alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53c223cf128b460d3a8b45aa/cerita-saya-tentang-kuku-cantengan
Smile 
Cerita saya tentang kuku Cantengan
Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman selama 6 bulan menderita penyakit sepele namun bombastis rasanya yaitu cantengan. Siapa tau agan dan aganwati menderita hal yang sama emoticon-Malu (S)

Spoiler for Apa itu cantengan:


awal penderitaan

Sekitar 6 bulan yang lalu saya menggunting kuku seperti biasa. Satu demi satu mulai digunting sampai akhirnya ke bagian jempol kaki. Niatnya sih pengen bersih. . Jadi greget ngeliat ada kotoran hitam nyempil di sudut kuku walau cuman sedikit. Akhirnya digunting sampai bagian dalam sampai bersih.

3 Hari kemudian ko rasanya ada yang senut-senut di sudut jempol kaki. Ternyata bengkak dan berwarna merah..

Alamak, sakit nian rasanya.. pakai sepatu jadi sakit. akhirnya pakai sendal ke kantor setiap harinya.

Obat-obat dan tips yang ngga ngefek

Saya cari-cari di Internet resep obat-obatan kuku cantengan, dari mulai rendem pake air hangat campur garem, salem, betadine bahkan beli obat2 herbal ngga ada yang ngefek.

Logika yang ngga ngaruh

Saya sempat berfikir, kalau masalah cantengan itu adalah kuku yang menusuk daging, kenapa ga di potong aja kuku yang tajamnya? bukankah langsung beres? Akhirnya saya potong lagi kuku yang tajamnya dan semakin ke dalam kukunya.

Sehari berasa enak gan, Tapi pas besoknya kambuh lagi emoticon-Cape d... (S)

Malah makin parah karena kukunya tambah dalem.

Sakit yang didiamkan

Hari-hari dilalui dengan biasa tanpa sepatu, ternyata udah 6 bulan. saya lupa kalau ada masalah di jempol kaki. Sakit udah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Abisnya udah ga nemu solusi..

Al hasil keadaan tambah parah. . Jempol kaki berwarna hitam dan bernanah.
MasyaAllah. . Sakitnya ngga nahannnnn emoticon-Berduka (S)

Menutuskan untuk cabut kuku

Setelah genap 6 bulan saya memutuskan untuk cabut kuku ke klinik 24 Jam di Bogor. Pagi-pagi pukul 06.00 saya berangkat ke klinik di temenin adik. Kenapa harus berangkat pagi, karena biar otot-otot dan pembuluh darah di kaki masih lemas dan dingin.

Rasanya tuh deg-deg an, ngebayangin sakitnya gimana. . tapi demi sembuh, saya harus segera akhiri penderitaan ini gan !!

Sampai di tempat klinik, saya di marahin sama dokter. Maklum lah, kadang ada dokter yang ngga suka sama pasien yang mendiamkan penyakit. Selaku pasien yang sangat merasa bersalah, saya hanya terdiam dan mengiyakan perkataan si dokter

Al Hasil dokter memberikan 2 solusi.

  • Mau di cabut dan diambil nanah dikuku

  • Mau diambil nanah nya aja


Akhirnya saya milih dicabut dan diambil nanahnya, karena takut kalau di ambil nanahnya aja kuku yang tajam masih ada dan kembali terulang. Kebayang sakitnya cabut kuku emoticon-Berduka (S)

Syukur Alhamdulillah ternyata kata dokter di bius ba'al dulu. Jadi kita ngga akan berasa apa-apa walau kita sadar emoticon-Malu (S)

Proses pencabutan kuku

  • Suntik BIUS


Bagian ini rasanya sakit banget gan. kaki Agan bakal ditusuk sama jarum yang menyemprotkan cairan yang mematikan semua Saraf-saraf agan emoticon-Berduka (S)

kaki akan berasa kaku sementara waktu sampai dokter test dengan cara kuku kita dipukul-pukul dan dicubit sambil ngomong

"Masih berasa sakit ngga?"
"Tolong bedakan mana berasa mana sakit ya"

Ketika kita sudah bilang iya..
Maka cabut kuku dimulai

  • Pengambilan nanah (Darah Putih)


Agan tau kan penyebab kuku kita sakit dan bengkak adalah adanya darah putih di sekitar kuku. Jadi sebelum dicabut, jempol agan bakal di sobek dan dikeluarin tuh darah putih. Sampai jempol sudah tidak bengkak lagi dan siap untuk dicabut

  • Cabut Kuku


Dibagian sini kuku akan dibagi menjadi dua terlebih dahulu. Agan ngga akan kesakitan, bahkan ga merasa apa-apa karena efek obat bius.
Oh iya , katanya ada juga dokter yang punya metode langsung cabut kuku secara utuh, ngga dibagi dua dulu.

  • Pembersihan


Setelah kuku tercabut, Dokter membersihkan semua bagian-bagian kotor dijempol agan biar bersih.

Pasca cabut kuku dan penyembuhan

Setelah 2 Jam cabut kuku, Saya jamin agan bakal guling-guling karena obat biusnya ilang, dan menyebabkan rasa sakit dan ngilu di kaki. Saya aja sampai nangis emoticon-Berduka (S)

Tapi tenang aja, dokter sudah nyiapin obat anti nyeri. Harus buru-buru diminum biar hilang rasa ngilunya. Saya aja sampe batalin puasa emoticon-Malu (S)

Besoknya Penampilan Jempol kaki mengerikan banget, kuku ngga ada, yang ada hanya darah kering dan lendir2 darah putih.

solusi biar lukanya cepet sembuh adalah dengan cuci dengan rivanol dan oleskan madu 3 kali sehari.

Tapi Jangan dimakan jempolnya gan setelah diolesi madu emoticon-Ngakak

Spoiler for Tips buat agan-agan :


Spoiler for Yang daerah Bogor buka:


Sekarang saya lagi masa-masa penyembuhan. . Doakan semoga cepat sembuh ya gan emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)
thx sharenya moga2 cepet sembuh gan emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By patchkom
thx sharenya moga2 cepet sembuh gan emoticon-Rate 5 Star


Thank You gan emoticon-Malu (S)
Waduh ngeri juga ya emoticon-Takut (S)

btw thanks udah share semoga agan cepat sembuh emoticon-Cendol (S)
aduuh jadi ngeri gan... apa lagi kukunya gk ada.. gk bisa pk spatu dong..?? emoticon-Takut
Quote:Original Posted By umatrasul
aduuh jadi ngeri gan... apa lagi kukunya gk ada.. gk bisa pk spatu dong..?? emoticon-Takut


Seminggu gan ngga pake sepatu. Sekarang ane udah sembuh total dan bisa main futsal emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By sarnata
Seminggu gan ngga pake sepatu. Sekarang ane udah sembuh total dan bisa main futsal emoticon-Ngakak


ane paham sih gan kl dokternya marah emoticon-Ngakak
ane abis cabut kuku, kena 250 emoticon-Matabelo

masih perbanan udah 2 hari bingung mau kontrol dokter apa urus sendiri aja
ane udh cabut kuku stelah tumbuh kuku baru tapi kok sakit lg ya,, minta info nya dunk gmn cara pnyembuhan nya slain cabut kuku..
dulu pernah juga kuku kaki jempol

solusinya memang cabut total

solusi pencegahan, memotong kuku haruslah lurus (horisontal), jangan melengkung mengikuti bentuk jempol/jari
Ane cantengan udah umur 2 thn .trus tak kasih autan lotion di cantengannya. Eh 1 minggu bengkaknya hilang.rutin terus akhrnya smbuh.
Quote:Original Posted By kachu3008
ane abis cabut kuku, kena 250 emoticon-Matabelo

masih perbanan udah 2 hari bingung mau kontrol dokter apa urus sendiri aja


Urus sendiri juga bisa sih gan, lepas aja perban nya. Olesin sama madu gan
Quote:Original Posted By skydiverseh
Ane cantengan udah umur 2 thn .trus tak kasih autan lotion di cantengannya. Eh 1 minggu bengkaknya hilang.rutin terus akhrnya smbuh.


