alexa-tracking

Masjid Tiban Desa Baujeng dan Jin Penghuninya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53b0fcf360e24baa4a8b46fe/masjid-tiban-desa-baujeng-dan-jin-penghuninya
Breaking News! 
Masjid Tiban Desa Baujeng dan Jin Penghuninya
Masjid Tiban Desa Baujeng dan Jin Penghuninya

Masjid Tiban merupakan masjid yang tertua di Di Desa Baujeng Dusun Nyangkring Kec. Beji Kab. Pasuruan. Tiban dalam bahasa jawa artinya muncul dengan sendirinya, artinya sulit diketahui secara pasti siapa yang membangun dan kapan dibangun. Menurut mitos keberadaan Masjid Tiban adalah dibangun secara ghaib, dimana pembangunannya bukan dibuat oleh manusia, melainkan makhluk ghaib. Fenomena(mitos) ini tidak hanya di Desa Baujeng saja, di beberapa daerah lain pun juga ada Masjid Tiban dengan cerita/mitos yang berbeda.
Menurut cerita, sesepuh Desa Baujeng bahwa keberadaan Masjid Tiban ada dengan sendirinya. Awal mulanya posisi/letak Masjid Tiban berada di Dusun Tanggul Desa Baujeng, namun entah bagaimana kemudian pindah ke Dusun Baujeng, dan yang terakhir letak lokasinya di Dusun Nyangkring. Konon perpindahan tempat ini disebabkan karena sedikitnya jumlah jamaah masjid penduduk setempat.
Dari dulu masjid ini sudah dikenal dengan keberadaan jin penghuninya hingga saat ini. Penduduk sekitar banyak yang mengakui dan bersaksi atas keberadaa jin di masjid tersebut yang biasanya menunjukkan aktifitasnya dimalam hari. Sebagaimana yang masyarakat ceritakan, jin penghuni masjid tiban lebih terasa aktifitasnya daripada tempat-tempat yang lain. Hal ini pernah dibuktikan oleh keluarga penulis sendiri, khususnya ibu, yang mulanya kurang percaya omongan orang-orang mengenai katifitas jin di masjid tiban. Suatu ketika saat malam lailatul qadr, ibu pergi ke masjid bersama santriwati salah satu pondok pesantren di Baujeng. Ibu menceritakan saat di dalam masjid, terasa ada aktifitas di dalamnya terutama di bagian atap, seperti ada orang berjalan, pukul-pukul benda, dll. Andaikan suara itu adalah dari tikus, tidak mungkin segaduh itu. Uniknya suara-suara gaduh tersebut tidak hanya didengar oleh ibu saja, melainkan hampir semua pengunjung. Kalau penampakan sangat jarang terjadi. Konon ada cerita bahwa dulu pernah ada orang yang tidur dalam masjid dipindah tempatnya oleh Jin. Bahkan ada yang pernah dupukul oleh Jin penghuni Masjid
.


The investigation plan:
Quote:

emoticon-2 Jempol
moga sukses yoo emoticon-I Love Indonesia (S)
ts iki wong ndi?
emoticon-Malu
Quote:

hadeh emoticon-Nohope
baca dulu akhh emoticon-Ngacir
emoticon-army nanti update emoticon-army
tuh jin beli material'a dimana yak... emoticon-Confused

Peringatan! 
Klarifikasi

Quote:
emoticon-Ngakak
Gambar diatas hasil renovasi, bukan pembangunan pertamakali. kalau yang pertama kali bangunanya sederhana & jelek broo.. ane jelas kaga punya fotonya. lha wong dh berkali2 d renovasi emoticon-Cape d...
Quote:


material ngambil mungkin emoticon-Ngakak (S)
Banyak madura nya ya? emoticon-Big Grin enak kek nya berendem di banyu biru emoticon-Peace
Quote:


kok emote doang emoticon-army
luar biasa nih masjid..
emoticon-Takut
Lanjutkan perjuanganmu gan...
Jangan lupa bawa camera untuk mengambil orbs dan moment penting lainnya.
Quote:


setubuh dengan ..emoticon-Big Grin
emoticon-Bingung (S) ingat kisah Cerita rakyat, dari daerah Caringin dekat makam syech Asnawi, walau menurut mbah google masjid caringin di dirikan oleh Syech asnawi yang mana kayunya tersebut berasal dari pohon di kalimantan yang dibawakan oleh kiai yang berasal dari daerah tsb, yang membawa sebatang kayu dengan keberkahannya akhirnya kayunya menjadi banyak namun ada beberapa yang beranggapan masjid tersebut didirikan oleh Jin yang diperintahkan oleh beliau untuk mendirikan masjid dalam waktu semalan, namun semua itu hanya sebuah cerita yang beredar, benar atau tidak.. kita kembalikan kepada maha pencipta.
emoticon-Matabelo
subhanallah emoticon-Matabelo
Quote:


Wallahu a'lam wong luck emoticon-Salaman
pernah denger jg ada pesantren yang dibangun sama bangsa jin emoticon-Matabelo
Terimakasih atas infonya mbah
kutunggu updatetannya
Quote:


Eh Ada puh Dery...
Salam salim ya puh emoticon-Salaman:
Didaerah mana itu pesantrennya puh?
×