alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53dfc1bcd675d411088b4651/kisah-shoichiro-honda-amp-nama-besar-quothondaquot
icon-hot-thread
Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"
Wellcome To My 7th HT
emoticon-Angkat Beer
Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"

Jumpa lagi dengan ane eko507 emoticon-army di The Lounge
Kali ini setelah membahas Honda RC-series milik pabrikan ‘sayap kepak’ pada decade 60’an
Kita akan lanjut menyimak sejarah berdirinya “Honda Motor”emoticon-Selamat
Semoga Inspiratif.. emoticon-Selamat emoticon-Selamat
Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"
Berawal dari Shoichiro Honda
Quote:Soichiro Honda terlahir sebagai putra pertama dari pasangan Gihei Honda & Mika Honda pada 17 November 1906 di desa kecil bernama Komyo (Sekarang Tenryu) , Hamamatsu, Prefektur Shizuoka, Jepang.
Ayahnya adalah seorang pandai besi yang juga memiliki bengkel reparasi sepeda, Sementara ibunya sebagai penenun. Keluarga ini sesungguhnya adalah keluarga yang sangat sederhana (bahkan bisa dibilang pas-pasan) , Tak ada yang mewah dan spesial disana.
Honda Kecil menghabiskan waktunya untuk membantu ayahnya di bengkel sepeda dan juga mengerjakan hal lain seperti membelah kayu dan menempa besi.
Bakat Honda Kecil sudah terlihat saat umurnya masih sangat muda. . . Saat masih anak-anak, Ia sering merengek pada sang Kakek untuk diajak bersamanya ke tempat penggilingan padi. . . Namun bukan untuk membantu kakeknya, Justru Honda Kecil tertarik pada cara kerja/mekanisme Mesin Penggilingan Padi tersebut bekerja.
Bahkan Honda Kecil juga sering mengejar Mobil yang sedang lewat & Mengayuh sepedanya sejauh 16 Km ke Lapangan Pesawat Terbang, Semua itu hanya demi Memuaskan rasa keingintahuannya di bidang Mesin. . .
Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"
Honda Kecil tergolong bukan anak yang Pandai, Prestasi di sekolahnya pun tak bisa dibanggakan, Apalagi Pendidikan Formal Tinggi yang belum pernah Ia cicipi.
Namun berkat rasa keingintahuannya yang membara, Honda memutuskan untuk mulai mencoba untuk mencari pekerjaan di bidang Mekanik pada usianya yang baru 15 tahun. . . Melihat keputusan tersebut, Gihei Honda (Ayah Honda) mungkin telah menyadari bakat anaknya dan mulai mencarikannya pekerjaan di Kota Tokyo. . Akhirnya, Honda mendapatkan pekerjaan di sebuah bengkel bernama Art Shokai . . . Disinilah kehidupan Honda di bidang Otomotif/Mekanik dimulai.
Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"


Pekerjaan Pertama Shoichiro Honda
Quote:Sayangnya, Bukan pekerjaan sebagai mekanik yang didapat, Honda Muda justru mendapat pekerjaan sebagai Cleaning Service sekaligus merangkap sebagai Pengasuh Bayi anak dari sang empunya bengkel.
Disini kita bisa melihat awal kegigihan Honda ! Meskipun dia hanya bekerja sebagai pengasuh bayi, Honda Muda selalu memanfaatkan waktu saat bengkel tutup untuk sekedar melihat & menganalisa cara kerja suatu mesin mobil yang sedang direparasi.
Bahkan Honda Muda juga sampai mengumpulkan uang gajiannya untuk meminjam buku tentang otomotif di perpustakaan, Hanya untuk memperdalam ilmu yang telah Ia pelajari sendiri dari bengkel. . . Waow, Bener bener gigih banget nih Opa Soichiro. . . emoticon-Big Grin

Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"

Hari yang ditunggu Honda Muda untuk unjuk gigi pun akhirnya datang ! Suatu hari saat Honda sedang mengepel lantai, Ia diminta oleh sang pemilik bengkel Art Shokai untuk membantu pekerjaan bengkel, Lantaran kondisi saat itu sedang super sibuk.
Semuanya terpana saat Honda dengan mudahnya memperbaiki mesin mobil Ford Model T tahun 1908 yang kala itu sedang nge-hits. . . Tak hanya teman teknisi nya, Bahkan sampai sang empunya bengkel pun Takjub melihat kemampuan Honda mereparasi mesin.
Hebatnya, Hal tersebut dilakukan hanya dengan bermodal ilmu yang didapatkan dari buku pinjaman perpustakaan & mencuri-curi waktu melihat mesin Mobil saat bengkel tutup !!

Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"
Ford Model T tahun 1908, Mobil Pertama yang direparasi Soichiro Honda


Berkat kejadian tadi, Akhirnya Honda Muda dipercaya untuk menjadi teknisi di bengkel Art Shokai.
Ilmunya tentang dunia permesinan langsung berkembang pesat saat menjadi teknisi. . . Tak Heran, Hal yang menakjubkan pun kembali terlihat saat Honda mampu memperbaiki mesin mobil yang terlihat sudah tak mungkin untuk direparasi lagi. . . Pemilik bengkel Art Shokai dibuatnya sampai terkagum-kagum melihat cara kerja & pemikiran yang layaknya engineering profesional, Padahal hanya dengan bermodal Pendidikan formal dasar dan Tanpa Pendidikan Formal Tinggi. . .

“Di bengkel Art Shokai. . . Pria tua itu belajar sangat banyak dengan bekerja langsung dengan mesin sungguhan”
Kiyoshi Kawashima, Pimpinan Honda 1973 – 1983, Pengganti Soichiro Honda. . .


Atas dasar kegigihan & kepintaran Honda, Enam tahun kemudian atau saat Honda baru genap berusia 22 tahun. . . Honda Muda Dipercaya untuk membuka bengkel cabang Art Shokai di Kota Hamamatsu, Mantepnya lagi Soichiro Honda pun ditunjuk langsung sebagai kepala bengkelnya. . . Dari sinilah perjalanan Honda di Industri Otomotif Dimulai.


Mewujudkan Mimpi
Quote:Singkat Cerita. .
Setelah Honda dipercaya menjadi kepala Bengkel Art Shokai di Kota Hamamatsu, Dalam 3 Tahun bengkelnya menjelma jadi bengkel besar dan cukup diperhitungkan di Hamamatsu kala itu.
Dari semula hanya mempunyai 1 orang karyawan, Dalam kurun waktu 3 tahun tersebut Bengkel yang Dipimpin Honda kini mempunyai 50 Orang karyawan. . .
Sebagai Kepala Bengkel Art Shokai, Honda terkenal sebagai orang yang galak dan tak segan main tangan pada anak buahnya. Honda sampai menggunakan kunci pas untuk memukul anak buahnya yang bodoh dan lalai menjalankan tugas meski sudah dijelaskan berulang-ulang. . . Sampai-sampai ada juga yang melarikan diri, Namun tak sedikit juga yang mampu belajar & bertahan dan akhirnya menjadi mekanik sangat handal.

“Bekerja dengan Soichiro Honda berarti ada dua pilihan : Pindah ke perusahaan lain atau Belajar dengannya”
-Wikipedia-


Pada tahun 1933, Honda Berhasil mewujudkan mimpi untuk membuat mobil balap pertamanya. Namun, Bukannya mendevelop mesin dari pabrikan terkenal, Soichiro Honda justru mengambil mesin milik pesawat terbang kala itu, Curtis A1.
Yang akhirnya juga diberikan pada mobil balap miliknya yang kita kenal saat ini dengan Honda Curtis.
Di luar prediksi, Ternyata Honda mampu menjuarai sebuah kejuaraan di Jepang, Meskipun saat itu ia hanya sebagai navigator . . . Waowww !


Menikah
Quote:Di tahun 1933, Honda juga menikah dengan Sachi, Seorang wanita dari kalangan berpendidikan. Yang akhirnya menjadi pembimbing Soichiro Honda untuk belajar segala macam hal tentang kehidupan dan mampu membawa Honda menjadi orang yang lebih baik. . .

Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"
Soichiro Honda & Sachi Honda


1 Tahun setelahnya atau di Tahun 1934, Honda mulai menapaki jejaknya di Dunia Industri Otomotif, Ia sangat ingin membuat mesin mobilnya sendiri.
Oleh karena itu, Ia mulai mempelajari salah satu part mesin yang kala itu Sangat Sulit & Mahal untuk didapat, Ring Piston. Saking seriusnya belajar membuat Ring Piston, Honda sampai-sampai membuat workshop nya sendiri yang berada bersebelahan dengan bengkel Art Shokai dan diberi Nama Pusat Penelitian Ring Piston ART. emoticon-Belo
Namun, Karena pendidikan formalnya tak menunjang keinginan Soichiro untuk membuat Ring Piston, Hasilnya pun tak semulus yang diharapkan alias Gagal Total lantaran Piston Ring buatannya selalu patah atau menggores dinding blok silinder.
Bahkan saat itu desain Ring Piston yang dibuat oleh Honda sempat ditolak oleh Toyota, Yang hingga saat ini tercatat sebagai salah satu sejarah unik di dunia Otomotif Jepang .


Pantang Menyerah dan mendirikan pabrik
Quote:Namun Honda tak pantang Menyerah, Meski saat itu Ia sudah berusia 28 Tahun, Tapi Ia memutuskan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Hamamatsu hanya demi memuaskan hasratnya untuk membuat Ring Piston Mobil Buatannya sendiri.
Hal ini Soichiro Lakukan setelah mempelajari bahwa dibutuhkan material logam lain untuk membuat Ring Piston yang sempurna. Dan dari Perguruan tinggi Hamamatsu inilah Honda belajar tentang seluk beluk metalurgi mesin termasuk pencampuran Silikon dalam pembuatan Ring Piston, Yang nantinya akan berpengaruh terhadap Superioritas nya Honda di bagian Metalurgi dan Dunia Mesin. . .

Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"
Oval Piston Mahakarya Soichiro Honda Kelak


Akhirnya pada tahun 1937, Honda berhasil membuat Ring Piston yang Sempurna untuk pertama kalinya.
Dan pada tahun 1938, Honda berhasil mendirikan Pabrik Ring Piston pertamanya yang diberi nama Tokai Seiki, Sedangkan bengkel Art Shokai yang sebelumnya Ia pimpin diserahkan pada anak buahnya yang Loyal & Berdedikasi tinggi.
Pabrik ini terus berkembang hingga akhirnya Soichiro Honda mampu menyuplai Ring Piston ke Pabrikan Mobil Toyota & Nakajima Aircraft yang saat itu memproduksi Mesin pesawat terbang untuk kebutuhan Perang Dunia II.


Kegagalan...dan Kegagalan
Quote:Namun nasib sial di alami Soichiro Honda.
Pada tahun 1945 atau saat Jepang Kalah oleh Pasukan Sekutu, Pabrik Ring Pistonnya Luluh lantak akibat penyerangan pasukan Sekutu.
Tapi, Bukan Honda namanya bila berdiam diri saja, Honda memerintahkan Karyawannya untuk mengumpulkan Sisa kaleng bensol bekas yang menjadi bahan bakar utama Pesawat saat itu. Berkat Kegigihannya Honda berhasil kembali membangun Pabriknya meski tak sebesar Pabriknya dahulu. . .
Naasnya, Setelah pabrik kembali Dibangun dan beroperasi, Saat itu Jepang dilanda gempa bumi Dahsyat hingga meratakan Pabrik Ring Piston milik Soichiro Honda.
Sejak saat itu, Soichiro menjadi sering termenung dan bahkan tak mempunyai Niat untuk membangun pabrik lagi lantaran Kondisinya kini tak mempunyai apapun, Hanya istri yang setia menemaninya. . . Kondisi ini membuat Honda akhirnya menjual Pabrik pertamanya ke Toyota pada tahun 1947.

Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"

Saat Honda termenung dan hanya mampu menyaksikan puing-puing besi yang berserakan tepat d bawah kakinya, Honda terdiam sambil memikirkan bagaimana caranya bisa menghasilkan uang untuk menghidupi keluarganya, Terlebih saat itu Jepang dalam keadaan sulit akibat Krisis BBM.
Berbalik dari cerita sebelumnya, Soichiro Honda justru kini sedang dalam keadaan Kemiskinan. emoticon-Berduka (S)
Honda pun hanya bisa wara-wiri dengan sepedanya, Namun sebuah ide sangat brillian kala itu hadir dari kepala Honda.
Ya dibawah kemiskinan & kegagalannya silam, Ia memikirkan untuk membuat sepeda dengan ditambah motor sehingga penggunanya tak perlu repot menggoes dan tak harus seboros saat menggunakan mobil.
Dan ternyata, Dari kegagalan inilah awal cerita tentang Dunia Sepeda Motor Honda yang saat ini dipakai oleh Brosist penunggang Honda sekalian Dimulai.emoticon-Belo
Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"


Sepeda Motor Pertama Honda
Quote:Singkat Cerita, Setelah Honda mengalami kegagalan hebat bersama pabrik Tokai Seiki nya, Kini Honda justru berbalik menjadi seseorang yang berada dalam jerat kemiskinan.
Saat Ia harus bisa menafkahi keluarganya, dan hanya bisa wara-wiri dengan sepedanya, Sebuah ide yang revolusioner pun muncul.
Awalnya, Ia hanya berfikir bagaimana bila menggabungkan mesin bekas sisa peperangan ke sepeda yang ditungganginya agar tak perlu repot-repot menggoes.
Namun tanpa disadari, Ternyata banyak orang lain yang berminat untuk mencobanya dan mengaku ingin membelinya (Meskipun saat itu harus digoes seperti sepeda biasa dan mesin baru bisa nyala setelah 30 menit).

Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"

Motor pertama buatan Soichiro Honda terkenal dengan Nama A-Type dan selanjutnya Dikenal dengan nama Chimney,
Dibuat pada November 1947.
Kalau dilihat-lihat sih bentuknya lebih mirip sepeda dibanding motor emoticon-Stick Out Tongue ,
Output power nya sanggup mencapai 0,5 HP(Horse Power).
Motor ini mendulang sukses yang terbilang cukup besar, Karena memang saat itu Honda belum mempunyai Pabrik. . .


Kelahiran Honda Motor Company
Quote:Setelah A-Type sukses, Soichiro Honda pun mulai memikirkan untuk membuat pabrik kembali dan menghapus ingatan kegagalan pahit di Tokai Seiki.
Namun karena manajemen keuangan yang sangat buruk, Honda justru malah hampir bangkrut dibalik kesuksesan produk A-Type nya (Honda memang jenius di bidang Mesin & Pemahaman Konsumen, Tapi tidak saat berbicara masalah finansial).
Namun semuanya menjadi cerah saat Honda bertemu seorang ahli keuangan & marketing Takeo Fujisawa, Yang nantinya akan menjadi salah satu pembesar di Pemasaran Produk Honda baik di Pasar Domestik Jepang ataupun Pasar Global.
Akhirnya pada 24 September 1948, Soichiro Honda mendirikan pabrik motor pertamanya yang diberi nama Honda Motor Company yang merupakan cikal bakal Motor Honda yang dipakai Brosist sekalian,
Dengan dibantu oleh Takeo Fujisawa, dan kembali merilis motor baru dengan label B-Type dan selanjutnya C-Type.
Motor ini sejatinya merupakan pengembangan dari A-Type dengan mesin baru 90cc. . .

Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"
Honda Motor Company, Tahun 1948 (View Udara)


Setelah sukses dengan produk A,B & C-Type nya, Soichiro Honda akhirnya memperkenalkan Honda D-Type pada tahun 1949.
Berbeda dengan tipe sebelumnya, D-Type ini sudah sepenuhnya berbentuk motor sungguhan, Dengan berbekal mesin 2-Tak 98cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 3PS.
Motor ini dulu sangat terkenal seantero Jepang dan sangat Legendaris dengan warna merah maroon nya yang juga sebagai Motor modern pertama buatan pabrikan Honda.
Motor ini dikenal luas dengan Nama Honda Dream, Yang turut mewakili Mimpi Soichiro Honda untuk Motor Pertama buatannya sendiri. . .

” Aku tak dapat mengingatnya. Yang jelas dulu aku selalu berucap bahwa Honda akan menjadi Pabrikan besar di Dunia, yang juga adalah mimpi untuk kami semua. Pria tua itu (Soichiro Honda) pasti sangat senang dengan motor barunya (D-Type). Setelah semuanya yang telah Ia lakukan, Itulah Motor Sungguhan pertama buatannya sendiri”
-Kiyoshi Kawashima- Selaku Presiden Honda 1973-1983, Sekaligus orang yang ikut serta di dalam development Honda D-Type.


Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"
Honda D-Type


Menaklukan Pasar Motor Amerika
Quote:Ternyata Honda Dream (D-Type) pun memiliki kekurangan di mata Konsumen, Yakni asap yang mengebul dan Suara yang berisik lantaran masih mengusung mesin 2-Tak.
Tak ingin mengecewakan Konsumen, Honda pun merefresh Honda Dream dan kembali mengeluarkan motor baru yang lebih canggih yakni Honda E-Type. Motor ini adalah salah satu motor paling keren dan “wah” di jepang kala itu, Mesinnya sudah mengusung 4-Tak, OHV 149 cc, dan mampu berlari maksimal 80 Km/h.
Produksi motor ini mampu mencapai 130 unit per hari dan mengantarkan Honda ke dalam kesuksesan besar kala itu. . .
Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"
Meskipun berada dalam kesuksesan besar, Inovasi Honda tidaklah terhenti, Justru malah Inovasi Honda makin menggila dengan berbagai Produk barunya yang sangat fenomenal dan memanjakan Konsumen layaknya Honda F-Type, Honda Benly, Honda C-70 Twin, Hingga Motor Tersukses sepanjang sejarah yaitu Honda Super Cub.
Honda juga akhirnya Sukses menembus Pasar Amerika pada tahun 1959 .
Hanya butuh beberapa tahun, Sebelum akhirnya Strategi Duet Honda-Fukusawa mampu menaklukan pasar Roda dua Amerika yang kala itu dikuasai Pabrikan Besar Harley-Davidson.


Impian Selanjutnya
Quote:Keberhasilan itu seakan mimpi yang menjadi kenyataan bagi Soichiro Honda.
Namun dibalik itu semua, Masih ada mimpi yang belum berhasil diwujudkan olehnya.
Apakah itu??
Yap, Jawabannya adalah Dunia Balap Internasional yang sama sekali belum tersentuh Oleh Honda. Akhirnya pada tahun 1959, Honda mengikuti kejuaraan Isle Of Man TT (IOM TT) 125cc yang saat itu merupakan salah satu seri dari kejuaraan WorldGP (MotoGP) bersama Motor Andalannya Honda RC141 & RC142.
Ini sekaligus menasbihkan bahwa Honda adalah Pabrikan Jepang pertama yang ikut serta dalam Kejuaraan Balap Roda 2 Paling Bergengsi di Dunia, WorldGP.
Meski hasilnya tak terlalu baik, Tapi Honda mampu menyabet gelar Manufacturers Team Award kala itu. . .

Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"

Pada tahun 1960, Honda mendeklarasikan ikut Kejuaraan WorldGP sepenuhnya di kelas 125 & 250 cc.
Tahun 1960 adalah tahun pembelajaran bagi Soichiro Honda, Karena saat itu Ia gagal total merebut Juara Dunia yang saat itu dikuasai MV Agusta. . . Namun, Honda tak pantang Menyerah, Ia kembali turun di ajang WorldGP 1961 dengan Motor Barunya RC143 & RC162 yang bermesin 4-Tak,
Menantang Pabrikan lain yang unggul dengen mesin 2-Taknya.
Berkat Inovasi Gila yang dilakukan oleh Soichiro Honda, Akhirnya Ia berhasil merebut Dua gelar Juara Dunia sekaligus pada tahun 1961 di kelas 125 & 250 cc.
Sebuah kebanggan besar bagi Soichiro Honda, Sekaligus Mimpi berikutnya yang menjadi kenyataan berkat kerja kerasnya selama ini. . .
Tahun Berikutnya (1962) Honda mengikuti 3 Kelas sekaligus yaitu 125, 250 & 350 cc.
Ajaibnya Honda kembali mendulang Juara Dunia di semua kelas yang Ia ikuti di tahun 1962. . . Namun itu tak berlangsung lama, Pada tahun 1963 Honda mendapatkan perlawanan Super berat dari Pabrikan Eropa & Pabrikan Jepang lain yang mengikuti Jejaknya di WorldGP layaknya MZ, MV Agusta, Suzuki & Yamaha yang banyak mengandalkan mesin 2-Tak.
Otomatis Honda harus membuat motor 4-Tak yang “super gila” untuk bisa mengalahkan kedigdayaan mesin 2-Tak pada kubikasi mesin yang sama.
Hingga pada tahun 1966 Soichiro Honda menciptakan Honda RC166 & Honda RC149 yang hingga kini selalu dikenang sebagai Mahakarya Fantastis yang mampu mengalahkan eranya sendiri dan berhasil menyabet Juara Dunia kelas 125 & 250cc.
Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"
Honda RC-Series

Akhirnya Honda Resmi mengundurkan diri di kejuaraan WorldGP pada tahun 1968 karena regulasi yang membatasi penggunaan jumlah silinder, Yang juga turut mematikan inovasi Honda di ajang WorldGP kala itu.


Selanjutnya di post #2 emoticon-army
Pantang Menyerah Dan Terus Berinovasi
Quote:Honda kembali ikut serta di Ajang WorldGP pada tahun 1978-1979 bersama Motor barunya yang tak kalah legendaris Honda NR500.
Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"
Demi menjungkalkan kedigdayaan power 2-Tak, Honda sampai membuat Motor yang memakai Oval Piston V-4 !
Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"
Sebuah teknologi mesin Inovatif dan Gila “ala Mesin V-8″ yang proses pembuatan & materialnya masih menjadi misteri kala itu.
Sayangnya, NR500 gagal mendulang hasil yang positif akibat terlalu kompleks dan sangat rumit bahkan hingga di era Modern ini.
Akhirnya Honda mengalah dan mengikuti regulasi dengan menghadirkan Honda NS500,
Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"
Motor 2-Tak 500cc bermesin V-3 pada tahun 1982.
Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"
Tak butuh waktu lama bagi Honda untuk merebut gelar Juara Dunia, Pada tahun 1983, Freddie Spencer yang menunggangi NS500 mampu menyabet gelar Juara Dunia.
Berbagai Motor Fantastis dan Juara Dunia Baru Lainnya pun Hadir setelah Era Honda NS500 pun banyak layaknya Honda NSR500,
Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"
Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"

Honda RC211V
Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"
hingga yang saat ini dipakai Oleh Juara Dunia Termuda Marc Marquez Bersama Team Factory Honda (Repsol Honda), Honda RC213V.
Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"


Last Quote
Quote:Berkat keberhasilan di Kancah balap Ini akhirnya Honda mampu dikenal oleh Masyarakat seluruh Penjuru Dunia dan Akhirnya mampu menjadi salah satu Pabrikan Roda 2 Terbesar di Dunia.
Soichiro Honda menyerahkan tampuk pimpinan Honda Motor ke Tangan Kiyoshi Kawashima pada tahun 1973.
Sementara itu Soichiro Honda menjabat sebagai Direktur namun tetap memberikan keputusan penting bagi kemajuan Pabrik Honda yang Ia Bangun Sendiri.
Selebihnya ia fokus ke berbagai Yayasan Honda yang bertujuan untuk menciptakan engineer sekelas Soichiro Honda berikutnya.
Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"
Akhirnya, Pada tanggal 5 Agustus 1991, Soichiro Honda menghadap sang pencipta pada usia 84 Tahun, Setelah dirawat di RS Juntendo, Tokyo, Akibat penyakit Lever yang diderita-nya. emoticon-Berduka (S)
Seperti yang sering dilakukan pada masa kecilnya, Honda kembali mengejar Mobil yang kini adalah ciptaannya sendiri. emoticon-norose
Namun bedanya, Kini Jalur mobil itu mengarah ke Langit yang sekaligus menandakan akhir dari kehidupan sang Engineer Berbakat yang mampu mewujudkan semua Mimpi yang selama ini dicita-citakannya dengan Kerja Keras, Pantang Menyerah & Selalu Ber-Inovasi dalam Kehidupan sehari-harinya, Meski harus mengalami Berbagai Kegagalan & Kenyataan Pahit semasa Hidupnya.


HONDA
THE POWER OF DREAM



Regards, emoticon-army


eko507

emoticon-Angkat Beer...Komentar Kaskuser...emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By PembeliCendol
Sebenarnya ada cerita miris juga gan dibalik kesuksesan si Honda ini, kata guru ane dulu dia waktu kecil itu tergolong bodoh bodoh banget malah gan sampe sering dikerjain sama temennya gan sampe2 dia disuruh nyebur ke sungai yang dibilang sama temennnya itu kolam renang dia mau aja haha coba aja baca di google gan hehe

Quote:Original Posted By aanblast
Honda & Fukusawa adalah duo yg tak terpisahkan gan, honda tanpa fukusawa gk mungkin bisa berhasil memajukan perusahaan apalagi tembus ke pasar amerika.. emoticon-Blue Guy Smile (S)

Quote:Original Posted By medan87
Shoichiro Honda nih yg bikin buku GEMBA KAIZEN...
buku sakti anak teknik industri yg tertarik mempelajari Sistem Produksi Toyota/Kanban/Lean Manufacturing....

Quote:Original Posted By 060612
keberhasilan honda bukan berkat shoichiro aja gan, tapi fujisawa pun ikut berperan penting gan
lebih lengkapnya lagi mengenai honda baca buku The Honda Way karangan Masaaki Sato
inspiratif banget gan ceritanya
shoichiro itu orang jenius di bidang mekanik yang hanya mampu memproduksi saja dan fujisawa orang pandai di bidang manajemen yang memiliki strategi penjualan
mangkanya 2 orang tersebut ga bisa dipisahkan dari nama "honda"

Quote:Original Posted By buulluu
hahahaha pas banget ada trit ginian, kebetulan kmrn abis nonton peoples car's nya james may... ada cerita unik kenapa honda menciptakan c70

Soichiro Honda terkenal sebagai penggemar ramen, sampe2 ngebelain makan siang mesen ke kedai langganan yg jaraknya jauh dr tempat kerjanya. Nah, zaman itu ramen masih diantar pake sepeda dan cara nganterinnya si wadahnya dipegang dengan 1 tangan. Si ramen kesukaannya selalu udah dingin (suhunya di bawah 50 derajat) begitu nyampe ke tempat kerja Honda karena:
1. jaraknya jauh
2. dianternya pake sepeda (kecepatannya terbatas)
3. motor pada zaman itu masih pakai kopling tangan

Hanya karena keinginan Honda supaya dapat makan ramen favoritnya dalam keadaan masih panas maka dia ciptakan honda c70, motor bebek honda pertama dengan kopling semi-otomatis, sehingga pengantar ramen bisa mengantarkan ramennya lebih cepat (tidak perlu menekan tuas kopling di stang kiri kalo pindah gigi karena tangan kiri bawa wadah ramen)

page one klo berkenan emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By andreewww
ane pernah baca biografi doi gan
dia ke luar negeri beli motor di sana trs dibawa ke jepang dan gk dipake cuma buat diperetelin dan diteliti wkwk emoticon-Cape d... (S)
tp hasilnya sepadan gan emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By laoshe78
HONDA memang luar biasa sampai-sampai dijadikan salah satu tokoh Street Fighter. emoticon-2 Jempol

emoticon-Angkat BeerThanks For Nice Commentsemoticon-Angkat Beer


Kalo Berkenan Mampir ke Koleksi Thread Ane gan.. emoticon-Request
Maap kalo banyak banget.. emoticon-Peace

Quote:


Maaf Gan, Ane Lagi Butuh Duit Banget,
Titip lapak Yaa..emoticon-Malu (S)
Jual Alat Press Buat Sablon Heat Transfer
---TURUN HARGA BIAR CEPET LAKU---

minimal bantu sundul deh gan...emoticon-Malu (S)

Mampir Ke Threads Ane Yg Sepi Dong Gan.. emoticon-Berduka (S)
Mari Belajar Papercraft
Fakta Manusia Bernama EKO
Mengenal Agus Sudariswanto
Belitung Tourist Thropy
Piston Segede Badak.!
Harley-Davidson Pernah Juara WorldGP juga
Charger Story

----------------------------------------------
Special Threads For Speedfreak.! emoticon-Metal
Sayangi Kepalamu, Pakai Helmmu HT #3
Hal Yg Harus Kamu Tahu Sebelum Modif MotorHT #4
Motor Jadul Emang Lebih AwetHT #2
Kisah Perjalanan HONDAHT #7
Adu Balap Motor Imut
Isle Of Man TT
Obat Ngidam MOGE HT #6
Triangle Piston
Oval Piston on Two Wheel
50cc - 2stroke kencang dari suzuki
50cc - 4stroke super ngebut dari Honda
125cc Terbengis Honda
Kebengisan Mesin 250cc-6cylinder
Aksi Kocak Freestyler Indonesia
2stroke ga ada matinya (ga ngebul, ga keren)

