x gan emoticon-Big Grin tapi 100x
nih potonya penganugerahan satya lencana kebaktian sosial dari pak SBY

Mengapa Donor Darah Gratis Tapi Penerimanya Harus Bayar?
dibeberapa daerah, pendonor 100x juga ada yg dapet penghargaan naik haji gratis n umroh gratis emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By ziganapink
Assalamualaikum wr wb.

Saya selaku kaskuser regional bogor, untuk mewakili dari teman saya yang sedang terkena musibah sakit di pmi. Dia membutuhkan dana
untuk tranfusi darah O Rhesus Negatif, dimana resus negatif tersebut sangat susah dan langka di dapatkannya, kalaupun ada itu harganya mahal dan dari pihak keluarga tidak sanggup untuk membeli tranfusi darah O rhesus negatif tsb.

Pasien berada di RS PMI KOTA BOGOR, ruang cempaka kelas 3 no.301
Nama : Syafri wahyu J
alamat : Kedung badak rt04 rw 01
umur : 27tahun


Mengapa Donor Darah Gratis Tapi Penerimanya Harus Bayar?


Bagi para dermawan/dermawati dari kaskuser seluruh indonesi yang mau DONASI silahkan.

No rekening BNI : 026.2246.162
Atas Nama : Wartini

atau ke alamat ini :
Alamat : jln.ciremai ujung bantarjati atas Rt02 Rw 09 No.22
BOGOR UTARA 16153


..

Untuk info lebih lanjur, hubungi ; 085710781056
atas nama : deni irawan


Terimakasih atas perhatianya, semoga diberikan amal dan pahala yang lebih baik bagi para donasi nya. amin.

wassalmuallaikum wr wb.


Quote:Original Posted By Mardika1991
Darah nya yang Kita Ambil dari PMI gratis gan kata sapa bayar

orang pada salah sangka , masih banyak yang belum tau

darah meski golongannya sama-sama A / B

tetapi kalo penerimanya g bisa dapet donor darah (gak cocok ) ya gak bisa di minumin darah ^_^

biaya itu buat biaya oprasional

y oprasional pendonor ya oprasional yg mau didonorin

begini ,
si pasien membutuhkan darah , nah si pasien yang butuh darah itu , sample darahnya diambil dibawa ke Bank Darah / PMI

nah sampel darah itu diperiksa dulu dicocokin sama darah dari pendonor ,,
nah meriksanya ini lama , butuh waktu 5 jam lah kira" emoticon-Cape d... (S)

nah disitu kita dapet kuitansi , harus bayar dulu lunas / DP

nanti kita disuruh balik lagi 5 jam kmudian buat ambil darahnya apa darah nya cocok apa gk ,
kalo g cocok nanti orang PMI bilang ada g matching darah nya ngasih surat buat ditebusin ke dokter , apa dokter setuju nerima darah nya buat sang pasien dengan resiko bla"
biasanya kalo kritis , resikonya kecil dokter stuju aja ,

nah kalo gratis

kalo darahnya g cocok ,, dokter g stuju

darah harus dkembaliin cepet" ke PMI biar g basi

coz darah expied nya cuma brapa jam doang

dan DI PMI ini darah disulap bisa jadi awet karena alat yang canggih

dan kalo mau gratis lagi

kan ada itu BPJS , ASURANSI DLL , Kita minta RS nalangin dulu nanti masuk ke bon asuransi

biasanya

orang" yang mau ambil darah ke PMI itu , mereka langsung aja bayar pake uang sendiri dan g dimasukin ke tagihan asuransi

mungkin dia kurang mampu g tau apa" karena panik

segitu aja gan



Nice inpo nya gan
Bantu goyang dikit ganemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul
Quote:Original Posted By slamet.riyadi
Nice inpo nya gan


sama-sama emoticon-I Love Kaskus (S)
nice info gan,.
thanks info gan

masuk akal koemoticon-Matabelo
Iya nih, kdang da temen ane yg bilang ke ane pas ane ikut donor, 'ngapain ikut donor, walau gratis tpi nnti mreka (PMI) jual ke org duitnya tuk mereka'. Padahal gk 100% benar. Y ane sih gk brpikir gtu psti tu tuk biaya operasional kan dan ni untuk nilai kemanusiaan jga. Sekedar share j ayah saya 55 thn sdah 85x dnor, saya 22 thn 10 x, dua saudara saya 24 & 19 sdah 5 & 7x, bhkan da yg sdah 57 thn 110 x. Dan manfaat dnor drah itu bgi kesehatan sangat luar biasa, silahkan cek di google tuk infonya, dripda sekedar materi gan
Quote:Original Posted By wahyuadtyo
Iya nih, kdang da temen ane yg bilang ke ane pas ane ikut donor, 'ngapain ikut donor, walau gratis tpi nnti mreka (PMI) jual ke org duitnya tuk mereka'. Padahal gk 100% benar. Y ane sih gk brpikir gtu psti tu tuk biaya operasional kan dan ni untuk nilai kemanusiaan jga. Sekedar share j ayah saya 55 thn sdah 85x dnor, saya 22 thn 10 x, dua saudara saya 24 & 19 sdah 5 & 7x, bhkan da yg sdah 57 thn 110 x. Dan manfaat dnor drah itu bgi kesehatan sangat luar biasa, silahkan cek di google tuk infonya, dripda sekedar materi gan


yakk benar salah satu adalah kita tambah gemuk (tapi gemuk sehat lho ya)
dan ada peremajaan sel sel darah dalam tubuh kita...
CMIIW emoticon-Matabelo aku masih 30x dnor nih
tangkafff... gembel2 itu !!
guna di donor'kan darah'nya untuk para pe'tinggi dan hartawan emoticon-Bingung (S) ..btw, kek'nya ada yang keliru nggak.. yak??
Keliruu,..emoticon-Shutup
Tangkaf.f.. ! Ratu kecantikan dari keluarga kaya raya itu.. !
ambil darah'nya !, untuk di'donor'kan ke gw emoticon-Genit
Baru tau ane gan emoticon-Matabelo
Mahal ya harga darah..
ternyata yg bikin mahal karna ada prosesnya dulu
mending jd pendonor ya emoticon-Big Grin
nice inpoh gan emoticon-2 Jempol
pas banget alasannya... biaya biaya biaya (˘_˘)ck! (˘_˘)ck! (˘_˘)ck!
Quote:Original Posted By wahyuadtyo
Iya nih, kdang da temen ane yg bilang ke ane pas ane ikut donor, 'ngapain ikut donor, walau gratis tpi nnti mreka (PMI) jual ke org duitnya tuk mereka'. Padahal gk 100% benar. Y ane sih gk brpikir gtu psti tu tuk biaya operasional kan dan ni untuk nilai kemanusiaan jga. Sekedar share j ayah saya 55 thn sdah 85x dnor, saya 22 thn 10 x, dua saudara saya 24 & 19 sdah 5 & 7x, bhkan da yg sdah 57 thn 110 x. Dan manfaat dnor drah itu bgi kesehatan sangat luar biasa, silahkan cek di google tuk infonya, dripda sekedar materi gan


emoticon-2 Jempol
mantap gan sampai puluhan kali begitu

untuk tambahan informasinya, semoga segera dapat ditambahkan di thread ini. emoticon-shakehand
Udah tau gan emoticon-Big Grin
izin share yah gan, biar temen-temen ane yg laen pada tau emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By Mr.manna


yakk benar salah satu adalah kita tambah gemuk (tapi gemuk sehat lho ya)
dan ada peremajaan sel sel darah dalam tubuh kita...
CMIIW emoticon-Matabelo aku masih 30x dnor nih


Wow udah bnyak jga y gan, lnjutin gan
Quote:Original Posted By myheane


emoticon-2 Jempol
mantap gan sampai puluhan kali begitu

untuk tambahan informasinya, semoga segera dapat ditambahkan di thread ini. emoticon-shakehand


Ok gan
Quote:Original Posted By Pazonda95
ternyata yg bikin mahal karna ada prosesnya dulu
mending jd pendonor ya emoticon-Big Grin
ya iyalah gan.. mending jd pendonor bdn sehat.. klo jd pembelinya mahaaaalll... dan tentu sakitemoticon-Ngakak