alexa-tracking

[Ask] Kolesterol dan GERD

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53de79cfd675d4d76d8b45ba/ask-kolesterol-dan-gerd
[Ask] Kolesterol dan GERD
Halo agan, sebelumnya untuk admin mohon maaf kalau saya salah ruang untuk membuat thread ini.

Untuk dokter agan/sis ada yang mau saya tanyakan seputar kolesterol. Kemarin saya mengalami sakit kepala dan mual lalu terbersit keinginan untuk cek kadar kolesterol. Ternyata tepat dugaan saya, kadar kolesterol saya 277. Kata perawatnya ini tinggi dan saya tidak kaget karena beberapa kali sebelumnya kadar kolesterol saya pernah juga mencapai 279.

Nah, yang ingin saya tanyakan adalah apakah biskuit marie regal atau regal gosong yang menjadi pemicunya? Karena kebetulan saya juga penerita GERD. Untuk pola makan sudah saya atur sedemikian rupa agar makanan yang saya makan semuanya sehat - no fastfood dan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Saya juga rajin minum fishoil setiap hari. Regalnya baru saya makan di waktu senggang ketika perut sudah terasa sebah, yang penting ada yg dapat di cerna di lambung sehingga tidak kosong karena kadar asam lambung saa ang tinggi.

Mohon bagi agan/sis yang pernah punya pengalaman sama atau dokter bisa menjaab pertanyaan saya karena saya penasaran sudah memakan makanan sehat dan rajin minum vitamin dan yang lainnya tapi kadar kolesterol saya tetap tinggi. Thanks.
Quote:


Trims untuk responnya gan emoticon-Smilie
Iya, saya juga sudah memulai untuk memakan buah - buahan sebagai makanan di waktu senggang.
Memang terkadang susah sekali untuk menolak kue - kue yang gurih dan nikmat tapi bisa diredam kalau mengingat bahaya kolesterol.
Kemarin setelah saya minum lipitor sudah bagus lagi kolesterol saya menjadi 144. Tapi ini tentu tidak membuat saya tidak berjaga - jaga karena kadar kolesterol saya cepat sekali meningkat.
Apa yg TS mirip2 dengan ane bedanya kolestrol ane 227 dan ane lebih kesulitan di asam lambung.

Sebelumnya kolestrol ane sudah pernah turun jadi 180 karena tergiur makan durian selama beberapa hari jadi naik dah bonus asam lambung emoticon-Cape d... (S)

Saran dan yg harus dihindari total penderita kolestrol :
1. Olah raga teratur diutamakan cardio minimal 4 x seminggu, perbanyak frekwensi berenang,
2. Hindari gorengan, susu, makanan yg terbuat dr tepung misalnya biskuit, cake, roti dll, Hindari lemak olahan spt mentega, kurangi makan sapi, hindari seafood, kurangi karbonhidrat misalnya nasi, manisan, ice cream dll.
3. Pebanyak makan sayur dan buah2an misalnya bayam, jagung, wortel, susu kacang soy tanpa gula, kentang dll
4. Perbanyak makan ikan atau makanan yg mengandung omega 3 untuk menghasilkan kolestrol baik (HDL) bisa dibantu dgn suplemen omega 3

GERD itu susah sembuhnya gan, ane sendiri sudah bertahun2 mengalaminya, yg bisa dilakukan hanya meredanya dengan menghindari makanan berikut :
1. Hindari cafein spt kopi, coklat, teh, alkohol dan rokok
2. Hindari buah2an asam atau memicu timbulnya gas spt jeruk, strawberry, durian,
3. Hindari sayur kol, cabe, atau yg pedes2..., Hindari jg makanan mengandung micin, terlalu asin, manis, dan lada......
4. Perbanyak sayur2an dan buah2an yg aman bagi lambung atau tidak mengandung asam,
5. Jangan stress
6. Tidur teratur
7. Tidur usahakan kepala lebih tinggi 20 cm dr badan tergantung postur tubuh, kalau tidak nyaman boleh disesuaikan yg penting lebih tinggi dr lambung.
8. Asam lambung diproduksi oleh alam bawah sadar kita jg, perbanyak kegiatan yg menyenangkan akan meredakan asam lambung
9. Jika semua sudah dilakukan tetapi asam lambung masih tinggi maka agan harus di endoskopi utk mengetahui kemungkinan adanya kelainan lambung.
Ikut nyimak ah...emoticon-linux2

Kadar kolesterol ane selama 2 taonan terakhir selalu berkisar antara 210-235 tiap kali tes di range segitu... tapi trigliserid slalu di bwh 100..
Skrg ane cuma makan suplemen flaxseed oil yg ada omega 3 nya. Ane kurang nya sih olahraga, males trusemoticon-Big Grin
Quote:


Kolestrol pada durian sebenarnya masih kontroversial, intinya apakah tubuh kitsa merasa sehat setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

Dokter ane sih menyarankan minum omega 3 untuk menaikan kadar HDL
Quote:


Setuju kalo kolesterol makin rendah makin baik... tapi HDL rendah malah ga baik ya?
Dokter ga perna kasi nasihat utk makan suplemen flaxseed.. ane yg mulai sendiri, dan lebi milih yg uda di cold-pressed jadi softgel biar gampang makannya... dokter cuma bilang jaga makanannya.emoticon-linux2
Quote:


Ada yang cocok ada yang engga juga sih kalau pakai multivitamin gitu. Ane rajin minum fishoil atau flaxseed oil tapi tetap aja kolesterolnya tinggi. Dan ada lagi. ane lebih cocok minum Lipitor daripada obat kolesterol yang lain. Entah kenapa setiap minum Simvastatin tengah malam suka terbangun lalu berdebar gitu, keringat dingin, mungkin gak cocok sama obatnya atau gimana. Kemarin sempat ngobrol sama dokter gigi pas lagi perawatan katanya istri beliau juga penderita kolestrol tinggi. Ane disarankan minum Crestor.

Tentang GERD

Bagus nih Gan artikel referensi tentang :iloveindonesias.emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


Iya gan, karena ane mendapati ternyata sekarang banyak sekali orang yang mengidap penyakit asam lambung.

Ternyata enzyplex sudah discontinue dgn alasan mau berganti kemasan ya emoticon-Bingung (S)
Sekarang ane hanya minum vitazym saja setelah makan. Sayang sekali padahal tadinya cocok banget sama enzyplex.

Oh iya mengenai kolesterol ane sempat baca di internet barusan katanya antara lipitor san simvastatin terdapat perbedaan lho. Pengguna lipitor didapati timbunan plaknya berkurang sedangkan simvastatin malah bertambah emoticon-Bingung (S)
Sedikit saran gan...
1. Kurangi makanan yang mengandung lemak
2. Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi
3. Perbanyak olahraga
3. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah
4. Jaga pasokan air tubuh gan
5. Kurangi berat badan, tentunya jika badan kegemukan yah....emoticon-Ngakak
6. Kurangi rokok dan alkohol....jika gan perokok dan peminum alkohol yah...
7. Cek riwayat kolesterol dan kencing m,anis pada keluarga
Quote:


1. Ane kalo daging makan ayam ama ikan aja, yg laen ga suka
2. Ane makan nasi sedikit, byk lauknya
3. Males, palingan jalan kaki cepat
3. (ada 2 no 3 nyaemoticon-Ngakak (S)) Ini seimbang2 aja
4. Ane minum air rata2 4 liter sehari
5. Skrg di batas normal dgn overweight
6. Ga rokok maupun alkohol
7. Org tua ane kolesterol rada tinggi jg, kencing manis ga ada
Quote:


emoticon-Ngakak iya ya....koq ada 2 nmr 3....emoticon-Ngakak
Utk daging, hindari makan kulitnya yah gan, karena timbunan lemak paling banyak di daerah bawah kulit.
Jadi agan sebenarnya memang memiliki riwayat kolesterol secara genetik yang disebut Hiperkolesterolemia Familial.
Untuk biskuit yang agan konsumsi sebaiknya agak dikurangi atau diganti dengan makanan yang lain, karena kalau gak salah semua bahan pembuat biskuit pasti menyertakan telur, sementara kandungan kuning telur banyak mengandung lemak.

obat herbal untuk kolestrol

Quote:


Ini gan, kalau mau coba minum ramuan bawang putih dan madu (home made) harga hanya 375.000 per botol...agan minum setiap pagi 2 sendok sampai habis 1 botol krg lbh sebulan. Sesudah itu agan cek up lg psti kolestrol uda turun. LEBIH BAIK MENCOBA DARIPADA TIDAK SAMA SEKALI.
Quote:


