alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53ccd064902cfeb1398b469e/kaki-bengkak-setelah-jatuh-tapi-tidak-patah-tulang
Kaki bengkak setelah jatuh tapi tidak patah tulang
Misi gan,. ane mau tanya,.
5 hari yang lalu ane kecelakaan,. kaki kanan ane luka sebesar kurang lebih 15x3 CM di pas pergelangan telapak kaki,. jadi kaki ane ga bisa ditekuk (bisa tapi perih)...

ane yakin kaki ane ga patah tulang atau retak... pertolongan pertamanya ane basuh air bersih trus ane lap.. mlm nya baru tak betadine... dan kaget nya,. pagi hari nya ane nemuin kaki ane mah jadi gede gan,. seperti bengkak gitu,. tapi ga keras tuh bengkak nya, tak pencet tekturnya lembut, kayak busa gtu...

trus ane priksa in deh ke dokter sore nya.. (pagi kerja dulu gan)...
nah pas di dokter, dokternya langsung bersihin luka ane dan dikasih betadine lagi (semacam anti septic lah).. trus dikasih obat anti biotik dan obat pereda nyeri... 2 macam obatnya,,

hari kedua,. pas ane bangun tidur,. ane kaget ngeliat luka ane yang udah mulai kereng/ngoreng (meski belum semua) ini dikrubutin semut gan.... trus ane tanya temen ane,. katanya kalo darah kita dikrubutin semut, itu artinya kita punya potensi diabetes atau darahnya ada kadar gula berlebih... trus ane bilas lukanya pake air anget,. mlm nya ane ngecek gula darah,. dan gula darah ane 163 dengan batas normal 110-140,. berati ane potensi diabetes ya gan,.?? atau udah positif,.?? kondisi ane pas cek gula darah adalah habis buka puasa 1 jam yang lalu...

nah pagi ini obatnya tuh sudah habis,, tapi bengkak ane tetep ga berkurang ukurannya... tetep gede meski sekarang udah ga sakit untuk jalan... luka pun udah kering, tapi ada beberapa bagian diluka yang malah terbuka dan keluar nanah bercampur darah.. banyak nanah nya sih... trus bengkanya juga tetep,. tak pencet2 ga sakit, tapi bengkak nya itu pas tak pencet malah lembeh kayak busa gitu,. tak pencet pake jari dalem bgt,. malah ngecap jempol ane gan,. ane bingung harus diapain nih kaki,. jadi ga bisa pake sepatu karena ukurannya yan gede...

mohon solusi nya agan-agan semua,. maaf belum bisa kasih pict kaki ane,.
nanti deh tak update utk ngeliatin poto kondisi kaki ane...
ga ada yang tau ya gan,.??
kalo pgn tau patah atau tidak di rontgen gan.,kalo masalah bengkak bisa karena reaksi peradangan akiat trauma itu.,itu gula darah acak gan?sebaiknya periksa gula darah puasa/2jampp.,sebaiknya jaga higieni dari luka tsb supaya tdk menimbulkan infeksi sekunder.
Quote:Original Posted By dicipoknogo
kalo pgn tau patah atau tidak di rontgen gan.,kalo masalah bengkak bisa karena reaksi peradangan akiat trauma itu.,itu gula darah acak gan?sebaiknya periksa gula darah puasa/2jampp.,sebaiknya jaga higieni dari luka tsb supaya tdk menimbulkan infeksi sekunder.


makasih masukannya gan,.
kata dokter kemarin ini kena infeksi karena telat di bersiin pas pertama kali jatuh,. tapi ini udah hampir 10 hari tapi tetep aja kaki ane gede kayak bengkak,. tapi ini bengkak nya ga keras, justru malah lunak...
kalo masalah gula darah, kata temen sik karena kemaren cek habis buka puasa, jadi tinggi kadarnya....
Quote:Original Posted By PusatDistribusi
160an itu sudah di atas normal gan

soalnya sktr 2 bulan lalu, saya cek gula darah cuma 130an (sktr jam 11an), itupun paginya abis nelan 1/2 biji semangka (sktr 1.5 kg semangka), biasanya sih normal

harus jaga makan mulai dari skrg

pembengkakan itu normal, tubuh sedang mencoba memperbaiki kerusakan.....tapi kalau ada diabet, perbaikan akan sulit


iye ane tau diabet itu sangat rentan sekali sama luka,. trus solusi kaki ane gimana gan,.??
Quote:Original Posted By kokosip


iye ane tau diabet itu sangat rentan sekali sama luka,. trus solusi kaki ane gimana gan,.??


diabet itu "mother of disease" gan .,ya menurut ane ditelateni aja ngrawat lukanya.,semuanya ga ad yang instan gan.,kompres air dingin gan.,obt dari dokter lanjutin.,ane ga bs ngmg bnyak ga ad fotonya gan .hehhe
×