alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53a3e7d59252331f3b8b4679/tips-n-trik-bagi-calon-mahasiswa-baru
Poll: Setujukah anda bahwa masuk kampus negeri akan lebih menentukan sukses masa depan ?
setuju 40.00% (2 votes)
tidak setuju 60.00% (3 votes)
Thumbs up 
tips n trik bagi calon mahasiswa baru
dunia kampus bagi calon mahasiswa adalah dunia baru setelah meninggalkan fase kehidupan di dunia putih abu-abu. dunia kampus bagi eks makhluk putih abu-abu dianggap lebih dinamis dan tidak monoton.

bagi kamu-kamu yang baru saja menanggalkan seragam putih abu-abu n berkeinginan memasuki kampus baru berikut tips n trik agar kamu sukses menjalani hidup di dunia kamu yang baru.

1. cari tau informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan yang kamu pilih. pahami karakter dan pola disipin ilmu yang kamu pilih. pilihlah jurusan yang memang benar-benar pas untuk kamu. sesuaikan dengan karakter dan gaya belajar khas mu. jangan memilih jurusan berdasarkan kata teman atau berdasarkan reputasi banyaknya peminat pada jurusan tersebut. banyak kasus yang menunjukkan calon mahasiswa diterima pada jurusan yang diinginkan (khususnya mereka yang melalui seleksi masuk PTN) namun kemudian harus pindah jurusan atau pindah kampus karena pada akhirnya merasa tidak cocok dengan jurusan yang dipilih.

2. persiapkan mental. dunia kampus sangat berbeda dengan masa SMA. baik dari cara belajar, bergaul maupun cara berpikir dan cara pandang. kalau di SMA gaya belajar seperti anak kecil yang diasupi makanan oleh ibunya, sedangkan masa kuliah bagaikan seorang remaja yangberanjak dewasa secara mandiri mencari makan/nafkah buat dirinya.

3. hati-hati dengan kakak senior yang suka tebar pesona...he..he.. maksudnya bukan berarti mereka membahayakan. (bagi para calon mahasiswi) jangan tertipu dengan gaya gentle dan baik hatinya. biasanya ada maunya ha..ha.. pinter-pinterlah bersikap, kalau bisa manfaatkan kebaikannya sebagai guide dan pemandu bagi kamu di dunia yang baru seperti hunting buku-buku dan referensi mata kuliah, memahami karakter dosen, bahkan kalau si senior mau traktir kamu, ladeni aja...haha...

4. pahami gaya belajar kamu, cari trik dan strategi yang pas dengan karakter mu. sekali lagi, dosen tidak akan memaksa kamu harus bagaimana agar bisa menguasai materi kuliah. semua bergantng pada dirimu. termasuk pengerjaan tugas-tugas kuliah tergantng kesadaran kamu mengerjakan dengan baik atau hanya biasa-biasa saja.

5. buat kamu yang ngekos, pilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari kampus. biasanya para mahasiswa suka bangun terlambat karena terlalu sering meladeni ajakan teman untuk bergadang. dan berhati-hatilah dengan pengaturan pengeluaran keuangan, jangan sampai pertengahan bulan sudah kehabisan stock keuangan. bisa dipastikan diusir ibu kos karena tidak bayar bulan berikutnya

6. pilih unit kegiatan mahasiswa/kegiatan ekstra yang cocok buat kamu. lumayan buat nambah wawasan dan jaringan pertemanan yang sewaktu waktu pasti akan kamu rasakan manfaatnya.

demikian tips n trik buat calon mahasiswa/i baru, kalau masih ada kekurangan silahkan tambahkan sendiri....

salam mahasiswa,

pertamax
emoticon-Cool