alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53e1a7ebd675d4d56d8b463b/ask-milih-mana-ngembangin-minat-atau-nurutin-ortu
[Ask] Milih Mana Ngembangin Minat atau Nurutin Ortu?
Agan Agan wati yang budiman, mau tanya nih.
Milih mana ngembangin minat atau nurut perkataan ortu?

Tahun ini ane masuk kuliah dan ambil jurusan teknik sipil gan..Ya memang, ortu ingin yg terbaik. Tapi tahu sendiri gan, jurusan itu hampir 80% eksak. Sedangkan diri ane mengakui bahwa ga suka itungan.Dan udah diterima di jurusan itu emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo


Di sisi lain ane suka banget gambar dan nulis.

Apa harus melakukan dua2nya dengan niat tulus? Tetep kuliah di siang hari dan jadi diri sendiri di malam hari?
Tapi kalo tugas kuliah numpuk dan berakibat malam hari harus ngerjain tugas, jadi kapan ane bisa jadi diri sendiri gan? emoticon-Mewek


Sarannya ya agan aganwati yg budiman
Saran bermakna Membuka Hati yang Gulana emoticon-Angel
up mbak emoticon-Cool
Berat gan, bapak ane keras kepala susah dikasih tau. Palingan akhir akhirnya ngikutin ortu emoticon-Nohope
baiknya sih diskusikan baik2 dengan orang tua gan
Lebih bagus lagi kalau jauh2 hari agan bisa nunjukin sesuatu yang membanggakan dengan hobi/kesukaan agan.
Misalnya jadi juara lomba apa gitu atau sukses merintis usaha berbasis hobi yang menghasilkan walaupun skala kecil.

Jadi ortu agan tidak menganggap agan hanya sekedar buang2 waktu dengan apa yang agan suka

Kalau sudah telanjur kuliah, saran ane jalanin dulu di tahun pertama ini.

Kalau memang tidak kuat, bicarakan baik2 dengan orang tua agan. Sampaikan bahwa karakter agan tidak cocok di teknik sipil.

Sebelum sampai tahap itu, mulai dari sekarang bangun kedekatan dengan ortu agan dan ciptakan kesan baik bahwa agan skrg benar2 dewasa
Kalo udah di daftarin kuliah yah jalanin aja Gan ...
Bayar Kuliah itu mahal cuy ... emoticon-Cool

Kecuali sebelum daftar ente bisa argumen ke ortu...

Lagian Minat ente kliatan nya bisa dikembangkan juga di samping kuliah,
ane dulu Kuliah IT, kerja sampingan Guru Les, Programmer...
Penting Niat Ajah
Ane masuk tempat kuliah yang diminta sama emak ane juga, tapi jurusannya ane milih sendiri emoticon-Ngakak (S) soalnya seluruh rumah emang suka sama TI, walaupun emak ane udah hampir setengah abad tapi demen banget maen komputer, jadi ane gak tau. Ane sih ambil enjoy aja yang penting next ane mau lanjut kampus yang ane mau
ngembangin minta, ada komunikasi ke orang tua, dan yang terpenting bukti nyata, ane ngalamin

emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
harus bisa ngebagi waktu aja gan hehehe
wah udah terlanjur masuk itu jurusan ya..
klo ane sih skrang lagi menikmati apa yg disuruh ortu..
ane udah kerja alhamdulillah enak gr2 nurutin ortu..
tp ya gitu,njalaninnya setengah hati..

klo kata tmene ane,pilih aja jurusan yang sista suka..
jadi kuliah sista jadi seneng n g terbebani,skill jadi maksimal n nilai pastinya juga bagus..
klo maslaah kerjaan,rejeki kan udah ada yg ngatur..
hho

semangat sist emoticon-Big Grin
nurutin ortu gan emoticon-Big Grin
agan diskusiin dlu aja ama ortu agan. Bilang klo minat ente di nggambar. Klo mereka tetep pngen agan kul di t.sipil ya nurut aja, ato jlni dua2nya. Ane juga mengalami hal yg serupa tapi tak sama, dan akhirnya ane nurut ortu. Hasilnya Alhamdulillah baik gan, klo ane ngambil jln yg satunya blm tentu lbh baik.

sama dgn TS

Quote:Original Posted By renyslamet
Agan Agan wati yang budiman, mau tanya nih.
Milih mana ngembangin minat atau nurut perkataan ortu?

Tahun ini ane masuk kuliah dan ambil jurusan teknik sipil gan..Ya memang, ortu ingin yg terbaik. Tapi tahu sendiri gan, jurusan itu hampir 80% eksak. Sedangkan diri ane mengakui bahwa ga suka itungan.Dan udah diterima di jurusan itu emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo


Di sisi lain ane suka banget gambar dan nulis.

