alexa-tracking

Mengapa Donor Darah Gratis Tapi Penerimanya Harus Bayar?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53f2a647620881f8708b4583/mengapa-donor-darah-gratis-tapi-penerimanya-harus-bayar
icon-hot-thread
Mengapa Donor Darah Gratis Tapi Penerimanya Harus Bayar?
Mengapa Donor Darah Gratis Tapi Penerimanya Harus Bayar?


Darah sangat penting di dalam tubuh manusia. Kita kerap bertanya, mengapa donor darah gratis tapi penerimanya justru harus membayar?


Mengapa Donor Darah Gratis Tapi Penerimanya Harus Bayar?
Kegiatan donor darah di salah satu kawasan kantor di Jakarta. Menurut PMI, Indonesia butuh cadangan darah sekitar 4,6 juta kantong. Akan tetapi, sampai November 2010 lalu, baru tercadangkan sekitar 40 persennya. Kebutuhan yang banyak itu disebabkan oleh kondisi Indonesia sebagai negara yang rentan akan bencana alam. (Purwo Subagiyo/NGI)


Kebutuhan darah di Indonesia sangatlah tinggi, dimulai dari untuk menolong persalinan, mengobati suatu penyakit, dan juga penanganan ketika terjadi suatu kecelakaan yang korbannya mengalami kekurangan banyak darah. Adanya anggapan miring mengenai transfusi darah yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia atau PMI. Salah satunya mengenai mahalnya harga darah yang dibutuhkan per kantongnya.

Masalah mengenai mahalnya harga satu kantong darah yang sekarang mencapai Rp. 360.000 per kantong membuat masyarakat bertanya, kenapa mahal sekali untuk membeli satu kantong darah? Dr. Farid selaku selaku Ketua Pengurus Pusat PMI Bidang Kesehatan, Bantuan Sosial, Donor Darah dan Rumah Sakit PMI menegaskan, “Semua darah dari PMI itu gratis gak harus bayar! Tapi, memang ada biaya yang harus di keluarkan, tapi untuk BPD atau biaya pemrosesan dari darah itu sendiri karena tak bisa langsung disalurkan dari pendonor ke penerima bukan buat bayar darahnya,”

Proses pengambilan darah dari pendonor memang tidak bisa langsung diberikan kepada penerima, ada tahapan yang harus dilakukan selama enam jam sebelum darah bisa diberikan kepada penerima harus melalui tahap uji kelayakan bebas dari penyakit seperti HIV, Malaria, dan Hepatitis. Juga dilihat kualitas darah yang bisa diberikan kepada penerima. Harga kantong darah yang masih impor pun menjadi salah satu faktor kenapa harga sekantong darah begitu mahal.

Yang harus diluruskan disini adalah, setiap biaya yang dikeluarkan ketika membutuhkan darah adalah untuk biaya BPD bukannya harga si darah itu sendiri. Di Indonesia sendiri membutuhkan kantong darah sekitar lima juta pertahunnya dari dua persen jumlah penduduk setiap daerah. Sementara di DKI Jakarta menurut Ketua PMI DKI Jakarta Rini Sutiyoso, Ibu Kota membutuhkan 800 sampai 1.000 kantong darah per harinya.

Semoga penjelasan ini bisa memberikan informasi mengapa donor darah gratis tapi penerimanya harus bayar yang selama ini masih cukup membuat bingung masyarakat.

PMI Tidak Menjual Darah, Bukan Termasuk Jual-Beli Darah Yang Haram

Biaya yang dikeluarkan bagi yang membutuhkan darah adalah biaya pemeliharaan dan pengolahan darah. Bukan statusnya jual beli, jadi hal ini tidak masalah. Berikut kami nukil perkataan direktur PMI pontianak menjelaskan mengenai hal ini:

“Darah yang akan ditransfusikan memerlukan pengolahan lebih dulu, sehingga tidak membahayakan penerima darah. Oleh sebab itu, pengolahan darah membutuhkan biaya dan bertujuan mendapatkan darah yang bermutu, aman dan bebas Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah (IMLTD) agar siap digunakan untuk transfusi.

