alexa-tracking

Awas Gan! Kecanduan Game Bisa Bikin Game Over

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53bb599f12e2577c538b45f0/awas-gan-kecanduan-game-bisa-bikin-game-over
Awas Gan! Kecanduan Game Bisa Bikin Game Over

Awas Gan! Kecanduan Game Bisa Bikin Game Over
Agan-agan yang hobi main game sampe berjam-jam. Pernah gak ngerasa kesemutan, kram, kebas atau badan pada ngilu? Kalau pernah, jangan-jangan Agan udah kena gejala kerusakan saraf yang disebut neuropati. Nah kalo neuropati gak segera diatasi bisa bikin game over, alias kerusakan saraf fatal.

Tanpa Agan sadari, waktu Agan fokus bermain ‘game’ berjam-jam di depan layar komputer atau TV, posisi duduk Agan gak bener. Posisi duduk yang gak bener dalam jangka waktu lama bisa bikin otot tegang dan nyeri pada beberapa anggota tubuh.

Kalo kata Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI), Pusat dan Konsultan Neurologis, Prof. Dr. dr. Moh Hasan Machfoed, Sp.S (K), M.S bahwa saat seorang ‘gamer’ fokus pada ‘game’ yang dimainkannya, kerja opium alami dalam tubuh akan bekerja lebih kuat. Sehingga tidak akan terasa sakit meski dalam posisi yang salah dalam jangka waktu yang lama.

Kenapa waktu main ‘game’ berjam-jam, tubuh berasa fine-fine aja. Tapi tahu-tahu badan agan drop?

Logikanya gini Gan: Namanya juga lagi fokus main, padahal sih badan dah pegel gak keruan, tapi gak kepikiran. Sama aja kayak kasus Agan lari sekenceng-kencengnya waktu nyelamatin diri dari kebakaran. Saking fokusnya sama usaha penyelamatan diri, Agan gak peduli lagi sama kaki yang berdarah-darah kena beling. Pas Agan dah sampe tempat yang sekiranya aman, baru deh Agan berasa sakit.

Nah gan, kalo Agan emang masih pengen main game lama-lama. Agan kudu tahu nih posisi terbaik buat para ‘gamer’ biar gak beresiko neuropati. Nah daripada duduk tegang mendingan, duduk bersandar biar tugas otot penyangga gak terlalu berat. Kalo terlanjur berasa sakit, mending segera istirahat dan cari posisi duduk yang santai.

Nah Gan, daripada kebanyakan main game mending banyakin aktifitas fisik sama temen, kayak main basket, main bola atau berenang biar gak rusak sarafnya. Aktifitas fisik bikin aliran darah lebih lancar dan membawa efek yang baik bagi psikologis kita.

Bagaimana? Masih mau menghabiskan berlama-lama di depan komputer sambil bermain game?
Ngeri gan emoticon-Belomatabelo Mulai sekarang agak ane kurangin deh
Waspadalah waspadalah....