Ane jarang makan biskuit gan, tapi kalo telur ayam ane rata2 makan sebutir sehariemoticon-Stick Out Tongue.. kalo makan ayam biasa sih kulit nya jg ikut dimakanemoticon-Ngakak (S)

Quote:


Drpd ramuan bukan nya lebi bagus konsumsi sendiri2 gan? Bawang putih itu salah satu makanan fav ane, suka makan rebusan ato mentah (adik ane suka komplain kalo ane bau mulut ama badan gara2 bawang putihemoticon-Ngakak (S))... kalo madu tinggal beli yg botol
Quote:


Sebenarnya tinggal pengaturan pola makan dan pola hidup aja karena pada dasarnya agan memang memiliki riwayat genetik hiperkolesterolemia.
Quote:


Gan, sedikit saran dari ane, pengalaman dari nyokap, beliau hipertensi jadinya sering minum vitamin garlic atau bawang putih. Garlic memang sangat manjur untuk hipertensi tapi lebih baik dikonsumsi secara bijak karena terlalu banyak garlic bisa membuat iritasi lambung dan usus. Garlic itu tajam gan. Ada baiknya diminum setelah makan jadi lambung sudh terisi. Nyokap ane kena iritasi lambung karena itu.

Komunitas GERD

Untuk agan2 yang ingin sharing masalah gerd/lambung, anxie, psikosomatis, yuk kita saling share di group fb, udah banyak teman-teman yang sembuh.

Indonesia, GERD Anxiety Indonesia (GAI) :
GERD Anxiety Indonesia (GAI)

International/English, GERD/Acid Reflux :
Gerd/Acid Reflux
Quote:


Gan setahu ane kuning telor sangat berbahaya, waktu ane dapat copian daftar kolesterol ternyata kuning telor berada paling bawah, alias masuk kelompok paling berbahaya. Ane dapat daftar dari suster, kalau enggak salah ane cek via internet daftarnya sama. Kuning telor berada di kelompok berbahaya.emoticon-I Love Indonesia (S)
Gan ini forum buat penderita GERD yah. Duh maaf yah mau curhat ngeluarin uneg2 pikiran. Kalo salah maafin yah. Awal ane kena penyakit ini karena ane minum minuman soda kebanyakan ditambah stress pikiran blm kerja2. Ane tinggal dibogor gan, tadi pagi ane kayak mo pingsan gan, duh perasaan mau diambil nyawa ane, tapi ane berdoa sama Allah SWT agar diperpanjang umur ane, sepanjang jalan ane berdoa aja....

Pagi sekitar jam 6 ane bangun tidur trus ane jalan ke luar rumah beli kornet ke indomaret..kondisi mang blm makan sih baru minum madu aja. jalannya lumayan jauh sih ada 1 km bolak balik emang niatnya olahraga ah. Selanjutnya ane makan nasi putih pake kornet..nah abis makan kok keliyengan badan gan...trus kayak mo diambil aja kali ni nyawa...

Ane berusaha ga panik sih..ane jalan2 santai keuar rumah beli aqua juga...selanjutnya ane nafas teratur sambil positive thinking...berdoa aja ane gan sembari keliyengan itu..ya allah perpanjanglah umur saya...saya blm mau mati ya allah saya masih ada dosa yang masih harus ditutupi dengan ibadah. Ane parno gan...pikiran ane sakit ini kok ga sembuh2 sih ane dah minum obat dokter, mana bentar lagi mau kerja. lha pagi2 lemes badan keliyengan mo pingsan,

Setelah itu dijalan tiba ane ngerasa positive thingking lagi kalo ini tuh karena ane sakit, mungkin doa ane alhamdulilah didenger allah, keringet langsung ngucur gan. jalanlah ane kembali kerumah dan browsing2 lagi tentang GERD dan depresi...

Ada forum khusus penderita GERD ga sih sebenernya, butuh banget buat sharing.emoticon-Cape d... (S) pliss help me
Quote:


Waduh, sorry udah lama gak ngaskus jadinya telat banget balesnya.
Iya gan, memang sepertinya agan kena asam lambung yang berlebih dan bisa jadi penyebabnya karena stress. Saran ane sebaiknya periksa ke dokter biar lebih jelas lagi gan. Ane malah didiagnosa dokter selain gerd ada kelainan pada katup jantung emoticon-Cape d... (S)
Tetap positive thinking gan emoticon-I Love Kaskus (S)
×