Apa harus melakukan dua2nya dengan niat tulus? Tetep kuliah di siang hari dan jadi diri sendiri di malam hari?
Tapi kalo tugas kuliah numpuk dan berakibat malam hari harus ngerjain tugas, jadi kapan ane bisa jadi diri sendiri gan? emoticon-Mewek


Sarannya ya agan aganwati yg budiman
Saran bermakna Membuka Hati yang Gulana emoticon-Angel


Ane jg gitu . Ane wktu itu di paksa masuk ama kk msk jurusan teknik sipil nah truz wktu SMK ambil TKJ nyambung kemana coba. Padahal ane mw Msk TI tp ane nga mw ngecewaiin kk ane ma ortu. Skrng ane smester 3 teknik sipil doain yah semoga bs jalanin.
teknik sipil kan gambar2 kan gan?
Kasusnya sama kaya ane nih emoticon-Malu (S) ane minat di seni tapi dipaksa ortu ngambil eksak. Kalo saran ane jalanin aja, toh nanti juga ente nemu hikmahnya. Apa yang terjadi sekarang pasti Tuhan punya rencana yang indah. Ane juga awalnya (sampe sekarang sih) setengah hati ambil jurusan ane, tapi ya ane jalanin aja walaupun banyak hambatan dan akhirnya 5 tahun kuliah lulus juga emoticon-Ngakak (S). Yang penting membahagiakan ortu, urusan nanti setelah lulus mau ngapain kan udah jadi keputusan ente. Semangat yaaaa......
nurut ortu sambil ngembangin minat emoticon-thumbsup
aku jurusan teknik geomatika tapi hobi masak dan lebih pengen jadi koki emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By kangkung.rawa
baiknya sih diskusikan baik2 dengan orang tua gan
Lebih bagus lagi kalau jauh2 hari agan bisa nunjukin sesuatu yang membanggakan dengan hobi/kesukaan agan.
Misalnya jadi juara lomba apa gitu atau sukses merintis usaha berbasis hobi yang menghasilkan walaupun skala kecil.

Jadi ortu agan tidak menganggap agan hanya sekedar buang2 waktu dengan apa yang agan suka

Kalau sudah telanjur kuliah, saran ane jalanin dulu di tahun pertama ini.

Kalau memang tidak kuat, bicarakan baik2 dengan orang tua agan. Sampaikan bahwa karakter agan tidak cocok di teknik sipil.

Sebelum sampai tahap itu, mulai dari sekarang bangun kedekatan dengan ortu agan dan ciptakan kesan baik bahwa agan skrg benar2 dewasa


Iya gan, ane juga lagi berusaha kayak gitu. Berusaha buat gak manja kayak dulu. Berusaha lagi belajar nggambar secara otodidak juga. Awalnya ane kayak mau bener2 bantah sama ortu, malah sempat kepikiran kalo punya kesempatan pengen kabur.

Tetapi setelah dapat pencerahan dari beberapa orang terdekat, katanya ini proses. Dan kalo punya kesempatan sampaikan baik2 ke bapak ibu.
Setelah mengalami perenungan panjang akhirnya ane berpikir bahwa itu bijak banget..
Doakan ane gan, semoga secepatnya ane bisa memilih kehidupan ane sendiri beserta tanggung jawabnya dan mendapat ridho orang tua. Karena kata guru ngaji ane dulu, ridho Allah itu bergantung pada ridhonya orang tua
Thanks sarannya gan.. emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By selena.gemez
ngembangin minta, ada komunikasi ke orang tua, dan yang terpenting bukti nyata, ane ngalamin

emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star


Iya gan...betapa pentingnya komunikasi, lebih2 bukti nyata. Mantap agan emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By nakasaki
Kasusnya sama kaya ane nih emoticon-Malu (S) ane minat di seni tapi dipaksa ortu ngambil eksak. Kalo saran ane jalanin aja, toh nanti juga ente nemu hikmahnya. Apa yang terjadi sekarang pasti Tuhan punya rencana yang indah. Ane juga awalnya (sampe sekarang sih) setengah hati ambil jurusan ane, tapi ya ane jalanin aja walaupun banyak hambatan dan akhirnya 5 tahun kuliah lulus juga emoticon-Ngakak (S). Yang penting membahagiakan ortu, urusan nanti setelah lulus mau ngapain kan udah jadi keputusan ente. Semangat yaaaa......


Ane takut buang2 waktu kelamaan gan. Ane juga ngejalaninnya setengah hati gitu. Semuanya terasa berat dan mudah banget tersinggung dengan lingkungan yang kadang jadi ngarasa aneh sendiri gan.

Iya gan! Ente juga harus semangat juga gan emoticon-Angel
Quote:Original Posted By pendirinazi


Ane jg gitu . Ane wktu itu di paksa masuk ama kk msk jurusan teknik sipil nah truz wktu SMK ambil TKJ nyambung kemana coba. Padahal ane mw Msk TI tp ane nga mw ngecewaiin kk ane ma ortu. Skrng ane smester 3 teknik sipil doain yah semoga bs jalanin.


Semangat ya gan emoticon-Kiss

hehe.

Quote:Original Posted By renyslamet


Semangat ya gan emoticon-Kiss



Iya gan. Agan emang msk apa?
×