alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Programmer Forum /
Cara Asik Belajar Logika dan Algoritma Untuk Pemula, Update Terus Gan!
4.2 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53e6a40dc3cb17fa2f8b45f2/cara-asik-belajar-logika-dan-algoritma-untuk-pemula-update-terus-gan

Cara Asik Belajar Logika dan Algoritma Untuk Pemula, Update Terus Gan!

Belajar Programming Mulai Dari Mana?

Saya yakin bagi Anda, pemula yang ingin terjun ke dalam dunia programming selalu kebingungan perihal bagaimana memulai belajar bahasa pemrogaman. Dan bingung memilih platform/lingkungan yang akan dipakai ketika akan mulai belajar programming.

Maksudnya Bagaimana Memilih Platform/Lingkungan Programming?
Biasanya ketika Anda akan memulai programming itu karena ketertarikan akan membuat suatu aplikasi, entah itu berjalan di web (berbasis web), entah itu akan berjalan di desktop (berbasis desktop), atau mungkin Anda menginginkan aplikasi yang akan Anda buat itu berjalan di mobile seperti Android, IPhone, ataupun blackberry (berbasis mobile), atau mungkin sedikit agak extreme yakni berjalan di lingkungan hitam putih, untuk maintenance server ataupun jaringan, biasanya berbasis linux console.

Namun kurang lebih ada 3- jenis platform / lingkungan yang digemari para programmer, dan menjadi popular di kalangan para programmer. Apa sajakah itu?

  1. Mobile Based
  2. Web Based
  3. Desktop Based


Dan Anda harus memilih fokus Anda akan kemana dulu, mana yang paling Anda senangi? Mau bikin aplikasi berbasis website kah? Atau mau buat aplikasi yang berjalan di Windows kah? Atau ingin membuat aplikasi yang berjalan di handphone Android milik Anda? Silahkan tentukan.

JIka sudah maka tugas Anda selanjutnya adalah mencari bahasa pemrogaman apa saja yang mendukung Anda dalam mempelajari pembuatan aplikasi berbasis platform tersebut. Misalkan jika Anda sudah hobi dan sudah menginginkan sekali belajar programming untuk mobile semisal android, blackberry maupun iphone, maka yang perlu Anda pelajari terlebih dahulu adalah Java, Objective C, dan C++. Meskipun saat ini sudah ada phonegapp, Anda cukup belajar bahasa HTML CSS dan Javascript saja. Tapi untuk menjadikan Anda lebih mahir dan menghilangkan semua keterbatasan yang ada dalam phonegap tadi maka Anda pun harus fokus mempelajari satu atau mungkin lebih (pilihan ANda) yakni yang sudah saya sebutkan tadi yakni Java, Objective C, ataupun C++.

Begitu juga dengan web based programming. Ketika Anda menginginkan untuk menjadi The Another Mark Zuckerberg atau the another Sergey or Larry Page. Maka Anda pun harus mempelajari bahasa-bahasa seperti php, ruby, asp, python,SQL,JavaScript. Anda bisa memilihnya ataupun mempelajari kesemuanya. Bagaimana asik kan?

Lalu ketika Anda akan membuat aplikasi berbasis desktop pun visual basic, delphi, dot net, c, c++, c#, Java bisa Anda pelajari.

Apakah saya bisa memulai langsung?
Bisa iya, bisa tidak, bergantung kepada logika yang Anda miliki. Pemahaman Anda kuat atau tidak? Apakah Anda orang yang mengedepankan logika, atau hafalan semata? Untuk belajar programming bukan hafalan yang diutamakan, karena seiring berjalan sering latihan maka dengan sendirinya itu hafal sendiri. Yang sangat diperlukan adalah logika yang kuat. Bagaimana melatih logika agar menjadi kuat? Yang perlu Anda pelajari sebelum memulai belajar programming adalah mempelajari algoritma terlebih dahulu, memang susah di awal, tapi tidak masalah, Anda mengenal sedikit saja dari algoritma, pelajari sedikit saja, setidaknya Anda sudah memiliki sedikit basic dalam belajar programming. Karena pemula yang saya temui kesulitan programming itu karena belum mengenal algoritmanya. Bahasa pemrogaman itu berbeda dengan bahasa manusia sehari-hari, dan algoritmanya itu yang bisa menjembatani, membantu ANda menerjemahkan dari bahasa manusia ke dalam bahasa pemrogaman seperti bahasa c misalnya.

Kiat-kiat belajar programming?
Belajar programming itu seperti membawa Anda ke dunia waktu TK dulu, belajar membaca dan menulis, dan itu kembali dilakukan ketika Anda akan masuk ke dalam dunia programming yang lebih advanced (mahir). Jadi kiat-kiatnya adalah jangan bosan untuk terus latihan baca dan tulis kode. Kemudian yang selanjutnya adalah pantang menyerah. Karena Anda harus mengorbankan banyak waktu ketika belajar bahasa pemrogaman. Lalu bagaimana agar pantang menyerah? Anda harus memiliki visi dan misi yang kuat, mengapa Anda belajar programming? Apa kontribusi Anda (kontribusi=sumbangsih kepada masyarakat banyak) ketika sudah menguasai dunia programming? Itu yang harus Anda jawab, sehingga saya jamin Anda tidak akan lagi bosan dalam belajar programming.

Silahkan belajar di kode.ilmuwebsite.com. Karena di ilmuwebsite.com kita tidak hanya belajar programming saja, namun juga bagaimana seorang programmer itu bisa mandiri dan menjadi seorang wiraswasta / enterpreneuer. Mengapa harus menjadi wirausaha? Kita akan kupas tuntas di pertemuan berikutnya ya. emoticon-Smilie. Dan di kode.ilmuwebsite.com kedepannya akan membahas belajar bahasa programming untuk 3 platform yang sudah saya sebutkan di atas tadi.

Salam, selamat belajar programming.

sumber ilmuwebsite.com
Diubah oleh arukei
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6

Kuasai Ini Sebelum Belajar Programming!

Kuasai Ini Sebelum Belajar Programming!

Nah Loh? Yang harus Anda kuasai sebelum belajar lebih jauh mengenai dunia programming adalah pelajarilah algoritmanya. Apakah musti belajar algoritma secara teori? Tidak juga. Karena pada kenyataannya para ilmuwan itu menuliskan teori berdasarkan dari eksperimen, pengalaman, praktik. Jadi semuanya bukan dari teoritis belaka. Tapi pada dasarnya ilmu itu berawal dari praktiknya. Begitulah. Jadi musti bagaimana? Ya kita akan belajar algoritma, mempelajari algoritmanya sambil mempraktikannya menggunakan bahasa pemrogaman. Learning by doing.

Banyak pemula yang biasanya melewati proses mempelajari algoritma ini, karena merasa pusing duluan sebelum mengetahui yang sebenarnya, bahwa programming tidak sepusing yang dibayangkan. Dahulu kala ketika saya masih duduk di bangku kuliah pun banyak sekali mahasiswa yang berguguran dan akhirnya pindah ke jurusan lain karena mual-mual dalam mempelajari algoritma programming. Sungguh teramat disayangkan sekali.

Algoritma itu ibarat sebuah jembatan, yang mampu menghubungkan antara logika manusia ke dalam logika bahasa pemrogaman. Algoritma ini semacam urutan perintah yang dari situlah menghasilkan suatu keutuhan perintah-perintah yang akhirnya dikonversi (dituliskan dalam bentuk lain) yakni menjadi kode program.

Algoritma ini merupakan panduan bagi programmer, sebagai acuan dalam koding (melakukan programming). Sebagai contohnya adalah, ketika Anda akan membuat sebuah rutinitas fungsi. Rutinitas fungsi merupakan sebuah urutan perintah yang akan dijalankan oleh sebuah program. Ketika Anda membuat sebuah rutinitas fungsi dalam menangkap inputan yang diketikkan oleh user, contoh utuhnya misalnya form buku tamu, ketika user mengetikkan nama, email, alamat, dan komentar buku tamu, lalu mengklik tombol kirim, nah rutinitas fungsi yang menangkap input ini bentuk sebelumnya adalah algoritma. Jadi algoritma lah yang menyelesaikan rutinitas fungsi, menangkap hasil inputan yang dikirimkan oleh user, kemudian akan dibagaimanakan kah inputan tersebut. Apakah akan dimasukkan ke dalam database, kemudian di tampilkan, atau membutuhkan approval (aktivasi) sebelum ditampilkan, itu semua di definisikan (jabarkan) dulu dalam bentuk algoritma.

Sembari mendalami algoritma, Anda pun perlu menguatkan mindset (pemahaman) akan logika matematika. Karena ini sangat diperlukan sekali dalam dunia programming. Bukan berarti Anda harus pandai dalam matematika dahulu sebelum bisa programming, itu sama sekali tidak benar. Saya sendiri lemah dalam matematika, tapi sedikit bisa memainkan logika matematika mampu membuat kaffah.biz dalam waktu beberapa bulan. Jadi maju terus pantang mundur.

