alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53a6d41596bde6b04e8b45b8/lika-liku-agan-saat-daftar-kuliah
Breaking News! 
Lika-Liku Agan Saat Daftar Kuliah
Lika-Liku Agan Saat Daftar Kuliah
Halo, gan... ini adalah thread ane yang pertama. Kali ini ane pengen bahas lika-liku atau perjuangan-perjuangan ane demi bisa diterima di perguruan tinggi idaman ane. Tentunya di balik kesuksesan seseorang yang sudah menjadi mahasiswa di kampus idamannya selalu ada cerita yang bisa membuat orang lain terharu, histeris bahkan sampai geleng-geleng kepala saking tidak percaya akan cerita bersejarah itu.
Spoiler for Kampus Idaman:


Silahkan baca kisah ane di bawah ini gan...
Quote:Menjelang kelulusan sekolah tahun 2011, aku dan temen-temen sibuk kesana-kemari mengurus administrasi guna keperluan pendaftaran ke perguruan tinggi. Berkas-berkas harus ada legalisiran dari sekolah. Aneh memang meski sebenarnya keluargaku tidak bisa membantu soal biaya kuliah tapi aku tetep ngotot mempersiapkan diri buat masuk ke perguruan tinggi idaman. Sehari-hari aku harus bantu jualan ayah dan ibu untuk memenuhi keperluan sehari-hari. Kalau mendapat uang dari orang tua pun ya ditabung buat persiapan kuliah. Walau pada endingnya sampai mau lulus sekolah cuma terkumpul 1 jt. Uang itu bisa aku dapatkan dengan hidup hemat. Tiap hari berangkat sekolah dengan sepeda kayuh (jarak cuma 15 km dari rumah). Lalu membiasakan bawa nasi dari rumah dan jualan pulsa di sekolah, lumayanlah buat nabung dan jajan. Aku sempat ikut SNMPTN udangan tapi belum rejeki gan. Di situ aku nggak menyerah, aku putuskan buat ikut USMSTAN. Tiap hari sambil bantu-bantu jualan martabak manis aku sempatkan buat ngerjain soal-soal latihan USMSTAN, sampai bosan dan hafal sama tuh soal-soal. Sekali lagi itu bukan rejeki ku gan, karena keduluan diterima di PTN di Surabaya, alhamdulillah emoticon-Matabelo. Semasa masih kelas 3 aku sering banget ditanya sama ibuku apakah mw kerja apa kuliah. Dan jawabanku selalu sama yaitu pengen kuliah tapi kalo nggak keterima di PTN manapun ya kerja dulu. Lantas ibuku tanya apakah ada uang buat kuliah, ya aku bilang kalo selama ini udah nabung biar bisa kuliah. Setelah itu raut wajah ibuku selalu muram, aku paham kalo ibu sedih karena nggak bisa ngebantu biaya kuliah. Itu yang semakin memacuku buat bisa kuliah bagaimanapun caranya dan pengen berprestasi biar orang tuaku bangga. Saat pengumuman bahwa aku keterima di PTN unggulan ibu gembira banget dan tidak percaya namun juga tersirat rasa khawatir di wajah ibuku, mungkin bingung bagaimana biaya kuliahku bisa dibayar karena tidak ada uang untuk itu. Lantas aku jelaskan kalo aku dapat beasiswa Bidik Misi, setelah itu ibu jadi lebih tenang. Saat pamit untuk pergi ke Surabaya pernah ibuku nangis dan beliau bilang menyesal banget nggak bisa ngasih uang saku buatku dan meminta kepadaku buat bersabar dan sering-sering berdo'a mohon kemudahan di perantauan. Aku pun pamit dan diantar oleh bapak ke stasiun deket rumah. Yang bikin aku tambah terharu saat bapak ngasih uang 20.000 tepat sebelum aku naik kereta dan beliau bilang kalo beliau cuma bisa ngasih itu, dengan raut wajah penuh kekecewaan tapi bagiku itu adalah tamparan untuk bisa membahagiakan beliau-beliau. Ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Terima kasih ibu, bapak serta semua guru-guruku. Kalianlah sumber inspirasiku.emoticon-Mewek

Semoga sedikit kisah di atas bisa bermanfaat dan menambah semangat agan untuk belajar emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Silahkan bagi agan-aganwati yang ingin ikut berbagi kisah. Siapa tahu nanti bisa ane taruh di pekiwan emoticon-Malu (S)
kesulitan emang bikin kita jauh lebih pinter dan usaha akan lebih giat gan

doain ane dpt beasiswa juga ya kyk ente gan emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Cimoow
kesulitan emang bikin kita jauh lebih pinter dan usaha akan lebih giat gan

doain ane dpt beasiswa juga ya kyk ente gan emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin


aminn... semangat terus meraih target yg diinginkan emoticon-I Love Indonesia (S)
kisahnya jadi motivasi ane, walaupun masih kelas 2 SMK emoticon-Malu (S) intinya kerja keras dan mau berbakti sama orang tua...
keadaan agan sekarang gimana? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By reckbeg
kisahnya jadi motivasi ane, walaupun masih kelas 2 SMK emoticon-Malu (S) intinya kerja keras dan mau berbakti sama orang tua...
keadaan agan sekarang gimana? emoticon-Big Grin


alhamdulillah baik-baik saja, udah semester 6 ni... jg uda pnya usaha sampingan emoticon-I Love Indonesia (S)
nostalgia banget nih gan (pdhal baru masuk tahun ini haha), ane dpet kuliah jga perjuangan berliku-liku. Ane baru masuk kuliah tahun ini gan. Hampir sama kaya ente, masalah terbesar ane adalah 'DUIT'. Jujur ane SD & SMP ga bayar sama sekali gan alias gratiis. Pas SMA ane cuma bayar setengahnya doang, lumayan lah jdi ga mahal-mahal amit.