2 Tahun lama banget gan ? 2 kali lebaran dengan kaki cantengan emoticon-Ngakak (S)
Syukur deh gan kalau udah sembuh. Emang metode orang buat sembuh beda-beda.
Quote:Original Posted By sarnata


Seminggu gan ngga pake sepatu. Sekarang ane udah sembuh total dan bisa main futsal emoticon-Ngakak


gan ane 4hari yg lalu baru operasi,nah ampe skrg kalo buka perban kok ngeri banget tampilannya emoticon-Big Grin cuci pake rivanol+madu aja gan biar kering? Trus kira2 brp lama biar tumbuh lagi?
Quote:Original Posted By sarnata


Urus sendiri juga bisa sih gan, lepas aja perban nya. Olesin sama madu gan


pake madu apa gan??
Sama kaya kasus kakak ane nih, posisinya juga di jempol kaki, alhasil harus dicabut semua kukunya
Hi agan-agan semua ijinkan saya untuk membagi cerita penyakit cantengan yang saya alami hingga pada akhirnya merubah bentuk struktur kulit jempol saya. Berikut ceritanya.

Cantengan Season 1

Saya sekarang berumur 24 tahun jalan. Kena penyakit cantengan sejak kelas 1 SMP atau sekitar 11 tahun yang lalu akibat memaksakan diri memakai sepatu sempit ke sekolah (sepatu yang dibeli kekecilan). Cantengan muncul beberapa bulan setelah mengenakan sepatu sempit tersebut. Penyakit ini betul-betul mengganggu aktivitas saya sehari-hari. Saya menghindari olahraga sepakbola karena tidak bisa menendang sama sekali, rasanya saakit. Saat semakin parah itu jempol kesentuh aja rasanya kaya ditusuk jarum, dan apabila saat pelajaran olahraga (basket) harus ekstra hati-hati jangan sampai itu kaki keinjek sama teman, bila kejadian..itu sudah!!
Kondisi kaki saya semakin lama semakin memburuk. Malu sekali dulu kalau sholat berjamaan di mushola sekolah, saat kaos kaki dibuka terciumlah aroma busuk yang menyengat yang mengontaminasi udara sekitar. Kalau itu jempol di teken-teken nanti nanahnya bakal muncrat. Mungkin kondisi dulu seperti ini gambarnya.

Spoiler for jempol cantengan:

Spoiler for nanah muncrat:


Kondisi jempol kaki semakin lama semakin parah hingga kukunya juga mulai mengalami pembusukan. Orang tua sadar akan hal ini lalu membawa saya ke klinik terdekat. Dimulailah operasi pencabutan kuku. Yang sakit hanya saat disuntik, setelah efek obat anastesi menyebar maka nggak ada rasanya sama sekali. Setelah efek anastesi hilang baru kerasa cenat-cenut uoo uooo.

Cantengan Season 2

Beberapa bulan setelah kuku mulai kembali tumbuh besar entah kenapa rasa sakit yang familiar kembali menyapa. Saya kena cantengan lagi! Kok bisa? pikir saya dalam hati. Ternyata setelah diuji di ITB dan IPB dihasilkan sebuah fakta bahwa saya telah melakukan kesalahan fatal dulu saat cantengan season 1 tidak segera mengobati sehingga merubah struktur kulit jempol kaki saya. Ini gambar ilustrasi yang saya buat.

Spoiler for kondisi kuku dan jempol kaki:
.

jadi dengan kuku baru ini saya tidak memotong kuku dengan sempurna. Area yang ditutupi kulit luput dipotong sehingga terus tumbuh menyodok kulit dan jadilah infeksi lagi aka canteeengan lagi.

Lalu bagaimana saya mengatasi masalah ini? terinspirasi dari pembedahan kuku yang pernah saya alami dan hasil coba-coba berkali-kali saya menemukan cara yang efektif yang mampu untuk menghilangkan cantengan bagi agan-agan yang struktur jempolnya mirip seperti saya. Berikut alat dan cara yang dilakukan.

Alat-alat :
1) Gunting kuku dengan fitur batang pembersih
Spoiler for gunting kuku yang digunakan:


2. Pinset uban / pinset kedokteran

Spoiler for pinset uban:


Cara yang dilakukan:

Pastikan alat-alat steril yah gan, cuci dengan sabun bila perlu.

1. Agan gunakan gunting kuku untuk membuat sobekan kuku di dekat area kuku yang tertutupi kulit. cara membuat sobekan ini agan harus menekan gunting kuku saat memotong dengan pelan-pelan yah.

Spoiler for buat sobekan kuku:


Spoiler for ilustrasi dari kuku asli saya:


2. Setelah buat sobekan, agan sodok sobekan tersebut dengan ujung batang pembersih kuku yang agak runcing itu di gunting kuku hingga ke area ujung kuku yang tertutup kulit (area merah gambar sebelumnya).

3. Setelah itu tarik sobekan kuku yang sudah dibuka sampe area ujung kuku yang tertutup kulit itu dengan pinset. Selesai deh.

Kalau agak keluar darah gunakan betadine dsb. Kalau udah cantengan biasanya keluar nanah saat disobek/ditarik kukunya, lap dulu nanahnya sebelum dilanjutkan proses penyobekannya. Pelan-pelan yah gan dalam melakukannya.

Saya sendiri rutin melakukan kegiatan membersihkan kuku jempol sekitar 2 minggu sekali. Kalau sebulan saja tidak dibersihkan siap-siap cantengan akan datang lagi (pengalaman).

cara 2-3 nggak ada gambarnya soalnya kuku saya baru digunting satu minggu yang lalu, kalau lagi proses pengguntingan nanti saya foto deh.

Semoga cerita saya dapat membantu dan menginspirasi. Terima kasih.

*Informasi tambahan berdasarkan pengalaman belasan tahun*

#cara ini bisa digunakan untuk mengobati cantengan yang terjadi tapi sekala biasa-sedang, kalau sudah parah maka sakitnya gak tertahankan, perlu suntik bahal.

#Guntinglah kuku sejara mendatar jangan mengikuti kontur jempol.










ijin nimbrung gan

ane juga pernah cantengan gara2 gunting kuku jempol kaki kedaleman

Awalnya ane diemin aja tapi lama2 terganggu juga dgn rasa sakitnya sehingga ane searching gimana caranya ngatasin cantengan ini. Hasil dari searching cukup bikin merinding gan. Ada beberapa cerita yg bikin deg deg ser plus solusinya rata2 ke dokter buat operasi nyabut kuku. Ane ga mau. Akhirnya ane paksain diri mencungkil kuku yg menusuk tsb dan terus ane gunting pake potongan kuku. Sakit gan emoticon-Hammer (S) Abis itu ane rajin rendam jempol kaki tsb selama kira2 sebulan sambil sesekali menarik2 kulit disekitar kuku jempol dan memantau kalau2 kukunya kembali masuk ke dalam kulit. Alhamdulillah enggak terulang lagi gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By peyukacabe


pake madu apa gan??


Pake madu murni gan, rekomendasi pake Propolis. Harganya sekitar Rp 95.000 dijamin kering dan cepet sembuh emoticon-Blue Guy Peace

Sampai sekarang cabut kuku adalah satu-satunya cara yang logis menurut ane gan