alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53db081e925233186c8b4616/5-hal-hebat-yang-bisa-diajarin-bocah-indonesia-buat-seluruh-dunia
Smile 
5 Hal Hebat yang Bisa Diajarin Bocah Indonesia buat Seluruh Dunia
Halo agan2 semua. Kali ini gw pengen bawain hal yang bisa diajarin bocah Indonesia buat dunia. Insya Allah kagak repost dan bermanfaat buat agan semua. emoticon-Salaman

Jangan Lupa Rate ya gan biar bisa dibaca dan bermanfaat buat banyak orang! emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star


Spoiler for Yuk buka!:


Quote:Orang-orang yang merasa gede (badan, usia maupun ukuran itunya)emoticon-Ngakak sering ngerasa mereka yang harusnya ngajarin anak kecil ini itu biar bisa siap menjalani hidup. Padahal nggak sama sekali, kata penulis sekaligus kartunis Andrew Matthews dibuku super kerennya "Being Happy", kitalah yang harus belajar banyak dari anak kecil. Mulai cara mereka total menjalani masa kini, ga capek mikirin masa depan, fokus sama apa yang mau mereka pelajari sampai rela 2 hari berturut-turut belajar salto biar bisa backflip. Poin terakhir gw ngarang. emoticon-Ngakak

Nah terus hal hebat apa yang bisa diajarin bocah Indonesia yang sampai dibicarain seluruh dunia?

Ini ada 5 poin yang mungkin kita bisa resapi :


Quote:1. Berhenti Merokok

Masih inget Aldi Rizal? bocah 2 tahun yang ngegegerin dunia serta para anak SMP alay yang sok gaul ngerokok padahal jumlah rokoknya kalah jauh ama Rizal.

Spoiler for Aldi Rizal:


Dia yang biasanya bisa ngerokok 40 batang sehari, sekarang udah berhenti bro! Lo lo yang sok-sokan ngaku sehari sebungkus ga bisa berhenti harusnya malu sama dia. Dia berhasil mengatasi rasa ngidam yang super-ultra-dahsyat dengan mengganti kebiasaannya dengan hal lain.

Junk Food.

Iya, Junk Food. Cek nih New York Post kalau kagak percaya.

"Now, two years on, a documentary team in the village filming Ardi’s recovery has found that although the five-year-old has successfully kicked his cigarette habit, he appears to have replaced it with an addiction to fatty snacks" -Independent

Haha, bodo amatan dah. Walaupun gantinya juga ke hal yang ga nyehatin juga, tapi seenggaknya lo bisa sadar kalau anak kecil itu aja bisa dan mulai dari sekarang ganti rokok lo jadi Big Mac biar cepet miskin.

Yang terpenting, sekarang dia udah pede berpose macam binaragawan OCD.

Spoiler for Aldi Corbuzier:


2. Semangat ke sekolah tinggi!

Ini ni, foto yang sempet ramai sampai ke media internasional.

Spoiler for Indiana Jones:


Kata DailyMail, anak-anak di Lebak harus menjadi Indiana Jones (bukan jomblo ngenes) buat ke sekolah tiap hari. Kurang keren apa coba. Waktu gw kecil gw sama temen2 SD juga semangat banget kok ke sekolah, walaupun kepikirannya cuma ngadu tamiya atau main petak umpet. Tapi at least, kita yang bocah itu tetap semangat dengan kegiatan kita. Nggak kaya orang-orang dewasa sekarang yang buat ngejalanin rutinitas sehari2 aja harus ngeluh dulu di Twitter, Facebook atau Path.

Kabar Gembira (Bukan tentang ekstrak kulit manggis) : Jembatan-jembatan yang rusak sudah mulai diperbaiki kok dengan kerjasama pemerintah dan perusahaan sekitar. Cek Disini


3. Mereka Terbahagia

Ini juga masih ada hubungannya dengan pendidikan di Indonesia. Mungkin banyak yang belum tahu kalau ada survey yang dilakukan The Programme for International Student Assessment (PISA) tentang korelasi nilai matematika dengan kebahagiaan anak di sekolah. Nih grafiknya :

Spoiler for Grafik:


Seperti yang dilansir theAtlantic, terdapat indikasi yang cukup menarik dimana anak-anak Korea yang nilai matematikanya termasuk sangat tinggi ternyata adalah anak-anak yang paling tidak bahagia. Sedangkan Indonesia yang nilainya terendah kedua dalam skor matematika adalah anak-anak yang paling bahagia. Tren dalam garis merah juga menunjukkan penurunan kebahagiaan seiring dengan tingginya skor mereka.