Bapak ane cuma wiraswasta, penghasilan tiap bulan ga pasti. Ibu ane ga kerja cuma ngurus rumah tangga. Sebelum UN tuh ane udah nyari informasi ttg SNMPTN, SBMPTN, dan UM. Ternyata SBMPTN & UM tuh bayaar smpe beratus2 ribu, pas ane bilang sama ortu, bapak ane langsung kecut mukanya bingung bayar sbm & um gimana. Yaudah ane berjuang keras supaya ane bisa langsung diterima lewat snmptn, sekaligus ane jga daftar bidik misi. Ibu ane sampe nyari utangan buat beli buku UN, sedih rasanya kalo inget :'(

Ane ambil univ yg sekota sama tempat tinggal ane, soalnya ane ga mau tambah mbebanin ortu buat biaya kost & biaya hidup. Ortu jga masih ga rela kalo ane ke luar kota, takut ane terjerumus yg engga-engga katanye hehe
Prodi yg ane ambil coba tebak apa??? Kedokteran umum! Bapak pinginnya ane disitu, ane juga ga masalah sih, yaudah nekat ajadeh. Sumpah itu keputusan paling nekat yg pernah ane lakuin. Ente mesti tau lah kehidupan anak fk gimana, glamour, tajir-tajir, kemana2 pake mobil, dsb. Minder dulu dong ane secara ane sama sekali ga tajir, ga punya mobil, motorpun cuma satu (alhamdulillah). Tpi akhirnya ane nekat tuh milih fk

Pas pengumuman snmptn, ane ga nyangka banget keterima di kedokteran. Tpi kok hati ane ga nyaman gan, rasanya tuh masih gelisah. Ane takut kehidupan ane di fk gimana, bisa bersaing sama anak2 yg lain apa engga, kenapa ane masih stay disini padahal temen2 ane kuliah diluar kota, kenapa dulu ane pilih fk pdhal ane tuh miskin, habis kuliah bisa langsung kerja apa engga, gimana kalo ane malah tambah mbebanin ortu. Ane sering nangis kalo mikirin itu
Ternyata ane jga keterima di amg, amg kan ikatan dinas jdi ane ga perlu susah2 nyari kerja lagi. Dilema oh dilemaaaa

Tpi akhirnya ane & ortu sepakat ambil fk. Alhamdulillah dapet bidik misi juga. Ortu bilang dijalani aja dulu, ga usah takut ini itu :-)

Inget gan, biasanya orang2 sukses itu orang yg masa kecilnya mau prihatin & ga pernah putus asa buat terus berjuang. Kadang ane mikir ada hikmahnya jga ane ga lahir dri keluarga konglomerat. Dgn kondisi keluarga ane yg pas2an malah bikin ane bener2 menghargai duit sekecil apapun, lebih semangat belajar, dan ane bisa menghindari hidup yg berfoya-foya (mau berfoya-foya gimana lha wong ga punya duit). Ortu selalu ngewanti2 ane biar ane prihatin sma hidup :')

Ane baru jadi maba nih gan, deg2an rasanyaaa hehe minta doanya yah gan semoga kuliah ane bisa lancar & muluuuss
Ane mau share pengalaman ane kemarin gan..

Alhamdulillah kemarin lolos SNMPTN jadi gk begitu banyak perjalanannya.
Tapi ane dpt snmptn bukan lantaran hoki semata (walaupun tetap ada faktor hokinya), alesannya nilai rata2 ane selalu naik walaupun ada nilai beberapa mapel yg turun dan ane juga punya bbrpa piagam kejuaraan. Setahun yg lalu wktu ane kls xi dr bulan januari smpe akhir mei ane uda belajar abis2an buat olim. Disela-sela itu ane harus susulan ulangan dan tes. Pdhl ane ketinggalan bnyk pelajaran.
Disaat yg sama temen2 ane msh nyantai banget... Saat tes dan ulangan mereka krja sama..

Hasilnya ane gak lolos ke osn.. Parahnya lg ranking ane langsung melorot karena ane bener2 gak fokus sama mapel disekolah ane.. Wktu itu ane takut gimana nasib snmptn ane klu kyk gini... Ternyata skg yg nilainya diatas ane mlah gk lolos snmptn.

Intinya yg ingin ane bagi disini : "Tuhan akan bayar semua usaha kita dengan sesuatu yg layak untuk kita pda saat yg tepat."