----------------------------------------------
Threads Intermezzo Nih gan.. emoticon-Big Grin
Video Animasi Tentang OpLas
Sensasi AHH~~~~ HT #5
Bagaimana Hewan Melihat Dunia?
Koleksi Pict Ngakak
Duit
Tips Malming Hemat HT #1
Mudik Hemat 2014
Selfie Hewan
Konspirasi Sosis
Selfie Najis.!
Andaikan Punya Kekuatan Super
Belahan Pantat


Spoiler for Kulkas ane:


No Drugs, No Alcohol, Lebih Baik Minum Es Cendols...emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)



sumberemoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)
Aku suka fu gan Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Aku suka fu gan Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"


ettdah.... pekiwan kena junker.. emoticon-Cape deeehh
Quote:Original Posted By eko507


ettdah.... pekiwan kena junker.. emoticon-Cape deeehh


Gue bukan jungker, gue baca kok.
Cuma gue suka fu Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"


kerja keras menghasilkan emas emoticon-Hammer






Quote:Original Posted By eko507


ettdah.... pekiwan kena junker.. emoticon-Cape deeehh



Quote:junkernya dimari bang emoticon-Cool


TS nya kaya nya karyawan Honda Prospect Motor / Astra Honda Motor nih...



kerja keras menghasilkan emas emoticon-Hammer






Quote:Original Posted By eko507


ettdah.... pekiwan kena junker.. emoticon-Cape deeehh



Quote:junkernya dimari bang emoticon-Cool



kerja keras menghasilkan emas emoticon-Hammer






Quote:Original Posted By eko507


ettdah.... pekiwan kena junker.. emoticon-Cape deeehh



Quote:junkernya dimari bang emoticon-Cool



kerja keras menghasilkan emas emoticon-Hammer






Quote:Original Posted By eko507


ettdah.... pekiwan kena junker.. emoticon-Cape deeehh



Quote:junkernya dimari bang emoticon-Cool

menginspirasi nih honda-san.. 2thumbup

Maaf banget ya bang eko,
Ane gak bermaksud kejang2 emoticon-Frown
Tadi hape error
Abis di refresh kok ada ampe 4 post emoticon-Takut (S)

Quote:Original Posted By krnwn_indigo


Gue bukan jungker, gue baca kok.
Cuma gue suka fu Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar "HONDA"

ketauan banget ga baca trit.. emoticon-Cape deeehh
Quote:Original Posted By MR6221

TS nya kaya nya karyawan Honda Prospect Motor / Astra Honda Motor nih...


bukan kok gan.. emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By 4400777


kerja keras menghasilkan emas emoticon-Hammer








emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By bakpiarebus
menginspirasi nih honda-san.. 2thumbup

iyow gan.. semoga kisahnya menginspirasi.. emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By 4400777

Maaf banget ya bang eko,
Ane gak bermaksud kejang2 emoticon-Frown
Tadi hape error
Abis di refresh kok ada ampe 4 post emoticon-Takut (S)



ati-ati di gebug momod.. emoticon-Big Grin
Patut dicontoh nih kegigihannya honda. Prestasi sekolah kurang tapi bisa sukses diaemoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By alketam
Patut dicontoh nih kegigihannya honda. Prestasi sekolah kurang tapi bisa sukses diaemoticon-Matabelo


juga semangatnya bangkit dari kegagalan.. emoticon-Cool
dulunya ditolak ama toyota gan si honda
Quote:Original Posted By fuza.maru
dulunya ditolak ama toyota gan si honda


iya gan.. sekarang malah nyaingin Toyota..
inilah salah satu sejarah unik perotomotifan di jepang.. emoticon-Cendol (S)
gigih bener ane terharu emoticon-Mewek ,,ternyata gak ada yg namanya kegagalan emoticon-Cool emoticon-Matabelo
ternyata sejarahnya panjang gan emoticon-Smilie
dulu pernah baca sejarahnya juga pas di perpus gan , nais info gan jadi nambah pengetahuan ane emoticon-Matabelo