alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53d9efb30f8b4694198b46fe/ingin-tahu-berapa-lama-waktu-hidup-bintang
Ingin Tahu Berapa Lama Waktu Hidup Bintang?
Quote:
Bayangkan betapa anehnya jika anggota keluarga Agan menua dengan kecepatan yang berbeda-beda. Bayangkan kakak atau adik kalian tampak seperti berumur 70 tahun, tapi kakek dan nenek Anda tampak masih muda belia.
Ingin Tahu Berapa Lama Waktu Hidup Bintang?


Quote:Ini terdengar tidak biasa bagi manusia tapi sangat biasa bagi bintang. Semua bintang menua dengan kecepatan berbeda-beda, tergantung berapa massa bintang itu ketika baru dilahirkan.

Quote:
Ingin Tahu Berapa Lama Waktu Hidup Bintang?
Bintang-bintang dalam foto ini merupakan bagian dari gugus bintang NGC 3292. Gugus ini beranggotakan sekitar 50 bintang yang terlahir dalam waktu hampir bersamaan. Hampir semua bintang dilahirkan dalam gugus tersebut, tapi hanya sekitar 10% yang kita lihat masih hidup di sana (G. Beccari/ESO)


Bintang-bintang dalam foto ini merupakan bagian dari gugus terbuka NGC 3293, yang beranggotakan sekitar 50 bintang yang seluruhnya dilahirkan dalam waktu yang hampir bersamaan. Gugus itu sendiri berusia kurang dari 10 juta tahun.


Quote:
Itu sih masih bayi kalau dalam skala kosmik. (Bandingkan saja dengan Matahari kita yang berumur 4,6 miliar tahun dan itu pun masih di pertengahan kala hidupnya).

Tiap bintang anggota gugus tersebut bermassa lebih besar daripada Matahari kita. Sebagai contoh, bintang terbesar berwarna jingga di kanan bawah, adalah sebuah bintang raksasa merah dan massanya sekitar 6,5 kali massa Matahari.

Bintang raksasa merah adalah bintang yang sudah berada di dekat akhir hidupnya, meskipun umurnya lebih muda daripada umur Matahari kita. Karena semua bintang dalam gugus ini diduga terbentuk pada waktu yang sama, tampaknya bintang tersebut telah melewati tahap-tahap hidupnya lebih cepat daripada saudara-saudaranya yang berwarna biru.


Quote:Alasan di balik penuaannya yang cepat adalah bintang tersebut lebih masif dan lebih panas daripada bintang-bintang lainnya. Artinya, si bintang akan bersinar lebih terang dan membakar bahan bakarnya lebih cepat daripada saudara-saudaranya yang segugus.

Fakta Menarik: Gugus bintang semacam ini bisa beranggotakan hingga beberapa ribu bintang. Baru-baru ini dua astronom membuat ilustrasi yang menggambarkan langit malam kita seandainya Tata Surya kita berada di dalam sebuah gugus bintang!
Spoiler for Lihat Gambarnya disini ! :


(Ratna Satyaningsih/langitselatan.com, Sumber: Cross Post Space Scoop Universe Awareness National Geographic ID)


Nih gan tambahan gallery bintang-bintang dari satelite HUBBLE:
Spoiler for A Giant Hubble Mosaic of the Crab Nebula:

Spoiler for Hubble Captures View of 'Mystic Mountain':

Spoiler for Light Echo From Star V838 Monocerotis - April 30, 2002:

Spoiler for Jet in Carina: WFC3 UVIS Full Field:

Spoiler for Star V838 Monocerotis (V838 Mon)- September 2, 2002:

Spoiler for Taken Under the "Wing" of the Small Magellanic Cloud:

emoticon-Matabelo
uda ya gan segini dulu gambar2nya.. bisa di cek sendiri langsung di:
Hubble's Star Gallery
Intinya semua usia bintang masing-masing memiliki "waktu hidup" yang berbeda tergantung massa dan aktifitasnya..
kalo agan2 suka nonton serial TV COSMOS pasti uda gak asing kan ya??

Sekian sedikit informasi dari ane gan...
Bila berkenan silahkan Rate 5 ***** dan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
kalo ga berkenan silahkan di komen aja jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)
emoticon-Matabelo selama ini ga pernah mikirin gan

btw makaish gan ane jadi tahu
pusing.. :bingungs
Tapi pict'y keren.. :matabelo:
Quote:Original Posted By tokomapan
emoticon-Matabelo selama ini ga pernah mikirin gan

btw makaish gan ane jadi tahu


Quote:Original Posted By han.sunhi
pusing.. :bingungs
Tapi pict'y keren.. :matabelo:


sip sama2 gan... pada cepet amat emoticon-Cape d... (S)
haha bingung ya gan emoticon-Ngakak
yah semoga menambah sedikit pengetahuan gan hehe emoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By minoritas.jalan
itu g penting keless
yg penting tuh brapa lama ntar kita hidup bersama ?
Spoiler for menabjukan:

salam mejeng

haha berapa lama kita hidup bersama?
maksudnya apa gan? kan kita belum MERIT emoticon-Malu (S)

nice info gan emoticon-Jempol
hiks.. emoticon-Selamat bintang mana yg ulang tahun emoticon-Ultah

emoticon-Selamat
dopost emoticon-Mewek
panjang umur juga
pasti banyak yg do'ain tuh
Quote:Original Posted By bokapnya..mimin
panjang umur juga
pasti banyak yg do'ain tuh


iye gan.. emoticon-Big Grin
peradaban manusia paling2 baru sekitar 3000-4000 tahun gan
pictnya keren emoticon-Rate 5 Star
umurnya panjang juga ya emoticon-Belo
Quote:Original Posted By DianNamikaze
pictnya keren emoticon-Rate 5 Star


thanks gan uda rate emoticon-Kiss
secepatnya ane update gambar2 nya
menurut andhika kangen band sh bintang berumur 14 hari gan...
emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2