alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53e05de9108b46eb1c8b48d3/setiap-orang-berdiri-sama-di-muka-hukum
SETIAP ORANG BERDIRI SAMA DI MUKA HUKUM
Setelah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) aktif ketika itu Andi Alfian Mallarangeng ditetapkan sebagai tersangka korupsi, giliran Menteri Agama (Menag) aktif, Suryadharma Ali, diduga melakukan tindak pidana korupsi. KPK menetapkan Suryadharma sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyelenggaraan haji 2012/2013 melalui surat perintah penyidikan yang ditandatangani pimpinan KPK 22 Mei 2014. KPK menjerat Suryadharma dengan Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 Kesatu juncto Pasal 65 KUHP.

Menurut Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto, Suryadharma diduga memiliki peran sentral terkait penyelenggaraan haji tahun 2012-2013, sehingga, ditetapkan sebagai tersangka. Suryadharma diduga berperan penting terkait penunjukkan Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) yang tidak sesuai dengan ketentuan. Suryadharma terkait dengan turut sertanya beberapa pihak menjalankan ibadah haji dengan menggunakan biaya negara. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) juga sudah mengirimkan Laporan Hasil Analisis dana haji ke KPK. Isi laporan itu meliputi soal transaksi mencurigakan sejumlah pihak yang diduga mengggunakan dana haji termasuk Menteri Agama Suryadharma Ali.

Beberapa waktu kemudian, Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi juga menjatuhkan pidana seumur hidup buat mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar yang terbukti menerima suap perkara sengketa pildana dan pencucian uang. Hakim Majelis menyatakan Akil bersalah menerima hadiah atau janji terkait penanganan 14 perkara Pilakada di Makhamah Konstitusi, yakni; Pilkada Gunung Mas, Lebak, Empat Lawang, Kota Palembang, Kabupaten Buton, Pulau Morotai, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya, Pilkada Kabupaten Merauke, Kabupaten Asmat, Kabupaten Boven Digoel, Kota Jayapura, Kabupaten Nduga dan Provinsi Banten. Dimana Akil terbukti menerima hadiah antara Rp 500 juta hingga Rp 20 miliar.

Ditetapkannya Suryadharma Ali dan Akil Mochtar ketika itu sebagai tersangka menjadi pertanda bahwa KPK telah menjalankan tugasnya dengan baik. Tercatat sudah dua menteri aktif yang menjadi tersangka sejak KPK sebagai lembaga anti korupsi terbentuk. Tidak hanya itu, Wakil Presiden Boediono, Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani, beberapa waktu lalu juga turut hadir di persidangan sebagai saksi dalam kasus Century. Hal ini membuktikan bahwa supremasi hukum itu berlaku untuk semua orang, dan setiap orang berdiri sama di depan hukum. Beragam persoalan semuanya akan diproses melalui hukum sesuai yang berlaku di Indonesia. Hukum tidak pandang bulu, mau Presiden, Menteri, dan Pejabat semuanya kedudukannya sama dan tidak ada yang dibeda-bedakan. Kedudukan semua orang dimata hukum itu sama, dan apabila bersalah pasti akan diproses melalui hukum yang berlaku.

Lembaga peradilan memang menjadi lembaga yang harus dijunjung tinggi wibawanya dalam sebuah negara demokrasi demi terbentuknya kesadaran hukum di masyarakat untuk iklim demokrasi yang lebih baik. Tugas kita sebagai masyarakat adalah mendukung setiap proses peradilan yang ada dengan tidak ikut terpangaruh oleh opini-opini negatif yang bertujuan untuk menjatuhkan wibawa penyelenggara hukum. Kita harus yakin bahwa Indonesia sedang dalam proses memperbaiki pondasi hukum, terbukti dengan semakin banyaknya kasus yang diselesaikan di ranah peradilan yang tentunya berdampak positif terhadap kedaulatan hukum nasional.

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
hukum harus
adil gan emoticon-Big Grin

emoticon-rose
Sayangnya ga bgtu gan, yg ada malah beda..
Hmm semoga semakin baik deh hukum di Indonesia..
Quote:Original Posted By jackhieben
Sayangnya ga bgtu gan, yg ada malah beda..
Hmm semoga semakin baik deh hukum di Indonesia..


Iya gan... mudahan deh
Sumurnya mana gan? Jelas banget copasnya, tolong disertakan emoticon-Cool
Harusnya sih begitu gan, sayangnya di negeri kita money is eperithing emoticon-Big Grin
sumbernya mn,,, atau ngarang,,


mapir jg ke trit ane gan
PEKERJAAN YANG RAWAN SELINGKUH
ya asal jangan tumpul ke atas tajem kebawah
Tapi setelah negara duit menyerang.....