alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53df8834108b46841c8b48a5/urban-legend-dibalik-eksotika-tanjakan-emen
Smile 
[URBAN LEGEND] Dibalik Eksotika Tanjakan Emen
[URBAN LEGEND] Dibalik Eksotika Tanjakan Emen

emoticon-Malu posting lagi gan.karena semakin mencuat berita kecelakaan naas di tanjakan emen, ane sebagai org pribuminya mau coba share, semoga agan jadi lebih waspada.. emoticon-Malu (S) Cekibrooot....
Spoiler for WARNING:

[URBAN LEGEND] Dibalik Eksotika Tanjakan Emen

[URBAN LEGEND] Dibalik Eksotika Tanjakan Emen

Quote:Di sekitar daerah subang, terdapat wilayah Pemandian Ciater terkenal dengan pesona air panasnya, bungalow, wisata air, outbon, keelokan dan kesejukkan alamnya.

kalo agan dari arah bandung Begitu kendaraan sukses mendaki hutan pinus Tangkubanparahu, tepat di perbatasan Kab. Bandung Barat - Kab, Subang, tepatnya di gerbang obyek wisata Gn Tangkubanparahu bus/kendaraan meluncur menuruni turunan hebat dan tidak jarang dibalut kabut pekat.

Di sinilah turunan (kalo dari arah bandung) atau tanjakan Emen (kalo dari arah Subang) berada. Kata “Emen” menjadi legenda di kalangan supir atau warga sekitar. Diapit dua obyek wisata, yakni Tangkubanparahu dan pemandian Ciater yang masuk wilayah Kab Subang.

Menurut cerita di kalangan warga, alkisah Emen dikenal supir pemberani. Emen mengemudikan oplet jurusan Bandung-Subang mengalami naas saat mengangkut ikan asin dari Ciroyom Bandung menuju Subang di tahun 1964. Kendaraanya terbalik dan terbakar. Naas bagi Emen, dia terbakar hidup-hidup hingga tewas. Konon saat itu, Emen lah dikenal satu-satunya sopir berani mengemudikan kendaraan di malam hari.

banyak kecelakaan yg sering terjadi di tanjakan ini. Kejadian rem blong, bus tergelincir dan kendaraan terperosok kerap terjadi di jalur ini, mobil yg ga kuat nanjak terus ngelindes kendaraan yg dibelakangnya, macem-macem gan. memang adanya rambu , Penambahan penerangan jalan tidak terlalu banyak membantu di sepanjang turunan dan tanjakan emen ini,

Begitu juga menurut pengakuan warga, kejadian aneh-aneh seperti mogok disertai kesurupan sering dialami sopir atau penumpangnya.
Anehnya, beberapa kendaraan yang mogok terjadi kalo seseorang yang melalui jalan itu bersikap sompral dan sombong.

Versi lain tentang asal usul "Tanjakan Emen" menyebutkan, nama tersebut mulai melekat saat ada seseorang bernama Emen menjadi korban tabrak lari di daerah itu.

Kemudian, mayat Emen bukannya ditolong malah disembunyikan di rimbun pepohonan sekitar tanjakan tersebut.

Tak diketahui kapan terjadi peristiwa tabrak lari tersebut. Namun, sejak saat itu, arwah Emen diyakini bergentayangan menuntut balas. emoticon-Bingung (S)

Meski urban legend ini memiliki dua versi, tapi menurut kepercayaan warga setempat, agar ga "diganggu" itu kalo kita lempar sebatang rokok yg dinyalakan ke pinggir jalan katanya sebagai simbol memberikan rokok kepada arwah Emen. Konon dulunya, Emen amat gandrung merokok saat mengemudi.emoticon-Bingung (S)

Pangkal penyebab kecelakaan ini sebenarnya posisi turunan atau tanjakan Emen terbilang cukup ekstrim. Dengan kemiringan sekitar 45-50 derajat sepanjang kurang lebih 2-3 km ini jalan ini memiliki tikungan tajam memaksa supir piawai dan ekstra hati-hati memegang kemudi.