Kalau masalah skor terendahnya dikesampingin dulu lah ya, menurut gw ini adalah PR kita semua, mulai dari pembuatan sistem pendidikan yang tepat sampai peran orang tua di rumah buat menstimulasi kecerdasan anak. Gw yakin kalau otak manusia ga bakal jauh2 amat kok bedanya.

Yang gw mau highlight, "beneran nih bocah Indonesia paling bahagia?" Mungkin banyak orang bilang dulu pas kecil mereka biasa aja. Tapi ya menurut gw ini bener, masa SD gw bahagia kok. Main sama teman, bersosialisasi dan sebagainya. Kalau sekarang, temen gw jadi dewasa malah pada kelihatan banyak yang ga bahagia. Termasuk gw juga. Jadi jaim, munafik dan cuma pengen kelihatan kuat di mata orang lain.

Ayolah, yang dicari di dunia ini apa sih? Uang? Jabatan? Semua kan ga ada gunanya kalau nggak bahagia. Yuk jadi renungan buat kita yang katanya dewasa ini. emoticon-Smilie

4. “Bersyukur”

Poin keempat gw kasih tanda kutip karena poin ini adalah poin sarkasme. Poin yang sebenarnya negatif, yang bukan bocah ini sendiri yang mengajarkan tapi kita sendirilah yang harus mengambil pelajarannya. Disamping banyak anak Indonesia yang bahagia dengan sekolah mereka, tapi di sisi lain ada hal yang membuat anak Indonesia terkenal.

Hal itu adalah Child Labour. Bocah-bocah negeri ini yang “memilih” menjadi buruh.emoticon-Sorry

Spoiler for Buruh Anak:


Sangat banyak berita mengenai buruh anak di Indonesia. emoticon-Sorry Ketik “Indonesia child labour" dan kita bisa menemukan ribuan berita dan artikel yang menceritakan tentang borok ini. Data yang dilansir oleh International Labour Organization mengestimasi 3.2 juta bocah Indonesia yang terlibat dalam buruknya perburuhan anak.

Nah kita yang dewasa ini, yang mengeluh atas pekerjaan kita, atau mengeluh karena pengangguran, atau mengeluh karena kondisi apapun. Sebaiknya ambil kaca atau memejamkan mata sejenak. Kalau masih bisa mengingat masa kecil yang tidak sekelam mereka. Sebaiknya bersyukur. Ya, bersyukur. Pelajaran implisit yang para buruh cilik ini berikan untuk kita yang memiliki kondisi hidup jauh lebih baik. Jauh LEBIH BAIK.

5. Tidak mempersoalkan siapa Presiden mereka

Poin terakhir ini sebenarnya gw udah bingung mau isi apa. Haha. Poin ini juga cukup bikin geger Indonesia dan dunia bukan karena anak-anak, tapi karena para orang dewasa yang bertingkah sangat bocah. Mungkin bocah pun bakal tersinggung disamakan dengan mereka. Fanatisme yang berlebihan, mendewakan capres idola sampai memusuhi teman dekat karena berbeda pendapat. emoticon-Marah
Setau gw, anak-anak ga bakal kaya gitu. Kalau mereka ada masalah, berantem dikit, nangis dikit, baikan lagi. Mereka juga ga bakal nyebar-nyebar fitnah tentang orang yang mereka benci kok. Anak-anak ini juga ga bakal nyalahin presiden mereka kok kalau mereka dapet masalah. Untuk kasus ini, anak-anak jauh lebih dewasa. Ga kaya kalian-kalian yang buta sama fakta yang belum tentu benar.

Untuk poin terakhir ini gw cuma pengen curhat sebenarnya atas fanatisme masyarakat “dewasa” yang berlebihan. Gw berharap kita semua belajar dari anak-anak, gimana mereka fokus dengan yang sekarang dan apa yang mereka bisa lakukan agar mereka bahagia.

Salam.

Quote:
Spoiler for Sumber:
betul gan anak2 disini rata rata nerimo gan

bersyukur dah kita tinggal dimari emoticon-Big Grin
Alhamdulillah, kita tinggal di Indonesia
Quote:Original Posted By tokomapan
betul gan anak2 disini rata rata nerimo gan

bersyukur dah kita tinggal dimari emoticon-Big Grin


Iya gan bener. pas udah dewasa malah jadi kurang nerimo. hha
Quote:Original Posted By Zigh


Iya gan bener. pas udah dewasa malah jadi kurang nerimo. hha


ha ha btw keren , tapi gw yakin yang di lebak bukan karena campur tangan si atut tuh emoticon-Hammer2, eh masih daerah kekuasaan dia ga yah?


Quote:Original Posted By tokomapan


ha ha btw keren , tapi gw yakin yang di lebak bukan karena campur tangan si atut tuh emoticon-Hammer2, eh masih daerah kekuasaan dia ga yah?




bener mungkin gan. haahha. tapi udah mulai diperbaiki kayanya. kasian juga atut disalahin mulu. hahaha

Pelajaran terhebat ada di indonesia gan emoticon-Matabelo
ane waktu kecil bahagia gan, bisa maen bola di lumpur, maen air di balong, neangan keyeup di solokan.. banyak lah..... klo ujan ama hari lagi panas banget aja baru maen ps di dlm rmh...sisanya mah maen di luar trusss.

nilai UN mtk ane cuman salah satu waktu sd... emoticon-Ngakak dan ane tetep bahagia
Itu berhenti ngrokok tapi ngemil…
Lemaknya ke mana"
namanya anak kecil pasti bahagia lah.
yg lewatin jembatan itu baru hebat emoticon-thumbsup:
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Itu berhenti ngrokok tapi ngemil…
Lemaknya ke mana"


masih mending gan daripada ngerokok emoticon-Big Grin
itu bocah klo makan junk food tiap hari ntar gedenya struk tuh wadewwwww
Quote:Original Posted By sekeletep
ane waktu kecil bahagia gan, bisa maen bola di lumpur, maen air di balong, neangan keyeup di solokan.. banyak lah..... klo ujan ama hari lagi panas banget aja baru maen ps di dlm rmh...sisanya mah maen di luar trusss.

nilai UN mtk ane cuman salah satu waktu sd... emoticon-Ngakak dan ane tetep bahagia


sama gan, ane juga kerjaan maen PS tapi ga lupa maen gundu sama bola diluar. kalo berantem juga cepet kelar. hahaha
Quote:Original Posted By sobarbarbar


masih mending gan daripada ngerokok emoticon-Big Grin


haha, yoi gan. pelan2 diubah
yg ngelewatin jembatan bener2 punya semangat belajar yg tinggi emoticon-2 Jempol
Ohhhh bocah yang ngerokok udah tobat ye gan...? Baru ngeh ane... emoticon-Big Grin
bener gan, di Indonesia ini banyak orang dewasa tapi kelakuannya dan pola pikir masih kayak bocak...self awareness masing2 aja gan...emoticon-Sundul Gan (S)
Quote:Original Posted By bdillah..hw
bener gan, di Indonesia ini banyak orang dewasa tapi kelakuannya dan pola pikir masih kayak bocak...self awareness masing2 aja gan...emoticon-Sundul Gan (S)


yoi betul banget gan. hhe.
Quote:Original Posted By minoritas.jalan
hal hebat yg ngajarin ane adalah saat mereka tidak lelah untuk menjalani hidupemoticon-Blue Guy Cendol (L)
http://www.kaskus.co.id/thread/53d73...ana--bb--pict/
salam mejeng


yoi kita dulu pernah gitu jg kok gan hhe