alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53d183a2c1cb174b218b4646/ni-pohon-pepaya-ada-apanya-ya-puh
ni pohon pepaya ada apanya ya puh?
maaf ni puh maw nanya n minta di trawang ni pohon pepaya ad apanya nya ya kog gag bisa d tebang sampe2 ad sayembara 2jt buat yg bisa nebang ni pohon..ni pohon pepaya ada apanya ya puh?

lokasi pohon ada di tengah pasar yg lg d renovasi n kbetulan brsebrangan sama candi prambanan puh.

mohon pencerahan nya ya puh..
maaf kl brantakan.
masih nubi jngn di emoticon-Bata (S)
ah masa sih ?
lokasi pohon tsb dimana ?
bsa jd ada penunggunya dsitu. nebang pohon jg seharusnya ada adab2nya. baca bismillah dll. karena pohon jg makhluk hidup ciptaan allah. emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By 6600995
ah masa sih ?
lokasi pohon tsb dimana ?


di prambanan,jogjakarta puh.
tepatnya d pasar sebrang candi prambanan..
Quote:Original Posted By deadmanksih3
bsa jd ada penunggunya dsitu. nebang pohon jg seharusnya ada adab2nya. baca bismillah dll. karena pohon jg makhluk hidup ciptaan allah. emoticon-Smilie


iya gan ini pihak pengelola pasar yg maw d renovasi ampe manggil paranormal buat nebang ntu pohon..
takutnya tar malah jd syirik gan.
aplg bulan puasa giniemoticon-Sorry
Quote:Original Posted By lukabakar88


iya gan ini pihak pengelola pasar yg maw d renovasi ampe manggil paranormal buat nebang ntu pohon..
takutnya tar malah jd syirik gan.
aplg bulan puasa giniemoticon-Sorry


syg jauh, klo dijakarta sy berminat nebang tuh pohon. lumayan dapet 2 jt emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By lukabakar88


di prambanan,jogjakarta puh.
tepatnya d pasar sebrang candi prambanan..


wah..jauh.
itu pohon kemungkinan ada penunggu nya gan emoticon-Smilie
ihh ada demit emoticon-Takut (S)
om daeng noh, lumayan 2juta emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By anjinghutan00
ihh ada demit emoticon-Takut (S)
om daeng noh, lumayan 2juta emoticon-Ngakak


lumayan buat nambah2 uang lebaran emoticon-Shutup
Quote:Original Posted By deadmanksih3
syg jauh, klo dijakarta sy berminat nebang tuh pohon. lumayan dapet 2 jt emoticon-Big Grin


udah naik jd 10jt gan n skrng posisi pohon sudah brhasil d tebang sama 4 orang paranormal..
rame banget gan semaleman pake ritual2 gt.
wah sakti bener tuh pohon emoticon-Takut
Quote:Original Posted By deadmanksih3
lumayan buat nambah2 uang lebaran emoticon-Shutup


10 juta noh, balik modal kalo buat ongkos doang, malah lebih emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By lukabakar88
udah naik jd 10jt gan n skrng posisi pohon sudah brhasil d tebang sama 4 orang paranormal..
rame banget gan semaleman pake ritual2 gt.


kalo di palembang aja ane mau nyoba dah emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By lukabakar88


udah naik jd 10jt gan n skrng posisi pohon sudah brhasil d tebang sama 4 orang paranormal..
rame banget gan semaleman pake ritual2 gt.


wah telat ngasih infonya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By anjinghutan00


10 juta noh, balik modal kalo buat ongkos doang, malah lebih emoticon-Ngakak



kalo di palembang aja ane mau nyoba dah emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


balik modal mah klo pp naik pesawat, menang banyak emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By deadmanksih3
balik modal mah klo pp naik pesawat, menang banyak emoticon-Big Grin


ane dngr sih jadi sgitu hadianya..
tp emng bnr ya itu poon ad penunggunya?
ato cm cari sensasi doang tuw pengelola pasaremoticon-Bingung
Quote:Original Posted By lukabakar88


udah naik jd 10jt gan n skrng posisi pohon sudah brhasil d tebang sama 4 orang paranormal..
rame banget gan semaleman pake ritual2 gt.


Wuiih pengumumanne kok ora dilebokke KR mas, tenane 10 juta?? Lumayan kanggo lebaran.. emoticon-Ngakak
Kuwi cedak halte bis trans kae tho..
Quote:Original Posted By nogobawono
Wuiih pengumumanne kok ora dilebokke KR mas, tenane 10 juta?? Lumayan kanggo lebaran.. emoticon-Ngakak
Kuwi cedak halte bis trans kae tho..


krungu2 semono mas..
hayo mburi halte kae mas..
Walah telatemoticon-Frown padahal ane deket gan, kalau 10 jt mah tadi ane kesitu emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By lukabakar88


krungu2 semono mas..
hayo mburi halte kae mas..