Kini tanjakan Emen telah diperlebar. Dua jalur menanjak dan satu lajur menurun. Dua lajur menanjak memberi kesempatan bagi pengemudi berkonsentrasi menjaga laju kendaraannya saat mendaki. Sementara satu lajur menurun agar supir tetap berhati-hati menjaga keseimbangan gas dan rem sehingga mobil tetap terkendali.

Kini di sepanjang tanjakan ini udah ga sesunyi dulu. Selain ramai penjaja makanan, juga bengkel darurat pun tersedia, seperti servis kopling, rem, bensin atau tambal ban.


Berikut Berita dari sebagian Kecil Kecelakaan di Tanjakan Emen
emoticon-Berduka (S) emoticon-Sorry emoticon-Berduka (S)

Spoiler for korban emen:


Quote:
Antisipasi Pemerintah Setempat untuk mengurangi Kecelakaan
TEMPO.CO, Subang - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana segera mengupas tebing yang berada di sekitar tikungan dan tanjakan Emen di Desa Ciater, Subang. Hal itu dilakukan sebagai solusi untuk mengurangi kecelakaan maut yang kerap terjadi di lokasi "sabuk hijau" Lembang-Subang itu.

"Mungkin panjang kupasannya 200-300 meter dan lebarnya 3-5 meteran," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Tedi Taufik saat ditemui Tempo, Ahad, 3 Agustus 2014.

Jika sudah dilakukan pengupasan tebing, pengemudi yang datang dari arah Bandung akan langsung melihat tikungan tajam yang ada di hadapannya. Selama ini, karena terhalang tebing, banyak para pengemudi terutama yang jarang atau pertama kali melewati ruas "jalur tengkorak" itu terjebak dan kaget saat memasuki turunan curam dan tikungan tajam Emen itu.

Rencananya, lokasi bekas pengupasan nantinya juga akan dijadikan jalur penyelamatan yang berfungsi memberikan peluang kepada pengemudi membanting setir ke lokasi itu agar terhindar dari kecelakaan maut. "Jika mengalami oleng, pengemudi bisa membanting setir ke kiri ke area bunker sehingga tak akan menimbulkan kecelakaan maut," ujar Tedi. (Baca: Titik di Jalur Mudik Ini Rawan Kecelakaan)

Menurut Tedi, saat ini rencana pengupasan tebing di tanjakan Emen sudah masuk proses studi kelayakan oleh pihak Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat. "Saya pikir pengupasan tebing di tanjakan Emen bisa dibereskan tahun 2015," ujarnya.

Tedi menyebutkan, setelah peristiwa kecelakaan maut bus pariwisata yang menewaskan sembilan siswa SMA Al-Huda Cengkareng, Jakarta Barat, Juni 2014, pihaknya telah memasang 16 lampu antikabut di ruas Lembang-Ciater.

Kepala Polres Subang Ajun Komisaris Besar Chiko Ardwiatto sangat mengapresiasi rencana yang digagas Dishub Pemprov Jabar tersebut. "Saya pikir kalau pengupasan tebing tanjakan Emen terealisasi, angka kecelakaan maut di lokasi itu akan turun drastis," ujarnya.

Pantauan Tempo, tebing setinggi 5 meteran dan panjang sekitar 300 meteran yang ada di pinggir tanjakan Emen dari arah Bandung tersebut memang menghalangi jarak pandang sopir. Karena terhalang tebing, dari tikungan bagian selatan, jalan di depan terlihat lurus dan landai. Padahal sejatinya jalan menikung tajam dengan turunan curam. Maka tak heran jika banyak sopir, terutama yang jarang melintasi ruas tanjakan Emen, terjebak dan mengalami kecelakaan maut.

