alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53d9c0e0128b46970a8b458d/semacam-panduan-naik-kereta-api-zaman-sekarang
Semacam Panduan Naik Kereta Api Zaman Sekarang
Kereta Api Jarak Jauh

Pasti agan aganwati disini pernah naik kereta api kan, atau mungkin sering atau bahkan selalu naik kereta api sebagai pilihan transportasi. Disini ane bakal jelasin gimana sih kalau mau naik kereta api di jaman sekarang. Tata caranya, tips tips nya, kelebihannya....

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Yang pasti naik kereta api sekarang sama jaman dulu pasti berbeda. Sekarang lebih enakan gan. Karena tiap tahun PT KAI sebagai pengelola moda transportasi Kereta Api ane rasa terus naikin kualitas kenyamanan dan keamanan. Kalau agan pengen tau perbedaannya coba naik kereta api sekarag. Pasti agan juga akan mengamini omongan ane

Buat lebih jelasnya ane tunjukin deh gan gimana serba serbi naik kereta zaman sekarang yang menurut ane lebih simple dan berkualitas.

Sistem Pembelian Tiket
Semacam Panduan Naik Kereta Api Zaman Sekarang

Beli tiket kereta api sekarang nggak perlu ngantri di loket gan. Cukup akses di https://tiket.kereta-api.co.id/ agan agan sekalian sudah bisa mendapatkan nomor kode pembayaran yang kemudian digunakan untuk membayar tiket melalui ATM atau counter counter resmi yang telah ditunjuk PT KAI. Setelah itu agan agan akan mendapat nota pembayaran yang digunakan buat nukerin ke tiket aslinya.

Pemesanan tiket kereta api udah dibuka 90 hari sebelum keberangkatan kereta. Jadi misal agan nggak mau kehabisan tiket kereta, agan bisa reservasi tiket 90 hari sebelumnya.

Agan juga jangan khawatir, karena agan juga bisa pilih harga termurah (selama persediaan masih ada) kalo reservasi tiket secara online. Agan juga bisa pilih kursi nomor berapa, sebelah mana, deket jendela juga bisa (lagi lagi selama persediaanmasih ada). Karena disitu bakal dikasih liat berapa sisa tempat duduk di kereta itu dan tempat duduk mana saja yang masih kosong agan bisa milih.

Oh ya satu lagi gan, ini yang paling penting. Beli tiket kereta api jaman sekarang harus pakai identitas asli sang penumpang (mencantumkan nomor KTP, SIM. Kartu Mahasiswa, Kartu Pelajar dll). Jadi nanti di tiket bakal ada nama agan beserta nomor KTP. Dan pas mau masuk ke peron stasiun tiket dicocokkan sama kartu identitas agan.

So, kalau agan mau pesen tiket banyak juga bisa, asal jangan lupa bawa identitas semua calon penumpang yang agan mau pesenin.

Pencetakan Tiket
Semacam Panduan Naik Kereta Api Zaman Sekarang
Seperti yang udah ane bilang, kalo agan pesen tiket online, agan lalu bayar tiket itu melalui ATM atau counter-counter resmi yang ditunjuk PT KAI. Dari transaksi pembayaran itu agan dapet nota yang ada nomor/kode nya. Itu artinya agan belum pegang tiket aslinya.

Nah agan baru bisa dapet tiket aslinya kalau agan ke stasiun. Disana ada mesin pencetak tiket mandiri. Agan tinggal masukin itu nomor/kode. Trus keluar deh tiket aslinya. Tapi jangan lupa, nota agan tadi harus dimasukan ke lubang yang ada di meja cetak itu.

Cetak tiket mandiri ini ane nggak tau bisa dilakukan sampai berapa menit sebelum keberangkatan kereta. Tapi yang pasti ane pernah nyetak 15 menit sebelum keberangkatan dan masih bisa.

Yang pasti ati ati kalau agan mau nyobek tiket dari printernya, itu susah banget dan awas sobek.

Mesin pencetak tiket mandiri ini udah ada di semua stasiun besar. Kalau stasiun kecil ane kurang tau.

Masuk Peron
Semacam Panduan Naik Kereta Api Zaman Sekarang

Kalau agan mau naik ke kereta, pasti bakal melewati peron. Nah sebelum masuk peron ini ada pemeriksaan tiket. Tiket harus sesuai dengan kartu identitas. Jadi di tahap ini agan harus menunjukkan tiket dan kartu identitas yang agan pakai buat pesen tiket kemarin. Kalau cocok, langsung dicap sama petugasnya pakai stempel yang bertuliskan 'TELAH DIPERIKSA'.

Oh iya di tahap ini cuma penumpang kereta yang boleh masuk. Soalnya yang boleh masuk cuma yang bawa tiket sesuai kartu identitas. Jadi kalau agan ke stasiun bawa sanak famili buat nganterin, ya mereka terpaksa cuma bisa anter smpai situ aja.

