alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53ddd331925233e80b8b46e4/kehidupan-anak-kosan-di-perantauan
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan

Quote:MOHON MAAF SEBELUMNYA
BAGI YANG BERBAIK HATI KASI BATA YA BUKAN CENDOL


Quote:kalo denger "anak kos" apa yg kepikiran sama agan ?

Quote:Pola makan dan jajan
awal bulan: Beli eskrim emoticon-I Love Indonesia (S)
tengah: Es dawet emoticon-Malu (S)
akhir: Es batok kelapa emoticon-Hammer

Quote:minuman anak kost
awal bulan: Kopi luwakemoticon-I Love Indonesia (S)
tengah bulan: Teh manisemoticon-Malu (S)
akhir bulan: Semir sepatu dikasih air ama gula..emoticon-Hammer

Quote:makanan anak kos
awal bulan: Rendangemoticon-I Love Indonesia (S)
tengah: Mie instanemoticon-Malu (S)
akhir bulan: Promag emoticon-Hammer

Quote:menu makan di luar
awal bulan: Steak emoticon-Cool
tengah: Sate/somay emoticon-Malu (S)
akhir bulan: Gulali aja udah syukur emoticon-Najis (S)

Quote:cemilan renyah anak kost
awal bulan: Nugget emoticon-Cool
tengah: Krupukemoticon-Malu (S)
akhir: Tahu isi kerikil..emoticon-Hammer

Quote:lauk anak kost
awal bulan: Ayam emoticon-I Love Indonesia (S)
tengah: Ikan teriemoticon-Malu (S)
akhir: Kerikil goreng emoticon-Berduka (S)

Quote:makan di restoran fast food
kasir : Semuanya 60ribu..
anak kos: mbak, ini jam tangan saya kemaren belinya 50 rebu, trus sepatu saya 25rebu. Lunas ya mbak.emoticon-Berduka (S)

Quote:Aktivitas
- Awal Bulan: Nonton Bioskopemoticon-Malu (S)
Tengah: Nonton Film koleksi bajakanemoticon-Cape d... (S)
Akhir bulan: Numpang nonton rame2 dirumah pak RT..emoticon-Berduka (S)

Quote:- (Soundtrack Anak Kost)
Awal Bulan: Lagu Dugememoticon-Ngakak
Tengah Bulan: Dmasiv - Merindukanmu (kiriman)emoticon-Ngakak
Akhir Bulan: Sari roti.emoticon-Sorry

Quote:- awal bulan: nongkrong sana siniemoticon-Ngakak
akhir bulan: nyuciin baju orang sana sini demi sesuap nasi.emoticon-Ngakak

Quote:- Awal Bulan: nongkrong sana-sini / traktirin temenemoticon-Ngakak
Akhir Bulan: Diem di pojokan kost sambil ngemil plasitik dan ngolesin perut make balsem.emoticon-Ngakak

Quote:- Hari-hari anak kost:
Kiriman nyampek - Nraktirin temen - Bokek - Numpang makan gratis..

Quote:- (Daftar belanja)
Sepatu baru, tas baru, mouse juga minta ganti, parfum, sabun muka, odol, dan sahabat sejati Mie Instan 1 dus!

Quote:- (siklus keuangan)
Awal bulan: Duit Merah + Biru emoticon-Cool
Tengah: Duit ijo + pink + Kuning emoticon-Malu (S)
Akhir bulan: Recehan dan uang logam .emoticon-Hammer

Quote:Filosofi dan Motto anak kost

- Menyukai Mie instan, bukan berarti anak kost, tetapi anak kost dipastikan suka Mie instan.. (kecuali dilarang dokter)
- Pengen uang kostnya gratis terus? Ngekost aja di kuburan.. Sempit-sempitan sama setan nooh..
- Ujian tanpa belajar itu ibarat mandi tanpa sabun.. Ya ga masalah selama kita udah terbiasa
- Pengen ditraktirin makan terus sama pacar? Ya pacaran aja sama abang siomay..
- Kalau laper, ya makan. Gengsi ngga bikin kenyang.. « (Motto anak kost saat bertamu kerumah temen)
- Cinta model anak kost : dimulai dari mata, turun ke hati, kandas di dompet!
- Seharusnya ada undang-undang perlindungan anak kost. Karna hampir 70% generasi penerus bangsa adalah anak kost
- Kalo Bayar Kosan Tepat Waktu ga Gaul namanya (Jangan Ditiru)
- Anak Kost itu Lebih terlihat Keren saat naik Ojek daripada naik Motornya sendiri atau Temennya (Anak kos ngenes)
- Anak Kost itu kalo ga Jomblo itu ga Gaul Banget (Anak Kos jomblo frustasi tingkat akut)
- enaknya jadi anak kost gak bakal ada yg ngomelin mau bngun jam berapa aja

