alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/539f6fc892523392788b4669/ask-bisakah-penderita-gerd-hamil-amp-melahirkan-dengan-aman
[ASK] Bisakah pengidap GERD hamil & melahirkan dengan aman?
Halo semua emoticon-Angkat Beer

Gue mau nanya soal GERD. Udah cek di subfor ini yang bahas soal GERD semuanya dah ga aktif tritnya, jadi gue bikin trit baru untuk nanya spesifik.

Gini, sodara gue bentar lagi mau nikah. Dia cewek, dari jaman kuliah sudah mengidap GERD, dulu heartburn yang dialami suka parah, bahkan pernah oksigennya telat dan sampe.. yah dia bilang, terasa mau "lewat"..
Tapi setelah pengobatan, sekarang heartburn itu sudah lebih jarang terjadi dan dia merasa memiliki kehidupan yang lebih baik. Dia juga sudah tidak stok oksigen, krn menurutnya biar tidak sugesti ke kumat dan dorongan agar lebih kuat selayaknya kehidupan orang sehat lainnya. Walau kadang saat ini pun masih suka kumat heartburnnya.

Secara biofisiologis, kalo ga salah istilahnya itu deh, dia ini termasuk gampang stress. Jika sudah stress, produksi asam lambung akan meningkat dan memicu terjadinya heartburn dan GERDnya kumat.

Kekhawatiran gue adalah, jika dia menikah dan suatu saat hamil, apakah memungkinkan si ibu dan bayi ini selamat hingga akhir/proses melahirkan selesai? Lantas apakah si bayi bisa lahir dan tumbuh sehat selayaknya anak lain?

Karena setelah gue browsing dan baca sana sini, orang normal aja selama proses kehamilan bisa kena GERD karena bayi yang dikandung mendesak isi perut, atau karena stress, atau sebab lain. Sedangkan, sodara gue ini udah mengidap GERD dari sejak sebelum hamil!
Gue khawatir jika dia hamil atau saat melahirkan akan memicu tingkat stress dia naik atau mendesak keseimbangan tubuhnya sehingga kemungkinan terburuk yang bisa mengancam jiwa si ibu dan bayi dapat terjadi.

Jadi, apakah orang yang sudah mengidap GERD dari sejak sebelum hamil dapat hamil dan melahirkan dengan aman? Juga tolong beri masukan dan saran agar proses kehamilan dan melahirkannya dapat berjalan normal dan sehat. Tapi gue belum menyarankan fundoplication atau pembedahan lainnya untuk pengobatan sih.

Gue ga akan meladeni pertanyaan semacam "apa itu GERD?" atau "apa penyebabnya?" atau "apa gejalanya?" karena di subfor ini sudah ada yang bahas juga dan bisa googling untuk cari jawabannya.

Concern gue adalah kepada si calon ibu dan bayi di kemudian hari. Jika ada yang bisa bantu jawab, akan sangat gue hargai.

Cheers!
emoticon-Sundul
ibu hamil cenderung kena gerd...orang yg udah kena gerd..mungkin akan berdampak pada awal kehamilan..yang nyebabin mual muntah ditrimester pertama,, kalo diliat dari sodaranya sistah bisa jadi berlangsung hingga trimester akhir, yang penting asupan nutrisinya..makan sedikit tapi sering saat hamil,jangan makan yg menyebabkan reflux.mendesaknya perut atas karena pertumbuhan janin yg semakin besar...sebelum 36 minggu bisa diterminasi,, tapi jika ada indikasi sj..kalo ga ada keluhan lanjut ampe aterm.

Analisa bocah akbd semeter 4 aja sih,numpang lewat sambil nunggu dokter obgynemoticon-linux2
Quote:Original Posted By fitrispears
ibu hamil cenderung kena gerd...orang yg udah kena gerd..mungkin akan berdampak pada awal kehamilan..yang nyebabin mual muntah ditrimester pertama,, kalo diliat dari sodaranya sistah bisa jadi berlangsung hingga trimester akhir, yang penting asupan nutrisinya..makan sedikit tapi sering saat hamil,jangan makan yg menyebabkan reflux.mendesaknya perut atas karena pertumbuhan janin yg semakin besar...sebelum 36 minggu bisa diterminasi,, tapi jika ada indikasi sj..kalo ga ada keluhan lanjut ampe aterm.

Analisa bocah akbd semeter 4 aja sih,numpang lewat sambil nunggu dokter obgynemoticon-linux2


Ok thanks atas responnya. Kesimpulan yang gue tarik dari komen sis ini adalah perlakuannya sama dengan GERD pada biasanya ya, maksudnya pas belum hamil.

Nah, tapi apakah ada kemungkinan yg lebih buruk jika orang yg sudah mengidap GERD lalu hamil dan melahirkan?

Pikiran paling buruk gue adalah, si ibu stress saat melahirkan, lalu heartburn, dan tidak tertolong lagi, akhirnya mengancam nyawa si ibu dan bayi. Apakah ada kemungkinan kesana? atau tetap bisa hamil/melahirkan dengan aman dan sehat sehingga ibu dan bayi selamat seperti orang normal lain?

Dokter obgyn mana neeeeehhhh emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Rendevoa


Ok thanks atas responnya. Kesimpulan yang gue tarik dari komen sis ini adalah perlakuannya sama dengan GERD pada biasanya ya, maksudnya pas belum hamil.

Nah, tapi apakah ada kemungkinan yg lebih buruk jika orang yg sudah mengidap GERD lalu hamil dan melahirkan?

Pikiran paling buruk gue adalah, si ibu stress saat melahirkan, lalu heartburn, dan tidak tertolong lagi, akhirnya mengancam nyawa si ibu dan bayi. Apakah ada kemungkinan kesana? atau tetap bisa hamil/melahirkan dengan aman dan sehat sehingga ibu dan bayi selamat seperti orang normal lain?

Dokter obgyn mana neeeeehhhh emoticon-Big Grin


kemungkinan terburuk emang ada sist...tapi harus diminimalisir. ke dokter yg biasanya minta kalo terapi sruh beri yg aman untuk kehamilan. kalo masalah stres, harus dimanajemen dulu.setidaknya sebelum hamil..dan saat hamil.sebelum hamil apakah sudah siap dgn kehamilan?karena ibu berjuang untuk 2 nyawa..kerja organ dalam ky jantung berperan besar..psikologis ibu intinya di kasih affirmasi positif..
cmiiw yaemoticon-Kaskus Lovers
Quote:Original Posted By fitrispears


kemungkinan terburuk emang ada sist...tapi harus diminimalisir. ke dokter yg biasanya minta kalo terapi sruh beri yg aman untuk kehamilan. kalo masalah stres, harus dimanajemen dulu.setidaknya sebelum hamil..dan saat hamil.sebelum hamil apakah sudah siap dgn kehamilan?karena ibu berjuang untuk 2 nyawa..kerja organ dalam ky jantung berperan besar..psikologis ibu intinya di kasih affirmasi positif..
cmiiw yaemoticon-Kaskus Lovers


Ok thanks emoticon-Angkat Beer
Yang ingin gue ketahui seberapa besar persentase terjadinya hal buruk dibanding kemungkinan hamil dan lahir sehatnya.

Obgyn masih ditunggu loh emoticon-Big Grin
emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul
ane bukan dr.obgyn sih..
separah apa sih gerd nya?
ranitidin/omeprazole/sucralfat/metoclopramid/ondan udh gk ngatasi?
kalo itu udh gk ngatasi, gk yakin juga dr.obgyn ngeh jawabannya.. cocoknya rawat bersama dg dr.interna
eh, si agan ampe bikin threadnya. sorry, Gan kmaren ane menghilang bersamaan dengan jaringan internet yg tidak menentu emoticon-Big Grin hehe

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12635418
"Serious reflux complications during pregnancy are rare"
--> sayangnya ga disebutin rare nya itu berapa persen

http://emedicine.medscape.com/articl...view#aw2aab6b5
-->"The outcome for pregnant patients with GERD is good. However, this condition tends to recur with subsequent pregnancies."

yang agak ringan nih sumbernya
http://www.babymed.com/medical-issue...ring-pregnancy
--> intinya sama aja kayak jawaban2 di atas. treatment dilanjutin sesuai dengan standar keamanan obat buat kehamilan. terus modifikasi gaya hidup, pola makan dan makanannya kudu bener2 diperhatikan.

