alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53de6bd4a1cb17862b8b48d1/ringin-kembar-terbakar-ngayogjokarto-pertanda-apa
Peringatan! 
Ringin Kembar Terbakar (Ngayogjokarto), Pertanda Apa?
dibaca ya gan...emoticon-Malu (S)
lgi bca2 berita nemu berita ini, pohon terbakar sendiri ...emoticon-Takut
Spoiler for Pict:

YOGYAKARTA (KRjogja.com) - Aneh bin ajaib, terbakarnya pohon beringin di alun-alun selatan Yogyakarta tanpa sebab yang jelas, menimbulkan tanda tanya warga. Bahkan beberapa mengaitkan fenomena itu dengan situasi Indonesia terkini pasca Pemilihan Presiden (pilpres) 2014.

Quote:Up Date Berita
Quote:1.
http://news.detik.com
Yogyakarta - Satu diantara dua beringin kembar yang berdiri kokoh di Alun-alun Yogyakarta, dilahap si jago merah. Beberapa warga yang sempat berada di lokasi tersebut dibuat panik dengan kejadian tersebut.

Anggota Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Dinas Pemadam Kebakaran Yogyakarta, Novan, mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 19.00 WIB, Minggu (3/8/2014).

"Ada dua regu yang dikerahkan untuk memadamkan api. Butuh sejam lebih untuk memadamkannya," kata Novan saat dihubungi detikcom, Senin (4/8/2014) dini hari.

Dugaan sementara kebakaran yang melanda pohon yang menyimpan legenda itu disebabkan oleh ulah orang yang tidak bertanggungjawab yang membakar sampah di lokasi itu.

"Jadi pohon beringin itu tengahnya bolong, nah sampah di bakar di dalam lubang itu. Orang-orang sempat panik waktu lihat api membesar," jelas Novan.

Orang tersebut diduga mengalami gangguan jiwa. Petugas dan beberapa saksi tidak menemukan orang yang diduga membakar sampah di dalam batang Beringin itu. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.


Sony (30) seorang wisatawan yang sedang berada di alun-alun selatan / kidul (alkid) mengaku bingung kenapa pohon itu bisa terbakar. "Padahal setahu kami tidak ada yang bakar sampah di bawah pohon sesaat sebelum kejadian," ucapnya kepada KRjogja.com, Minggu (3/8/2014) malam.

Diceritakan, asap mengepul dari batang pohon di kegelapan malam. Kobaran api kemudian muncul seiring tiupan angin. Warga serta wisatawan yang tengah menghabiskan libur lebaran dibuat heboh, yang sedang berkendara berhenti dulu, melihat kebakaran. "Saat api berkobar, banyak yang berhenti melihat," katanya.

Meski kejadian kebakaran merupakan hal biasa, namun terbakar pohon beringin di alkid secara misterius itu tetap menjadi tanda tanya. "Kenapa terbakar, apa jadi pertanda, tetapi tanda apa? Apakah terkait politik? Kami tidak tahu. Semoga bukan pertanda apa-apa, apalagi sesuatu yang buruk," tuturnya.

Sementara itu, menurut salah seorang petugas keamanan di sekitar alun-alun selatan disebutkan, kebakaran itu merupakan kejadian biasa. Kejadian disebabkan api dari puntung rokok menyambar tumpukan daun kering pohon beringin.

Quote:Beringin kembar di Alun-Alun Kidul terbakar, Minggu (3/8). Menurut sejumlah saksi, terbakarnya beringin tersebut dikarenakan pengunjung yang membuang putung rokok yang masih bernyala ke dalam pohon beringin. Zainudin, seorang pengunjung mengatakan bahwa kejadian terbakarnya pohon beringin mengagetkan dirinya dan pengunjung lainnya.

“Waktu itu ada yang teriak ‘api’ berkali-kali. Ada yang bilang kalau gara-gara putung rokok, tapi nggak tahu juga gimana. Kalau benar gara-gara putung rokok, keterlaluan itu orangnya,” ujarnya.

Mengomentari terbakarnya pohon beringin akibat ulah manusia, Purwadi, budayawan Jogja mengatakan bahwa jika benar demikian maka peristiwa ini menjadi tanda hilangnya tanda kemanusiaan di tanah Jawa. Adapun yang dimaksudkannya adalah memayu hayuning bawana, yaitu sikap mencintai alam.

“Kalau benar karena puntung rokok, berarti kita di tanah Jawa sudah kehilangan salah satu pegangan hidup, yaitu mamayu hayuning bawana. Hiduo harus selaras dan menjaga keseimbangan dengan alam. Rusak,” tegasnya.


Quote:2
http://news.liputan6.com
Liputan6.com, Yogyakarta - Terbakarnya salah satu pohon beringin kembar yang biasa disebut ringin kurung Alun-alun Selatan (Alun-Alun Kidul) Kraton Yogyakarta pada Minggu malam, dipercaya sebagian masyarakat sebagai shasmita atau petunjuk akan terjadinya peristiwa besar. Kejadian masa silam, baik itu terbakar atau robohnya salah satu Ringin Kurung selalu diikuti peristiwa besar.

Warga Prawirotaman Dewa mengatakan peristiwa terbakarnya salah satu Ringin Kurung sebagai pertanda hilangnya kemakmuran di bumi nusantara. Nusantara yang dimaksud bisa berarti Yogyakarta maupun Indonesia, yang pernah menjadi kekuasaan dari kerajaan Majapahit. Di mana Kerajaan Mataram (Kraton Yogyakarta) keturunan dari kerajaan Majapahit.

"Iku tandane Sirno ilang kertaning bumi (hilangnya kemakmuran di bumi ). Atau juga tanda kesucian telah hilang. Seharusnya dulu itu Alkid (alun-alun kidul) sepi tempat untuk merenungkan diri. Tidak seperti sekarang jadi ramai untuk wisata," ujar Dewa kepada Liputan6.com, Senin (4/8/2014) dini hari.

Sementara Marsono, warga Taman, Patehan, Kraton, Yogyakarta menyebutkan sejak beberapa puluh tahun terakhir, baru kali ini Ringin Kurung alun-alun selatan terbakar secara tiba-tiba. "Setahu saya ya baru kali ini ringin kurung di alun-alun kidul ini terbakar. Sebelum-sebelumnya tidak pernah terjadi," kata warga Njeron Benteng ini.

Kakek berumur 73 itu mengatakan, peristiwa terbakarnya pohon beringin Kraton Yogyakarta juga pernah terjadi di pada 1961 silam. Di mana salah satu Ringin Kurung yang berada di alun-alun utara terbakar habis.

"Dulu tahun 1961 ringin kurung di alun-alun utara itu juga pernah terbakar. Yang sebelah timur juga. Saat itu bertepatan dengan pekan raya. Setelah itu kan 4 tahun kemudian tahun 1966 terjadi Gestapu," kata Marsono.

Marsono juga mempercayai, terbakarnya salah satu pohon beringin di alun-alun selatan ini akan diikuti peristiwa tertentu. Cucu abdi dalem Kraton, Lurah Proyo Dinejo --yang dulu bertugas mengurus Ringin Kurung Kraton Yogyakarta-- itu mencontohkan, peristiwa tertentu itu seperti saat menjelang wafatnya Sri Sultan Hamengkubuwono IX, salah satu Ringin Kurung di alun-alun utara tiba-tiba roboh.

"Biasanya memang begitu. Kalau tidak ada keluarga kraton yang akan meninggal ya bisa jadi akan ada sesuatu hal lain. Tapi biasanya itu skalanya nasional," pungkasnya.

Pertamax diamankan emoticon-Cool
Quote:Original Posted By agungankasta
Pertamax diamankan emoticon-Cool


cpet bget ente gan, pictnya aja belum di masukin..emoticon-Cape d... (S)
wah ane ga tau gan bawah ane tau kali emoticon-Ngacir
Quote:seorang petugas keamanan di sekitar alun-alun selatan disebutkan, kebakaran itu merupakan kejadian biasa. Kejadian disebabkan api dari puntung rokok menyambar tumpukan daun kering pohon beringin.

tuh sudah ada penjelasannya, kenapa masih dikaitkan dengan politik ?
Pertanda ane ganteng emoticon-Cool
Wah itukan tempat di yogya yang terkenal emoticon-Belo
Ane ga tau kenapa emoticon-Malu
itu 2-3 hari lalu ya gan ?
kemaren ane masih di Yogja..

emoticon-Matabelo
mungkin kering ringinnya
Quote:Original Posted By ofwarheart


tuh sudah ada penjelasannya, kenapa masih dikaitkan dengan politik ?


Biasalah orang indo kan suka hubungkan suatu hal yg aneh aneh emoticon-Smilie
hadeuhhh biasa aja keless gan klw mnurut ane
ap hubungan ny ama pemilu ?
kocak emoticon-Ngakak
pertanda harus di padamkan gan tuh salah satu ikon kota Jogja klo sampai habis terbakar siapa yg mau di pajang di situ sebgai gantinya .
.
serius gan bukan ane pelakunya .
kejadianya kapan nih... koq ane gak denger kabar....
Yeah, selalu seperti ini
ilmu cucoklogy orang indonesia itu emang joss
Ntar langit, awanya aneh dikit pertanda bencana. Ntar ini ngetik comment ke kaskus tiba tiba laptop mati pertanda, makan gudeg di jogja ada uletnya ada pertanda nggak beres
ayo deh coba berpikir lebih maju, toh di tulisan TS juga udah disebutin puntung rokok, malah nyamber ke pemilu pemilu segala
coba deh kalo pertokoan ato rumah warga kebakar kok nggak ada yang bilang itu pertanda juga emoticon-Ngakak (S)
hoax gak nih... emoticon-Cool
sebenernya ini mudah sekali pertandanya.

1. pertanda yang pertama karena ada api. jadi bisa membakar pohon
2. pertanda kedua karena ada pohon, kalo ada api saja gk ada pohon ya apinya gk makan pohon
3. pertanda yang ketiga pohon di lalap api. jadi terbakar


lagi lagi cocoklogi

gan, sempak ane bolong
kira kira pemilu kenapa ya ?
Quote:Original Posted By gigaraptor
Wah itukan tempat di yogya yang terkenal emoticon-Belo
Ane ga tau kenapa emoticon-Malu

udah prnah kesitu belum gan ??emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By joane313
itu 2-3 hari lalu ya gan ?
kemaren ane masih di Yogja..
emoticon-Matabelo

, kebakarnya tadi malem gan jam 20.10 WIB..

Quote:Original Posted By senyummalu
mungkin kering ringinnya

basah tuh gan pohonnya, malem2 kan pohonya berembun...emoticon-Bingung (S)

Quote:Original Posted By mr.nonarsis
pertanda harus di padamkan gan tuh salah satu ikon kota Jogja klo sampai habis terbakar siapa yg mau di pajang di situ sebgai gantinya .
.
serius gan bukan ane pelakunya .

kirain ente pelakunya gan...emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By duexs
kejadianya kapan nih... koq ane gak denger kabar....

3 |Agustus | 2014, 20.10 gan..

Quote:Original Posted By dexology
Yeah, selalu seperti ini
ilmu cucoklogy orang indonesia itu emang joss
Ntar langit, awanya aneh dikit pertanda bencana. Ntar ini ngetik comment ke kaskus tiba tiba laptop mati pertanda, makan gudeg di jogja ada uletnya ada pertanda nggak beres
ayo deh coba berpikir lebih maju, toh di tulisan TS juga udah disebutin puntung rokok, malah nyamber ke pemilu pemilu segala
coba deh kalo pertokoan ato rumah warga kebakar kok nggak ada yang bilang itu pertanda juga emoticon-Ngakak (S)


emoticon-Ngakak
kalo awannya aneh emg bneran deh gan ,dlu gempa jogja aja gitu
Spoiler for Awan Gempa:
., semoga gag kejadian yg aneh2 lah ganemoticon-Berduka (S), gag usah bahas2 pemilu lagi dah..emg warga sekitar pada aneh aja tuh..emoticon-Mad (S)
Quote:Original Posted By haniepadr


cpet bget ente gan, pictnya aja belum di masukin..emoticon-Cape d... (S)


emoticon-Ngakak

tadi ane udh reload 3x gan, blom ada yg ambil pertamax, ywdh ane aja yg sikat emoticon-army
Quote:Original Posted By dexology
Yeah, selalu seperti ini
ilmu cucoklogy orang indonesia itu emang joss
Ntar langit, awanya aneh dikit pertanda bencana. Ntar ini ngetik comment ke kaskus tiba tiba laptop mati pertanda, makan gudeg di jogja ada uletnya ada pertanda nggak beres
ayo deh coba berpikir lebih maju, toh di tulisan TS juga udah disebutin puntung rokok, malah nyamber ke pemilu pemilu segala
coba deh kalo pertokoan ato rumah warga kebakar kok nggak ada yang bilang itu pertanda juga emoticon-Ngakak (S)


Berbie setujuh dengan pengeran ini emoticon-Kiss