Logika matematika, dan belajar algoritma akan kita bahas di pertemuan berikutnya. Selamat bereksperimen.

sumber ilmuwebsite.com
Quote:


Pendapat pakar soal perlunya menguasai algoritma
Spoiler for pakar:
Quote:


asoy gan, mantab! learning by doing. nggak perlu pake pusing, yang penting jago koding.

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:


di bilang perlu gak gitu juga gan, di bilang gak perlu juga ga bisa. tanpa algo ga akan jadi suatu program walaupun ente pikir program ente jadi tanpa algo. coba ente perhatiin apa kodingan ente terstruktur? secara gak langsung ente pasti pake algoritma kok gan. kalau kita ngerasa udah stuck juga ane kadang bikin algo dari flowchartny malah gan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:

ane setuju gan. yg ingin ditekankan oleh penulis adalah penting gk sih mempelajari algoritma yg sudah diimplementasikan dalam suatu library? kalo sudah ada di library ngapain kita susah2 mikir algoritmanya? toh yg bakal dipake juga yg ada di library. contoh, ngapain susah2 bikin program buat mengurutkan data kalo sudah ada fungsi yg menanganinya?
Quote:


ane setuju juga ama agan ... emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Cara Asik Belajar Algoritma Pemrogaman Lebih Jelas ? Bagian 1

Salam, dalam artikel sebelumnya saya telah membahas Hal-hal yang perlu dikuasai sebelum memulai belajar programming (klik Kuasai Ini Sebelum Belajar Programming!). Diantaranya adalah mempelajari Algoritma nya (termasuk didalamnya logika matematika).

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Algoritma adalah bentuk/pola/cara/ilmu yang mampu menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa koding atau bahasa pemrogaman. Mengapa harus diterjemahkan?

Baiklah kita ambil contoh seperti ini, suatu saat bertemulah dua orang dari bangsa yang berbeda, yang satu adalah asli Indonesia, dan yang satu lagi adalah seorang yang asing, dari negara antah berantah. Mereka mencoba berkomunikasi dengan bahasa negaranya masing-masing, apa yang terjadi? Namun beda halnya ketika dua orang dari negara yang berbeda ini menggunakan bahasa yang sudah menjadi standar internasional, bahasa Inggris.

Begitu juga halnya dengan algoritma pemrogaman. Yang biasanya dikuasai betul oleh para programmer. Sehingga Anda yang calon programmer camkanlah dalam hati Anda! Waspadalah! Waspadalah!

Algoritma Oh Algoritma
Algoritma ditemukan seorang ilmuwan Muslim yang luar biasa, Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al Khwarizmi, beliau adalah seorang ilmuwan, seorang ahli matematika, astronomi, astrologi, dan juga geografi. Beliau lahir di tahun 780 dan wafat sekitar 850-an. Beliau adalah penemu angka NOL, penulis buku Al-Jabar, membahas solusi sistematik dari linear dan notasi kuadrat, yang setelah 500 tahun kemudian baru dimanfaatkan secara maksimal oleh orang-orang Barat (Eropa dan Amerika), diperkenalkan sebagai Sistem Penomoran Posisi Desimal. Pondasi komputasi dan teknologi modern.

Susah sekali dibayangkan jika Al Khwarizmi tidak menemukan angka NOL, dan dunia saat ini masih menggunakan penomoran Romawi kuno. Apa jadinya... Menulis tanggal kelahiran saya pasti akan sangat sulit sekali emoticon-Big Grin.

Karena begitu susahnya orang Barat menyebut nama Al Kwarizmi sehingga orang barat menyebut Al Khwarizmi menjadi Algorism, dan lambat-laun namanya berubah menjadi Algorithm dan kemudian diserap dalam bahasa Indonesia menjadi Algoritma.

Dalam praktiknya algoritma digunakan sebagai suatu urutan langkah-langkah (intruksi maupun aksi) yang terbatas, digunakan dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Sehingga secara utuh algoritma merupakan suatu ilmu yang mempelajari cara penyelesaian masalah berdasarkan langkah-langkah terbatas, logis dan sistematis dengan tujuan tertentu.

Okelah, baik, itu memang terdengar rumit, tapi lihat contohnya terlebih dahulu. Teori memang seringkali terdengar rumit, karena pada dasarnya setiap teori itu pun berasal dari suatu experiment, praktik.

Saya mengambil sebuah kasus, diambil dari salah satu modul algoritma buatan dosen di salah satu universitas di Indonesia, yakni Pak Romzi saya kutip kembali di sini.

