alexa-tracking

Sentiment Analysis, is it any formula for it?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53a3d756c1cb17e2428b4616/sentiment-analysis-is-it-any-formula-for-it
Sentiment Analysis, is it any formula for it?
Agan - agan developer sekalian. Mau numpang tanya dong. Apakah ada disini yang pernah punya pengalaman sama Sentiment Analysis dari data - data social media?

Yang ane mau tanya, apakah ada formula khusus yang digunakan untuk menghasilkan report sentiment analysis itu? Atau prosesnya benar - benar subjective berdasarkan analisa dari daftar kosakata yang kita punya?

Mohon bantuannya kalau ada yang punya pengalaman. Thanks.
emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
Quote:

maap ane ga ngerti, tapi mungkin Google Prediction API bisa jd referensi
emoticon-Sundul Up
setau ane, sentiment analysis itu masuk ke dalem kategori Machine Learning. Dan, machine learning itu biasanya menggunakan formula2 seperti cosine, jaccard, dice, etc untuk menghitung similarity antara koleksi data yang agan punya, sama data baru yang agan ambil dari sosial media.

Yaa, sama seperti aplikasi machine learning lainnya, masalah kualitas hasil analisanya pasti tergantung sama data collection yang agan punya ketika agan training data (atau apa lah istilahnya ane lupa).

Ane dulu kuliah waktu skripsi ambilnya ke teknik pencarian data sih. Search engine, bukan machine learning. Tapi kata dospem ane waktu itu, mereka berdua sodaraan. Jadi pasti mirip2 deh untuk masalah perhitungan bobot kata dan perhitungan similarity nya. Algoritmanya jg harusnya mirip2.

cek contoh formula untuk menghitung similarity pake cosine di mari gan : http://en.wikipedia.org/wiki/Cosine_similarity

Cek juga formula lainnya di bagian "See Also .." di wikipedia itu.
Masing2 formula punya keterbatasan masing2. Sejauh yang ane tau, ga ada hasil penelitian yang bisa memutuskan bahwa salah satu formula itu dikatakan terbaik untuk saat ini. Karena masing2 formula itu bagus/buruk pada kasus2 tertentu.

cmiiw emoticon-Peace
cobain naive bayes deh
Quote:


Pakai API itu apakah bisa dapat analisa dengan Indonesian language ya? atau itu berdasarkan training data yang kita kasih juga?

Quote:


Thanks gan infonya, ane coba baca - baca dulu
Quote:


bahasa indonesia pasti pake algoritmanya nazief dan adriani deh untuk stemmingnya. abis itu baru di training.
Pake naive bayes gan. Ane barusan ajaa beres skripsian sentimen analysis pake naive bayes. Tapi masih banyak proses yg manualnya sih,hehehe.

Still Stuck....

Masih stuck sama ni konsep sentiment analysis....

Mohon bantuannya agan - agan disini, startnya enaknya dari mana untuk belajarnya ya?
Quote:


kalo agan punya banyak waktu dan banyak uang - mending investasi aja atau bikin perusahaan ttg big data analysis

kalo agan punya sedikit waktu dan banyak uang - mending agan hire orang aja

kalo agan punya banyak waktu dan sedikit uang - mending baca buku/ebook gratisan sebanyak2nya mengenai topik tsb

kalo agan punya sedikit waktu dan sedikit uang - mending jualan teh botol (menurut link yg pernah dibahas di kaskus - jadi penjual teh botol bisa dpt 5jt sebulan) atau kerja/usaha laennya yg nanti uangnya bisa ditabung utk mecapai tujuan agan
no offense lho gan

jadi mulainya tergantung posisi agan ada di mana dari 4 situasi di atas
semoga saran ane ga berguna emoticon-Smilie emoticon-Peace
Quote:


Poin 1 memang itu yang sudah saya lakukan. Untuk poin 2 sedang dicari, sampai saat ini belum nemu orang yang tepat. Oleh karena itu gw mau coba ambil action learn sendiri, sampai nemu orang yang pas untuk dihire...

Kalau ebook - ebook banyak emang, tapi yang gw butuh lebih ke arah real case example and langsung ke code.
Quote:

ane pernah tuh dpt semacam tutorial beserta code tp bukan ttg sentiment analysis tapi kalo ga salah lebih ke data mining (masih satu payung di data science sih - cmiiw)

untuk datanya waktu itu didapat dari public information negara ameriki yg jumlahnya cukup layak utk dianalisa

kan kalo agan ada buku teori setidaknya bisa mulai coba2 dari yg sederhana utk olah data twitter - yah mungkin punya time constraint ya?

kalo hire orang macam gituan musti buka jaringan ke yg udah pengalaman gan, kalo sama2 mentah ntar sama2 bingung - kalo mau coba cari info political wave (atau namanya mirip2 gitu dah - itu perush. ada di indo)

walau mungkin agan bukan ke arah politik tapi lewat sono lebih besar kemungkinan ketemu orang2 yg cocok agan hire - kan biasanya mereka saling kenal sama orang sejenis

--add--
eh ane jd inget kan di kaskus foper ada thread data mining - coba maen2 ke sana kalo belum pernah - siapa tau ketemu jodohnya atau setidaknya ketemu mak comblang
×