alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53da2a10c3cb17f4108b481c/shiitake-anti-kolesterol-dan-diabetes
SHIITAKE ANTI KOLESTEROL DAN DIABETES
Seperti daging ayam. Itulah pendapat para vegetarian terhadap shiitake sebagai jamur konsumsi. Penderita diabetes yang rutin meminum rebusan shiitake pasti sepakat , aroma rebusan itu seperti jengkol. Ia tidak sekedar enak dimakan , tetapi efeknya sebagai obat anti penyakit degeneratif sampai kanker sudah banyak dikenal.

Shiitake (Lentinus Edodes) berasal dari kata shii , kosakata Jepang yang berarti kayu , take , berarti jamur. Disini shiitake disebut juga jamur kayu cokelat. Sayuran berharga mahal ini kadar proteinnya 18% , cukup tinggi , kalium , niasin , vitamin B , kalsium , magnesium , dan fosfor. Penelitian modern membuktikan , memakan shiitake segar selama seminggu bisa menurunkan kadar kolesterol sampai 12%.

Sejumlah 80% serat pada shiitake adalah chitin. Pada 1985 publikasi ilmiah di Jepang memaparkan , chitin menurunkan kadar kolesterol. Shiitake juga mengandung eritadenine. Senyawa inipun terbukti menurunkan 5%-10% kadar kolesterol. Lentinan ialah senyawa shiitake lain yang menggempur kadar kolesterol. Polisakarida yang larut dalam air ini tersusun dalam b-1,3 glukan dengan b-1,6 dan b-1,3 glukopyranosida.

Kandungan lentinan tertinggi ada pada bagian batang dekat tudung dan tudungnya. Batangnya makanan kaya serat yang sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker usus. Saat ini di Jepang lentinan menjadi obat anti kanker paling terkenal. Bentuknya , antara lain kapsul , tablet , tetes , dan serbuk.

Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan , shiitake cocok untuk penderita diabetes. Namun , pengalaman lapangan menunjukkan kenyataan itu. Yang jelas , mengkonsumsi rebusan shiitake secara rutin mempertinggi daya tahan tubuh. Diduga jamur rasa ayam ini memperbaiki metabolisme di dalam tubuh jika diminum teratur.

Sumber : Trubus Seri Pengalaman Obat Tradisional Sembuhkan Mereka