alexa-tracking

manfaat jengkol dan pete bagi kesehatan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53c2ca941cbfaa4c328b45dd/manfaat-jengkol-dan-pete-bagi-kesehatan
manfaat jengkol dan pete bagi kesehatan
permisi agan-agan semua..
ini thread pertama ane..
sory kalau masih berantakan.emoticon-Sorry
maaf juga kalo emoticon-Blue Repost
semoga bermanfaat..terima kasih..

Manfaat Jengkol

Makanan yang biasa dijadikan lalapan ini memang cukup beraroma tidak sedap, namun banyak sekali orang yang menggemari lalapan yang satu ini. Jengkol merupakan jenis lalapan yang bisa juga disantap menjadi menu lainnya bagi pecinta jengkol. Manfaat jengkol bagi kesehatan memang belum banyak diketahui.

Banyak orang yang meremehkan jengkol karena jika terlalu banyak makan jengkol maka akan menimbulkan penyakit. Selain itu baunya yang menyengat membuat sebagian orang enggan untuk menyentuh jengkol karena khawatir akan membuat bau badan dan bau mulut menjadi tidak sedap.
Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

manfaat-jengkol
manfaat jengkol dan pete bagi kesehatan
Jengkol sebenarnya memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga mengandung asam jengkolat, vitamin dan mineral. Jengkol juga bersifat diuretic sehingga mampu memperlancar pembuangan urine dan sangat baik bagi penderita jantung koroner. Karena sifatnya yang sangat baik dalam membantu mengatasi masalah pencernaan, maka jengkol menduduki urutan kedua sebagai bahan pelangsing perut selain apel.

Manfaat jengkol yang lain bagi kesehatan adalah kemampuannya dalam mencegah serta mengobati penyakit diabetes. Hal ini karena jengkol memiliki kandungan asam serta mineral yang tinggi. Namun sayangnya, asam jengkolat yang ada pada jengkol ini memiliki yang tidak mudah larut serta berbentuk Kristal sehingga menimbulkan efek negative jika mengonsumsinya secara berlebihan. Dalam banyak kasus, asam jengkolat menyebabkan susah buang air kecil jika jengkol dikonsumsi secara berlebihan karena ginjal tidak mampu menyaring jumlah asam yang masuk karena telah melewati ambang batas yang seharusnya.

Jengkol kaya nutrisi seperti karbohidrat , vitamin A, vitamin B , protein , kalsium, fosfor , steroid , tanin , Saponin dan Glikosida . Dan tidak hanya itu kandungan vitamin C dalam jengkol dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita , dan membantu kerja enzim pada tubuh kita dan membantu respirasi selular. Kalsium yang terkandung dalam jengkol membantu pertumbuhan tulang dari tulang dalam tubuh untuk tumbuh dan menjadi kuat .

Untuk orang dewasa kalsium sendiri untuk membantu merawat kesehatan tulang untuk menghindari kerentanan tulang atau ostioforosis. Manfaat jengkol yang lain yaitu mencegah penyakit kurang darah atau anemia.


Manfaat Petai

Lalapan yang satu ini tidak kalah aromanya denga jengkol. Pete merupakan lalapan dengan aroma khas dan banyak sekali peminatnya. Ternyata lalapan yang berwarna hijau dan kecil ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat pete bagi kesehatan sudah bukan lagi menjadi sebuah rahasia umum.

Di Indonesia, pete atau yang dikenal petai kesehatan tubuh sering digunakan sebagai lalapan ataupun dimasak dengan sayuran yang lain. Pete memiliki bau yang sangat tajam dan menusuk, jauh lebih tajam daripada jengkol. Tanaman pete bisa ditemukan dimana saja.
Manfaat Pete Bagi Kesehatan
manfaat jengkol dan pete bagi kesehatan
manfaat-pete

Pete dalam perkembangannya memang ditujukan sebagai alternative pengobatan untuk penyembuhan penyakit tertentu. Didalam pete terdapat 3 macam gula alami yaitu fruktosa, sukrosa dan glukosa serta berbagai gabungan serat yang tinggi. Dengan hadirnya ke-3 jenis gula tersebut membuat manfaat pete bagi kesehatan semakin meningkat, salah satunya pete sebagai sumber energy.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan jika mengonsumsi pete 2 buah maka mampu menambah tenaga dalam tubuh sekitar 90menit. Maka tidak mengherankan jika akhirnya banyak atlet yang mengonsumsi buah ini sebagai sumber energy tambahan.

Pete mampu mengurangi tingkat depresi pada seseorang karena mengandung vitamin B6 dan tryptophan yang mampu mengendalikan emosi agar menjadi lebih tenang, Pete juga dikonsumsi baik bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi karena memiliki kadar garam yang rendah namun kalium sangat tinggi.

Kalium yang sangat tinggi ini mampu meningkatkan konsentrasi kinerja otak sehingga bisa meningkatkan kecerdasan otak. Hal ini sangat penting terutama bagi pertumbuhan otak pada usia anak-anak sehingga bisa mendapatkan tingkat kecerdasan yang lebih baik. Pete juga baik bagi penderita rokok untuk berhenti dari kegiatan merokok, karena kandungan magnesium, vitamin b6, b12 serta kalium mampu menghambat rangsangan akan kebutuhan nikotin sehingga para perokok jika mengonsumsi pete akan merasa tidak ingin merokok lagi.

Selain di konsumsi, pete juga bisa digunakan sebagai anti nyamuk jika dioleskan ke kulit. Memang hasilnya kulit akan menjadi berbau namun cara ini sangat ampuh jika digunakan untuk mengusir nyamuk. Ternyata manfaat pete memang sangat banyak..emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-Malu (S)
image-url-apps
ane suka nih tengkyu gan Thread nya
image-url-apps
Quote:


sama-sama agan..hehe
KASKUS Ads
nice info gan..baru aja ane makan sambel pete..yummy!!
dejavu nih.. baru banget liat jengkol emoticon-Hammer (S)
image-url-apps
Klw habis makan pete . ciba kamu minum kopi luwak white koffii . dijamin anda buang air kecil tdk bau . yg ada bau white koffi nya . pengalaman saya . karna saya hobi makan pete .
×