alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53e04f1da1cb17ad2b8b48cc/sistem-it-kpu-lebih-baik-dalam-mengantisipasi-serangan-hacker
SISTEM IT KPU LEBIH BAIK DALAM MENGANTISIPASI SERANGAN HACKER
Penetapan hasil Pilpres 2014 telah diputuskan dan dibacakan oleh Ketua KPU, Husni Kamil Manik. Hasil tersebut didapat melalui penghitungan manual berjenjang yang kemudian disimpan di sistem informatika. Untuk menjaga keakuratan data, KPU menilai sudah melakukan pengamanan sistem informatika laman kpu.go.id dari peretas. KPU meyakini data pemilih Pilpres tidak mudah dibobol oleh para peretas (hacker). Sehingga sangat kecil kemungkinan mereka bisa mengacaukan hasil Pemilu.

Komisioner KPU, Sigit Pamungkas mengungkapkan bahwa tidak mungkin ada hacker (peretas) yang mampu mengubah hasil pemilu, karena rekap berlangsung manual, berjenjang, dikontrol masing-masing saksi pasangan calon dan diawasi Bawaslu. Disebutkan memang ada hacker yang akan masuk ke sistem, tetapi tidak bisa mengotak-atik sistem sehingga tidak berdampak pada hasil rekap.

Menurutnya, banyak peretas yang ingin mencoba merusak sistem yang ada, seperti mengubah tampilan laman yang terlacak menggunakan alamat (IP address) dari beberapa negara. Senada dengan Sigit, ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan bahwa kemananan sistem informatika data Pilpres yang dikelola KPU telah diperbaiki berkaca dari Pileg lalu. Pihaknya bekerja sama dengan Universitas Indonesia untuk mengelola sistem tersebut.

Bentuk kerja sama dengan Universitas Indonesia tersebut meliputi evaluasi Pileg 9 April lalu, seperti keterlambatan pengiriman dari daerah, penambahan kapasitas pengelolaan penyimpanan data, dan kemanan yang kemudian diperbaiki di Pilpres. Selain itu salah satu bukti peningkatan kinerja pengelola IT yakni adanya transparansi data rekapitulasi. Publikasi form C1 yang mencapai hampir 100 persen jika dibandingkan dengan pemilu legislatif yang hanya 80 persen. Indikator tersebut menunjukkan bahwa kinerja pengelola IT jauh lebih baik dari Pileg.

Segala bentuk kekhawatiran terkait dengan peretasan jaringan dan sistem dari KPU sudah selayaknya disikapi dengan bijak. Berkaca dari pengalaman Pileg 9 April lalu, segala bentuk kelemahan jaringan telah diantisipasi dengan sigap oleh KPU dengan memastikan perkuatan keamanan segala bentuk upaya peretasan jaringan. Masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya pernyataan dari sejumlah kalangan terkait peretasan database dari KPU. Selain karena kekuatan sistem keamanan IT yang jauh lebih baik dari sebelumnya, rekapitulasi hasil akhir suara Pilpres juga dilaksanakan secara manual dan berjenjang.
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
percaya deh sama KPU , politik lagi politik lagi SISTEM IT KPU LEBIH BAIK DALAM MENGANTISIPASI SERANGAN HACKER
semoga kedepannya jadi lebih baik gan
semoga gak dibobol ya gan


mapir jg ke trit ane gan
PEKERJAAN YANG RAWAN SELINGKUH