alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53cfbcb71a9975b8318b45f3/cara-mencegah-gigi-berlubang
Cara mencegah gigi berlubang
Malam ini ane coba membagikan artikel mengenai cara mencegah gigi berlubang untuk mengurangi penderitaan terhadap sakit akibat gigi berlubang

Gigi berlubang adalah salah satu penyakit yang membuat sakit bagian mulut. Sakit gigi membuat kita merasa tidak nyaman dan sulit makan apa – apa. Sakit gigi diakibatkan oleh bagian gigi yang berlubang dihinggapi bakteri atau kuman dan menyentuh saraf – sarafnya sehingga terasa sakit. Bila gigi sudah berlubang maka sulit menghindari penyakit sakit gigi ini. Oleh karena itu selama gigi masih sehat maka sebaiknya anda melakukan pencegahan terhadap gigi berlubang. Nah bagaimana cara mencegah gigi berlubang? berikut akan kami bahas satu persatu.

1. Hindari makanan yang asam

Saya menyelidiki dahulu penyebab gigi saya berubang karena kebiasaan saya yang suka makan buah – buahan yang asam seperti mangga. Akibatnya gigi saya pun menjadi mudah keropos sedikit demi sedikit dan meninggalkan lubang.

2. Mengonsumsi buah apel

Buah apel tergolong buah yang memiliki rasa asam, tetapi bermanfaat dalam meningkatkan produksi air liur kita. Air liur dapat membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

3. Mengonsumsi cengkeh

Sewaktu masih kecil saya dahulu sering mengonsumsi buah cengkeh, walaupun rasanya pedis tetapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan gigi karena dapat menguatkannya. Selain itu ternyata cengkeh yang dijadikan minyak dapat membantu membunuh bakteri sakit gigi.

4. Rajin membersihkan dan menyikat gigi

Menyikat gigi rutin setelah makan dapat membantu menghilangkan sisa – sisa makanan yang masih tertinggal. Sisa makanan yang tertinggal dapat menyebabkan kerusakan pada bagian gigi. Oleh karena itu rajinlah menyikat gigi. Namun anda jangan menyikat gigi jika telah selesai makan sesuatu yang asam karena akan mempercepat pengrusakan gigi menjadi berlubang.

5. Kurangi makan – makanan yang mudah menempel

Beberapa jenis makanan seperti cokelat, gula – gula karet mudah sekali menempel di bagian gigi. Bila tidak dibersihkan hingga habis maka ia akan merusak bagian lapisan gigi anda. Oleh karena itu, bila anda pecinta cokelat maka perbanyaklah menggosok gigi hingga beberapa kali dalam sehari.

6. Rutin memeriksakan gigi ke dokter.

periksalah gigi anda setidaknya 6 bulan sekali ke dokter yang ahli. Bila terdapat lubang kecil di gigi maka segera tutupi atau di tambal karena dalam waktu singkat ia akan berubah menjadi lebih besar.

Itulah 6 cara mencegah gigi berlubang dengan mudah dilakukan . Selamat mencoba semoga kita bebas dari masalah gigi berlubang.

sumber
gigi ane berlubang 2 gan.