alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53dcb51c14088daa518b48a7/sisi-lain-kembang-api-yang-kita-nyalakan
Sisi Lain Kembang Api Yang Kita Nyalakan ?
Sisi Lain Kembang Api Yang Kita Nyalakan ?
Spoiler for Petasan:

Quote:MULA-MULAemoticon-I Love Kaskus (S)
Pada beberapa perayaan di dunia ini, manusia dapat mewujudkan kegembiraannya dengan bermacam cara. Salah satunya adalah pesta kembang api yang tentu meriah dan heboh. Hal ini dengan nyata dapat disaksikan pada acara-acara seperti menyambut Tahun Baru, pembukaan Sea Games, perayaan hari kemerdekaan bahkan pada peresmian hotel atau gedung baru. Keindahan warna-warni kembang api yang memenuhi langit dengan aneka bentuk yang mempesona dapat menjadi hiburan tersendiri dalam sebuah perayaan.


Spoiler for Bahaya:

Quote:NAMUN emoticon-Bingung (S)
Dalam proses pewujudan kegembiaraan dalam suatu perayaan, manusia seringkali tidak memikirkan dampak dari perbuatannya terhadap orang lain ataupun lingkungan. Misalnya pada acara pesta Kembang Api yang selalu diawali oleh dentuman-dentuman dan bunyi desisan yang keras, kerap kali membuat orang lain takut atau terganggu bahkan sakit. Bukan hanya manusia, kadang hewanpun lari ketakutan. Kembang api bila jatuh pada benda yang mudah terbakar dapat mengakibatkan kebakaran. Kembang api pun mempunyai kontribusi bagi gangguan kesehatan, polusi udara dan perubahan iklim.
Bahaya petasan dan kembang api tidak cuma berupa ledakan langsung yang dapat melukai. Beberapa penelitian juga telah mengungkap potensi bahaya tidak langsungnya terhadap manusia dan lingkungan. Hal ini disebabkan oleh kandungan kimiawi yang terkandung di dalamnya.


Quote:KEMBANG APIemoticon-Belo
Kembang api adalah bahan peledak berdaya ledak rendah piroteknik yang digunakan umumnya untuk estetika dan hiburan. Kembang api menghasilkan empat efek primer: suara, cahaya, asap, dan bahan terbang (contohnya confetti). Kembang api dirancang agar dapat meletus sedemikian rupa dan menghasilkan cahaya yang berwarna-warni seperti merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, dan perak.
Komposisi utama kembang api secara umum terdiri dari:

Quote:Binder
Spoiler for :

Binder berfungsi untuk agen pengikat sehingga seluruh bahan pembuat kembang api dapat dijadikan campuran berbentuk pasta. Binder yang sering dipergunakan adalah dextrin.


Quote:Oksidator
Spoiler for :

Oksidator diperlukan sebagai penghasil oksigen untuk memulai proses pembakaran. Bahan oksidator yang dipakai biasanya dari golongan nitrat, klorat, ataupun perklorat. Awalnya nitrat dipakai sebagai bahan oksidator dan senyawa yang sering dipakai adalah kalium nitrat.


Quote:Reduktor
Spoiler for :

Reduktor bereaksi dengan oksigen yang dihasilkan oleh oksidator membentuk gas yang bertemperatur tinggi dan mengembang dengan cepat. Reduktor yang dipakai biasanya adalah belerang dan karbon.


Quote:Fuel
Spoiler for :


Karbon atau thermit umumnya dipakai sebagai fuel pada kembang api. Fuel akan melepaskan elektron pada oksidator. Menyebabkan oksidator tereduksi, selama proses ini berlangsung maka akan terjadi ikatan antara fuel dan oksigen membentuk produk yang lebih stabil, peristiwa pembakaran ini hanya memerlukan sedikit energi agar reaksinya berlangsung, dan ketika proses pembakaran dimulai maka akan dihasilkan energi yang cukup banyak untuk melelehkan dan menguapkan material lain sehingga terjadi percikan api yang menyebabkan terbentuknya cahaya kembang api.


Quote:Regulator
Spoiler for :

Logam biasanya ditambahkan untuk mengatur kecepatan terjadinya reaksi pada kembang api. Semakin besar luas permukaan logam maka semakin cepat reaksi akan berlangsung.


