alexa-tracking

ISIS, "Khilafah", dan Indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53e0a7345a5163b76f8b49e7/isis-quotkhilafahquot-dan-indonesia
ISIS, "Khilafah", dan Indonesia
ISIS, "Khilafah", dan Indonesia

Oleh: Azyumardi Azra

KOMPAS.com — Islamic State of Iraq and Sham/Syria kini tidak hanya mengancam eksistensi Irak dan Suriah, tetapi dalam batas tertentu mungkin juga Indonesia.

Spoiler for Ini terlihat..:


Instabilitas politik dan ISIS

Bisa dipastikan, kemunculan ISIS terkait dengan ketidakstabilan (instabilitas) politik dan keamanan di negara-negara Arab. Menurut sebuah teori sosiologi politik, tatkala negara lemah—tidak mampu memelihara stabilitas politik dan keamanan—saat itu pula aktor dan kelompok non-negara menguat untuk menguasai wilayah yang vakum dari kekuasaan negara.

Spoiler for Dunia Arab...:


"Khilafah" utopian

Menguasai wilayah-wilayah tersebut, ISIS mendeklarasikan entitas politik baru yang mereka sebut sebagai khilafah. Menggunakan sentimen sektarianisme Sunni versus Syiah dan khilafah sebagai entitas politik pemersatu umat Islam sedunia, ISIS menyeru kaum Muslim sedunia—termasuk Indonesia—untuk mendukung dan bergabung dengan mereka.

Spoiler for Seruan..:



Langkah respons

Meski konsep khilafah jelas tak relevan, sejumlah pihak di Indonesia perlu mencermati dan mewaspadai penyebaran ajaran dan perekrutan ISIS. Walau potensi keberhasilannya relatif kecil, gagasan dan praksis ISIS dapat menimbulkan masalah serius dalam kehidupan politik, agama, dan sosial di Tanah Air.
Spoiler for Hampir bisa...:


Semoga tidak repost.
Hati-hati gan terhadap informasi yang beredar sekarang, kita harus waspada terhadap pihak-pihak tertentu yang mau menghancurkan negara kita dengan informasi-informasi yang justru ga ada dasar-dasarnya. Malah ane lihat justru kebanyakan memutar balikan dari fakta yang sebenarnya, alih-alih agama dsb.
Ane khawatir dengan banyak warga negara Indonesia yang langsung menyerap informasi tanpa dicerna matang terlebih dahulu menjadikan warga negara Indonesia hilang jati dirinya gan, ujung-ujungnya dijajah terus sama bangsa asing.
Secara ane emoticon-I Love Indonesia
moga isis
cepat bubar dah emoticon-Big Grin

emoticon-rose
KASKUS Ads
Ya inilah peninggalan dari serangan US ke Iraq dulu. Hanya kekacauan yang ditinggalkan.... Termasuk terbentuknya ISIS....

Di Indonesia sendiri sejarah kelam seperti ini sudah pernah terjadi. Ingat di sejarah dulu tentang pemberontakan DI/TII? Yang berusaha membuat negara bagian sendiri? Pemberontakan seperti ini memang kerap muncul di negara yang situasi politiknya tidak stabil. Misalnya di negara Iraq pasca serangan US.

Semoga situasi cepat terkendali....



semoga rakyat menjadi lebih pintar dan jangan sampai terperosok masuk ke sana emoticon-Nohope
moga rakyat Indonesia dewasa bisa milih kelompok yang benar
emoticon-I Love Indonesia (S)
maaf nambahin, sy jga bukan pendukung ISIS, khilafah bukan milik ISIS saja, khilafah adalah milik umat muslim.

menurut bisyaroh nabi, dengan atau tanpa bantuan siapapun khilafah akan tegak, karena itu janji Allah SWT.

ISIS diam, saya diam, kita semua diam, tetap akan tegak khilafah diatas jalan kenabian.

sy kira semua (yg muslim) tahu atau pernah mendengar tentang Imam Mahdi ataupun turunnya Nabi Isa As, jdi sy pikir khilafah bukan utopia.

ini sekedar pendapat sy, karena sy cukup geram kalau khilafah dikait-kaitkan dengan ISIS apalagi terorisme, dan khilafah tidak relevan atau hanya sekedar utopia belaka. buktinya khilafah berdiri sejak zaman nabi hingga tahun 1924 M, walaupun kekhilafahan yg mengikuti jalan kenabian mungkin sebagian orang hanya mengakui hingga kholifah Ali bin Abi Tholib.

sekali lagi sy hanya mempercayai apa yg telah Nabi Muhammad SAW katakan, seperti kholifah Muhammad Al Fatih mempercayainya hingga dapat menyebarkan Islam hingga ke daratan Eropa.

sekali lagi, dengan atau tanpa bantuan siapapun khilafah diatas jalan kenabian akan tegak, lalu kiamat akan terjadi.

yg menolak dipersilahkan, yg mengimani juga silahkan emoticon-Big Grin

sekian dan terimakasih.
nyimak dulu gan
Mudah-mudahan tidak sampai memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa ya. Semoga.
masih percaya kompas.com media anti islam gan ...ngoahahahaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
yah.... azumardi azra ... emoticon-Cape d... (S)
udah kebaca alur pikirannya jil
Quote:


masa anti islam? ane belum tau, ada buktinya gan?
Yang setuju silahkan diambil
Yang gak setuju biarkan berlalu

*nyontek agan di atas sono

Ane yg bukan muslim ngebacanya sih, tulisan ini menarik dan logic.
begitu gan
Quote:

Ane setuju dengan pendapat agan Andilasa diatas. Justru karena informasi asalnya datang dari media asing, sebagai yang terdidik kita musti lebih pintar melihat dan menilainya.
×