Quote:Tipe-tipe anak Kost

- Anak kost bejat: Suka bawa pacar ke kosan, trus ngajak pacarnya jagain lilin.. Dianya ngepet..
- Anak kost kurang asem: Ngutang sana-sini, bikin kasus, makan uang kuliah, nyusahin orang tua.. Bedebah emang.
- Anak kost cakep: Cari kerja sampingan buat nambahin jajan, biar gak ngerepotin ortu.
- Anak kost yg miris: Nyoba deketin anak ibu kost malah ditolak, digampar,udah babak belur diusir pula
- Anak kos yang Keren pacarin anaknya ibu kost, biar dapet diskon 20%
- Anak kost jahanam: Bangun tidur, makan, tidur lagi, bangun lagi, makan lagi tidur lagi

Quote:Tips dari anak Kost

- Sekalipun duitmu lagi banyak, jangan pamerin ke temen2 kalo ngga mau nraktir (Tips awal bulan)
- Awal bulan, jaga nafsu.. Traktirlah orang yg berpotensi mau mentraktirmu di akhir bulan..
- Tanamkan saham! Pinjemkan uang ke temenmu yg 'bukan anak kost', agar akhir bulan ada yg mw ditagih. Kasih bunga juga.min 50%
- Kalo mau minjem duit, ngomongnya jgn tinggi/songong, harus merendah biar target gak tega/iba dan ga males ngutangin
- Mendekati seseorang hanya karena ada maunya sih boleh-boleh aja. Tapi ngga usah terlalu kelihatan yah.. (Tips ngutang)

Quote:Celoteh anak Kost

- nasib anak kost yang jomblo pas weekend : sendirian karena temen2 kos pada pulang, kelaparan, dan bokek
- Kegalauan awal bulan ini disebabkan oleh duit2 yg udah lenyap ditelan hutang
- Awal bulan adalah saat dimana seorang anak kost terlihat seperti pengusaha.
- (siklus bayar membayar) awal bulan: beli tas harga 100.000 , tengah bulan : beli tas harga 20.000 , akhir bulan : beli tas sabut kelapa 500 perak
- selaras itu adalah Ketika keadaan hati berbanding lurus dengan pulsa, isi galon dan dompet..
- Perih-perihnya ngga sarapan pagi, lebih perih lagi udah bela-belain masuk kuliah pagi sampe nggak mandi, ternyata dosennya gak dateng..
- Krupuk = Puas di mulut, gk kenyang di perut
- Lebih baik nggak makan gara-gara gak punya duit, ketimbang gak makan gara-gara ngga mood makan.. semacam gak bisa besyukur gitu
- dikamar ngga ada tivi ngga ada radio Hape sepi adanya cuma krupuk!!!!
- Harmonis bagi anak kos itu adalah ketika Sakit gigi - Migren - sariawan – batuk - lapar, secara bersamaan menyiksaku..
- Harmonis itu adalah ketika tiba-tiba nerima sms dari mantan ngajak reuni + Sms ibu kost nagih uang kost
- Harmonis itu adalah ketika Malam mendengar irama rintik hujan berpadu suara kodok dan suara keriukan suara perut yang kosong. sangat harmonis
- Tidur adalah aktivitas favorit untuk menunda dan menahan lapar
- Cara paling gampang untuk menghilangkan bete di kosan adalah:
a. tidur..
b. Makan..
c. ngupil..
d. Makan upil sambil tiduran
- Datang ke Cafe yg ada WiFi, pesen es the 1 gelas dan air es 1 gelas, trus on sampe 6 jam,itu baru cerdas

Quote:Doa anak Kost

- ya Tuhan... jangan beri hambamu ini kesengsaraan Tuhan, hamba sudah takpunya duit jangan tambahkan status single tulen di diri hamba ya Tuhaan..
Doa hari ini: Semoga semua orang yg lapar pada hari ini semua dikenyangkan dengan kuasa Tuhan, amin..

Quote:Surat untuk Ibu kost

> Kepada Ibu Kos yang Terhormat, Kalo mau nagihin utang jangan pas gue lagi bawa temen kampus ke kost doonk.. malu tau.
> Kepada Ibu Kos yang Terhormat, Sekali-sekali traktirin anak kostnya kek gitu.. sekali-sekali aja kok.. ntah sekali seminggu gitu.
> Kepada Ibu Kos yang Terhormat , udah tau akhir bulan, tapi kok tega nagih ini-itu lagi sih.. tega..

