alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53db50db9e74041e0a8b4598/perkembangan-handphone
perkembangan handphone
Misi agan-agan semua kali ini ane akan menceritakan perkembangan handphone dari dulu hingga saat ini yang berawal dari generasi 1 sampai ke generasi 4

perkembangan handphone



Spoiler for Repost:


Lets Go To TKP

Quote:Terbentuknya HP tidak lepas dari adanya penemuan telepon. Ya, fungsinya aja sama! Tapi, HP agak berbeda. HP adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Jadi, memang lebih praktis pakai HP. Dan saat ini, Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access).

HP pertama kali digunakan di negeri Paman Sam, Amerika, pada tahun 1947. Dan alat canggih ini pun beredar dengan cepat di seluruh dunia. Ini pun bisa terjadi dengan adanya perusahaan-perusahaan besar yang membuat HP sampai sekarang, seperti Nokia, Motorola dan Sony Ericsson.

Teknologi HP berkembang dari generasi ke-0 sampai generasi ke-4. Uraiannya dapat kita lihat di bawah ini. Check this out!

Generasi ke-0 (0-G)
perkembangan handphone
Generasi ke-0 tidak lepas dari berkembangnya radio. Dengan berkembangnya radio, telepon seluler pun berkembang juga. Ini dibuktikan dengan adanya alat komunikasi di medan perang dunia ke-2, yaitu handie talkie.


Generasi ke-1 (1-G)
perkembangan handphone
Generasi ke-1 adalah generasi telepon seluler pertama yang sebenarnya dan telah mengubah dunia menjadi seperti masa kini. Ciri dari telepon selular 1-G adalah berat HP yang mencapai 800 gram, ada antenanya, dan teknologi yang digunakan masih bersifat analog yang dikenal dengan istilah AMPS (frekuensi berkisar antara 825 Mhz- 894 Mhz). Kekurangan dari telepon seluler 1-G adalah beratnya yang terlalu besar dan mobilitas pengguna yang terbatas pada jangkauan area telepon seluler.
Generasi ke-2 (2-G)
perkembangan handphone
Generasi ke 2 muncul pada tahun 1990-an, dengan adanya CDMA di Amerika dan GSM di Eropa. 2-G sudah mengubah sinyal analog yang dipakai pada generasi 1-G menjadi sinyal digital, sehingga telepon seluler menjadi lebih lengkap dan canggih dengan adanya fitur pesan suara, panggilan tunggu, dan SMS. Tentunya, ponsel 2-G lebih diunggulkan dari generasi sebelumnya, karena selain memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan karena penggunaan teknologi chip digital, ponsel 2-G juga menggunakan sinyal radio yang lebih rendah, sehingga mengurangi efek radiasi yang membahayakan penggunanya.
Generasi ke-3 (3-G)
perkembangan handphone
Generasi ke-3 ini memungkinkan operator jaringan untuk memberi pengguna mereka jangkauan yang lebih luas, termasuk internet sebaik video call berteknologi tinggi. Dalam 3G terdapat 3 standar untuk dunia telekomunikasi yaitu Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA, dan CDMA 2000. 3G memang menyediakan fitur high-speed data access sehingga memungkinkan tersedianya layanan-layanan data yang lebih menarik, namun tetap saja 3G memiliki kelemahan.
Generasi ke-4 (4-G)
perkembangan handphone
Generasi ke-4 ini merupakan sistem telepon seluler yang menawarkan pendekatan baru dan solusi infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi wireless yang telah ada termasuk wireless broadband (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dll. Sistem 4G berdasarkan heterogenitas jaringan IP yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan beragam sistem kapan saja dan dimana saja. 4G juga memberikan penggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas untuk menjelajahi berbagai teknologi berbeda. Terakhir, 4G memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti, video conferencing, game on-line , dll. Pokoknya bagus deh!