Quote:Percikan api yang keluar lebih cepat dibandingkan suara ledakannya. Saat menyulut kembang api kecepatan cahayanya lebih cepat 1 juta kali dibandingkan dengan kecepatan suara. Artinya, diperlukan 3 detik untuk mendengar suara ledakannya setelah melihat percikan cahayanya dalam jarak tembak 1 kilometer dari permukaan tanah.

Adapun yang memberi warna pada cahaya kembang api adalah atom. Beberapa jenis atom (dalam bentuk senyawa kimia masing-masing) yang digunakan untuk membuat warna-warna dalam kembang api, merah didapat dari stronsium (paling sering dipakai) untuk membuat cahaya berwarna crimson (merah tua keunguan), kalsium untuk membuat warna merah kekuningan, lithium untuk membuat warna kuning hijau terang. Hijau didapat dari barium (paling sering dipakai) untuk membuat warna hijau kekuningan, tembaga untuk membuat warna hijau zamrud, telurium untuk membuat warna hijau rumput, thalium untuk membuat warna hijau kebiruan, seng untuk membuat hijau keputihan. Biru didapat dari tembaga (paling sering dipakai) untuk membuat warna azure (biru langit cerah), arsenikum untuk membuat warna biru muda, timbal untuk membuat warna biru muda, selium juga digunakan untuk membuat warna biru muda. Ungu didapat dari cesium untuk membuat warna ungu kebiruan, kalium untuk membuat warna ungu kemerahan, dan rubidium untuk membuat warna ungu.

Melihat berbagai bahan kimia yang menjadi campuran dalam pembuatan kembang api, tentu menimbulkan bahaya bagi manusia dan lingkungan. Asap dan debu kembang api mengandung sisa-sisa logam berat dan senyawa-senyawa kimia yang beracun dan membahayakan kesehatan . Senyawa-senyawa tembaga yang dipakai untuk menghasilkan warna biru dapat menghasilkan dioxin dapat menyebabkan kanker. Tingkat toksisitas residu kembang api juga ditentukan oleh banyaknya bubuk mesiu yang digunakan, jenis oxidizer, warna yang dihasilkan dan metode peluncuran kembang api. Kembang api juga mengandung senyawa perklorat yang sangat mudah larut dalam air. Bahkan dalam konsentrasi yang sangat rendah disuplai air minum, perklorat dapat menghambat pengambilan iodine oleh kelenjar tiroid. Penggunaan kembang api juga dapat meninggalkan sampah padat dari sisa-sisa penyalaan kembang api, baik yang mudah maupun yang sukar terurai. Sampah padat ini akan mengotori perairan maupun tanah/daratan tempat serpihan- serpihan tersebut jatuh. Kembang api juga berkontribusi terhadap terjadinya hujan asam.emoticon-Takut (S)


Quote:Alison Tomlin dan rekan-rekannya di Universitas Leeds pernah mengukur partikel-partikel yang dihasilkan dari perayaan api unggun dan kembang api. Dengan memasukkan data yang mereka peroleh ke sebuah model sederhana mereka menemukan bahwa pada puncak perayaan tersebut, udara berjelaga yang dihasilkan mengandung sekitar 10 kilio lebih banyak partikel dibanding keadaan normal di siang hari. Tomlin menunjukkan bahwa pembakaran tidak sempurna akibat api unggun dan kembang api yang terbuka bisa mengarah pada peningkatan jumlah partikel berjelaga diatas konsentrasi sehari-hari di perkotaan. Imbas partikel-partikel ini terhadap kesehatan manusia dan lingkungan tergantung pada ukuran dan kandungan kimianya.

Partikel-partikel dalam penelitian ini cenderung lebih besar dibanding yang berasal dari emisi kendaraan tetapi lebih kecil untuk menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit pernafasan dan kardiovaskuler. Disamping itu partikel-partikel ini memiliki imbas yang lebih besar terhadap iklim karena masa tinggalnya di atmosfir lebih lama.

William Menhaut, seorang spesialis dibidang efek pembakaran biomassa terhadap lingkungan dari Universitas Ghent di Belgia, mengatakan bahwa temuan menarik dari penelitian ini adalah bahwa Tomlin dan kawan-kawan mampu memodelkan partikel-partikel selama pertunjukan kembang api dan api unggun dengan menggunakan sebuah model pemrosesan aerosol sederhana. Selanjutnya Tomlin berencana untuk menyelidiki lebih jauh emisi-emisi dari sumber biomassa dan membandingkannya dengan sumber-sumber lain seperti kendaraan.

