alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53c37e2fc3cb17671e8b458d/pengetahuan-mengenai-hal-supranatural-perlu-engga-sih
Pengetahuan mengenai hal supranatural perlu engga sih?
Permisi para suhu admin dan moderator, perkenankan ane bertanya mengenai perlu engga nya kita mengetahui hal supranatural dalam kehidupan kita?
emoticon-I Love Indonesia (S)

terus terang ane sudah lama engga sembahyang dan beribadah, karena "pilihan" agama yang ada kurang cocok dalam pemikiran ane.
emoticon-Hammer2emoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Please


ane sedikit tertarik dalam hal spritual ataupun supranatural, hanya saja terkadang muncul sanggahan dalam benak ane, secara ane orang awam tidak memiliki kemampuan atau ilmu ttg supranatural.
emoticon-Sorry

point pertanyaan ane muncul karena saya kuatir jika tindakan atau perbuatan ane mengganggu mahkluk ghaib karena ketidak tahuan ane.emoticon-Cool
contoh misalnya acara pindah rumah, memotong pohon besar, dll.
makasih para suhu atas pencerahannya
emoticon-Shakehand2
klo agan sedang menggeluti supra ya perlu emoticon-Big Grin
tp klo ga ya woles aja emoticon-Ngacir


tp sedikit2 sih kudu ngarti biar ga ketepu emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By w4rn0ofm4n
klo agan sedang menggeluti supra ya perlu emoticon-Big Grin
tp klo ga ya woles aja emoticon-Ngacir


tp sedikit2 sih kudu ngarti biar ga ketepu emoticon-Ngakak (S)


ane awam banget mengenai kehidupan supra.
kadang pinging menggeluti, kadang galau tidak percaya. labil abis dah
emoticon-Kaskus Radio

emang kalo engga ngerti, bakal ketipu gimana suhu?
emoticon-Matabelo
supranatural hadir dikarenakan spiritual, tanpa supranatural, spiritual tidak hadir

jadi..

gak perlu gan emoticon-Smilie
Perlu atau tidak, itu pilihan.

Spiritual sdh ada sblm agama muncul, karena sdh kodratnya manusia untuk mencari si sumber kehidupan sbg tempat bergantung. Contoh pada jaman animisme & dinamisme.

Sedangkan supranatural akan selalu beriringan dengan spiritual. Maka sekali lagi, perlu atau tidak, itu pilihan.

emoticon-Ngacir
ikutin sepuh diatas yaitu pilihan gan emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By almasy.noceng
supranatural hadir dikarenakan spiritual, tanpa supranatural, spiritual tidak hadir

jadi..

gak perlu gan emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By squiddy
Perlu atau tidak, itu pilihan.

Spiritual sdh ada sblm agama muncul, karena sdh kodratnya manusia untuk mencari si sumber kehidupan sbg tempat bergantung. Contoh pada jaman animisme & dinamisme.

Sedangkan supranatural akan selalu beriringan dengan spiritual. Maka sekali lagi, perlu atau tidak, itu pilihan.

emoticon-Ngacir


ane setuju sama gubes dan puh cumi. emoticon-Recommended Seller
ya tergantung sih
Quote:Original Posted By squiddy
Perlu atau tidak, itu pilihan.

Spiritual sdh ada sblm agama muncul, karena sdh kodratnya manusia untuk mencari si sumber kehidupan sbg tempat bergantung. Contoh pada jaman animisme & dinamisme.

Sedangkan supranatural akan selalu beriringan dengan spiritual. Maka sekali lagi, perlu atau tidak, itu pilihan.

emoticon-Ngacir


wow bijak sekali puh Cumi..
salim puh..
emoticon-Salaman
Quote:Original Posted By nogobawono
ya tergantung sih


Mati dong puh klo tergantung emoticon-Ngakak
perlu........

tidak.......

perlu.......

tidak.......

tau ahhhhh
Quote:Original Posted By davelavega
perlu........

tidak.......

perlu.......

tidak.......

tau ahhhhh


puh ngitung jari atau ngitung kelopak bunga?
bisa iya bisa tidak emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By alradjaku


puh ngitung jari atau ngitung kelopak bunga?


Keduanya itu guru emoticon-Peace
Quote:Original Posted By thong.thong


Keduanya itu guru emoticon-Peace


antum siapa???
ane bukan guru!
rata2 para suhu jawabannya tergantung.
ane ganti deh pertanyaannya.
ada untungnya engga bila kita mengetahui hal supranatural?
karena nurut ane berdasarkan info yg ane dapet, "ritual" supranatural terkadang malah merugikan pihak lain (entah manusia, mahluk gaib, ataupun hewab2 sebagai tumbal)
sedangkan kalo kita tidak melakukan ritual tsb, kadang malah bisa merugikan kita sendiri.

kasus menarik yg saya sering denger mengenai ritual pindah rumah, renovasi, ciswak, dll.
katanya kalo kita engga usir mahluk gaib tsb, hidup kita bakal banyak gangguan. kalo diusir, takutnya ada dendam dll.
emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By JailaniJailani
rata2 para suhu jawabannya tergantung.
ane ganti deh pertanyaannya.
ada untungnya engga bila kita mengetahui hal supranatural?
karena nurut ane berdasarkan info yg ane dapet, "ritual" supranatural terkadang malah merugikan pihak lain (entah manusia, mahluk gaib, ataupun hewab2 sebagai tumbal)
sedangkan kalo kita tidak melakukan ritual tsb, kadang malah bisa merugikan kita sendiri.

kasus menarik yg saya sering denger mengenai ritual pindah rumah, renovasi, ciswak, dll.
katanya kalo kita engga usir mahluk gaib tsb, hidup kita bakal banyak gangguan. kalo diusir, takutnya ada dendam dll.
emoticon-Bingung


untung....

rugi.....

untung.....

rugi......

benahin lg pemahamannya gun
perlu perlu ga perlu sih kalau menurut ane
Quote:Original Posted By alradjaku
puh ngitung jari atau ngitung kelopak bunga?


ngitung pengertiannya TS

emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By squiddy
Perlu atau tidak, itu pilihan.

Spiritual sdh ada sblm agama muncul, karena sdh kodratnya manusia untuk mencari si sumber kehidupan sbg tempat bergantung. Contoh pada jaman animisme & dinamisme.

Sedangkan supranatural akan selalu beriringan dengan spiritual. Maka sekali lagi, perlu atau tidak, itu pilihan.

emoticon-Ngacir

kereeeeeeeeeeeen emoticon-Matabelo



bikin tambah emoticon-Peluk