Nah, sekarang jadi tau kan, generasi HP dari masa ke masa? Handphone pun bisa menjadi alat multifungsi, karena memiliki fitur yang berbeda dari masa ke masa. Seperti adanya MP3 Player, kamera, game, televisi, dan fitur Internet. HP pun bisa berubah menjadi HP Pintar (smart phone) jika di dalamnya terdapat Operating System (OS). Bentuknya pun bisa berbeda-beda, dari CandyBar, ponsel QWERTY, atau touchscreen. Tapi yang pasti, secanggih-canggihnya handphone, fungsi utamanya tidak bisa ditinggalkan. Yaitu, untuk berkomunikasi dengan orang lain dimana saja dan kapan saja.
Seoul - Pemerintah Korea Selatan mengumumkan tengah mengembangkan teknologi jaringan generasi kelima (5G). Seberapa cepat memangnya koneksi 5G tersebut?

Sebagai gambaran, seperti detikINET kutip dari AFP, Senin (27/1/2014), koneksi 5G mampu melakukan download film 800 MB dalam waktu sedetik saja. Sementara jaringan 4G membutuhkan waktu sekitar 40 detik untuk melakukan hal yang sama.

Dengan koneksi 5G, pengguna juga dapat tetap mengakses internet kecepatan tinggi dengan lancar, meski mereka sedang berada di kereta berkecepatan sampai 500 kilometer per jam.

"Kereta peluru di seluruh dunia semakin cepat, di China bisa mencapai 600 kilometer per jam. Jika kami punya teknologi yang memungkinkan akses internet cepat di kereta semacam itu, maka akan terbuka kesempatan ekonomi baru bagi kami," kata sumber Kementerian Sains Korsel.

Penerapan koneksi super cepat 5G memang diharapkan membantu laju ekonomi Korsel nantinya. Proyek 5G diharapkan menyumbang 331 triliun won pada ekonomi Korsel di tahun 2020 sampai 2026.

Dikenal sebagai negara dengan akses internet super cepat, Korsel tampaknya sudah siap menggelar teknologi 5G. Didukung oleh perusahaan teknologi setempat seperti Samsung.

Bulan Mei 2013, Samsung mengklaim sukses mengujicoba teknologi jaringan 5G untuk pertama kalinya. Samsung berhasil mengujicoba platform menggunakan 28 GHz waveband, untuk mentransimisi data dalam kecepatan mencapai 1 Gbps.



Spoiler for Sumur:


Sekian Therad Berantakan Dari Ane emoticon-Malu (S) mudah-mudahan bermanfaat bagi agan agan semua jika agan berkenan yang sudah ISO ane minta emoticon-Blue Guy Cendol (L) bagi yg belom tolong bantu emoticon-Rate 5 Star aja gan asal jangan timpukin ane pake emoticon-Blue Guy Bata (L)
perkembangan handphone


maklum berantakan ane masih newbie
nanti yang 5G ane tambahin gan
Trims Waalaikumsalam Dan untuk yg comment no emoticon-No Sara Please


pertamax di amankanemoticon-Ngakak
itu pict nya generasi ke 0 kek bukan handphone, kek tempat minum emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By majaah
itu pict nya generasi ke 0 kek bukan handphone, kek tempat minum emoticon-Hammer2



itu palingan buat perang ganemoticon-Ngakak

pejwan emoticon-Cool
nice info
gambar nya kliatan gak gan?(yg make hp)
Masih ada yg punya Nggak ya yg generasi ke 0 ? emoticon-Bingung
Bisa mahal banget tuh klo masih ada yg Punya Brad..
Quote:Original Posted By keueum
Masih ada yg punya Nggak ya yg generasi ke 0 ? emoticon-Bingung
Bisa mahal banget tuh klo masih ada yg Punya Brad..




ada di musium paling gan emoticon-Ngakak
gen-0 barang langka tuh emoticon-Matabelo
tahun 2020 keluar hangpon kaya apa lagi yah gan emoticon-Matabelo
Kalo Generasi 4G kebanyakkan belum support Gan di Indonesia
disambit pake yang generasi 1 nyaho gan....emoticon-Ngakak
ane baru liat hape generasi ke-0 emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Vigunz
Kalo Generasi 4G kebanyakkan belum support Gan di Indonesia



emang gan baru di test nanti ane post di sini beritanya
tuk Next Generation emoticon-Smilie
ini post 4G gan


Quote:VIVAnews - Teknologi 4G Long Term Evolution (LTE) dipandang sebagai solusi untuk menyediakan akses data yang sangat cepat. Operator telekomunikasi di Indonesia pun sudah mulai mempersiapkan penggunaan 4G LTE di Indonesia.

Salah satu operator yang sedang mempersiapkan penggunaan teknologi 4G LTE adalah Telkomsel. Hari ini, Senin 23 September 2013, Telkomsel menggelar trial uji coba koneksi 4G LTE di kantornya di Jakarta untuk kalangan terbatas.

"Untuk uji coba koneksi LTE di Jakarta dilakukan pada pita frekuensi 1.800 MHz selebar 5 MHz. Kecepatan maksimal pernah didapatkan adalah 35 Mbps," kata Ivan Cahaya Permana, Vice President Technology and System Telkomsel di kantor Telkomsel di Wisma Mulia, Jakarta.

Saat membandingkan kecepatan 4G LTE dan HSDPA (3G) dengan speedtest.net hasilnya cukup jauh. 4G LTE mampu mencapai kecepatan download 19,66 Mbps dan upload 14,94 Mbps. Sedangkan untuk 3G, kecepatan download mencapai 1.200 Kbps dan upload 519 Kbps.

Selain itu, saat dicoba untuk mengunduh game CSR Racing di Google Play Store yang berukuran 198 MB. Ketika perangkat yang menggunakan 4G LTE sudah selesai mengunduh, perangkat yang pakai jaringan 3G baru mengunduh sebesar 37,86 MB. Itu menunjukkan 4G LTE jauh lebih cepat dari 3G.

"Teknologi 4G LTE jauh lebih cepat 10 kali dari pada 3G," ujar Hardika Nugroho, Head of Technology Roadmap Telkomsel.

Uji 4G LTE di Bali, Medan, Manado
Sementara itu, Telkomsel sejak 2010, mulai mengembangkan teknologi LTE atau juga dikenal dengan 4G di Indonesia. Saat itu, baru ada 10 operator di dunia yang mulai mencoba 4G LTE.

Namun, saat ini sudah ada 213 operator dari 81 negara yang sudah menggunakan jaringan 4G LTE. Lalu, kapan 4G LTE yang digadang-gadang memiliki kecepatan 10 kali lipat kecepatan akses 3G itu bisa digunakan di Indonesia?

Menurut Ivan, saat ini, operator telekomunikasi di Indonesia masih menunggu lisensi dari pemerintah terkait penggunaan 4G LTE di Indonesia. Selain itu, pemerintah juga belum menentukan frekuensi mana yang akan digunakan untuk 4G LTE.

"Uji coba LTE yang dilakukan Telkomsel berada di pita frekuensi 1.800 MHz. Saat ini sudah ada 70 operator yang juga menggunakan frekuensi tersebut. Jadi, sepertinya frekuensi 1.800 MHz akan digunakan untuk 4G LTE," kata dia.

Ivan menambahkan, untuk di Indonesia, Telkomsel akan melakukan uji coba 4G LTE di perhelatan KTT APEC di Bali dengan menggunakan pita frekuensi 1.800 MHz selebar 5 MHz. Ada 39 BTS 4G yang disiapkan Telkomsel di Bali, di mana masing-masing spot mampu melayani 300 orang yang ingin merasakan kecepatan akses data 4G LTE.

"Selain di Bali, Telkomsel juga sedang menyiapkan untuk menguji coba teknologi 4G LTE di Manado dan Medan. Di Manado dan Medan kita baru tes untuk kesiapan perangkat, setelah itu baru dilakukan uji cobanya," ujarnya.

Telkomsel hari ini juga melakukan tes 4G LTE di kantor di Wisma Mulia, Jakarta. Saat dibandingkan kecepatan 4G LTE dan HSDPA (3G) dengan speedtest.net hasilnya cukup jauh. 4G LTE mampu mencapai kecepatan download 19,66 Mbps, sedang 3G hanya mencapai kecepatan download 1.200 Kbps. (adi)
info 5G sudah di update emoticon-Matabelo

gambar gak nongol pm aja gan
komeng nya gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
up up emoticon-Sundul
page one emoticon-Cool