Di Dalam Kereta
Semacam Panduan Naik Kereta Api Zaman Sekarang

Saran nih gan. Sebaiknya kalau agan mau bepergian pakai kereta api, datanglah ke stasiun seenggak-engaknya setengah jam sebelum keberangkatan deh. Itu bakal memudahkan dan meng-enak-kan agan agan sekalian. Semua jadi bisa dilakukan dengan santai, masuk ke kereta tepat waktu dan nggak ada lari-larian hampir ditinggal kereta.

Agan harus tau duduk di kursi nomer berapa dan gerbong berapa. Pertama-tama lihat kereta yang mau agan naikin. Setelah itu lihat di sebelah mana gerbong agan. tau ndiri kereta panjangnya minta ampun. Kalau pengen gampang ya tanya petugas yang biasanya ada di depan pintu masuk kereta. Setelah masuk gerbong yang tepat, duduklah di kursi yang tepat. Taruh barang bawaan di atas. Setalah itu duduklah dengan manis menikmati perjalanan.

Mungkin sekitar 1 jam perjalanan dilalui, agan akan didatengi sama petugas kereta yang memeriksa tiket agan. Tunjukkan tiket agan saja, nggak perlu pakai kartu identitas.

Kereta api ja,am sekarang semua tertutup dan ber-AC. Tempat duduk satu orang satu. Ada colokan charger di samping. Kaca tertutup rapat. Dan udah nggak ada lagi pedagang masuk kereta, sekalipun itu kereta ekonomi. Jadi agan sebaiknya bawa makanan dari rumah buat makan di kereta atau kalau agan berkenan pesen makan di restorasi kereta juga bisa. Nanti bakal ada mbak-mbak yang menawarkan makanan dengan membawa buku menu.

Tapi ada satu sih yang masih ngganjel, toilet di kereta masih banyak yang jorok.

Kalau agan sudah sampai di tujuan silakan turun dengan rapi. Jangan rebutan dengan penumpang lain. Oh ya, kalau agan males bawa barang bawaan, agan bisa minta tolong porter, biasanya mereka langsung masuk ke kereta begitu kereta sampai di tujuan. Tapi kalau agan nggak mau, sebaiknya menolak dengan halus tawaran mereka.

Sekian informasi yang bisa ane share ke agan aganwati semua. Semoga bisa memperlancar agan aganwati semua dalam perjalanan menggunakan kereta. Corect Me If I'm Wrong. Dan kalau ada info lain boleh ditambahkan.

Selamat Mencoba Kereta Api !!

emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Sumber Gambar :

semoga pelayanan nya makin bagusemoticon-Blue Guy Cendol (L)
wah makin keren gan emoticon-Matabelo

skr juga keknya calo sudah susah jual tiket

karena nama di tiket harus cocok di KTP emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By bapaksandy
semoga pelayanan nya makin bagusemoticon-Blue Guy Cendol (L)

Setuju gan. Biar bisa lebih baik lagi
yoi gan..
sekarang naik kereta jauh lebih nyaman.
penumpang sesuai dengan jumlah tempat duduk.
ga ada lagi yang sampe duduk di wc dan umpel-umpelan.
Quote:Original Posted By tokomapan
wah makin keren gan emoticon-Matabelo

skr juga keknya calo sudah susah jual tiket

karena nama di tiket harus cocok di KTP emoticon-Big Grin


Iya gan. Sekarang keknya praktek percaloan juga makin berkurang karena sistem ini
Quote:Original Posted By akanya
yoi gan..
sekarang naik kereta jauh lebih nyaman.
penumpang sesuai dengan jumlah tempat duduk.
ga ada lagi yang sampe duduk di wc dan umpel-umpelan.


Bener gan. Ane ngalamin juga tuh masa masa itu. Sumpek banget didalem kereta. Masih belum teratur
semoga nnti kereta indonesia bisa kyak kereta luar negri fasilitasnya,
mantab gan sekarang cetak udah bisa langsung di stasiun jadi gak ribet kaya dlu udah lebih maju neh pelayanan pt kai
mantab gan, ane biasa beli onlen juga, emoticon-Smilie
wah, bener hebat manager PT KAI sekarang dibandingkan dulu, harus dipertahankan ....

Inspiratif 

Quote:Original Posted By lordbagus
semoga nnti kereta indonesia bisa kyak kereta luar negri fasilitasnya,


Menurut ane sih menuju ke arah situ gan
Quote:Original Posted By gabermawut
mantab gan sekarang cetak udah bisa langsung di stasiun jadi gak ribet kaya dlu udah lebih maju neh pelayanan pt kai


Mari dicoba naik kereta sekarang gan. Dijamin ketagihan
Quote:Original Posted By vatal1ty
mantab gan, ane biasa beli onlen juga, emoticon-Smilie


Jadi lebih praktis kan gan
Quote:Original Posted By riccoenggo
wah, bener hebat manager PT KAI sekarang dibandingkan dulu, harus dipertahankan ....


Setuju gan. Semoga teus terjaga kebaikannya
yuk naek kereta yuk, biar bebas macet emoticon-Traveller
udah lama ane gak naik keretaemoticon-Malu (S)
tapi kayaknya sekarang lebih bagus dehemoticon-Big Grin
×