alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53b628310e8b460f0e000290/ini--bedanya-neuropati-asam-urat-dan-rematik-gan
Ini Bedanya Neuropati, Asam Urat dan Rematik, Gan!
Ini Bedanya Neuropati, Asam Urat dan Rematik, Gan!

Meski gejalanya hampir sama, neuropati, penyakit asam urat, dan rematik (arthritis rheumatoid) ternyata jauh berbeda, gan.

Kalo neuropati itu kerusakan saraf akibat penyakit, trauma pada saraf, komplikasi dari suatu penyakit sistemik atau kekurangan vitamin neurotropik (B Kompleks). Gejalanya seperti yang agan tahu; kesemutan, kebas, kram, nyeri, rasa terbakar di tangan dan kaki, baal, kaku otot, hingga kehilangan kontrol kandung kemih, kulit hipersensitif, kulit mengkilap dan rambut rontok serta kelemahan anggota gerak hingga penyusutan otot.

Gejala gangguan saraf neuropati itu segmental, pada bagian tubuh tertentu yang mengalami trauma akibat gerakan berulang. Misal; keseringan ‘main’ gadget mengalami gejala kesemutan dan kebas di jari dan pergelangan tangan, pencinta high heels akan mengalami gejala neuropati pada kaki. Pada neuropati, kesemutan atau kram bisa terjadi tanpa harus digerakan terlebih dahulu.

Kalo asam urat biasanya karena kebanyakan konsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin. Asam urat akan terasa nyeri bila anggota tubuh digerakkan. Sedangkan neuropati, tanpa ada gerakan tubuh, nyeri tertentu di ujung-ujung jari tetap terjadi.

Asam urat itu bagian dari rematik, tapi orang yang rematik belum tentu akibat asam urat. Sama seperti demam dengan malaria.

Kalau asam urat, seringnya nyeri pada kaki. Kalau rematik di segala sendi bisa terjadi, bahkan di sendi rahang. Nyeri sendi pada asam urat cenderung hanya terjadi pada satu bagian tubuh saja. Sedangkan rematik lebih bersifat simetris. Maksudnya jika sendi kanan kena, sendi kiri juga akan kena. Ciri lainnya seperti wilayah sekitar sendi menjadi hangat, terasa nyeri dan memerah juga terjadi. Selain itu, pada rematik biasanya sendi tangan akan terasa kaku di pagi hari dan berlangsung cukup lama (lebih dari 1 jam).

Nah, gitu gan sekilas perbedaannya. Ketiganya emang keliatan sepele, gan. Tapi ya namanya gangguan saraf, kalo kagak segera diatasin ntar bisa berabe. Kalo agan nemu ciri-ciri di atas coba deh konsul sama dokter biar cepet diatasin.
Kalo seluruh badan sendi nya sakit gan...