Contoh Kasus Belajar Algoritma
Permasalahannya adalah seperti ini :
Ada dua buah gelas kosong, kita berikan namanya gelas A dan gelas B. Gelas A kita isikan air kopi ke dalamnya, kemudian gelas yang B kita isikan air teh ke dalamnya. Sehingga saat ini kondisinya Gelas A berisi air kopi dan Gelas B berisi air teh. Lalu pertanyaannya adalah adalah, silahkan tukarkan isi gelas A ke Gelas B, sehingga gelas A yang tadinya berisi air kopi berubah menjadi air teh, dan gelas B yang tadinya berisi air teh berubah menjadi Air kopi. Kurang lebih pertanyaannya adalah bagaimana memindahkan isi gelas B ke gelas A, dan sebaliknya?

Solusinya adalah ...
Untuk menukarkan isi dari Gelas A ke Gelas B diperlukan satu gelas tambahan, anggap saja gelas C. Yang mana gelas C ini akan digunakan sebagai tempat penampungan sementara. Sehingga jika isi gelas A ingin di tukar ke gelas B, begitu juga sebaliknya, urutannya adalah sebagai berikut.

  1. Pindahkan isi gelas A (berisi Air kopi) ke gelas C (gelas kosong), sehingga gelas A menjadi kosong dan gelas C berisi air kopi
  2. Pindahkan isi gelas B (berisi air teh) langsung ke gelas A (gelas kosong), sehingga gelas A berisi air teh dan gelas B menjadi kosong.
  3. Pindahkan isi gelas C (berisi air kopi) ke gelas B (gelas kosong), sehingga gelas C menjadi kosong dan gelas B berisi air kopi.


Algoritma harus dijelaskan sangat rinci dan jelas.

Berikut penyelesaian dalam algoritmanya ...

Algortima Tukar_Isi_Gelas

Deklarasi
  • Terdapat dua gelas (gelas A dan gelas B), gelas A berisi Kopi dan gelas B berisi Teh.
  • Siapkan gelas tambahan, yakni gelas C, untuk penampungan sementara


Deskripsi (penyelesaian)
  • Tuangkan isi gelas A ke gelas C
  • Tungkan isi gelas B ke gelas A
  • Tuangkan isi gelas C ke gelas B


Begitulah contoh penyelesaian menggunakan algoritma. Di pertemuan selanjutnya kita akan lebih menukik lagi, lebih mendalam lagi. Asik kan ?

Sumber ilmuwebsite.com
Quote:


ane juga setuju ama agan yang satu ini

intinya sih programmer itu ngalamin semua yang agan-agan sekalian komentarin
tread nya bagus nih, kebetulan ane baru kuliah dan masuk TI emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:
kuliah dmn gannn? jangan lupa fokus dengan algoritma gann emoticon-Ngakak

Quote:


kuliah di daerah jakarta gan emoticon-Malu (S) , pasti fokus itu gan doain aja emoticon-Ngakak. jadi sebenrnya logaritma itu jantung nya informatika yah ?
Quote:

logaritma != algoritma
Logaritma merupakan invers dari perpangkatan atau eksponen.
Dalam matematika dan komputasi, algoritma atau algoritme merupakan kumpulan perintah (langkah-langkah, urutan) untuk menyelesaikan suatu masalah.
Jadi inget temen seperjuangan yang gugur di medan perang Algoritma
Quote:


ane jg kuliah di jkt gan, jkt mana gan? utara apa tengah emoticon-Ngakak logaritma itu bukan algoritma btw emoticon-Ngakak

mana lagi gan update nya. seru ni belajar nya

Quote:


Wih makasih gan ilmu nya emoticon-Cendol (S)

Quote:


jakarta barat gann emoticon-Malu , ohya salah ketik gan emoticon-Ngakak
gua semenjak libur kampus jadi jarang main dengan code emoticon-Cape d... (S)
Quote:


code apa gan? code togel? kwkwkwk emoticon-Ngakak

kyakny sub forum ini bakalan rame dengan mahasiswa yang minta bantu tugas tugas mereka . tunggu aja 1 september 2014 dan seterusnya emoticon-Ngakak
Quote:


bisa jadi gannn emoticon-Big Grin, siap2 aja buat subcribe ini tread emoticon-Ngakak
Ane kuliah dulu belajar algortima gx pernah asik2nya.
klo dh Matkul algoritma pemrograman, ruangan kuliah udh kyk kuburan, ditambah dosen yg ngancem klo gx bsa langsung dapat E.
Yg asik paling nyumpahin dosennya kjebak macet biar gx datang pas ngajar..
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di