“Tantangan sesungguhnya adalah menentukan dampak dari efek-efek atmosferik seperti kondensasi dan koagulasi terhadap keadaan dan distribusi ukuran partikel-partikel pada sebuah daerah yang lebih luas. ini akan membantu menentukan dampaknya yang potensial terhadap iklim.”


Quote:QUESTION
Dengan mahalnya biaya kesehatan dan dalam isu dunia tentang perubahan iklim serta Pemanasan Global, apakah kita masih enggan melepaskan kebiasaan-kebiasaan lama dengan membakar kembang api?emoticon-Belo


Quote:PESAN TS
Mari kita dengan bijak mengadakan perayaan dengan kegiatan yang lebih bermanfaat bagi pengembangan diri, orang lain, masyarakat atau kesehatan dengan memainkan permainan yang lebih ramah lingkungan dan bermanfaat bagi seisi dunia. emoticon-I Love Indonesia (S)


CEK REPOST
:repost

RECOMEND
:hn

SUMBER
:travel

KOMEN
:request

CENDOL
:cendolbig


Sisi Lain Kembang Api Yang Kita Nyalakan ?
bebas
Disamping itu, biaya kembang api sendiri mahal bet, uang kok dibakar emoticon-Cape d...
ane juga kepikiran tuh gan tentang polusi udara yang terjadi..
Apakah bahaya apa gak yaa
seumur umur baru berapa kali
Ne nyalain kembang api ya emoticon-Bingung
kaga ampe 10x emoticon-Ngakak
Jadi inget lebaran kemaren gan, ponakan ane (7 bulan) nangis dari jam 8 ampe jam 12 malem gara-gara kaget banyak suara kembang api emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By m.sc
Jadi inget lebaran kemaren gan, ponakan ane (7 bulan) nangis dari jam 8 ampe jam 12 malem gara-gara kaget banyak suara kembang api emoticon-Cape d... (S)


iya nih berisik banget
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Disamping itu, biaya kembang api sendiri mahal bet, uang kok dibakar emoticon-Cape d...


bener tuh gan bakar uang sama ajaemoticon-Cape d... (S)

Quote:Original Posted By ularpiton
ane juga kepikiran tuh gan tentang polusi udara yang terjadi..
Apakah bahaya apa gak yaa


yang pati gan... baunya aja kaya gitu kalau ngidupun kembang api...emoticon-Bingung (S)

Quote:Original Posted By m.sc
Jadi inget lebaran kemaren gan, ponakan ane (7 bulan) nangis dari jam 8 ampe jam 12 malem gara-gara kaget banyak suara kembang api emoticon-Cape d... (S)


kasian ganemoticon-Berduka (S) ane kemarin juga kaget ada yan ngidupin petasan di deket rumah...emoticon-Cape d... (S)


emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)
bisa sangat mahal yang bagus ya emoticon-Bingung (S)
buat apa beli kembang api, udah mahal gaada manfaatnya pulaemoticon-Amazed
Quote:Original Posted By nonaemm
buat apa beli kembang api, udah mahal gaada manfaatnya pulaemoticon-Amazed


bener tuh gan...emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)

emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)
dpn rumah ane banyak yang nyalain kembang api tiap malem
pas beberapa hari yg lalu.
ganggu banget. emoticon-Cape d... (S)
Kemarin tetangga ane mukanya gosong tuh gara2 kena petasan, masih untung tuh bocah kaga buta matanya..
tapi seru gan main kembang api emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Disamping itu, biaya kembang api sendiri mahal bet, uang kok dibakar emoticon-Cape d...


Wahh , sepaham ama ane oom emoticon-Cape d... (S)
Uang kok di bakar, mending kasih ke ane emoticon-Hammer (S)
Udah gitu, bikin polusi SUARA & polusi UDARA pula emoticon-fuck2
Quote:Original Posted By punkfajar
Kemarin tetangga ane mukanya gosong tuh gara2 kena petasan, masih untung tuh bocah kaga buta matanya..


Ngeri amat ya emoticon-Nohope
18 boneng kan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kokko5189
18 boneng kan emoticon-Big Grin


yeh.... malah ngitungin post lu gan..emoticon-Ngakak

emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)
Quote:Original Posted By rhesanic


yeh.... malah ngitungin post lu gan..emoticon-Ngakak

emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)


pejwan ane tutup denagn ciuman emoticon-Kiss
Quote:Original Posted By rhesanic


yeh.... malah ngitungin post lu gan..emoticon-Ngakak

emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)


dopost emoticon-Berduka (S)