Quote:Original Posted By rikrif
ane bukan dr.obgyn sih..
separah apa sih gerd nya?
ranitidin/omeprazole/sucralfat/metoclopramid/ondan udh gk ngatasi?
kalo itu udh gk ngatasi, gk yakin juga dr.obgyn ngeh jawabannya.. cocoknya rawat bersama dg dr.interna


Hmm.. definisi parah itu gimana ya?
Kalo dalam hal intensitas sih sudah cukup lama ga dapet serangan heartburn. Tapi bulan kemarin sempet dapet sekali, walau ga separah dulu. Dulu sempet pengobatan dan sampe stand by O2 selalu, sekarang dah nggak.

Masih ada obat pribadi namun konsumsinya sudah tidak perlu serutin dulu.

Oh walau soal kehamilan tapi ga ke obgyn? Interna itu ngurus apa ya? organ dalam? apa berarti harus kombinasi 2 dokter itu?

Sebenernya ini hanya berangkat dari kekhawatiran gue sih, belum ada kasus. Tapi namanya nikah dan akan hamil, jadi gue mau cari tau dulu.

Thanks responnya.

Quote:Original Posted By testa de drago
eh, si agan ampe bikin threadnya. sorry, Gan kmaren ane menghilang bersamaan dengan jaringan internet yg tidak menentu emoticon-Big Grin hehe

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12635418
"Serious reflux complications during pregnancy are rare"
--> sayangnya ga disebutin rare nya itu berapa persen

http://emedicine.medscape.com/articl...view#aw2aab6b5
-->"The outcome for pregnant patients with GERD is good. However, this condition tends to recur with subsequent pregnancies."

yang agak ringan nih sumbernya
http://www.babymed.com/medical-issue...ring-pregnancy
--> intinya sama aja kayak jawaban2 di atas. treatment dilanjutin sesuai dengan standar keamanan obat buat kehamilan. terus modifikasi gaya hidup, pola makan dan makanannya kudu bener2 diperhatikan.



Oh, Agan dulu empunya salah satu trit GERD?

THANKS sumbernya! emoticon-Angkat Beer

Kesimpulannya jadi tetap sama perawatannya dengan pra kehamilan dan tetap bisa selamat hingga melahirkan, bagi ibu dan bayinya, gitu ya? cmiiw.

Apa ini gue aja yg lebay khawatirnya ya? hahaha.
Gan, ane perempuan, belum menikah dan menderita Gerd juga. Sedih ane gan
Quote:Original Posted By vsarbinie
Gan, ane perempuan, belum menikah dan menderita Gerd juga. Sedih ane gan


Wah, jadi ada yang curhat emoticon-Smilie

Kalo diliat dari jawaban diatas, masih bisa dikontrol kok.
Apa yang disedihin, sis? Udah berapa lama mengidap GERD?
Sist, gw kayaknya juga kena gerd, dktr sih g bilang gerd, bilangnya asamlambung gt aja, tp tanda2nya itu mengarah ke gerd, sampe dulu dikira sakit jantung gw! :'( , udah lama sih gak kambuh, tp akhir2 ini si gerd kumat, cz lg keadaan hamil n dipake puasa nih sist,, jd was2 gw, dl sih obat yg ampuh omeprazole, nah skrg gw kwtr tu obat aman gak buat gw dlm kondisi bunting gini, sorry g ngasih solusi, malah curhat, siapa tau sodara sist dah sembuh dan punya solusi, berhubung trheatnya dah hmpir 1th yll .hheee