alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53d9fe9ea1cb17c02b8b47d5/tips-merawat-motor-yang-bener-d
Tips Merawat Motor yang bener :D
Hai Semua,

Quote:Udah gak bisa dihindarin lagi, bahwa sekarang banyaknya pengguna motor di Jakarta Khususnya, karena dengan mengendarai motor kita bisa lebih mobile (dibandingkan dengan mobil), dan sayapun termasuk salah satu pengendara motor emoticon-Big Grin..

Nah karena itu hari ini saya mau ngebahas tentang cara ngerawat sepeda motor dengan baik dan benar.

Supaya saat kita sedang ber mobile ria..motor kita tetap bisa mendukung kebutuhan sehari hari kita..

Intinya sih gini, “Anggaplah motor seperti manusia”, “kalau disayang ya motor makin sayang”, kalau dicuekin ya gampang ngambek..

Ya kaya gitu sih gambarannya kalau melihara motor..dan motor itu kadang ada yang rewel ada yang cuek juga emoticon-Big Grin
Jadi intinya kita harus kenali karakter motor kita ya apa emoticon-Big Grin


Nah ini tipsnya nih :

Ø Jika membeli sepeda motor baru

Tips Merawat Motor yang bener :D

Quote:Jangan digunakan untuk membawa beban terlebih dahulu minimal sampai 500 KM, ini penting karena olie masih lebih cepat bercampur dengan serpihan logam akibat gesekan komponen mesin. Cobalah untuk menjalankan sepeda motor pada kecepatan yang stabil dari pelan-pelan sampai kecepatan maksimal agar mesin tahan untuk jangka panjang. Manfaatkanlah perawatan gratis yang di berikan oleh dealer diman Anda membeli sepeda motor. Umumnya diberikan gratis servis dan ganti olie 3 kali jalan. Pertama pada KM 500, kedua pada KM 1000 dan ketiga pada KM 2000. Itu bukan hanya sebagai bonus, namun untuk menjaga usia mesin untuk jangka panjang. Belum tentu motor baru tidak memiliki kesalahan sama sekali dalam perakitannya, maka diperlukan pengecekan segera setelah 500 KM pemakaian pertama, untuk mengetahui kemungkinan adanya kesalahan.


Tips: Khusus sepeda motor bermesin 4 langkah,tuangkan sedikit oli kedalam lobang knalpot.Hal ini agar knalpot orisinil motor anda lebih awet karena tidak mudah keropos.

Ø Perawatan berkala (tune up)

Tips Merawat Motor yang bener :D

Quote:Tune up perlu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya beberapa komponen yang tergores(aus). Sehingga setelan mesin bisa berubah akibat keausan yang terjadi pada beberapa komponen mesin tertentu. Untuk itu harus dilakukan penyetelan ulang dengan tune up ke bengkel resmi. Debu debu dan kotoran yang terhisap oleh karburator dan mengendap akan mempengaruhi kinerja mesin,dan akan sekaligus dibersihkan saat tuneup.

Mengenai kapan waktu ideal untuk tuneup, lakukanlah setiap 2 bulan sekali atau bila kilometer sudah 2000 KM perjalanan. Namun jika anda merasa bahwa sepeda motor Anda tidak terasa nyaman seperti biasa, maka lakukan lah tune up kebengkel resmi.


Ø Penggantian Oli

Tips Merawat Motor yang bener :D

Quote:Standard kekentalan oli yang dipakai kendaraan adalah SAE (Society of Automotive Engineer). Namun, kebanyakan oli yang dijual sudah memenuhi standard untuk iklim di Indonesia. Jadi Anda sudah tidak perlu khawatir mendapatkan standard oli yang salah untuk motor A nda.Yang perlu diperhatikan adalah kapan saat mengganti oli yang tepat.Hal ini biasanya sudah disertakan keterangan pada bungkus olie yang Anda beli. Mengganti oli melebihi batas kilometer pemakaian bisa berakibat tidak baik bagi motor. Oli yang telah melewati batas akan mengencer dan tidak sesuai lagi. Maka gantilah oli setiap kilometer menunjkan 2000 KM perjalanan atau pada saat Anda melakuan perawatan berkala.

Tips: Disiplin mengganti oli motor dengan berpatokan pada batas kilometer pemakaian oli ,akan membuat motor anda selalu prima.

Ø Pemakaian motor

Tips Merawat Motor yang bener :D

Quote:Jangan menggeber-gember gas motor anda atau melakukan tarikan gas spontan. Hal ini akan mempercepat keausan pada rantai mesin,katup bahan bakar,kopling,piston dan stang piston.Terutama jika motor anda memakai teknologi mesin 4 langkah.Mesin 4 langkah lebih rumit pada sistem bahan bakarnya,dan inilah yang sering bermasalah. Jika motor anda memakai gigi manual,pergunakan pemakaian gigi sesuai dengan kecepatan motor. Jika jalanan menanjak, motor butuh tenaga lebih besar maka kurangi gigi dengan yang lebih sesuai. Jika motor baru start berjalan jangan langsung menggunakan gigi 4,tapi mulailah dari gigi 1.Hal ini berpengaruh pada stang piston,piston,kopling dan rantai mesin (4 langkah).

Tips : Terapkan Tradisi pemanasan mesin motor terlebih dulu sebelum dipakai, jika motor telah nganggur selama 8 Jam atau lebih. Motor yang telah lama didiemin maka olie akan turun kembali dari bagian bagian sempit dan mengumpul di bak olie.Pemanasan mesin ini agar olie kembali lagi mengaliri kedalam bagian bagian mesin yang perlu dilumasi.Terutama untuk jenis mesin motor 4 langkah,karena jenis mesin ini hanya mengandalkan olie mesin saja.

Catatan: Memanaskan mesin jangan terlalu lama,cukup 5 menit saja.Hal ini nggak baik buat mesin yang berpendingin udara.Karena jika mesin hidup lama dan motor tidak berjalan, maka mesin tidak akan mendapat pendinginan yang baik.

Ø Kebersihan

Tips Merawat Motor yang bener :D

Quote:Biar rangka motor lebih awet,rajin rajinlah mencuci motor anda agar tidak cepat berkarat dan keropos.Apalagi jika habis dipakai hujan hujanan.
Dengan melaksanakan beberapa tips diatas, semoga motor anda bisa menjadi lebih awet dan tetap prima.Dan yang terpenting,harga jual kembali akan tetap tinggi jika ingin ganti motor yang baru.


Nah sekian tips cara ngerawat motor kesayangan kita..
Jadi jangan dicuekin motornya,,yang ada ngambekk emoticon-Big Grin
Moga moga bermanfaat yaa

kalau boleh minta cendolnya ya gan emoticon-Big Grin..,kan udah gk puasa lagi..udah lebaram emoticon-Big Grin

dan yang komen ane doain pahalanya makin banyak emoticon-Big Grin sama yang bantu rate juga

Spoiler for sumber:


Salam.
makasih gan tiap 2000 km biasanya gw sih ganti oli emoticon-Big Grin

lagian itu juga 4 bulan sekali emoticon-Big Grin
ane ganti oli ama kebersihan yg paling penting emoticon-Cool
yang penting ganti oli sih emoticon-Big Grin
motor ane jarang diservis malah, emoticon-Hammer (S)
Harus sering
dibersihin emoticon-Big Grin
nais tips gan.. emoticon-Jempol
wih itu seger amat nyuci motornya banyak ce emoticon-Big Grin
kalo tipnya buat ngebersihin rantainya gmn gan? ane sering g sabar kalo ngebersihin rantai motor jdnya kebih banyak g dbersihinemoticon-Frown
Kalo yang cuci cewe2 diatas, ane mau ndanemoticon-Betty
nais tips gan emoticon-Big Grin



Flintz*forbidden*
dimana gan tempat konsultasi seputar motor tepat nya nongkrong anak bengkel di kaskus ini
Wah nice tips gan... emoticon-Big Grin
Klo ane selalu pantau KM agar bisa ganti oli rutin gan... emoticon-Smilie
emoticon-2 Jempol
tips nya ribet bray...
ane kadang suka lupa tuh ganti oli emoticon-Malu (S) soalnya kalo ganti oli sama tune up suka ga bareng, maklum kalo bisa tune up buat beli oli kurang emoticon-Malu (S)


klo motor metik gmn gan ?

emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By mitzukage


klo motor metik gmn gan ?

emoticon-Bingung (S)

Tips Merawat Motor yang bener :D
Tips Merawat Motor yang bener :D
Nice Tips Gan emoticon-Jempol


Kaloo Ane Siihh Maksimal 2Bulan Udah Full Service emoticon-Cool
alhamdulillah gan motor ane , ane rawat dgn kasih sayang Tips Merawat Motor yang bener :D
nice trit , motor emang harus disayang emoticon-Ngakak
rawatlah motormu seperti engkau merawat istrimu emoticon-Cool emoticon-Hammer2