Quote:Sajak anak Kost untuk mi Instan

Hariku tanpamu bagaikan jeans tanpa ritsleting.. Ngga lengkap..
tiada minggu berlalu tanpa kau..
Hari-hariku tanpamu, bagaikan lilin tanpa sumbunya..
Sarapan Mie patah-patah. Kayaknya cocok banget menemani minggu yg sepi ini..
Tiada minggu berlalu tanpa ada sobekan bungkus Mie Instan di tempat sampah...
Bercanda dengan sepi, Bertatap dengan senyap, Bercanda dengan tembok dan bernyanyi bersama Mie..

Quote:Quote dari anak kost

Penderitaan itu adalah kebanggaan, Karena tak smua orang bsa melewatinya. So keep spirit and struggle for the better future


Quote:tips makan gratis anak kos
Quote:1. Nginep Di Rumah Temen
Tingkat kesulitan: 3
Modal: Temen.

caranya gampang cukup bilang ama temen lo kalo mau nginep di rumahnya
jangan lupa tanya ini dulu

emoticon-Big GrinDi rumah lo ada siapa aja?emoticon-frog

kalo dia bilang sendirian mending cari target lain..pastinya ga ada makanan di rumahnya

Quote:2. Jadi Tester
Tingkat kesulitan: 6
Modal: Baju Ganti, Aksesoris macem-macem.

biasanya banyak di mall,supermarket,cafe dll yg lagi ada promo buat kasi tester produknya

Terus baju ganti sama aksesorisnya buat apa?

Abis kamu cobain makanannya, langsung pergi ke kamar mandi dan ubah penampilan kamu sebeda mungkin dari yang sebelumnya.

Kalo udah, balik lagi, dan minta lagi makanan tester yang tadi. Makin banyak baju ganti yang kamu bawa, makin banyak makanan yang bisa kamu dapet.

Quote:3. Makan di Kondangan
Tingkat kesulitan: 7
Modal:skill akting,amplop,uang seribu


ini berlaku di weekend aja
biasanya kondangan adanya weekend

Teknik ini agak tricky dan butuh skill akting. Setelah muterin komplek dan nemuin acara kondangan, masuklah dengan tampang yang sangat meyakinkan. Pasang muka sumringah, masukin uang seribu ke amplop dan masukin ke kotak uang kondangan (jangan sampai ketauan),ikuti prosesi dengan baik, salaman sama yang nikah, abis itu baru SANTAP MAKANAN.

HATI HATI!

Kalo kamu makan dulu sebelum salaman, jangan sampai salah ngomong. Jangan bilang “Makasih ya”, karna itu bisa memancing rasa curiga panitia nikahan.

Setelah kenyang, silahkan pergi yang jauh dan jangan pernah kembali lagi.


Quote:4. Tunggu Orang Selesai Makan
Tingkat Kesulitan: 1
Modal: URAT MALU.
Langsung cabut ke food court terdekat, cari orang yang makanannya belum abis tapi udah mau pergi.



Quote:Move On Anak Kost Waktu Lebaran dan Setelahnya

Anak kost adalah anak paling hebat. Dia gak dilahirkan dari ibunya tapi dilahirkan dari kost, makanya disebut anak kost. Anak kost itu hebat karena (terpaksa) cepet move on. Banyak hal yang bikin mereka harus move on, apalagi kalo lebaran. Mau tau apa aja? Ini dia move on-nya anak kost pas lebaran dan setelahnya.
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan
Quote:1. Move On dari Kuliah ke Libur
Anak kuliah sekaligus anak kost pasti paling seneng sama libur kuliah, soalnya bisa pulang ke kampung halaman buat melepas kangen. Kadang kalo liburan harus terhambat, anak kost suka pada sakaw kejang-kejang keluar busa dari mulutnya. Tapi kalo lebaran tiba, mereka jadi sembuh. Kaya gak pernah ngerasain kesulitan, mereka bisa dengan mudah pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Quote:2. Perbaikan Gizi
Inilah kenapa anak kost selalu seneng sama lebaran. Pas puasa aja mereka seneng karena bisa hemat gak perlu makan pas siangnya, apalagi lebaran. Mereka bisa move on dari penderitaan anak kost kaya telat sahur, telat buka, sakit maag ke perbaikan gizi dan kenaikan berat badan secara signifikan di kampungnya. Biasanya anak kost kalo pulang kampung suka disambut sama hajatan dan pake petasan sama keluarganya.

Quote:3. Dari Gizi Terjamin ke Anak Kost Lagi
Move on yang ini agak susah tapi masih bisa dilewati dengan mudah oleh anak kost. Anak kost setelah lebaran biasanya harus balik lagi ke kostan buat kuliah. Supaya gizi tetap terjamin selama di kostan, mereka biasanya bawa perbekalan banyak. Isi kulkas rumah di kampung dikosongin buat dibwa ke kostan. Trik ini ampuh, meskipun cuma buat sementara waktu.

Quote:4. Move On dari Liburan ke Masuk Kuliah Lagi
Setelah dimanja di kampung halaman pas lebaran, anak kost harus segera move on lagi. Sekarang lebih berat move on-nya, karena harus move on dari liburan ke masuk kuliah lagi. Biasanya, banyak anak kost yang gak siap sama move on yang satu ini, buktinya awal masuk kuliah pasti bangku kuliah banyak yang gak berpenghuni. Hih, serem.

Kalau kalian sebagai anak kostan, move on-nya dari apa aja? Jangan jawab mantan ya. Pffft.


Quote:Tips Survive ala Anak Kost

Survive buat seorang anak kost adalah sebuah keharusan. Kalo nggak bisa survive, mending pulang aja ke rumah. Nah, ini dia beberapa cara anak kost survive!
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan
1. Sedia Bumbu Jadi

Saat kamu lagi nggak bokek-bokek amat, beli nasi padang lauknya rendang. Tapi nasi sama lauknya bungkusnya dipisah biar bisa minta bumbu rendang lebih banyak. Jadi, suatu waktu kamu lagi bokek, tinggal beli nasi trus makan sama bumbu rendang yang waktu itu kamu beli, deh. Cemerlang, kan, ide NYUNYU?



2. Cari Temen yang Lagi Bokek Juga

Kalo kamu cuma punya duit Rp2.000 trus temen kamu juga Rp2.000, kalo digabung jadi Rp4.000. Nah, dengan duit segitu kamu udah bisa beli mie instan sama nasi di warteg. Inget, pas masak mie kuahnya dibanyakin. Jadi, kalo kamu masih laper masih bisa minta nasi sama tetangga trus makan pake kuah mie.



3. Dateng ke Kosan Temen

Kalo temen kamu kebetulan lagi bokek juga, minimal kamu bisa ngumpulin botol-botol bekas di kosan dia. Gabungin sama botol bekas di kosan kamu, loakin, deh! Lumayan buat beli bis*uat!



4. Use Your Imagination

Ngayal aja kalo kamu punya pacar. Pasti pacar kamu bakal sering bawain makanan, pas makan kamu disuapin, abis itu kamu jalan-jalan. Ah, menyenangkanlah pokoknya. Makanya punya pacar!


Quote:Kelakukan Anak Kos Buat Ngirit di Tanggal Tua
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan
Sebagai anak kos yang hidup jauh dari keluarga kamu memang harus pinter-pinter mengatur keuangan. Tapi sepengamatan kami, sepinter-pinternya anak kos ngatur keuangan pasti pernah mengalami yang namanya kehabisan uang sebelum waktunya. Entah karena tiba-tiba ada tugas kuliah yang ngabisin duit, tiba-tiba diajak temen jalan-jalan, atau tergoda untuk jajan makanan mahal.



Alhasil, karena belum bisa minta uang lagi ke ortu sebelum tanggalnya berbagai siasat untuk ngirit pun kamu perlu dilakukan.



Tapi kami percaya, keterbatasan bakal memicu kreativitas. Kalau udah kehabisan uang, kelakuan-kelakuan anak kos memang suka menakjubkan. Apa sajakah kelakuan-kelakuan itu. Inilah beberapanya:


1. Masukin Air Botolan ke Dispenser

Nah, kelakuan ini biasanya dilakukan sama anak-anak kos yang doyan bikin kopi tapi lagi gak mampu beli air galonan. Demi mendapatkan air panas dari dispenser air mineral yang botolan pun dipaksakan masuk ke dispenser. Hal ini sungguh sangat mengganggu pemandangan. Bayangin aja ada anak yang badannya gemuk tapi kepalanya kecil banget. Yah begitulah kira-kira.
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan


2. Ngegulung Odol dan Campur Sampo dengan Air

Peralatan mandi itu harganya nggak murah. Bisa ngabisin jatah makan satu hari kalau dibeli. Jadi, ketika alat-alat mandi udah mau abis yang dilakukan anak kos irit adalah menggunakannya sampai tetes terakhir. Odol dipencet-pencet dan digulung-gulung sampai ke pangkalnya biar odolnya bisa keluar semua, bahkan sampe digunting dan dibedah udah kayak orang dioperasi.
Terus, pas sampo udah mau abis, dicampurlah dengan air, jadinya isinya pun jadi bertambah. Encer sedikit nggak apa-apa lah yang penting berbusa.

3. Beli Nasi di Warung yang Porsinya Bebas

Bukan anak kos sejati namanya kalau beli makan di tempat yang nasinya cuma semangkok kobokan. Anak kos sejati yang lagi ngirit pasti bakal cari warung yang nasinya boleh ngambil sendiri. Mereka nggak makan di tempat, melainkan dibungkus. Jadi, sekali beli nasi bisa untuk dua kali makan. Untuk bisa kayak gini, kamu perlu juga nyiapin rice cooker atau sejenisnya. Biar makanan nggak cepet basi, diangetin gitu.


4. Numpang Makan ke kimpoian Orang Tak Dikenal

Trik satu ini udah ada sejak jaman mamah-papah kamu kuliah. Sebagaimana yang kita tahu biasanya pesta kimpoian selalu menyediakan makanan yang berlimpah. Kadang untuk bisa masuk pun panitia nggak pernah ngecek satu persatu undangannya. Jadi dengan modal setelah batik, celana bahan, sepatu rapih, dan amplop kita udah bisa masuk dan ikutan makan.



Nah, biar keliatan keren, saat di meja tamu kamu tulis aja nama yang kira-kira semua orang kenal, misalnya Agus. Terus kamu masukin amplop juga ke dalam kotak. Santai, amplopnya nggak mesti ada isinya. Yang penting amplop!



Oya, makan gratis nggak cuma bisa kamu dapatkan di acara nikahan loh. Kalau kamu ngekosnya di perkampungan gitu kan suka ada acara pengajian tuh. Biasanya pulangnya tamu bakal dikasih besek alias bakul-bakulan berisi makanan. Lumayan kan?!


5. Jadi Baik Banget Sama Teman Yang Punya Kendaraan
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan
Weits, sekarang ini bensin udah naik harganya. Demi ngirit, anak kos sejati bakal lebih memilih untuk nebeng yang punya kendaraan. Jadi, berbaik-baiklah kamu sama mereka agar mereka merasa nyaman kamu tebengin. Misalnya, tiap lagi nebeng kamu pijitin punggungnya dari belakang, atau nawarin diri untuk nyopir biar temen kamu tinggal duduk.


Quote:5 Alasan Anak Kost Untuk Pulang
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan
Kalau mendengar kata “anak kost,” yang suka muncul di pikiran orang pasti tentang kisah seorang anak rantauan yang di awal bulan makan rendang dan di akhir bulan makanin bumbunya doang. Keras hidupnya.



Untuk anak kost sendiri biasanya selalu dikait-kaitkan dengan sifat mandiri, padahal belum tentu. Masih banyak anak kost yang baru beberapa bulan ngerantau, tapi tau-taunya mendadak pulang ke rumah.



Umm, kok gitu ya? Kamu tau gak alasannya mereka suka pulang ke rumah itu apa? Yak betul! Jawabannya: ra-ha-si-a. Tapi kami bocorin deh di sini. Biasanya ini nih alasannya anak kost pulang...



Nggak Punya Duit

Buat jadi anak kost itu nggak mudah, harus bisa mandiri dan bisa ngatur keuangannya dengan baik. Karena kalo sekalinya anak kost punya sifat boros, bisa jadi di awal bulan makan ayam bakar, di akhir bulan cuma makanin arengnya doang.



Tapi untuk kasus di atas ini emang banyak, biasanya yang suka ngalamin itu anak kost kemarin sore alias anak kost baru. Jadi ya kalau udah kayak gini nggak ada cara lain deh selain pulang ke rumah.



Libur Panjang

Yang namanya orang ngekost tentunya rumahnya nggak ada yang deket, kebanyakan dari luar pulau semua (luar pulau gadung atau pulau gebang), jadi buat balik ke rumah secara rutin tiap minggu rasanya nggak mungkin, boros ongkos. Maka dari itu biasanya anak-anak kost itu pada balik ke rumah pas libur abis ujian, kan liburnya anak kuliahan bisa dua sampe tiga bulanan tuh, baru deh dipuasin buat kangen-kangenan sama orang tua, adek, abang, adeknya abang, abangnya adeknya abang, abangnya adeknya abangnya adek, dan seterusnya.