Adapun biaya yang dibebankan digunakan untuk:

-Merekrut atau mencari donor darah sukarela.
-Biaya pengadaan kantong darah.
-Biaya bahan pakai medis atau non medis.
-Biaya pemeriksaan golongan darah dan Haemoglobin/Hb.
-Biaya pengadaan reagen uji saring agar terbebas dari IMLTD yang meliputi HIV/AIDS, HBsAg, HCV, dan RPR(sifilis).
-Biaya pengadaan reagen untuk uji cocok serasi (metode gel test).
-Biaya penggantian alat.
-Biaya pemeliharaan alat, sarana dan prasarana.
-Biaya penunjang meliputi air, listrik, telepon, dan pemusnahan limbah medik.”


Quote:

Beberapa Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Manfaat donor darah bagi kesehatan ada lebih 28 khasiat? tidak percaya , ayo kita ulas satu per satu. Aktivitas donor darah dipandang sebagai kegiatan positif nan mulia yang mampu menolong sesama. Pasalnya donor darah membantu mereka yang membutuhkan darah tanpa pamrih. Bisa dikatakan aktivitas donor darah dilakukan secara sukarela atau percuma. Namun terkadang tak demikian, donor darah ada pula yang dijalani untuk situasi genting. Dimana salah satu anggota keluarga membutuhkan darah dalam jumlah yang cukup banyak, tetapi PMI atau rumah sakit tak memiliki stoknya.

donor darahDonor darah nyatanya tak hanya bermanfaat bagi sang penerima (resipien) semata. Sang pendonor pun mendapat manfaat yang luar biasa dari melakukan donor darah secara rutin. Setidaknya hal tersebut telah terbukti secara medis dan disetujui oleh banyak ahli. Hasil penelitian membuktikan, pendonor darah nantinya akan merasakan kualitas hidup yang meningkat dari sebelumnya. Tak hanya itu, beberapa manfaat donor darah pun baik bagi kecantikan.

Mengapa Donor Darah Gratis Tapi Penerimanya Harus Bayar?


Donor Darah Bagi Penerima (Resipien)

Seperti yang dikatakan di atas, donor darah bermanfaat bagi banyak orang, baik itu penerima maupun pendonor. Bagi penerima tentu saja dia bisa tertolong nyawanya akibat kondisi tertentu yang memaksanya mendapat transfusi darah. Transfusi darah semacam ini bisa dilakukan pada beberapa kasus, seperti.

  • Pasien penderita demam berdarah
  • Korban kecelakaan yang mengalami kehilangan darah dalam jumlah banyak
  • Penderita talasemia mayor
  • Pasien penderita penyakit tertentu yang harus menjalani operasi besar
  • Pendarahan besar yang terjadi pada saat melahirkan oleh sebagian besar wanita Indonesia


Talasemia mayor adalah penyakit yang cukup langka sebenarnya. Penyakit ini menyebabkan penderitanya tidak bisa memproduksi sendiri haemoglobin di dalam tubuh. Umumnya penderita mengalami hal tersebut sejak lahir atau masa kanak-kanak. Inilah mengapa talasemia mayor disebut pula sebagai penyakit seumur hidup, dimana penderitanya pun memerlukan transfusi darah berkala. Tubuh pastinya tidak bisa menjalankan fungsi secara normal layaknya anak-anak lainnya.

**Menyelamatkan Nyawa Orang Lain**

Donor darah akan sangat membantu menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan donor, terlebih yang sedang sekarat serta membutuhkan operasi mendadak. Sangat penting untuk Beramal dan beribadah untuk menambah pahala dunia dan akhirat.

Selain bermanfaat bagi penerima, nyatanya donor darah pun memberikan keuntungan bagi para pendonor. Setidaknya ada beberapa manfaat yang acapkali dirasakan oleh para pendonor, yaitu.

Donor darah bagi kesehatan pendonor

1. Melindungi jantung

Mereka yang secara aktif mendonorkan darah pastinya akan mendapati jantung yang jauh lebih sehat. American Journal of Epidemology membeberkan hasil ilmiah dari hal tersebut. Penelitian membuktikan bahwa pendonor darah aktif cenderung beresiko rendah mengalami penyakit jantung. Pendonor darah memiliki resiko 88% lebih rendah terkena serangan atau penyakit jantung. Tak hanya itu, mereka pun mengurangi resiko hingga 33% menderita penyakit kardiovaskular lainnya. Terbukti bukan, perbuatan mulia ini tak hanya bermanfaat bagi sang penerima saja?

2. Menurunkan resiko terkena kanker

Konsistensi melakukan donor darah harus tetap dipertahankan, mengingat tubuh akan selalu merasakan manfaatnya. Untuk seorang pria, lakukanlah donor darah setiap 3 bulan sekali, sedangkan untuk wanita, Anda bisa melakukannya 4 bulan sekali. Resiko terkena kanker akan semakin menurun seiring tingkat konsisten si pendonor darah bersangkutan. Mereka mungkin saja terhindar dari kanker paru-paru, lambung, tenggorokan, dan juga usus besar.

3. Membantu menurunkan level zat besi dalam darah

Iron adalah zat besi yang terdapat di dalam sirkulasi darah setiap orang. Setiap kali seseorang melakukan donor darah, kegiatan ini terbukti menurunkan level iron di dalam tubuh. Penurunan zat besi berarti mengurangi resiko terkena penyakit jantung atau kardiovaskular lainnya. Manfaat zat besi diketahui mempercepat proses oksidasi kolesterol di dalam tubuh manusia. Hal inilah yang berdampak tidak baik bagi arteri dan berdampak terjadinya aterosklerosis.

4. Pembaharuan sel-sel darah secara rutin

Tubuh secara berkala akan memperbaharui sel-sel darah di dalamnya. Hanya saja proses ini ternyata berbeda antara seseorang yang melakukan donor darah dan tidak. Bagi mereka yang konsisten mendonorkan darah, regenerasi sel darah merah akan terjadi 48 jam pasca donor darah. Dalam waktu tersebut, volume darah akan benar-benar terganti dengan yang baru. Setidaknya 4 hingga 8 minggu ke depan, sel darah baru telah terbentuk dan membantu fungsi setiap organ. Dengan begini, tubuh akan terlihat jauh lebih segar dan sehat serta produktif melakukan berbagai aktivitas.

5. Pemeriksaan kesehatan gratis

Seseorang yang berniat mendonorkan darahnya akan diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kondisi tubuhnya prima. Sudah bisa dipastikan kita mendapatkan pemeriksaan gratis dari dokter atau tenaga ahli. Sehingga kita pun tahu bagaimana tekanan darah kita, kadar hemoglobin hingga berat badan pada saat itu. Jadi, Anda tak perlu takut lagi untuk melakukan donor dengan alasan kekurangan darah.

6. Mendapat pemeriksaan analisis darah secara gratis

Ketika Anda melakukan donor darah, maka sample darah yang Anda miliki akan diperiksa di laboratorium. Hal ini guna mengetahui apakah Anda mengalami penyakit tertentu atau tidak. Cara ini bisa pula digunakan untuk mendeteksi penyakit seperti sifilis, HIV, hepatitis atau penyakit lainnya. Langkah ini untuk memastikan apakah Anda memenuhi syarat menjadi pendonor darah atau tidak. Pasalnya penyakit menular tersebut akan menular menlalui transfusi darah yang dilakukan oleh penerima.

Donor darah untuk kecantikan dan psikologis

7. Membakar kalori secara teratur

Banyak wanita yang ingin memiliki tubuh ideal, namun sulit melakukan diet. Mengingat begitu banyak diet ekstrim yang malah berakibat fatal, cobalah melakukan donor darah. Setiap kali melakukan donor darah (500 ml), Anda akan membakar 650 kalori di dalam tubuh. University of California mengatakan bahwa seseorang yang rutin menyumbangkan darah akan kehilangan bobot tubuh sesuai yang diinginkan. Bila berat tubuh ideal, pastinya kulit Anda pun akan terlihat kencang seketika. Namun, jangan sesekali menjadikan donor darah sebagai program penurunan berat badan.

8. Keadaan psikologis lebih stabil

Setiap pendonor pastinya akan merasakan dampak yang menyehatkan bagi pikiran mereka. Pasalnya mereka akan lebih berpikiran jernih dan stabil dalam menyikapi berbagai masalah. Di samping itu, banyak pendonor yang merasakan kemampuan mereka menekan tingkat stress semakin membaik. Hal tersebut pastinya berdampak pada kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan dan masalah yang dihadapi.

9. Mencegah penuaan dini

Stress menjadi salah satu pemicu terjadinya penuaan dini pada seorang wanita. Tak ada seorang wanita pun yang ingin terlihat tua dan keriput di wajah. Donor darah secara teratur akan membantu kulit Anda beregenerasi secara sempurna. Keriput pun tidak mudah timbul karena kulit yang selalu mengencang. Tak perlu mahal-mahal melakukan perawatan kecantikan di pusat kecantikan, Anda pun bisa mendapatkannya.

Rangkuman Manfaat Donor Darah

Mengapa Donor Darah Gratis Tapi Penerimanya Harus Bayar?

Mengapa Donor Darah Gratis Tapi Penerimanya Harus Bayar?

Mengapa Donor Darah Gratis Tapi Penerimanya Harus Bayar?


Bagaimana, Anda sudah mengetahui bukan beberapa manfaat donor darah? Anda tak hanya membantu menyelamatkan nyawa seseorang, namun juga membantu tubuh tetap sehat. Tak adalagi alasan takut kekurangan darah, karena tenaga medis memastikan Anda siap melakukannya. Setiap tetes darah yang Anda sumbangkan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Jadi, jangan pernah merasa dirugikan jika seseorang meminta Anda menyumbangkan darah untuk membantu sesama, terutama keluarga.

sumber: http://manfaat.co.id/

Serba-serbi dari Kaskuser

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Di pmi mana gan kejadiannya?
Tahun berapa?

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


KASKUS Ads
image-url-apps
Nice inpo nya gan
image-url-apps
Bantu goyang dikit ganemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul
Quote:


sama-sama emoticon-I Love Kaskus (S)
nice info gan,.
thanks info gan

masuk akal koemoticon-Matabelo
image-url-apps
Iya nih, kdang da temen ane yg bilang ke ane pas ane ikut donor, 'ngapain ikut donor, walau gratis tpi nnti mreka (PMI) jual ke org duitnya tuk mereka'. Padahal gk 100% benar. Y ane sih gk brpikir gtu psti tu tuk biaya operasional kan dan ni untuk nilai kemanusiaan jga. Sekedar share j ayah saya 55 thn sdah 85x dnor, saya 22 thn 10 x, dua saudara saya 24 & 19 sdah 5 & 7x, bhkan da yg sdah 57 thn 110 x. Dan manfaat dnor drah itu bgi kesehatan sangat luar biasa, silahkan cek di google tuk infonya, dripda sekedar materi gan
Quote:


yakk benar salah satu adalah kita tambah gemuk (tapi gemuk sehat lho ya)
dan ada peremajaan sel sel darah dalam tubuh kita...
CMIIW emoticon-Matabelo aku masih 30x dnor nih
tangkafff... gembel2 itu !!
guna di donor'kan darah'nya untuk para pe'tinggi dan hartawan emoticon-Bingung (S) ..btw, kek'nya ada yang keliru nggak.. yak??
Keliruu,..emoticon-Shutup
Tangkaf.f.. ! Ratu kecantikan dari keluarga kaya raya itu.. !
ambil darah'nya !, untuk di'donor'kan ke gw emoticon-Genit
image-url-apps
Baru tau ane gan emoticon-Matabelo
Mahal ya harga darah..
image-url-apps
ternyata yg bikin mahal karna ada prosesnya dulu
mending jd pendonor ya emoticon-Big Grin
nice inpoh gan emoticon-2 Jempol
image-url-apps
pas banget alasannya... biaya biaya biaya (˘_˘)ck! (˘_˘)ck! (˘_˘)ck!
Quote:


emoticon-2 Jempol
mantap gan sampai puluhan kali begitu

untuk tambahan informasinya, semoga segera dapat ditambahkan di thread ini. emoticon-shakehand
Udah tau gan emoticon-Big Grin
izin share yah gan, biar temen-temen ane yg laen pada tau emoticon-Angkat Beer
image-url-apps
Quote:


Wow udah bnyak jga y gan, lnjutin gan
image-url-apps
Quote:


Ok gan
image-url-apps
Quote:
ya iyalah gan.. mending jd pendonor bdn sehat.. klo jd pembelinya mahaaaalll... dan tentu sakitemoticon-Ngakak
×