Klo menurut ane tanahnya, bukan pohonnya.. Xixixi..
10 jt dibagi wong 4.. Lumayan lah.. emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By lukabakar88


ane dngr sih jadi sgitu hadianya..
tp emng bnr ya itu poon ad penunggunya?
ato cm cari sensasi doang tuw pengelola pasaremoticon-Bingung


ada, kan bnyak kasus2 serupa emoticon-Big Grin

salah satu contohnya:

Pemprov DKI telah mengorbankan ratusan pohon di Ibu Kota untuk proyek transportasi, khususnya busway. Lebih dari 600 pohon ditebang. Namun ironisnya, Pemprov DKI mempertahankan mati-matian sebuah pohon beringin yang berada di Harmoni Central Busway (HCB), Jakarta Pusat.

Padahal keberadaan pohon beringin tua yang berdiameter lebih dari satu meter itu jelas-jelas menghalangi dan mempersempit jalur busway. Akibatnya, jalur busway yang melewati samping pohon itu harus digeser sedikit menjorok ke arah jalan raya.

Menurut Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono beberapa waktu lalu, pohon itu dipertahankan atas permintaan Dinas Pertamanan DKI. Alasannya karena usia pohon beringin tersebut sudah tua. Selain itu, ukurannya yang besar dan kaidah lingkungan juga menjadi alasan untuk mempertahankannya. Ini boleh jadi bertolak belakang dengan ratusan pohon yang telah ditebang demi proyek yang sama, yakni pembangunan sarana transportasi massal.

Kepala Dinas Pertamanan DKI Sarwo Handayani mengatakan, keputusan untuk mempertahankan keberadaan pohon itu adalah kesepakatan bersama beberapa dinas di Pemprov DKI sebelum membangun HCB. "Ini bukan semata permintaan dari Dinas Pertamanan atau dinas yang lain, tapi ini adalah kesepakatan bersama melalui sebuah pengkajian," ujar Sarwo Handayani saat dihubungi Warta Kota.

Dinas-dinas sepakat untuk tidak menebang pohon tersebut karena keberadaannya tidak mengganggu pembangunan HCB yang rencananya akan dioperasikan September mendatang. "Kalau enggak perlu ditebang ya enggak ditebang," ujarnya.

Ditambahkan, selain pohon beringin di HCB, juga terdapat beberapa pohon lain yang sudah berusia puluhan tahun yang tetap dipertahankan. Di antaranya adalah sebuah pohon mahoni yang terletak di pinggir Kali Molenvliet sisi Jalan Hayam Wuruk. "Ada banyak pohon di situ yang dipertahankan, tapi saya tidak hafal pohon apa saja dan berapa jumlahnya," ujar Sarwo Handayani.

Bikin sakit

Keterangan berbeda didapat dari para pekerja proyek HCB. Mereka mengatakan, pohon beringin tua itu sebenarnya tidak dipertahankan, melainkan tidak ada orang yang sanggup untuk menebangnya. Akhirnya, jalur busway-nya yang ngalah. "Sebelum proyek ini dimulai sebenarnya kontraktor proyek ini sudah berusaha untuk menebang pohon itu, tapi orang-orang yang mencoba menebang pohon ini kemudian jatuh sakit dan ada pula yang sampai meninggal," ujar Yadi, salah seorang pekerja yang membersihkan HCB.

Menurut pekerja asal Demak, Jawa Tengah itu, kontraktor HCB sebenarnya sempat mengadakan sayembara menebang pohon itu. "Bagi siapa yang bisa menebang akan diberi hadiah Rp 50 juta," ujar Yadi. Hal ini dibenarkan Andre, rekan Yadi, yang mengatakan bahwa pohon itu juga dikeramatkan oleh sebagian orang. "Banyak orang yang datang ke pohon ini untuk memujanya, dan ini hampir terjadi setiap hari," tutur Andre.

Orang yang datang, kata Andre, biasanya membawa sebotol air putih yang dipakai untuk menyiram pohon itu. "Habis menyiram, biasanya mereka duduk bersila dan kedua telapak tangannya disatukan. Persis seperti orang yang menyembah raja-raja dalam film," ujarnya.

Kabar mengenai keangkeran pohon beringin itu membuat sebagian pekerja di proyek HCB menjadi takut. "Saya sih belum pernah lihat hal-hal yang aneh, tapi saya enggak mau macam-macam saja, takut kenapa-kenapa," kata Andre. Berbeda dengan Andre, Yadi mengaku pernah diganggu ketika sedang bekerja di dekat pohon beringin itu. "Waktu itu saya sedang membersihkan jalan pakai kompresor. Pas lewat pohon itu tiba-tiba mesinnya mati. Saya coba menghidupkannya lagi tapi enggak mau nyala-nyala. Lalu saya dorong mesin itu menjauh dari pohon, terus saya coba hidupkan lagi mesinnya, ternyata mau hidup," paparnya.

Kejadian itu, kata Yadi, bukan hanya sekali tetapi berulang kali. "Saya sudah tiga kali mengalaminya. Tapi saya sendiri enggak takut untuk tetap bekerja di sini karena belum pernah ada pekerja yang diganggu sampai kenapa-kenapa," ujarnya.

Sumber : Warta Kota