Kangen Makanan Emak

Kebanyakan anak kost asalnya emang dari luar pulau, tapi bukan berarti nggak ada anak kost yang rumah asalnya itu deketan sama rumah kost-nya, semisal kost-nya di Jakarta, rumah aslinya Bogor.



Buat tipe anak kost yang rumahnya deket ini sih fleksibel, bisa kapan aja pulang… asalkan ada waktunya. Dan biasanya, anak kost kayak gini punya alasan pulang itu bukan lagi kepengin liburan, tapi kangen sama makanan emak.



Karena pada kenyataannya emang nggak ada yang bisa ngalahin masakan emak sih, apalagi emak-emak di warung Padang.



Pakaian Kotor Numpuk

Anak kost nggak selamanya mandiri semua. Dan indikator mandiri itu macem-macem, tapi banyak di kalangan para koster (sebutan gaul anak kost), yang nggak bisa nyuci sendiri, jadilah mereka bisanya pake jasa laundry. Dan kalau udah menuju tanggal tua, uang buat nyuci biasanya dialihkan buat beli mie instan, dan pakaian kotor jadinya udah numpuk.



Akhirnya si koster pun memutuskan pulang bawa tas gede segembol berisi baju dan kolor yang pada kotor. Pulang-pulang nambah kerjaan aja buat buat nyokap. Gak tau diri emang.



Di-DO Universitas

Ini alasan terakhir nih kenapa anak kost pulang ke rumah. Iya, di-DO atau dikembalikan ke orang tuanya... karena nggak lulus-lulus.


masih lanjut page 2
Quote:Ciri Kamar Kos
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan
Dalam belantara lika-liku kehidupan, tinggal di kosan itu beda banget sama tinggal di rumah. Anak kosan pasti mengalami banyak keterbatasan ruang karena kamarnya yang kecil, belum lagi kalo tinggalnya berdua. Malah saking parahnya, ada yang tidurnya sambil berdiri.



Nah dari keterbatasannya itu, terlahirlah beberapa ciri kamar kos, kurang lebih ciri-cirinya begini.



Kasurnya Berantakan

Kalo kamu main ke rumah temen kamu dan menemukan tempat tidurnya berantakan dan kotor, jangan langsung menyimpulkan bahwa dia adalah anak jorok. Karena itu emang bener.

Kehidupan Anak Kosan di Perantauan

Bisa jadi temen kamu itu alumni anak kos, karena anak kos kebanyakan kasurnya pasti berantakan. Paling dirapihin pas ortunya mampir ke kos, atau pas si pacar mau dateng untuk ‘merancang masa depan’ (yang ngerti-ngerti aja).



Kamarnya Sempit

Karena keterbatasan kamar yang sempit, anak kos harus ikhlas untuk berbagi tempat tidur dan makan seadanya, soalnya nggak punya dapur kayak di rumah buat masak, jadi mau nggak mau makan di luar. Awal bulan boleh lah makan di restoran, pertengahan bulan jajal-jajal lucu nasi Padang, dan akhir bulan mau nggak mau ya makan mie instan.



Makanya nggak heran kalo anak kosan kebanyakan memiliki postur badannya kurus kering seperti kamarnya. Orang normal biasanya mengisi kotak P3K di dalam kamarnya dengan obat-obatan, tapi kalo anak kos cukup mie instan. Terserah mau percaya atau nggak, tapi lebih baik nggak.
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan
Ini agak out of topic sih, terkadang, kalo ada temen yang lulus, mereka merayakannya dengan makan-makan untuk memperbaiki gizi di dalam kamarnya.
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan

Kondisi Kamarnya Memprihatinkan

Gue punya banyak temen yang ngekos, dan kebanyakan dari mereka punya kondisi kamar yang memprihatinkan. Sangat memperhatikan. Tapi dalam keterbatasannya, mereka tetep kompak untuk selalu bersama dalam keadaan apa pun. Dan gue percaya kalimat “Makan nggak makan yang penting kumpul” itu diciptakan oleh anak kosan.



Anak kos memilik integritas partner in crime yang tinggi di dalam kamar bersama teman-temannya, apalagi kalo nggak ada kerjaan. Nggak percaya? Silakan liat buktinya di bawah ini.
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan

Mempunyai Perabotan Ajaib

Bukan anak kos namanya kalo nggak punya perabotan ajaib di kamarnya. Setiap kali mereka kepepet, mereka selalu menemukan cara untuk tetap bertahan hidup di kamarnya. Menurut gue, seharusnya anak kos bisa masuk di Guiness Book of Records karena perabotannya.
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan



Quote:#Pembersih wajah
awal bln: Vaseline
tengah bln: Biore
akhir bln: Mama Lemon jg gpp

#HP
awal bln: telp2an
tengah bln: sms'an
akhir bln: smsin mama minta pulsa

#Fastfood
Awal bln: KFC
tengah bln : Warung Tegal
akhir bln : ngutang di warung teman

#Suara perut pas lapar
awal bln: Cminor
tengah bln: Gmayor
akhir bln: C Am Dm G A B#7 *lagu gugur bunga*

#Minum
awal bln: Coca Cola
tengah bln: Es teh
akhir bln: air kobokan

#Dugem:
awal bln:diskotik
tengah bln: Music Cafe
akhir bln: dangdutan di kondangan

#Cucian
awal bln:laundry 4kg
tengah bln: cuci sendiri
akhir bln:kolor side A side B

#Rokok
awal bln: Marlboro
tengah bln: Sejati
akhir bln: cium2 asbak

#Parfum
awal bln: Axe
tengah bln: Cassablanca
akhir bln: Rapika

#Ngedate
awal bln: Bioskop 21
tengah bln : dvd bajakan
akhir bln: Indosiar (siluman naga)

# Berangkat kuliah
awal bln : taksi
tengah bulan : angkot
akhir bln : nunggu dijemput teman


Quote:[Ada beberapa hal yang mungkin saja dilakukan seorang anak kos-kosan dalam keadaan bokek alias gak punya uang. Gak punya uang itu relatif, yang jadi masalah adalah kenapa dan bagaimana bisa uang itu bisa habis? Mungkin, di tangan seorang mahasiswa yang ngekos pertanyaan itu bisa terjawab, Jawabannya pun pasti sama, "Banyak Keperluan Mendadak", Itu memang lumrah terjadi di kalangan anak kos-kosan. 4 hal diantaranya yang mungkin saja dilakukan anak kos-kosan saat bokek :

1. Makan secukupnya
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan
Hal ini pasti akan dilakukan ketika kita dalam keadaan gak punya uang. Kenapa? Karena kalau kita maksa makan makanan yang "mewah" sedangkan keuangan kita menipis, itu sama saja kita bunuh diri. Maka dari itu, hal pertama yang akan dilakukan seorang anak kos-kosan adalah makan secukupnya. Minimal 1 kali sehari dan maksimal 2 sehari.

2. Diam di kosan, nunggu bantuan
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan
Bayangkan jika kita dalam keadaan bokek, lalu kita memaksa untuk keluar dari kosan hanya sekedar ingin jalan-jalan. Ujung-ujungnya, pasti akan mengeluarkan biaya juga. Akhirnya, satu-satunya cara adalah diam di kosan tanpa kemana-mana.

3. Menghubungi orangtua
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan
Mungkin, bagi mahasiswa yang ngekos dan kuliah dengan masih menggunakan uang orangtua, hal ini pasti akan dilakukan dengan berbagai cara dan alasan. Jika ditanya kenapa uang bisa cepat habis, pasti akan muncul beribu alasan yang keluar dari mulut kita.

4. Gali lobang tutup lubang
Kehidupan Anak Kosan di Perantauan
Hal diatas itu berarti Meminjam Uang. Ya, itu adalah hal terakhir jika memang ketiga hal di atas tadi tidak bisa dilakukan. Meminjam uang kepada teman merupakan cara terjitu jika kita sebagai anak kosan ingin bertahan hidup.

Keempat hal diatas merupakan hasil survey saya sendiri, menurut pengamatan serta pemikiran. Dan alasan saya menulis thread mengenai hal ini adalah karena saya juga mengalami hal diatas. Bagi kaskuser yang pernah ngekos pasti juga pernah mengalami hal tersebut. Selain 4 hal tersebut kira-kira apa sih biasanya yang kalian lakuin kalo lagi bokek?



Quote:
Spoiler for DP BBM:

Spoiler for DP BBM:

Spoiler for DP BBM:

Spoiler for DP BBM:

Spoiler for DP BBM:

Spoiler for DP BBM:

Spoiler for DP BBM:

Spoiler for DP BBM:

Spoiler for DP BBM:


Tapi beginilah ekspresinya kalo udah tanggal muda
Spoiler for DP BBM:

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
buat update
Waaaahh, ternyata anak kos ironis ya emoticon-Matabelo
ntar ane kuliah mending beli apartemen aja dah emoticon-Cool
Berat juga yah tugas anak kos emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By unfollow.me
Waaaahh, ternyata anak kos ironis ya emoticon-Matabelo
ntar ane kuliah mending beli apartemen aja dah emoticon-Cool


apartemen tapi temennya indomie gan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
wahahaha, bener banget tuh semuanya gan emoticon-Ngakak
ane dulu pernah ngekost sendiri soalnya jadi tau gimana rasanya emoticon-Matabelo
wakakka roti bakar setrika ala kost emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By unfollow.me
Waaaahh, ternyata anak kos ironis ya emoticon-Matabelo
ntar ane kuliah mending beli apartemen aja dah emoticon-Cool

tetep aja ntar makan nya indomie emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By mcozfuerte
Berat juga yah tugas anak kos emoticon-Hammer2

ya gitu deh gan emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By syechnu


apartemen tapi temennya indomie gan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By emu99
wahahaha, bener banget tuh semuanya gan emoticon-Ngakak
ane dulu pernah ngekost sendiri soalnya jadi tau gimana rasanya emoticon-Matabelo

wah kakak senior kos hahaha emoticon-Ngakak:
Quote:Original Posted By Valls01
wakakka roti bakar setrika ala kost emoticon-Ngakak

pengalaman ya gan emoticon-Ngakak:
yah kok sepi
Huahahaha,... Kreeen ts ne,.. Jadi Keinget jaman kos dulu,.. Pas Bulan Puasa kita ada Istilah 30 hari 30 cinta,. Maksudnya biar ada tempet saur ama buka..

Modalnya cuma Tampang doang seh.

Tapi karena susah dalam waktu dekat nemu cewek yng baik dan perhatian ma kita akhirnya 30 tu dibagi 2 ma temen,.. masing2 15,.. Alhamdulillah tiep buka ma saur tempetnya beda2 dan selalu ber3. Hahahaha.
Biasanya Bulan Puasa cewek2 mendadak pada jadi baek2,.. Ini pengalaman ane,...
Numpang Makan ke kimpoian Orang Tak Dikenal * ehh buset penyelinap emoticon-Mad (S) emoticon-Ngakak




btw duit ane gak pernah habis pas akhir bulan, karena ane hemat emoticon-Cool
Quote:Original Posted By daghul
Huahahaha,... Kreeen ts ne,.. Jadi Keinget jaman kos dulu,.. Pas Bulan Puasa kita ada Istilah 30 hari 30 cinta,. Maksudnya biar ada tempet saur ama buka..

Modalnya cuma Tampang doang seh.

Tapi karena susah dalam waktu dekat nemu cewek yng baik dan perhatian ma kita akhirnya 30 tu dibagi 2 ma temen,.. masing2 15,.. Alhamdulillah tiep buka ma saur tempetnya beda2 dan selalu ber3. Hahahaha.
Biasanya Bulan Puasa cewek2 mendadak pada jadi baek2,.. Ini pengalaman ane,...

emoticon-Ngakak
ada lagi istilah 30 hari 30 cinta emoticon-Ngakak
sekalian aja 365 hari 365 cinta emoticon-Ngakak
kalo ane mah biasa ngutang ma temen buat beli mi instan.. :-P
Quote:Original Posted By ngelang
kalo ane mah biasa ngutang ma temen buat beli mi instan.. :-P


kalo ngutang mulu yang ada temennya kabur gan emoticon-Ngakak
utangnya gantian ga? emoticon-Ngakak
mereka suka minum promag kalau da akhir bulan
Quote:Original Posted By swtcendol
mereka suka minum promag kalau da akhir bulan


iya lah gan
cuma 500 perak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
dulu ane ngumpulin recehan pas ahir bulan malah diambilin ama temen kos buat makan katanya....
hadduh kesian kamu nak emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By diyuniko
dulu ane ngumpulin recehan pas ahir bulan malah diambilin ama temen kos buat makan katanya....
hadduh kesian kamu nak emoticon-Ngakak (S)


emoticon-Ngakak
nah berarti ente temen yg baik gan emoticon-Ngakak
penyelamat anak kosan emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By aukahgelap


kalo ngutang mulu yang ada temennya kabur gan emoticon-Ngakak
utangnya gantian ga? emoticon-Ngakak


temen ane orangnya sombong gan, kalo diutangin bangga dia suka pamer...
yang ngutang ga cuma ane, banyak temen yang ikut ngutang