alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53deba0e9e74049d178b4704/infrastrktur-kurangjalan-blm-diaspalmngkn-ini-penybabnyabukan-hny-gr2-koruptor
INFRASTRKTUR KURANG?JALAN BLM DIASPAL?MNGKN INI PENYBABNYA,BUKAN HNY GR2 KORUPTOR
Sering kita menemui daerah tempat kita tinggal terdapat jalan yang dibiarkan berlubang, listrik yang belum terjangkau,

KITA SEBAGAI RAKYAT BIASA CENDERUNG MENYATAKAN BAHWA 100% INI SALAH PEMERINTAH, SEHINGGA KITA HANYA MENUNTUT KEPADA PEMERINTAH SAJA.

PADAHAL BISA SAJA KALAU
1. PEMERINTAHAN BURUK DAN RAKYAT BAIK2 SAJA, PERSENTASE KESALAHANNYA KEMUNGKINAN MENJADI:
RAKYAT 20% DAN PEMERINTAH 80% - RAKYAT 10% DAN PEMERINTAH 90%

2. PEMERINTAHAN STENGAH BURUK DAN RAKYAT SETENGAH BAIK, PERSENTASE KESALAHANNYA KEMUNGKINAN MENJADI:
RAKYAT 50% DAN PEMERINTAH 50% - RAKYAT 40% DAN PEMERINTAH 60%

3. PEMERINTAHAN BAIK DAN RAKYAT BURUK, MAKA PERSENTASE KESALAHANNYA KEMUNGKINAN MENJADI:
RAKYAT 70% DAN PEMERINTAH 30% - RAKYAT 60% DAN PEMERINTAH 40%


Mengapa dapat dikatakan begitu, ternyata proses dinamika pembangunan daerah kita itu bergantung kepada ASPEK PENDAPATAN DAERAH. Dalam hal yang paling bersinggungan dengan rakyat adalah PAJAK dan semacamnya. hal ini we dapatin dari materi kuliah adek we di jurusan manaJemen ekonomi. jadi maaf kalau we ga bs lampirkan sumbernya.

Ketika suatu daerah misal desa atau kampung tertentu, dilihat bahwa pendapatan dari daerah itu cukup besar dan potensial untuk meningkatkan pendapatan daerah, maka daerah tersebut akan dilirik pemerintah untuk dibangun infrastruktur yang memadai.

Lain halnya dengan daerah yang pendapatan dari daerah itu kecil dan tidak potensial untuk meningkatkan pendapatan daerah, maka daerah tersebut hanya akan dibangun infrastruktur yang seadanya, bahkan ada yang tidak sama sekali tergantung ADA TIDAKNYA PEMASUKAN dari daerah itu.

Lalu apa tolak ukurnya supaya infrastruktur suatu daerah dapat terjamin pembangunannya, ternyata parameter yang paling sederhana itu adalah PAJAK.

dari data pembayaran pajak pemerintah melihat daerah yang perlu diperhatikan, dan dari hal itu pula pemerintah mengambil kebijakan terhadap pembangunan infrastruktur.

Karena Pemerintah tidak mau kehilangan pemasukannya dari daerah yang terdapat pemasukan PAJAK, maka dibangunlah jalan yang bagus2, dikasihlah listrik, dikasihlah saluran air, dan dikasihlah akses internet (wlpn lemot).

Tapi jangan heran saudara2 klo ada misal suatu kampung/desa yang penduduknya banyak melimpah tapi koq infrastrukturnya parah sekali. MUNGKIN PERSENTASE KESALAHANNYA ADA DI SALAH SATU DARI 3 POIN TULISAN YANG WARNA BIRU SEBELUMNYA

PALING GAMPANGNYA GINI:
BUAT APA PEMERINTAH TARUH INFRASTRUKTUR DI TEMPAT YANG GA DA PEMASUKAN, INI MIRIP SEPERTI ORANG TARUH UANG DI SAHAM KLO GA MENGHASILKAN APA2 BUANG2 DANA SAJA, DALAM HAL INI PEMASUKAN YANG PALING MINIMAL ADALAH DARI KESADARAN PEMBAYARAN PAJAK MASYARAKATNYA.


YA PALING ENGGAK KALAU ITU MEMANG BENAR2 DIKASIH GRATIS KEPADA RAKYAT BIASANYA PEMERINTAH MEMBERIKAN KEPADA WILAYAH YANG RAKYATNYA MEMILIKI KESADARAN BAYAR PAJAK/ADA PEMASUKAN TERHADAP PEMERINTAH.


MISAL JALAN A RUSAK, MAKA MASYARAKAT DISEKITAR JALAN ITU DILIHAT DATA PEMASUKANNYA TERHADAP PEMERINTAH, ADA BAYAR PAJAK GA MASYARAKAT DISEKITAR JALAN ITU, TAPI KALAU DILIHAT MASYARAKAT DI JALAN A TADI HAMPIR2 GA DA YANG BAYAR PAJAK/GA DA PEMASUKAN BUAT PEMERINTAH, YA JANGAN HERAN JALAN A TADI CUMAN DIPERBAIKIN SEADANYA atau BAHKAN DIBIARKAN.

SEANDAINYA MASYARAKAT DI JALAN A TADI UDAH BAYAR PAJAK APALAGI SUDAH MENJADI WARGA NEGARA YANG BAIK. NAMUN INFRASTRUKTUR MASIH HANCUR2AN, HAL TERSEBUT SEBENARNYA DAPAT DITUNTUT KE PEMERINTAH SECARA KOLEKTIF. DGN MEMBAWA BUKTI2NYA. DAN KITA AKAN MENDAPATKAN HAK SESUAI UNDANG2.

TAPI KALAU RAKYAT UDAH BAYAR SEGALA PAJAK DAN UDAH MENJADI WARGA NEGARA YANG BAIK DAN UDAH NUNTUT KE PEMERINTAH DENGAN BUKTI2 PAJAK TADI SECARA KOLEKTIF, NAMUN INFRASTRUKTUR MASIH ANCUR2AN?
WE NO KOMEN DEH, SOALNYA KITA2 UDAH SERING BERBICARA TENTANG KEBURUKAN PEMERINTAH, dari Ketua RT ampe Presiden sekalipun.emoticon-Matabelo

BERIKUT beberapa CONTOH INFRASTRUKTUR SEDERHANA yang MENJADI KELUHAN MASYARAKAT KECIL, ((yang rumit bukan urusan masyarakat kecil)emoticon-Ngakak)
1. JALAN
INFRASTRKTUR KURANG?JALAN BLM DIASPAL?MNGKN INI PENYBABNYA,BUKAN HNY GR2 KORUPTOR

2. AIR IRIGASI
INFRASTRKTUR KURANG?JALAN BLM DIASPAL?MNGKN INI PENYBABNYA,BUKAN HNY GR2 KORUPTOR

3. LISTRIK
INFRASTRKTUR KURANG?JALAN BLM DIASPAL?MNGKN INI PENYBABNYA,BUKAN HNY GR2 KORUPTOR

4. TAMAN
INFRASTRKTUR KURANG?JALAN BLM DIASPAL?MNGKN INI PENYBABNYA,BUKAN HNY GR2 KORUPTOR

5. dll

sekian dr we.
mengenai sumber, sumber dari bacaan materi kuliah ade we di jurusan manajemen keuangan trus we analisa lagi untuk we posting.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Oya mengenai sumber we yakin terpercaya soalnya we dah bahas ma adek we,,dosennya jg dah menerangkan ma adek we,,,mmg klo ada hal baru ttg strategi ekonomi we selalu dikonfirmasi...

jadi we bs ikhlas skrg knp daerah di kampung we di perkampungan suku dayak kalimantan selatan daerah kab. Balangan agak ke pedalaman yang notabennya udah kaya2 gara2 sektor perkebunannya, namun jalannya pada hancur n listrik ga terjangkau,,

we ga heran,,soalnya tanah aja mereka punya rata2 Ampe puluhan hakter namun yang ada sertifikatnya paling cmn rumah aja,,jadi boro2 bayar pajak untuk pemasukan pemerintah,bayar uang untuk biaya sertifikat aja ga da.

jadi logika we agak jalan, biarpun rakyatnya kaya tapi kurang ngasih pemasukan pendapatan ke pemerintah, itu percuma dimata pemerintah, justru kemungkinan besar yang diharapkan pemerintah kalo Rakyat kaya pemerintah juga ikut kecipratan sehingga pemerintah tertarik untuk memasang layanan infrastruktur di daerah itu.


Jangan heran juga mengapa tanah2 ditempat we sering dipergunakan untuk pertambangan pihak asing,,klo melihat ulasan we td kelihatannya memang lebih masuk akal, 2 hakter tanah dikasih ke rakyat sama 2 hakter tanah dikasih ke pihak asing/perusahaan besar pemasukannya lebih besar dari perusahaan besar td,soalnya mereka bayar pajak lebih besar dari rakyat biasa klo sama2 dikasih 2 hakter(wlpn pajaknya sering dipermainkan). sehingga dari pemasukan yang lebih besar tersebut dana bisa dipergunakan untuk membangun infrastruktur yang seadanya.

Oya tambahan saran dr we, klo qt ga bayar pajak qt bukan warga negara yang baik, dan kalo Pajaknya dikorupsi, Oknum tersebut bukanlah oknum pemerintahan yang baik, JADI DOSA DITANGGUNG MASING2


Lebih baik qt bayar pajak drpada tidak bayar wlpn dikorupsi, dengan begitu qt telah berbuat benar.
Lihat aja tuh siapa gerangan koruptor yang hidupnya tenang makan duit haram hasil korupsi n mencuri, biarpun kelihatan tenang n nyaman sebenarnya batin koruptor tu udah sangat tertekan,mw ngapain aja serba ketakutan(takut ktahuan,takut dipenjara,takutdihakimi masa,takut dimiskinkan,dll).
Mirip seperti qt naik mtor dijalan raya ga pake helm batin pasti ga tenang takut ditilang,takut dipalak polis,takut dikejar2 polisi ujung2nya malah tabrakan maut.
inti nya mah, dari kesadaran rakyat nya bayar pajak juga gan,
setuju sama TS, Tapi juga harus di barengin sama pengawasan di bidang pajak nya juga gan, jangan sampe kita bayar pajak, tapi malah di korup pajak nya emoticon-Matabelo

hahaha keren juga ya ane emoticon-Cool. BTW Ane kenal tuh gan pic jalan nya, itu jalan di Deket Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor ya gan?? lebih tepat nya deket gang kancil emoticon-Ngakak
Oalah yayaya, semoga sumbernya valid deh ya bisa dipertanggung jawabkan
jadi emang ada baiknya sebelum masyarakat menuntut hak mereka, dicek dulu apa selama ini udah memenuhi kewajiban sebagai masyarakat yang baik?
Tapi disini pemerintah juga harus sadar dan tanggap, ternyata misal penduduknya udah pada bayar pajak terus nggak segera dibangun ya kasian juga warganya. Terus mungkin juga kudu diliat dari segi aspek keamanan ya, kan itu jalan kaya gitu di jalan raya pastinya membahayakan pengguna jalan juga toh kaya begitu
Intinya sih, pemerintah sama rakyat kudu berkesinambungan
rakyat gada pemerintah = chaos
pemerintah gada rakyat = nggak jalan negara
Quote:Original Posted By ardyyansyah
inti nya mah, dari kesadaran rakyat nya bayar pajak juga gan,
setuju sama TS, Tapi juga harus di barengin sama pengawasan di bidang pajak nya juga gan, jangan sampe kita bayar pajak, tapi malah di korup pajak nya emoticon-Matabelo

hahaha keren juga ya ane emoticon-Cool. BTW Ane kenal tuh gan pic jalan nya, itu jalan di Deket Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor ya gan?? lebih tepat nya deket gang kancil emoticon-Ngakak


woalah...
knp harus menunggu ada sumber dana disana?
kenapa gak kita yg memulai biar ada sumber dana disana?
kalau mikir nya tunggu ini dan itu ya gak jalan dong, bos.
emoticon-shakehand
bayar pajaknya.. awasi penggunaannya.... gebukin gayusnya. hehe
Quote:Original Posted By cheesy.bites
knp harus menunggu ada sumber dana disana?
kenapa gak kita yg memulai biar ada sumber dana disana?
kalau mikir nya tunggu ini dan itu ya gak jalan dong, bos.
emoticon-shakehand


we juga ga ngerti kn ga mudah disaat smua serba otonomi gini, lagipula kondisi rakyat kita sekarang ni kan pada umumnya cmn nuntut n ngarep dr pemerintah,,ya mw ga mau nyari2 tambahan pendapatan untuk menutupi tuntutan rakyat wlpn ga ketutup2 jg
Quote:Original Posted By muhammadfabil2
bayar pajaknya.. awasi penggunaannya.... gebukin gayusnya. hehe


yoi gan,, banyak orang pada males bayar pajak karena takut dikorupsi pajaknya,, padahal mereka ga tau aja kalau bayar pajak itu di Bank, langsung ke rekening pemerintah,, kalau ada orang pajak minta2 tanpa dasar yang jelas ya gebukin aja...
yang jelas orang yang menyelewengkan dana itu inti masalah
Quote:Original Posted By danny_wildtje


yoi gan,, banyak orang pada males bayar pajak karena takut dikorupsi pajaknya,, padahal mereka ga tau aja kalau bayar pajak itu di Bank, langsung ke rekening pemerintah,, kalau ada orang pajak minta2 tanpa dasar yang jelas ya gebukin aja...


kalo qt gebukin qt bukan rakyat yang baik, dan kalo pemerintah membiarkan oknum2 smacam gayus maka pemerintah juga menjadi buruk

Lebih baik sebagai warga negara Indonesia yang punya Sila ke-1 Ketuhanan yang Maha Esa, mereka qt doakan saja agar kiranya Tuhan menegur mereka dan mengarahkan mereka ke jalan yang benar.

Soalnya tindakan smena2 juga ga benar, tapi klo Tuhan yang bertindak hasilnya bakal lebih Keren, qt cukup meluruskan diri kita agar berjalan dijalan yang benar n ga sembarangan
Quote:Original Posted By dexology
Oalah yayaya, semoga sumbernya valid deh ya bisa dipertanggung jawabkan
jadi emang ada baiknya sebelum masyarakat menuntut hak mereka, dicek dulu apa selama ini udah memenuhi kewajiban sebagai masyarakat yang baik?
Tapi disini pemerintah juga harus sadar dan tanggap, ternyata misal penduduknya udah pada bayar pajak terus nggak segera dibangun ya kasian juga warganya. Terus mungkin juga kudu diliat dari segi aspek keamanan ya, kan itu jalan kaya gitu di jalan raya pastinya membahayakan pengguna jalan juga toh kaya begitu
Intinya sih, pemerintah sama rakyat kudu berkesinambungan
rakyat gada pemerintah = chaos
pemerintah gada rakyat = nggak jalan negara


sip..,setuju ane sama ente gan..
masalah pajak emang dari pemerintahan harus aktif utk "gembar gembor" bayar pajak pada rakyatnya...dan didukung di tingkat yang paling rendah ( rukun tetangga ).diharapkan dengan aktifnya dukungan itu masyarakat taat byr pajak..,tapi pemerintah juga hrs bisa mengatasi para " tikus kantor " supaya pajak yang dibayar rakyat seutuhnya dikembalikan ke rakyat...
ndak dihabiskan atau dicicipi tikus kantor...emoticon-I Love Indonesia (S)

itu papua kalimantan , yg punya sda melimpah ruah, yg dikeruk abis-abisan.... infrastruktur nya gmn? emoticon-Big Grin

pajak nya masuk pendapatan Nasional kali yah, bukan pendapatan Daerah emoticon-Big Grin
jd dibilang nyetor nya cmn dikit emoticon-Big Grin
padahal mah......
Quote:Original Posted By xtopher
itu papua kalimantan , yg punya sda melimpah ruah, yg dikeruk abis-abisan.... infrastruktur nya gmn? emoticon-Big Grin

pajak nya masuk pendapatan Nasional kali yah, bukan pendapatan Daerah emoticon-Big Grin
jd dibilang nyetor nya cmn dikit emoticon-Big Grin
padahal mah......


salah satu manfaat pajak yang we rasain Dtempat we dl dikalimantan kab.Tabalong skolah sampe SMA hmpr gratis, tu dr pajak pertambangan td,klo we sakit we msuk room VIP klo ada room ksong n hmpr gratis, tu jg dr pajak asing td,modal usaha puluhan juta cmn modal proposal abal2 ke pemerintah jg pernah dapat tu dr pajak asing td wlpn dipotong uangnya kira2. tu terjadi dikota besar tmpt we tinggl dl, kalo papua we ga tau gmn,mungkn jg dpt tp tau sendirilah 1jt dsana mungkin sama ky 100rb dijawa.

supaya indonesia ga bergantung ma hasil pajak asing,makanya pembangunanan qt sebagian besar diharapkan dibantu oleh pajak rakyat indonesia sendiri, klo ada kelihatan kesadaran bayar pajaknya maka paling tidak pemerintah kn melihat, min untuk infrastruktur jalan/listrik itu bs dituntut secara kolektif, klo UDAH BAYAR PAJAK N JADI WARGA NEGARA YANG BAIK.

klo infrastruktur yang rumit dlm ruang lingkup luas sampai tingkt nasional mending ga sah dbahas, kelas berat tu.
wah gan kalau begini terus bisa bisa indonesia bisa di ambil alih ganemoticon-Sorryemoticon-Sorry