alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53e098735074104b508b46e0/indonesia-negeri-pecinta-sate
Indonesia, Negeri Pecinta Sate
Quote:Indonesia, Negeri Pecinta Sate
Quote:Thread ini disadur dari nusaraya.net
Quote:Bukan orang Indonesia kalau tidak suka makan-makan, bagaimana tidak? Indonesia adalah gudangnya makanan enak! Bagi sebagian orang pasti sudah pernah mendengar tentang survey yang diadakan CNN tentang makanan paling enak sedunia, dimana posisi satu dan dua ditempati oleh dua masakan asal Indonesia, yaitu rendang dan nasi goreng! Ya, nasi goreng, bukan fried rice. Tapi kali ini Nusaraya tidak akan membahas tentang Rendang atau nasi goreng, tapi salah satu makanan khas Indonesia yang juga sudah mendunia, yaitu sate.

Sejarah sate diperkirakan diciptakan oleh pedagang makanan asal Tanah Jawa sekitar abad ke-19. Jennifer Brennan, dalam bukunya yang berjudul The Original Thai Cookbook, diterbitkan pada tahun 1988 sempat sedikit menyinggung tentang sejarah sate di Nusantara. Dimana meskipun Thailand dan Malaysia menganggap hidangan ini adalah milik mereka, tanah air sate yang sesungguhnya di Asia Tenggara adalah Jawa, Indonesia. Di sini sate dikembangkan dari adaptasi kebab India yang dibawa pedagang muslim ke Jawa. Bahkan India sendiri tak dapat mengakui sebagai asal mulanya karena hidangan ini merupakan pengaruh Timur Tengah.

Dari Jawa sate menyebar ke seluruh Nusantara yang menghasilkan beraneka ragam sate, yang kemudian di modifikasi sesuai dengan selera dan lidah masyarakat sekitarnya. Mulai lapar? Yuk langsung menuju ke beberapa jenis sate yang populer di Nusantara!


Quote:
Quote:SATE MADURA
Spoiler for Sate Madura:

Jenis sate ini yang paling populer di Indonesia, karena memang sate Madura yang paling mudah ditemukan mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran papan atas. Sate Madura pada umumnya berupa daging ayam atau daging kambing yang dipotong kecil-kecil. Untuk sate yang menggunakan daging ayam, pada umumnya menggunakan bumbu kacang, sedangkan untuk yang menggunakan daging kambing menggunakan bumbu kecap, irisan bawang merah dan potongan cabai. Sate Madura biasanya dihidangkan bersama dengan lontong atau nasi. Sate tanpa lontong, ibarat Romeo kehilangan Juliet, Scooby Doo tanpa ditemani Shaggy.


Quote:Quote:SATE PADANG
Spoiler for Sate Padang:

Sate yang berasal dari Sumatera Barat ini biasanya menggunakan jeroan sapi atau kambing yang awalnya sudah direbus terlebih dahulu menggunakan bumbu dan rempah, kemudian baru dibakar. Yang paling membedakan dari jenis sate ini adalah bumbu kuningnya yang gurih-pedas. Bumbu dari sate Padang merupakan campuran dari tepung beras, kaldu daging dan jeroan, kunyit, jahe, beberapa rempah rahasia lainnya dan semangat penjualnya. Tetapi ada sebuah pelesetan pepatah “lain Padang lain belalang”, citarasa dari sate Padang juga berbeda-beda sesuai dengan daerah asalnya.Sate Padang paling nikmat dimakan bersama dengan ketupat, bawang goreng, keripik balado, es teh manis dan sahabat setia, RANCAK BANA!!


Quote:Quote:SATE PONOROGO
Spoiler for Sate Ponorogo:

Sesuai namanya, domisili sate ini berasal dari Kota Ponorogo, Jawa Timur. Yang paling nikmat dari sate ini adalah rasa bumbunya yang meresap hingga ke dalam daging, karena sebelum dibakar sate ini direndam (bacem) terlebih dahulu hingga bumbu tersebut meresap kedalam daging. Selain itu sate berbeda dengan sate pada umumnya yang potongan dagingnya dipotong kecil-kecil, daging ayam sate Ponorogo dipotong melintang (fillet), dan dipisahkan antara daging dan lemaknya. Alhasil yang didapatkan adalah full daging tanpa lemak, dengan bumbu yang meresap hingga ke bagian terdalam, ditambah bumbu kacang yang ditumbuk sangat halus, dan penulisnya mulai lapar beneran.


Quote:Quote:SATE TEGAL
Spoiler for Sate Tegal:

Sekarang bayangkan kambing muda yang dagingnya masih sangat empuk, di sate! Dan saking empuknya, ketika digigit tidak ada perlawanan dan dagingnya lumer di mulut, bercampur dengan rasa khas daging panggang dan saos kecap yang manis dan nikmat. Karena menggunakan daging kambing muda, sate ini sering disebut “balibul” atau baru lima bulan. Sebelum dibakar diatas arang, sate ini tidak dibumbui terlebih dahulu, sehingga aroma dan rasa khas dari balibul ini masih sangat kentara dan nikmat luat biasa.


Quote:Quote:SATE LILIT
Spoiler for Sate Lilit:

Pulau Dewata juga punya sate yang menjadi jawara disana, yaitu sate lilit. Sate lilit ini menggunakan bahan daging cincang yang biasanya berupa daging sapi, ayam, ikan, babi atau kura-kura. Setelah dicincang, daging tadi dicampur dengan kelapa parut, santan, jeruk nipis, bawang merah dan merica. Berbeda dengan sate pada umumnya yang ditusuk pada lidi atau batang bambu, sate lilit ini menggunakan pelepah kelapa atau bahkan batang serai. Yang istimewa dari batang serai ini adalah aroma serai yang ikut merasuk kedalam kalbu si daging cincang tadi, delicious!


Quote:Quote:SATE KLATHAK
Spoiler for Sate Klathak:

Lagu Yogyakarta dari KLA Project memang mendayu dan membuat kita rindu akan kota ini, tapi ada satu lagi yang lebih membuat kita rindu, yaitu sate klathak Yogyakarta. Nama klathak berasal dari suara sate yang dibakar, yang menurut telinga orang Yogya bersuara “klathak klathak”, tapi bukan itu yang membuat sate ini istimewa! Tetapi bahannya yang terbuat dari daging kambing muda, dan ditusuk menggunakan ruji sepeda. Dikarenakan ruji juga ikut memanas ketika dibakar di atas arang, maka bagian dalam dari sate ini akan ikut matang. Dan berbeda dengan sate kambing biasanya, sate klathak hanya dibumbui garam saja, sehingga aroma dan rasa khas dari daging kambing muda begitu terasa dan begitu nikmat. Satu lagi yang tidak boleh tertinggal, guyur sate tadi dengan kuah gule! Lengkap sudah nikmatnya.


Quote:Quote:SATE BUNTEL
Spoiler for Sate Buntel:

Secara teknis sate yang berasal dari Solo ini memang menggambarkan wujudnya yang seperti buntelan daging, yang memang sate ini terbuat dari daging kambing yang dicincang kemudian di buntel dengan lapisan lemaknya untuk membuat cincangan daging tadi tetap menyatu sewaktu dibakar. Dan ketika dibakar, lapisan lemak pembungkus ini akan meleleh dan menyisakan buntelan daging cincang yang sangat lembut. Biasanya disajikan hanya dengan kecap, acar dan nasi putih hangat, wuih!


Quote:Quote:SATE MAKASSAR
Spoiler for Sate Makassar:

Sate bisa hijrah sampai ke tanah Sulawesi Selatan? Bisa saja! Sampai di Makassar pun sate ini juga berevolusi mengikuti rasa khas daerah. Secara kasat mata bentuk sate Makassar tidak jauh berbeda dengan sate Madura, tapi tunggu sampai Anda mencicipinya. Lidah Anda akan disambut dengan rasa pedas dan tendangan rasa asam yang segar, karena memang bumbu dari sate Makssar ini menggunakan campuran belimbing. Tapi nikmatnya tidak hanya sampai disana, karena sebelum dibakar daging dari sate ini direndam dahulu bersama potongan daun pepaya. Alhasil daging ini tidak akan memberikan perlawanan ketika menari di lidah Anda, sempurna!


Quote:
Quote:TAMBAHAN DARI AGAN-AGAN
Quote:Original Posted By kang507
wedew sate euy makanan favorit ane nih, nambahin gan,, emoticon-Malu (S)
- sate ambal, ini sate khas kampung ane di kebumen bumbunya dibuat dari bahan baku utama tempe, manis2 gurihnya beda dari bumbu kacang biasa
Spoiler for ambal:


- sate lalat, ni sate namanya cukup unik pas pertama ane denger kirain beneran dari lalat ni sate emoticon-Hammer (S),,
nama lalat dipake karna porsi daging satenya yang dipotong kecil2 banget kaya lalet emoticon-Ngakak (S)
ga cukup kayanya klo makan ni sate cuma seporsi, minimal 2 porsi lah klo mau kenyang makan ni sate
Spoiler for lalet:


Quote:Original Posted By genksu
SATE BLENGONG gan khas Brebes. Ni sate enak banget dari sejenis unggas namanya Blengong . dagingnya empuk, bumbunya juga enak banget gan, satenya panjang kaya sapu lidi emoticon-Ngakak satu tusuk 5rbu terakhir kmaren lebaran beli. ni pic dri gugel gan, ane coba upload poto asli dri hp ane, ga bisa2 karena kegedean. Klo tar mudik, sekali2 mampir ke alun2 brebes gan, klo bisa jam 3 sore mpe jam6 udah abis gan. emoticon-Ngakak emoticon-KissIndonesia, Negeri Pecinta Sate