Kecelakaan terakhir dialami bus pariwisata bernomor polisi BE-2610-FD yang mengangkut 60 warga Cilegon, Banten, Sabtu, 2 Agustus 2014. Saat menyusuri turunan Emen, bus oleng lalu menabrak pengendara sepeda motor hingga tewas. Bus langsung terjun ke dalam kali Emen


Sumber : Berbagai sumber


emoticon-Berduka (S)
Semoga Mereka yg menjadi korban, Diterima di sisi Allah, Diterima iman islamnya amin
emoticon-Berduka (S)


Spoiler for Peringatan:



Quote:KASKUSER YG BAIK ADALAH KASKUSER YG MENINGGALKAN JEJAK
Quote:KALAU AGAN SUKA :
Quote:emoticon-Malu (S) YG ISO BOLEH DONK emoticon-Blue Guy Cendol (L) NYA
emoticon-Malu (S) YG BELUM ISO BISA BANTU emoticon-Rate 5 Star BIAR YG GA TAU JADI TAU emoticon-Malu (S)

Quote:KALAU AGAN GA SUKA emoticon-Berduka (S) :
Quote: JANGAN DI emoticon-Blue Guy Bata (L) YA GAN, NAMANYA JUGA BERBAGI INFORMASI emoticon-Kiss



Spoiler for Bonus:
Jangan ada PERTAMAX diantara Kita emoticon-Ngakak
wih serem ya gan emoticon-Takut

ane belum pernah lewat sana gan emoticon-Malu
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
tiap tahunada aja kejadian di tanjakan emen itu ya gan...
Mesti hati-hati dan banyak berdoa tuh klo lewat situ
Tanjakan emen emang miris gan emoticon-Takut (S)
emoticon-Takut
tanjakan emen emang cadas coy kudu ati2 emoticon-Matabelo
Baru sebatas mitos ya gan? emoticon-Matabelo
Ane sih ga percaya kalo hantu bisa ngebunuh orang soalnya emoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By aryosd007
wih serem ya gan emoticon-Takut

ane belum pernah lewat sana gan emoticon-Malu


lewat kemana pun musti inget gan, kalo kata oran tua tu musti ELING emoticon-Malu (S)
Padahal kelihatannya gak curam" amat ya emoticon-Belo
~jangan2 ini ts adalah arwah emen yang bergentayangan emoticon-Takut (S)

emoticon-rose
Quote:Original Posted By tokomenyan
Baru sebatas mitos ya gan? emoticon-Matabelo
Ane sih ga percaya kalo hantu bisa ngebunuh orang soalnya emoticon-Cendol (S)


ane juga ga percaya gan... mana ada sih, yg ada celaka sama ulah sendiri itu ane percaya
Quote:Original Posted By virtual2reality
~jangan2 ini ts adalah arwah emen yang bergentayangan emoticon-Takut (S)

emoticon-rose


bisa aja lu ndro emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By foxmilly


bisa aja lu ndro emoticon-Ngakak

~malah ngakak,
Takut beneran ni emoticon-Takut (S)

emoticon-rose

di daerah situ emang rawan, banyak berdo'a aja klo mau lewat.. emoticon-Takut

klo cerita tentang si emennya ane baru tau gan.. emoticon-Shakehand2
ih serem ya ne..
si emen itu, yang sukanya tusbol bokong anak anak.. emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Padahal kelihatannya gak curam" amat ya emoticon-Belo


aslinya mah beda gna emoticon-Matabelo

MAMPIR GAN

SIRI VS GOOGLE NOW
Baru kemaren ane lewat tanjakan emen eh macet parah gara2 bus nabrak motor itu. emang serem gan jalananya emoticon-Takut
Berdo'a gan... smoga kita slalu dalam lindungan Allah SWT emoticon-Turut Berduka
Quote:Original Posted By candocan
Berdo'a gan... smoga kita slalu dalam lindungan Allah SWT emoticon-Turut Berduka


amin gan emoticon-Berduka (S)

MAMPIR GAN

SIRI VS GOOGLE NOW