alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53da70bfbecb1792268b4826/permainan---games-rumit-dan-ribet-tapi-banyak-pemainnya
Permainan / Games Rumit dan Ribet Tapi Banyak Pemainnya
Orang main game sebagian besar alasannya adalah refreshing. Ya, ada sih yang main game buat nafsu dapetin perhatian dari teman-teman online-nya. Tapi, sekali lagi kan sebagian besar. Tulisan ini akan menyinggung bahwa ternyata ada beberapa orang yang ternyata senang 'tantangan' saat main game. Tidak, tantangan itu bukan tingkat kesulitan permainannya, tapi beribet-ribet set aturan main atau printilan-printilan lain. Herannya, permainan-permainan ini justru memiliki penggemar yang sangat banyak.

1. Magic The Gathering

Ketika Richard Garfield menciptakan permainan ini, teman-temannya langsung bilang: jenius. Ketika orang mampir ke TA melihat anak-anak pada teriak-teriak sambil susun kartu, orang lewat pasti geleng-geleng kepala bingung tuh anak pada ngapain. Ini termasuk permainan kartu yang tidak bisa dipahami hanya sekali lihat saja. Banyak sekali elemen yang harus diperhatikan saat memainkannya. Beragamnya jenis kartu, tipe permainan, istilah asing, membuat permainan kartu ini merupakan salah satu yang terumit yang pernah dibuat. Belum jenis kartu yang seperti nggak mau berhenti dibikin.

Permainan / Games Rumit dan Ribet Tapi Banyak Pemainnya

Puluhan ribu kartu telah dicetak, dan ribuan pemain telah keranjingan main kartu ini. Memang kata para pemainnya untuk memahami permainan ini awalnya tidak sulit. Sayangnya, semakin banyak variabel permainan, semakin ribet deh tuh cara memenanginya. Walau begitu, Magic The Gathering punya sisi menarik, yaitu artwork kartunya yang memang indah. Dunia antah berantah ala dunia Magic The Gathering memang dilukis dengan cara yang sangat menarik.

2. Dwarf Fortress

Satu hal yang paling menyebalkan dari permainan ini adalah bahwa game ini menggunakan tampilan ASCII. Tadinya si pembuat ingin mengembangkan permainan ini dengan tampilan grafis 3D. Tapi, dia mau membuatnya lebih sulit seakan ada geek yang merasa intelegensinya yang hanya berguna untuk kalangannya harus kelihatan tidak lebih idiot dari teman-temannya dengan main game ini. Dwarf Fortress adalah permainan di mana pemain diberi 7 kurcaci untuk diberi kesempatan membuat sebuah benteng. Selama permainan, benteng itulah yang menjadi satu-satunya medium pertahanan. Setiap elemen bangunan digambarkan dengan kode ASCII. Cukup menyebalkan, belum lagi cara bermain yang memang komplex.

Permainan / Games Rumit dan Ribet Tapi Banyak Pemainnya

Diakui oleh para pemainnya sendiri, untuk bisa mengerti permainan ini butuh waktu yang amat lama. Beberapa mengatakan untuk membuat satu benteng yang benar saja butuh trial and error minimal seminggu. Jika konfigurasi bentengnya salah sedikit, pemain bisa dengan mudahnya dibabat musuh. Salah satu hal yang membuat orang sulit memahami ya silahkan salahkan ASCII-nya. Jika ada yang ingin membuang waktu berharga Anda dengan main game ini, silahkan cek ke sini. Buat nambah pengalaman tidak berguna dan memperbotak kepala, game ini gratis.

3. American Football

Buat orang Amerika sono sih game ini nggak bisa dibilang rumit. Tapi, buat orang yang belum pernah melihat game ini atau belum pernah main game Madden disuruh memahami game ini pasti bingung itu orang-orang berhelm pake shoulder pad lagi ngapain sih. Tidak seperti olahraga lain di mana saat orang menontonnya beberapa menit sudah tahu obyektifnya apa, American Football tidak begitu. Sekali lihat orang pasti bingung itu bola sebenarnya tujuannya harus diapain. Lalu kenapa harus nunduk-nunduk lalu nerobos tim lawan. Guna garis-garis di lapangan itu juga apaan. Dan yang paling penting, kenapa olahraga ini disebut Football padahal bolanya ditendang cuma sesekali.

Permainan / Games Rumit dan Ribet Tapi Banyak Pemainnya

American Football memang bukan olahraga untuk semua orang. Di Amerika sono, apa ada anak-anak main American Football di tempat terbuka atau di jalanan. Beda banget dengan sepakbola yang bisa dimainkan di mana-mana. Perangkat olahraganya memang ribet. Satu tim saja terdiri dari tiga lini dan tiap lini diisi oleh orang yang berbeda-beda. Di tiap lini itu ada dua lapis tim cadangan. Total dalam satu tim American Football ada 99 pemain di mana 33 pemainnya dimainkan selama pertandingan. Itu tukang jahit yang bikin shoulder pad apa nggak pegel ya.

4. Warhammer 40000

Sejatinya permainan ini seperti menggabungkan catur dengan seni merakit mainan. Siapa yang gemar memainkan ini kadang juga meluangkan waktu untuk mencat dan merakitnya. Bagi pemain Warhammer, di situ mungkin letak serunya permainan ini. Perangkat permainan ini juga tidak bisa dikatakan murah. Satu unit bisa berkisar anatar 100 ribu sampai 500 ribu, tergantung kelangakaannya. Dan, nggak mungkin kan mau main perang-perangan cuma mengandalkan 1 unit saja. Memangnya lagi main Rambo apa.

Permainan / Games Rumit dan Ribet Tapi Banyak Pemainnya

Dengan kudu ngerakit dan mencat unit permainan, di situ sendiri sudah menunjukkan mau main Warhammer 40K saja sudah cukup makan waktu dan ... ribet. Itu baru ngerakit unit, belum pas mainnya. Selain unit tentu juga diperlukan meja yang cukup lebar untuk menaruh pion-pion pasukan plastik tersebut. Setiap ada pameran mainan dan ada demonstrasi Warhammer, pasti mereka yang paling makan tempat. Setelah tempat siap, unit-unit itu lalu disusun dan seranglah musuh menggunakan dadu. Nanti dikalkulasikan saat menyerang berapa damage yang diderita dan berapa kesempatan yang hilang. Sekalian saja hitung berapa waktu yang hilang saat mencat, merakit, menyusun, dan capek-capek cari tempat luas cuma buat main.

5. Conway's Game of Life

Katanya sih permainan ini super simpel dan kontrol permainannya cuma sekali. Memang benar sih begitu apa adanya, tapi bukan berarti permainannya simpel. Apa yang lebih tidak simpel dari bermain game tetapi kita tidak bisa kontrol. Conway's Game of Life memang pada dasarnya merupakan 'permainan' cellular automata, ketika kita sekali input kita tinggal lihat bagaimana hasilnya nanti. Dan, saat pengaturan pertama usai, silahkan pusing sendiri karena selanjutnya adalah kebingungan semata.

Permainan / Games Rumit dan Ribet Tapi Banyak Pemainnya

Sebenarnya permainan ini memiliki konsep menarik. Idenya adalah bahwa kehidupan itu hanya diintervensi sekali, selanjutnya adalah sebuah evolusi yang alamiah. Jadi, kita lihat saja gimana jadinya 'makhluk' buatan kita nantinya. Tapi, masalahnya game ini tidak memiliki grafik sekeren Spore, jadi ya tebak sendiri apa tuh maksudnya titik-titik disusun dengan bentuk nggak jelas. Mungkin jika alam semesta dibuat oleh Conway, manusia bentuknya jadi mirip tanda kurung kali yah.

6. Dungeons & Dragons

Jauh sebelum ada computer atau console RPG, orang sudah memainkan permainan ini tapi lewat media kertas dan pensil. Permainan inilah pemainnya biasa disebut geek atau nerd. Gimana nggak disebut begitu, mereka berkumpul bertingkah seolah ksatria dari negeri fantasi penuh gejolak antar makhluk. Kadang saat main mengenakan baju-baju zirah atau membawa pedang-pedangan. Wajar kalau disebut ajaib. Permainan sendiri sebenarnya adalah versi tradisional dari RPG yang biasa dimainkan di komputer atau di PlayStation. Tiap pemain diberi selembar kertas untuk menulis karakter mereka dan jabatan mereka (makanya disebut role playing). Setelah karakter ditentukan, baru deh tuh mereka bermain. Aturan permainan ditentukan oleh satu orang yang disebut GM, bukan germo, tapi Game Master.

Permainan / Games Rumit dan Ribet Tapi Banyak Pemainnya


Lalu kenapa permainan ini dibilang rumit? Gini aja deh, mainkan game RPG seperti NeverWinter Nights lalu bayangkan jika permainan itu dimainkan dengan versi kertas dan pensil. Semua peraturan dan sistem dihitung dan diatur manual. Setiap dapet benda jatuh, catet. Setiap mukul musuh, catet. Setiap digebukin sampe mati, catet. Setiap lari ngos-ngosan karena dikejar goblin terus digoda cewek cantik padahal demit terus ketimpa batu segede gaban, catet. Mayan bikin pegel dan ribet kan. Mau main game apa latihan mencongak.

7. Text Based Online Games

Meski sekarang sudah jamannya online games dengan grafis yang wah, namun masih saja tuh orang main online games yang text-based. Pada dasarnya game seperti Mafia Wars juga boleh dibilang text based. Tetapi, di luar Facebook, rata-rata permainan berbasiskan teks kadang luar biasa membingungkan. Coba tengok saja online games tertua di internet, Utopia Online. Kalau kamu main game ini di rumah lalu diintip pacar kamu, doi pasti akan komentar pedas: main apaan si lo! Yap, komentar pedas dari orang lain saat Kita main Football Manager.


Permainan / Games Rumit dan Ribet Tapi Banyak Pemainnya

Sebenarnya kalau permainan berbasiskan teks ini dibuat dengan grafis mungkin jadinya mudah sekali dimainkan. Namun, kadang banyak pertimbangan kenapa permainan ini dibuat tanpa memakai tampilan grafis atau animasi yang keren. Dengan begini kan pemain dari negara yang fakir bandwith juga bisa main tanpa panik tiba-tiba hang atau ngadat. tapi, ya sekali lagi, permainan ini hanya yang masih demen main game sekaligus berimajinasi.


Quote:Demikianlah isi trit sederhana dari saya,,
Jika berkenan silahkan emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

dan timpuk ane emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

atau tinggalkan jejak dengan Komen Bermutu

yg american football wanita , masa kostumnya seperti itu emoticon-Genit
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
yg american football wanita , masa kostumnya seperti itu emoticon-Genit


ente maunya yang bijimane?
game spore itu yang bikin alien alienan kan ya? emang keren tuh game
Quote:Original Posted By korpus
game spore itu yang bikin alien alienan kan ya? emang keren tuh game


iye gan.. emoticon-thumbsup
Yang nomor 6 main virtualnya bikin pusing, ga mudeng emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By densaw
Yang nomor 6 main virtualnya bikin pusing, ga mudeng emoticon-Ngakak


bikin pegel mainnya gan..
american football seru tuh gan
American football yang kayaknya seru thu emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By ryuun0suke
American football yang kayaknya seru thu emoticon-Matabelo


bikin dengkul kopong gan.. emoticon-Malu (S)
Dungeons & dragons pernah main tp cuman bengong aja
Harus ngapain emoticon-Ngakak
haha seru gan memburu nya bola nya susah
wah seru tuh american footbal emoticon-Genit
Quote:Original Posted By kucinggemes
american football ada kan di indonesia tapi kurang keras seperti yang di amerika ,. contohnya kayak gini


menurut ku ini malah konyol emoticon-Cape d... (S)



itu mah kayak main galasin gan.. emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By masterzapato
haha seru gan memburu nya bola nya susah


bola yg mana gan? emoticon-Ngakak
wah, belum pernah denger apalagi main sebelumnya.
Kecuali yg american football. Tapi gak serumit yg lain kok.
Ane malah jadi penasaran ama Warhammer 40000 dan Magic the Gathering ni.
Ada info buat pemula?
Quote:Original Posted By ansahanrup
wah, belum pernah denger apalagi main sebelumnya.
Kecuali yg american football. Tapi gak serumit yg lain kok.
Ane malah jadi penasaran ama Warhammer 40000 dan Magic the Gathering ni.
Ada info buat pemula?


cek di google gan.. setau ane ada komunitasnya juga di indonesia..
Quote:Original Posted By rawanbanjir


cek di google gan.. setau ane ada komunitasnya juga di indonesia..


kaskus ada gak?
TS pernah main?
wah...
gitu ya..
susah betul ya ternyata..
Quote:Original Posted By ansahanrup


kaskus ada gak?
TS pernah main?


kaskus kayak belum ada gan.. btw versi PC nya dah release..
ada reviewnya disini: http://id.gamesinasia.com/review-magic-2013/
pagenya ada disini: https://www.facebook.com/MTGid
×