Quote:Original Posted By mr.valkyrie
nih gan ane tambahin dari tempat ane lombok tercinta hehe..emoticon-Big Grin

ini sate ikan tanjung didaerah tanjung lombok bagian utara
Indonesia, Negeri Pecinta Sate

kalo ini sate rembiga, sate daging sapi yang rasanya gurih pedas dari daerah rembiga kota mataram, dimakannya pake lontong pesor sama pelecing sebagai sayurnya
Indonesia, Negeri Pecinta Sate

nah yang tertakhir ini namanya sate bulayak, ada yang dari usus, ayam atau daging sapi, dimakannya pake pelecing juga gan ama lontong yang bentuknya lonjong Indonesia, Negeri Pecinta Sate

dah tuh pajewan kalo bisa gan emoticon-Big Grin



Quote:Sepertinya apabila list tentang seluruh sate yang ada di Nusantara ini dituliskan di Nusaraya, bisa-bisa jadi ensiklopedia sate, karena memang ragam sate yang ada di nusantara ini sangat banyak dan semuanya nikmat! Atau mungkin agan-agan ingin berbagi tentang sate favorit, atau daerah agan memiliki sate tersendiri? Jangan ragu untuk berbagi! Sekarang ane sudah lapar, mari berburu sate!
Quote:(All photo’s credit to respective owners)


wah sate tegal dimari banyak banget gan

emang enak enak semua emoticon-Big Grin
Ooooh sate emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Ane jadi laper lagi nih gan, padahal baru makan emoticon-Big Grin
ane demen sate padang gan, bumbunya itu loh
mana sate marangginya? emoticon-Big Grin
ndk trllu suka klo sate ane , lbih ska bakso emoticon-Hammer (S)
rumah tusuk sate gan paling serem emoticon-Takut
sateee
ane suka satee
jadi kepingin satee emoticon-Blue Guy Smile (S)emoticon-Blue Guy Smile (S)emoticon-Blue Guy Smile (S)emoticon-Blue Guy Smile (S)
sate emang enak gan ane aja demen emoticon-Matabelo
lapaaar .pernah niat jual sate juga.tapi gak jadi
wedew sate euy makanan favorit ane nih, nambahin gan,, emoticon-Malu (S)
- sate ambal, ini sate khas kampung ane di kebumen bumbunya dibuat dari bahan baku utama tempe, manis2 gurihnya beda dari bumbu kacang biasa
Spoiler for ambal:


- sate lalat, ni sate namanya cukup unik pas pertama ane denger kirain beneran dari lalat ni sate emoticon-Hammer (S),,
nama lalat dipake karna porsi daging satenya yang dipotong kecil2 banget kaya lalet emoticon-Ngakak (S)
ga cukup kayanya klo makan ni sate cuma seporsi, minimal 2 porsi lah klo mau kenyang makan ni sate
Spoiler for lalet:

Quote:Original Posted By kang507
wedew sate euy makanan favorit ane nih, nambahin gan,, emoticon-Malu (S)
- sate ambal, ini sate khas kampung ane di kebumen bumbunya dibuat dari bahan baku utama tempe, manis2 gurihnya beda dari bumbu kacang biasa
Spoiler for ambal:


- sate lalat, ni sate namanya cukup unik pas pertama ane denger kirain beneran dari lalat ni sate emoticon-Hammer (S),,
nama lalat dipake karna porsi daging satenya yang dipotong kecil2 banget kaya lalet emoticon-Ngakak (S)
ga cukup kayanya klo makan ni sate cuma seporsi, minimal 2 porsi lah klo mau kenyang makan ni sate
Spoiler for lalet:



Wah mantep gan, terimakasih udah bantu nambahin. Ane masukin ke thread ya emoticon-Smilie

Wah sate Ambal unik banget, pake tempe malah baru tahu ada sate kaya gitu. Nah kalo sate lalat, di tempat ane namanya sate laler haha, itu bisa sampe nambah 4 porsi kalo lagi laper beneran emoticon-Big Grin
jadi pengen sate biawak emoticon-Kaskus Banget
Kalo sate yang di Grobak abang" yg suka lewat, itu sate khas mana gan.. emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By rios248
Kalo sate yang di Grobak abang" yg suka lewat, itu sate khas mana gan.. emoticon-Hammer2


Itu sate default ala Indonesia, sate Madura hehe...
Sate klathak gan....
Jooossss emoticon-Big Grin
Bosen sama sate madura...
apapun sate nya,minum nya tetep teh botol sisri emoticon-Ngakak
Sate Madura sama Sate Padang gan, asli enak banget emoticon-Ngacir2
Wih sate, favorit bener ini!
ane seneng bener sate gan
ane paling suka sate ayam emoticon-Genit:

MAMPIR GAN

SIRI VS GOOGLE NOW