alexa-tracking

Ini Tips Puasa Buat Bumil

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53cf3faa128b46467f8b4713/ini-tips-puasa-buat-bumil
Ini Tips Puasa Buat Bumil
Ini Tips Puasa Buat Bumil
Berpuasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban bagi setiap Muslim yang beriman. Setiap Muslim diwajibkan menahan hawa nafsu, lapar dan haus mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Meski begitu, ajaran Islam memberi keringanan bagi umatnya yang tak mampu menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan, salah satunya adalah ibu hamil (bumil).

Sebenarnya bumil boleh saja berpuasa, karena beberapa penelitian menunjukkan, puasa justru dapat memberikan dampak positif bagi ibu hamil selama ibu dalam kondisi sehat serta pola makan diatur dengan baik dan asupan nutrisi tetap terjaga dengan seimbang.

Agar bumil dan janin tetap dalam keadaan sehat, ibu hamil boleh berpuasa asal memperhatikan sejumlah tips yang dilansir babycenter.com:

  • Diskusikan dengan dokter kandungan Anda untuk memastikan bahwa kandungan Anda tidak beresiko bila berpuasa. Jika perlu ambil tes sebelum berpuasa.
  • Saat sahur, pilih makanan yang mengandung protein dan lemak dalam jumlah cukup. Kedua jenis zat gizi ini dapat bertahan lebih lama di pencernaan sehingga memperlambat rasa lapar di siang hari. Jangan mengonsumsi makanan manis saat sahur agar tubuh tidak terasa lemas dan cepat lapar.
  • Saat berpuasa, hindari berjalan jauh atau bekerja terlalu berat. Ingat saat ini Anda sedang berpuasa dan mesti berbagi energi dengan bayi dalam kandungan Anda.
  • Ibu hamil mudah merasa kepanasan dan dehidrasi maka itu hindari berpanas-panasan.
  • Saat berbuka puasa, mulailah dengan makanan hangat dan manis. Hindari minuman dingin karena dapat menurunkan kerja lambung.
  • Setelah salat magrib,makanlah dengan porsi lebih besar, tapi jangan langsung kalap. Makan dalam jumlah besar bisa membuat tubuh Anda lemas. Karena itu, makan secukupnya. Anda bisa meneruskan makan Anda kembali setelah salat tarawih.
  • Minum air yang banyak agar tidak dehidrasi. Tidak hanya air putih, ibu hamil juga butuh susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium.
  • Saat hamil, perempuan rentan terkena low back pain alias nyeri punggung bawah yang merupakan penyebab neuropati. Kalau perlu konsumsi suplemen tambahan seperti neurobion tablet putih untuk mencegah nyeri punggung, kesemutan dan kebas akibat membawa beban berat dalam rahim.

Tapi harus diperhatiin juga nutrisinya yah emoticon-Smilie emoticon-Kiss (S)

kehamilan. Zinc penting untuk 2 hal, pertama pertumbuhan yang sempurna dan kedua untuk sistem imunitas tubuh yang sempurna bagi si bayi. Beberapa kepustakaan bahkan mengatakan bahwa jumlah zinc yang tidak mencukupi bisa sampai menyebabkan defisiensi imun pula pada generasi selanjutnya (cucu). Untuk mencegah bayi (bahkan cucu) menjadi bayi yang gampang sakit, konsumsilah minimal 15 mg zinc setiap harinya. Zinc bisa dengan mudah ditemukan dalam makanan tinggi protein seperti daging dan kacang merah.

2. Asam Folat

Asam folat penting untuk dikonsumsi baik sebelum dan selama masa kehamilan untuk memastikan kehamilan berjalan secara sempurna dan juga mencegah terjadinya kelainan congenital (bawaan) pada bayi. Asam folat terkandung dalam sayur mayur berwarna hijau. Kadar yan disarankan adalah 400-800 mikrogram setiap harinya.

3. Magnesium

Kurangnya magnesium dalam makanan sehari-hari adalah hal yang biasa ditemukan. Hal itu bisa meningkatkan risiko terjadinya kenaikan tekanan darah bahkan sampai mengakibatkan kejang dan koma, kondisi yang lebih dikenal dengan nama eklamsia. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, konsumsilah 200 mg magnesium dari makanan seperti kacang, beras dan sayur mayur. Kadar magnesium yang cukup bisa membantu mengurangi gejala yang mengganggu pada kehamilan seperti kram pada kaki dan sulit buang air besar.

4. Vitamin B

Zat tersebut penting untuk energi, pikiran yang jernih dan mengurangi angka kejadian depresi selama kehamilan. Vitamin B sebesar 200 mg sudah dibuktikan membantu kesehatan wanita yang menderita diabetes saat kehamilan. Dosis itu kemudian diturunkan menjadi 100 mg pada bulan terakhir kehamilan. Untuk calon-calon ibu, 25-50 mg perhari disertai vitamin B12 sangat baik untuk menjaga kesehatan sel-sel saraf.

5. Minyak ikan

Otak manusia didominasi oleh DHA, suatu asam lemak essensial yang terkandung dalam minyak ikan. Itulah salah satu penyebab mengapa banyak orang mengatakan harus banyak makan ikan kalau mau pintar. DHA sangat diperlukan untuk membantu perkembangan otak bayi agar optimal dan juga mengurangi risiko depresi paska melahirkan.

6. Kalsium

Idealnya, ibu hamil mengkonsumsi 1500 mg kalsium setiap harinya. Waktu terbaik untuk mengkonsumsinya adalah pada malam hari dalam bentuk cairan, serbuk maupun tablet yang dikunyah. Satu gelas susu atau yoghurt mengandung 400 mg kalsium.

7. Zat besi

Sekitar 18-36 mg zat besi perhari sangat baik dikonsumsi ibu hamil untuk menghindari terjadinya anemia, kelelahan, daya ingat yang buruk dan menurunnnya sistem ketahanan tubuh.

8. Air

Saat hamil volume darah meningkat sekitar 30%, sehingga sangat mudah bagi wanita hamil untuk mengalami dehidrasi. Minum banyak air di saat kehamilan sangat membantu hal itu. Kadar garam yag secukupnya juga membantu mengatasi dehidrasi.

9. Hindari

Hindari mengkonsumsi vitamin A lebih dari 8000 u per hari.



TIPS HAMIL SEHAT

Makan 4 sehat 5 sempurna
Konsumsi asam folat dan kalsium
Cuci bahan pangan sebersih mungkin sebelum diolah
Cuci tangan sebelum dan sesudah makan
Hati-hati dalam mengkonsumsi obat dan jamu
Hindari bercocok tanam untuk menghindari infeksi TORCH
Rutin berolahraga ringan sesuai kemampuan
Rutin cek kehamilan setiap bulannya
- See more at: http://udoctor.co.id/gaya-hidup-seha....K8BKN2tT.dpuf

Quote: