alexa-tracking

Sekelumit Kisah Di Balik Desain Ulang Logo

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53da9311bccb171a378b4821/sekelumit-kisah-di-balik-desain-ulang-logo
Sekelumit Kisah Di Balik Desain Ulang Logo
Quote:
Spoiler for The Good Ones:
Dell, siapa yang tidak tahu dengan perusahaan satu ini, dengan slogannya, The Power to Do More. Dell bercita-cita menciptakan teknologi, yang mampu mengeksploitasi kemampuan manusia hingga batas yang tak terhingga. Dell percaya, teknologi bisa membantu manusia melakukan itu. Mengenai bagaimana mereka bekerja, ini adalah penjelasannya: "Dell is uniquely positioned to impact industry trends. We maintain strong internal development capabilities. We partner, rather than compete, with top industry technology suppliers and original development manufacturers. We steer enabling industry standards and technologies through industry groups and strategic partners. In this way, Dell spurs innovation and delivers value to customers."

The way we bring the Dell brand to life in the marketplace is essential to building and enhancing customer loyalty at every touch point. Whether that customer is a CIO who needs to reduce power consumption in the datacenter, a researcher using a supercomputer to develop life-changing vaccines, or a student using the Internet to communicate with classmates in other countries; people everywhere want to trust their technology provider to deliver solutions that empower them to do and achieve more. This is the essence of the Dell brand and it’s the foundation for our visual identity.
— Karen Quintos, Senior Vice President & Chief Marketing Officer, Dell Inc.

Menurut blog http://www.underconsideration.com/ logo baru Dell ini termasuk perubahan yang bagus. Perubahan pada ukuran huruf E yang lebih besar dari x-height keseluruhan huruf, dipandang menciptakan keseimbangan yang lebih baik pada penampakan logo secara keseluruhan. Apakah perubahan ini sudah menggenapi visi Dell seperti dalam kutipan di atas?


Quote:
Spoiler for The ‘Not-so-Good’ Ones:
Semua orang pasti tahu NASA, lembaga penelitian angkasa luar milik AS ini, namanya seolah sudah jadi aset dunia. Kebanggaan mereka tertulis di websitenya, "NASA remains a leading force in scientific research and in stimulating public interest in aerospace exploration, as well as science and technology in general. Perhaps more importantly, our exploration of space has taught us to view Earth, ourselves, and the universe in a new way."

Tapi di website tersebut bisa Anda lihat, logo baru ini tidak digunakan. Ternyata karena perubahan logo ini atas inisiatif si agensi, bukan karena permintaan NASA. Dalam artikel di blog.thisisbase.com dijelaskan gagasan yang diajukan oleh si biro desain, untuk mengubah logo NASA tersebut. Menurut mereka, NASA perlu logo baru karena logo lama mereka itu tampaknya membutuhkan sentuhan baru, membantu menampilkan kecanggihan teknologi yang NASA unggulkan.


Quote:
Spoiler for The Unnoticeable Ones:
Apa yang berubah dari logo gmail ini? Sedikit. Pada logo sebelumnya, menggunakan efek 'shadow', sedangkan logo yang baru menggunakan sedikit emboss tanpa 'shadow'. Dibandingkan dengan perubahan pada logo Cartoon Network, perubahan pada logo gmail bisa dibilang tidak signifikan, karena jika dilihat secara keseluruhan tidak, tidak banyak yang akan mengubah cara kita melihat logonya. Tetapi efek emboss atau shadow, jelas memiliki kesan tersendiri.

Pada logo Cartoon Network, terjadi perubahan yang cukup signifikan sebenarnya, karena peletakan huruf C dan N pada logo tersebut cukup memberi perubahan pada keseluruhan tampilan logo. Logo sebelumnya tampak lebih dinamis, sementara yang baru menjadi lebih 'kalem'. Di youtube, ada video bumper Cartoon Network, dengan logo barunya itu.


Quote:
Spoiler for The Drastic Ones:
Perubahan logo yang MySPace ini, sudah diterapkan pada websitenya, seiring dengan perubahan tampilan laman websitenya. Kata 'space' pada logo itu kini menjadi 'ruang kosong' yang diharapkan dapat diisi dengan berbagai artwork sesuai konteksnya, sesuai pernyataan MySpace VP of User Experience Mike Macadaan, tentang filosofi logo baru itu, “MySpace is a platform for people to be whatever they want, so we’ve decided to give them the space to do it.”


Quote:
Spoiler for The Controversial Ones:
Perubahan logo yang paling kontroversial, mungkin terjadi pada logo GAP ini. GAP adalah brand yang sudah lama berkecimpung di dunia fashion, sehingga sudah banyak yang menjadi fans mereka.Ketika perubahan ini dilakukan dengan diam-diam melalui perubahan pada tampilan web mereka, yang terjadi ribuan komentar negatif membanjiri GAP, baik melalui media sosial Facebook, Twitter, bahkan website ternama seperti BrandChannel.com berkomentar sangat tajam. Dari web BrandChannel.com bisa kita lihat tampilan logo baru GAP yang muncul di website mereka.

Yes, after dominating the late 1990s and early 2000s, Gap has dropped its iconic logo in favor of something that looks like it cost $17 from an old Microsoft Word clipart gallery.

Pedasnya komentar dari berbagai pihak, memaksa GAP akhirnya membatalkan perubahan logo ini, dan akhirnya kembali ke logo lama mereka. Web http://99designs.com/ kemudian berinisiatif mengadakan lomba perubahan logo GAP, sebagai respon dari kasus ini. Gagasan ini berhasil mengumpulkan lebih dari 4600 rancangan logo! Tetapi lomba ini murni gagasan 99designs.com, dan sama sekali tidak terkait dengan GAP.

Sementara itu, produk lain dari GAP yang juga melakukan perubahan logo, GAP Body Fit, tidak mengundang kontroversi berlebihan. Bahkan menurut blog logodesignworks.com perubahannya dipandang cukup memberi harapan pada citra GAP Body Fit di masa depan.

Kasus GAP ini mungkin bisa menjadi pelajaran berharga, bagaimana media sosial punya kekuatan yang bisa mempengaruhi popularitas sebuah brand, bahkan konsumen/komunitas secara aktif berpartisipasi dalam perkembangan sebuah brand. Salah merespon, bisa berbalik membahayakan brand yang sudah mapan.


Quote:
Spoiler for apple:
Pada saat pertama kali membangun bisnis dan membuat desain logo, seringkali yang terlintas di pikiran adalah bentuk logo yang ciamik dan colourful dengan kesan mewah. Tanpa disadari, logo perusahaan tersebut ternyata terkendala masalah teknis pada saat akan diimplementasikan pada media cetak. Selain masalah teknis, logo tersebut juga berpotensi menambah cost perusahaan.

Bayangkan saja apabila logo dari perusahaan anda tampak berwarna-warni dengan berbagai campuran warna. Logo anda mungkin tampil cantik di layar monitor. Tapi, ketika anda ingin mencetaknya, maka anda akan menghadapi banyak kesulitan, mulai dari mesin yang mungkin tidak sanggup menghasilkan warna cetakan yang mendekati warna logo anda, biaya yang membengkak terutama jika anda mencetak spanduk di bahan kain, dan lain sebagainya.


Quote:
Spoiler for starbucks:
Masih ingat kalimat di atas yang berbunyi, “Logo perusahaan merupakan identitas yang menjadi pembeda dari perusahaan lainnya serta dibutuhkan untuk membangun kepercayaan pada merek Anda”?

Nah, alasan penting berikutnya yang harus jadikan pertimbangan untuk melakukan redesain logo perusahaan anda adalah faktor kemiripan logo perusahaan Anda dengan logo perusahaan lainnya. Anda mungkin dapat berkilah bahwa Anda cukup percaya diri bahwa konsumen telah mengenal produk anda dan tidak akan tertukar dengan produk lain yang memiliki logo mirip dengan logo Anda.

Namun, bagaimana jika suatu ketika perusahaan yang memiliki logo mirip dengan logo Anda terlibat masalah, dan secara tidak sengaja, karena miskomunikasi produk anda terkena imbasnya. Tentu Anda tidak ingin hal seperti ini terjadi, bukan?

Kemiripan sebuah logo mungkin saja terjadi, baik dari warna, bentuk, letak, susunan, teknis pembuatan maupun proporsi. Kemiripan logo ini dapat menghilangkan keunikan logo perusahaan yang anda banggakan. Oleh karena itu, tetaplah berusaha untuk terus tampil beda demi kekuatan brand Anda sekaligus membangun trust dari konsumen.
ijin nyimak dulu emoticon-Malu
ane pertamax lagi nih.. emoticon-Shakehand2
calon HT emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:Original Posted By chokiboy
calon HT emoticon-I Love Kaskus (S)


WAHH GAMUNGKIN GAN emoticon-Ngakak
tritnya bagus gan..
bikin logo ga mudah soalnya, harus dibikin simpel tapi harus sampai makna logonya atau makna yg memakai logo itu...
soalnya semakin simpel dan semakin dapat pesannya, semakin bagus logonya..

Seperti my space tuh, keren gan
kalo CN network, juga bagus, lebih keliatan jadi sekilas aja pasti tau org orf kalo itu cn emoticon-Smilie

nice gan infonya
desainnya pada ke arah flat ya.
emoticon-Sundul Gan (S)
emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)
emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)
emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)
emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)
emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)
waduh ribet banget yah gan kayanya emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By texascrow
waduh ribet banget yah gan kayanya emoticon-Matabelo


iya gan pada rubah sesimple mungkin
Gak mudah memang jadi desainer emoticon-Big Grin
keliatannya aja mudah,cuma gambar,desain,jadi emoticon-Big Grin
tapi nyata nya rumit pake banget emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By yoeggy
Gak mudah memang jadi desainer emoticon-Big Grin
keliatannya aja mudah,cuma gambar,desain,jadi emoticon-Big Grin
tapi nyata nya rumit pake banget emoticon-Big Grin


butuh orang yg kreatif dan cerdas gan emoticon-Malu (S) kaya ane emoticon-Ngakak
detail banget yah gan, yang paling nggk banget itu mah GAP emoticon-Cape d... (S)
Biar gampang diinget kali
Juga unik

emoticon-Salaman

Mejeng di calon HT
emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By cyber91
Biar gampang diinget kali
Juga unik

emoticon-Salaman

Mejeng di calon HT
emoticon-Traveller


haha iya gan jadi lebih mudah diinget oleh masyarakat emoticon-Malu (S)

waduh gamungkin gan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak