alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53c6c560de2cf235568b4586/jangan-seduh-minuman-jahe-dengan-air-panas
Inspiratif 
icon-hot-thread
Jangan Seduh Minuman Jahe dengan Air Panas
Jangan Seduh Minuman Jahe dengan Air Panas

Jangan Seduh Minuman Jahe dengan Air Panas


Quote:Allhamdulillah HT ke 48 emoticon-Malu (S)
thanks all emoticon-Malu (S)
Jangan Seduh Minuman Jahe dengan Air Panas


Spoiler for GAK REPOST:


Quote:Jangan Seduh Minuman Jahe dengan Air Panas

KOMPAS.com - Wedang jahe atau minuman jahe sudah sejak lama disukai sebagai teman di cuaca dingin. Rasa hangat setelah menyeruput minuman ini bahkan dipercaya mampu mencegah penyakit flu.

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari minuman ini, jahe sebaiknya tidak diseduh dengan air yang terlalu panas. Menurut pakar herbal dr Abrijanto, jahe yang diseduh dengan air yang suhunya mendekati mendidih (100 derajat celcius) akan kehilangan senyawa aktif yang dikandungnya. Padahal senyawa aktif itulah yang sebenarnya dicari untuk mendapatkan manfaat dari jahe.


Jangan Seduh Minuman Jahe dengan Air Panas
Note : Wedang Jahe emoticon-Malu (S)


Sayangnya, selama ini banyak orang yang mengolah jahe dengan cara merebusnya, kemudian diminum panas-panas. Dengan cara tersebut, kata dia, jahe tidak lagi mengandung senyawa aktif, misalnya flavonoid dan saponin, karena sudah rusak terkena air dengan suhu yang terlalu panas.

Flavonoid dan saponin merupakan senyawa yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Flavonoid dan saponin berperan sebagai agen anti-inflamasi, antijamur, anti-kanker, hingga mengungatkan sistem imun tubuh.


Jangan Seduh Minuman Jahe dengan Air Panas
Note : Struktur Flavonoid emoticon-Malu (S)


Ciri-ciri bahan herbal mengandung flavonoid dan saponin adalah ketika diaduk dengan air maka akan menghasilkan busa. Namun ketika terkena air mendidih maka senyawa ini akan rusak dan hilang.

Namun memang benar jahe lebih sedap bila diminum dalam minuman panas. Karena itu, Abrijanto menyarankan supaya jahe cukup diseduh dengan air yang suhunya 60-70 derajat celcius. Suhu tersebut sesuai dengan suhu air hangat dari dispenser.


Jangan Seduh Minuman Jahe dengan Air Panas
Note : Skema Saponin emoticon-Malu (S)


"Saat diseduh dengan air mendidih, jahe memang akan kehilangan senyawa flavonoid dan saponin, tetapi masih terasa hangat, itu karena kandungan minyak atsirinya yang masih tahan dengan suhu panas," jelas lulusan Ilmu Farmasi Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Lebih lanjut Abrijanto mengungkapkan, bukan hanya jahe, semua bahan herbal sebaiknya juga tidak diseduh air mendidih. "Semua bahan herbal mengandung senyawa aktif yang rata-rata rusak dengan suhu panas, misalnya tanin pada teh," ujarnya.


Jangan Seduh Minuman Jahe dengan Air Panas
Note : Fakultas Kedokteran UI emoticon-Malu (S)


Jangan Seduh Minuman Jahe dengan Air Panas
Jangan Seduh Minuman Jahe dengan Air Panas
Jangan Seduh Minuman Jahe dengan Air Panas

Quote:Original Posted By colot_nay
Ini yang perlu diluruskan gan... kebanyakan dari kita jarang yang memperhatikan manfaat yang sebenarnya dari sebuah minuman sehingga cara pengolahannya pun salah, minuman jahe misalnya.. kebanyakan kita cuma nyari rasa dan hangatnya saja, padahal dibalik minuman itu ada juga kandungan yang baik untuk kesehatan... semoga masik banyak yang gak salah lagi dalam pengolahhnya emoticon-I Love Kaskus (S)


Quote:Original Posted By Gaaaz
waduh baru tau ane emoticon-Hammer
selama ini nyeduh pasti pake air mendidih..

btw sari2 jahe yg di sachet2 itu juga berarti udah gak ada efek apapun dong..
krn kan diolah dgn suhu tinggi pas pengeringan ekstraknya emoticon-Bingung (S)

nice thread.. cek kulkasnya gan emoticon-Cendol (S)


Quote:Original Posted By popocoy
Nah lho...

Selama ini gw salah kaprah gan...

Selama ini ane rebus Jahe, Kencur, Sereh, Jeruk Nipis buat jamu batuk sampai sangat sangat mendidih.

Tengkyu atas thread nya gan, jadi terbuka mata ane


Quote:Original Posted By popocoy
Nah lho...

Selama ini gw salah kaprah gan...

Selama ini ane rebus Jahe, Kencur, Sereh, Jeruk Nipis buat jamu batuk sampai sangat sangat mendidih.

Tengkyu atas thread nya gan, jadi terbuka mata ane


Quote:Original Posted By tasranssel
Manfaat Jahe untuk tekanan Darah Tinggi Untuk Cara memakainya Cukup mudah, Rendam Kaki dengan Air jahe hangat selama kurang lebih 15 Menit, Dengan cara ini membantu sirkulasi darah dengan cara refleksologi untuk menurunkan tekanan darah. Manfaat Jahe Sebagai pereda flu, pilek dan sakit kepala Sudah sekian lama Jahe di Percaya mampu menyembuhkan Sakit kepala, pilek dan Flu Caranya Ambil jahe segar (500 gr). Jahe segar ini kemudian diiris dan direbus dalam air panas selama 20 menit, lalu tambahkan gula merah (100 gr), kemudian minum 4 hingga 5 kali sehari. Banyak orang telah menggunakan resep ini dan sembuh dari flu dan pilek. merebus jahe dengan air mendidih untuk membuat teh jahe. Dalam penyajiannya ditambahkan madu, irisan buah jeruk atau lemon. Bisa juga untuk membuat permen. Atau juga bisa dengan merendam kaki sampai pergelangan dalam air jahe panas. Tambahkan garam dan cuka serta tambahkan air hangat secara bertahap terus menerus. Rendam sampai kaki berubah menjadi merah, metode ini sanagat baik untuk menghilangkan sakit kepala dan batuk. Khasiat Jahe Untuk Migren. Caranya dengan merendam tangan dalam air jahe hangat selama 15 menit. Semoga dapat membantu meringankan rasa sakit. Obat Alami Kerusakan Gigi Dengan Jahe Ternyata oh ternyata Jahe bisa di Gunakan untuk mencegah kerusakan gigi lo, Caranya adalah dengan Minum air jahe hangat atau wedang jahe. Ketika mabuk, air jahe akan meningkatkan sirkulasi untuk membantu menghilangkan etanol dari tubuh. Dapat pula ditambahkan madu biar lebih enak. emoticon-I Love Kaskus (S)



Selamat atas response terbaik di trid ane emoticon-Smilie
anda akan mendapatkan beberapa GRP dari TS emoticon-I Love Kaskus (S)



Quote:Original Posted By danny64x2
maaf ya, gan...ane ga setuju sama sekali ama berita ini...

pertama, wedang jahe asli...jahenya dibakar...di kulit jahe, suhunya sepanas apinya...didalem jahe tentu lebih dingin...gunanya cuman mengeluarkan cairan jahe dari dalam daging buahnya...tanaman jahe menyimpan cadangan makanan pada akarnya (umbi)...setelah matang, jahe dipukul pake martil kayu...hingga kayak tebu yang habis digigit dan diserot airnya sama mulut kita...bakaran yang udah dirajah itu dipake buat ngaduk di gelas yang udah berisi air panas...kadang kalau kulit jahe bakaran udah dibersihin, umbi jahenya dibiarin disitu/di gelas...baru disajikan...lebih nikmat disajikan dengan gula batu, bukan dengan gula pasir

semua molekul organik yang terekstrak keluar dari umbi jahe bakaran akan larut dalam air, tidak ada yang menguap...yang menguap murni air dan aroma yang tercium adalah minyak atsiri yang terkandung dalam jahe...

agan tetap dapat manfaat dan khasiatnya...

senyawa organik, flavonoid dll...itu titik didihnya tinggi...menguap pada suhu tinggi...protein sederhana seperti asam amino akan terurai / rusak pada temperature 50 degC...senyawa organik itu senyawa kompleks...dan jumlahnya milyaran molekul...agan ga akan keabisan sama sekali...

salam,
danny64x2


wah ane demen nih gan minum jahe emoticon-Matabelo

emoticon-Recommended Seller semoga HT emoticon-I Love Kaskus (S)
wah baru tau nih ane.,ane bntu rate gan blom isso.,smga HT
waah benaran nih?
weleh... pantes... minumin jahe.. bengkak kaga berkurang.... ternayata salah cara bikin nya... emoticon-Hammer (S)
lha repost kok jadi HT yah?

tadi nemu 5 trit yang sama,

eh ini duluan ternyata subub emoticon-Big Grin

bener juga tuh gan kalau kepanasan emang juga ga bagus, kita nunggu mo minumnya jadi lama karena nunggu agak adem emoticon-Big Grin
mantap hasil riset langsung dari FKUI emoticon-Malu (S)
nice inpo gan, wah baru tahu ane klo mau minum aer jahe g boleh pake aer mendidih
waduh, padahal aku biasa seduh jahe pakai air panas emoticon-Cape d... (S)
untung aja ane ga pernah pake air mendidih ..soalnya males nunggu bisa diminum nya
ane ga suka minum jahe emoticon-Big Grin
termasuk kesukaan ane nih..!! disaat pusing/ masuk angin, suhu dingin, dan disaat ngantuk disiang bolong dikantor. wuuuuuiiiih segeeer bro... emoticon-Toastemoticon-Toast
tapi kalo kopi item enak air mendidih gan... emoticon-Ngakak
emoticon-Jempol mantap gan infonya. baru tau ane. kalo jahe susu gimana ya, hilang juga gak ya khasiatnya emoticon-Bingung (S)
Kalo yang jamu kayak gitu gimana gan?emoticon-Bingung (S)
Mesti campur pake Es batu dong gan? emoticon-Bingung (S)
good idea haha, jadi tau sekarang ane emoticon-Kiss
Begitu yah emoticon-Wink
Cuman udah kebiasaan dari dulu di seduh emoticon-Frown
Ini yang perlu diluruskan gan... kebanyakan dari kita jarang yang memperhatikan manfaat yang sebenarnya dari sebuah minuman sehingga cara pengolahannya pun salah, minuman jahe misalnya.. kebanyakan kita cuma nyari rasa dan hangatnya saja, padahal dibalik minuman itu ada juga kandungan yang baik untuk kesehatan... semoga masik banyak yang gak salah lagi dalam pengolahhnya emoticon-I Love Kaskus (S)