alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53e1cd10c2cb174e038b4660/pln-kembali-naikkan-tarif-listrik-september-mendatang
PLN kembali naikkan tarif listrik September mendatang
PLN kembali naikkan tarif listrik September mendatang

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), kembali akan menaikkan tarif dasar listrik September mendatang. Kenaikan ini adalah tahap kedua setelah kenaikan listrik pada Juli lalu. Besaran kenaikan sudah ditentukan dan telah disahkan bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Direktur Utama PLN, Nur Pramudji mengatakan kenaikan tarif dasar listrik September mendatang merupakan keharusan karena telah disahkan undang undang. Dalam aturannya, tiap dua bulan akan terjadi kenaikan listrik di golongan tertentu. "Juli dulu sudah naik tarif listrik dan itu tiap dua bulan. Jadi nanti September naik lagi kemudian November," kata Nur Pramudji ketika ditemui di Kantornya, Jakarta, Senin (4/8).

Nur Pramudji tidak menyebut besaran kenaikan pada September mendatang. Besaran atau persentase kenaikan telah ditetapkan dalam hitung-hitungan PLN. "Memang akan naik lagi, ikuti jadwalnya saja dan angka itu saja. Kenaikan itu ada tabelnya, kita ngikutin tabelnya, golongan pelanggan apa dan tarifnya berapa."

Sebelumnya, Komisi VII DPR RI menyetujui kenaikan tarif dasar listrik mulai Juli 2014 mendatang. Setelah Menteri ESDM Jero Wacik terus meminta kenaikan tersebut. "Ini pemerintahan baru akan sedikit senang dengan listrik. Jadi kesimpulan kita subsidi listrik jadi Rp 86,84 triliun turun dari Rp 95,35 triliun," ucap Jero menyetujui hasil keputusan rapat di DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/6).

Penetapan penurunan subsidi ini berdasarkan nilai tukar Rp 11.700 per dolar. Angka nilai tukar rupiah selanjutnya akan dibahas dengan DPR Komisi XI RI. "Ini dengan catatan asumsi kurs Rp 11.700 per USD," tegas Jero.
Pada Juli lalu ada 6 jenis pelanggan yang akan mengalami kenaikan tarif listrik yang berbeda-beda. Pertama adalah industri golongan I-3 non publik atau non Tbk dengan kenaikan rata rata 11,57 persen yang dilakukan setiap dua bulan mulai Juli 2014 mendatang.

Kedua adalah kenaikan tarif listrik rumah tangga golongan R-2 dengan daya 3.500 VA sd 5.500 VA kenaikan bertahap rata rata 5,70 persen. Kemudian yang ketiga adalah kenaikan tarif listrik pemerintah golongan P2 di atas 200 KvA secara bertahap rata rata 5,36 persen setiap dua bulan. Penghematan 3 opsi tersebut mencapai Rp 5,25 triliun. Subsidinya menjadi Rp 90,10 triliun dari awalnya Rp 95,35 triliun."

Jero pun mengusulkan kenaikan tarif listrik rumah tangga dengan golongan R-1 dengan daya 2.200 VA dengan kenaikan rata rata 10,43 persen yang dilakukan setiap dua bulan. Selanjutnya yang kelima adalah rumah tangga golongan R-1 dengan daya 1.300 VA dengan kenaikan rata rata 11,36 persen yang dilakukan setiap dua bulan. Kemudian yang terakhir atau keenam adalah kenaikan tarif listrik penerangan jalan umum secara bertahap sebesar 10,69 persen.

"Kalau semua dari 6 opsi ini maka penghematan akan mencapai Rp 8,51 triliun. Siapapun jadi presiden kedepanya dengan menaikkan ini maka subsidi tidak lagi memberatkan. Ini kita lakukan agar tidak memberatkan pemerintah baru," katanya.

PLN kembali naikkan tarif listrik September mendatang

Sumber
naik lagiii
naik lagi emoticon-Cape d... (S)

emoticon-rose
Quote:Original Posted By romyalfarezy
naik lagiii
naik lagi emoticon-Cape d... (S)

emoticon-rose


bener banget gan...
bentarlagi BBM juga naik ;capedes
semakin mahal kayaknya emoticon-Cape d... (S)
Di medan udah sering mati lampu malah naik lago tarif listriknya emoticon-Cape d... (S)
solar naik Tdl juga ikutang naik emoticon-DP
Ampun dah . gak pernah turun apa yak emoticon-Cape d...
Aduh naik lagi.gaji segitu2 aja dak naek2
Ampoen dah
ah...harga kos bakal naik lagi nih emoticon-Najis (S)emoticon-Najis (S)emoticon-Najis
bangga sama pln
Udah naek ya skrng emoticon-Big Grin
LISTRIK PINTAR... ga mau turun turun emoticon-Sundul Gan (S)
listrik naik terus tarifnya emoticon-Cape d...
Listrik naik, cabe cabran kagak turun turun emoticon-Frown
hancur deh.... emoticon-Cape d... (S)
ini kan berita tahun kemarin
Berita taun kemaren masih disundul jg emoticon-Cape d... (S)
Bentar2 ini berita tahun brp neh.?

Quote:Original Posted By cemenk...


Pertama adalah industri golongan I-3 non publik atau non Tbk dengan kenaikan rata rata 11,57 persen yang dilakukan setiap dua bulan mulai Juli 2014 mendatang.

Sumber


Hayo nyundul berita jadul pas rame2 nya ribut masalah token listrik emoticon-Cape d... (S)
mampus udah kejepit makin ke himpit aja nih.. emoticon-Cape d... (S)
jgn salahin rakyat bnyk yg spanyol.. sparo nyolong.. ato di bypass.. tapi kena denda..
karena harga naik rakyat jadi akalin cara'a..
berita jaman kapan yg nyundul orang dulu emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak