alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53e089ed14088d3f3f8b469d/apakah-belajar-akan-membuat-agan-bodoh
Apakah Belajar Akan Membuat Agan Bodoh?
Belajar akan membuat Anda bodoh? Wah benarkah pertanyaan tersebut, saya tidak mengada-ada bahwa orang yang rajin belajar akan bodoh kalau Anda tidak percaya coba lihat masyarakat sekarang banyak sekali yang gemar belajar saking gemarnya sampai menambah porsi untukbelajar yang sudah ada disekolah dengan les tambahan, semakin membuat otak anak-anak cepat lelah. Mengapa begitu banyak bimbingan belajar, les tambahan dan beraneka trik jitu dalam memecahkan soal tapi tidak membuat anak-anak semakin pintar disekolahnya? Mari kita bahas:

Apakah Belajar Akan Membuat Agan Bodoh?

1. Tujuan pembelajaran sudah jauh dari tujuan awal pembelajaran itu sendiri

Sebenarnya apa yang ingin dicapai oleh siswa disekolahnya? Anak jaman sekarang mayoritas menjawab nilai yang bagus! Ini sudah salah besar menurut saya karena nilai itu adalah alat ukur sejauh mana siswa paham terhadap mata pelajaran yang didapatkan? Berarti ketika Anda dan saya ditanya untuk apa sekolah? Jawabannya untuk memahami ilmu yang diberikan bukan untuk mendapatkan nilai yang bagus, paradigma nilai inilah yang menggeser persepsi masyarakat bahwa nilai adalah segala-galanya.

Ketika ada anak yang nilainya jelek orang tua pasti akan marah sehingga anak akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan nilai yang bagus, kalau kita kembalikan pada tujuan pembelajaran sebenarnya yang terjadi sekarang adalah mereka sangat menginginkan nilai yang bagus dari pada paham terhadap pelajaran yang diberikan, oleh karena itu kita harus mengingatkan pada peserta didik untuk secara jujur mengerjakan tiap soal dan bertanya dibagian mana dia yang tidak mengerti dengan cara tersebut mereka akan mengerti bahwa nilai hanyalah sebagai alat ukur saja bukan tujuan utama dari pembelajaran dan kelak siswa akan menjadi cakap karena ilmu yang dimiliki bukan karena nilainya.

2.Cara belajar yang salah

Ketika siswa mendengar kata belajar yang ada dibenaknya adalah sesuatu hal yang membosankan karena mereka harus mulai membaca, menghafal dan mengerjakan soal-soal inilah yang banyak dirasakan oleh siswa sekarang, kesadaran diri akan pentingnya belajar tentu sangat dibutuhkan agar hasil yang didapatkan maksimal, sebagai contoh mengapa banyak siswa yang senang bermain game dari pada belajar? Alasannya karena bermain game sangat menyenangkan tapi mengapa belajar sangat sulit sekali? Karena belajar bukan sesuatu yang menyenangkan bagi mereka sehingga mereka tidak menikmati proses belajar yang seharusnya dilakukan, pertanyaan selanjutnya bagaimanakah caranya membuat agar belajar menjadi menyenangkan?

Ada pertanyaan yang diajukan oleh siswa saya, "pak saya belajar hanya bisa konsentrasi dilima menit pertama selanjutnya saya bosan, bagaimana caranya supaya saya semangat belajar?", saya jawab, " ya kamu cari hal yang menyenangkan dalam belajar, atau kamu optimalkan belajarmu di lima menit pertama". Ada juga yang menyampaikan,"pak saya suka belajar sambil mendengarkan musik", saya jawab," ya kalau begitu belajarlah menggunakan musik".

Sekali lagi dari beberapa jawaban yang saya sampaikan bertujuan agar siswa dapat memperoleh pengalaman menyenangkan dari proses belajar yang dilakukan karena setiap orang itu unik dan memiliki keunggulan masing-masing dan orang yang dapat memberikan solusi terbaik tentang cara belajar yang benar dan menyenangkan adalah diri mereka sendiri dengan indikator mereka harus menjalani dengan suasana hati yang menyenangkan dan mampu memahami apa yang mereka baca.

Jadi perlu kita sadari bahwa mindset belajar perlu dikembalikan pada tujuan sebenarnya proses pembelajaran, kalau tidak maka hasil akhir dari siswa belajar tidak akan tercapai secara optimal yang ada hanyalah para pencari nilai tanpa menyadari pentingnya memahami apa yang mereka baca. Salam sukses!


Sumber : www.kesekolah.com
Ngeri juga memang liat ekosistem sekolah jaman sekarang emoticon-Big Grin
ane pertama komen di thread ente yaa...?? emoticon-Blue Guy Cendol (L)

=================
keduluan ama yg diatas ane emoticon-Mewek
Tergantung apa yang dipelajarinya sih sebenernya...
Tapi menurut ane sih yang namanya belajar malah menambah pengetahuan gan
Iya, bisa jadi di karenakan Cara belajar yang salah
Iyaaahh... emoticon-Cape d... (S) orientasinya juga harus dibenerin... tapi tergantung individu masing2 sih... hehehe

Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Ngeri juga memang liat ekosistem sekolah jaman sekarang emoticon-Big Grin


emoticon-Ngakak Bukan yg pertamax yaa gan...

Quote:Original Posted By rios248
ane pertama komen di thread ente yaa...?? emoticon-Blue Guy Cendol (L)

=================
keduluan ama yg diatas ane emoticon-Mewek


Betuuullll... se7 sama agan... tapi klo menurut artikel yang diatas, kayanya ini supaya kearah PINTAR yang bener gituu...
Karena byk orang belajar supaya pintar --> Pintar menipu / pintar korupsi / dll... hihihi...
Jadi jangan menyalahgunakan ilmu yg kita punya utk hal2 yg negatipp gituu kaya'ee... emoticon-Matabelo



Quote:Original Posted By ularpiton
Tergantung apa yang dipelajarinya sih sebenernya...
Tapi menurut ane sih yang namanya belajar malah menambah pengetahuan gan


Ane belajar sambil nonton TV
Hahahaha.... biar gak boring yaaa belajarnya sambil nonton tipi.

Ada juga yg sambil nyemil... atau dengerin musik gan...
Tergantung selera aja dehhhh... emoticon-Kaskus Radio
Makasih gan buat tefrensi hehe.. :Peavce: