alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/539d3f6896bde6a4528b46be/beberapa-cara-praktis-mengatasi-cegukan
Inspiratif 
icon-hot-thread
Beberapa Cara Praktis Mengatasi Cegukan
Quote:Quote:
Spoiler for Hot Tread:

Assalamualaikum emoticon-Paw

_______Hi gan ketemu lagi sama ane gan emoticon-Embarrassment gimana kabarnya gan pada sehat kan yak emoticon-Thinking Kali ini ane mau share tentang cegukan emoticon-Wink Ngak banyak kok gan cuma sedikit aja, dibaca ya gan siapa tau nambah pengetahuan, cegukan ----> Beberapa Cara Praktis Mengatasi Cegukan.
_______HikBeberapa Cara Praktis Mengatasi Cegukan Hik's Beberapa Cara Praktis Mengatasi Cegukan Hiks Beberapa Cara Praktis Mengatasi Cegukan , ane rasa kaskuser dah pada pernah ngrasain yang namanya cegukankan ? Dalam dunia medis, cegukan dikenal dengan istilah Hiccup. Nama ini boleh jadi dipilih karena suara cegukan terdengar seperti saat kita melafalkan kata hiccup. Selain istilah unik ini, cegukan juga memiliki nama lain yakni ‘singultus’. Kata ini berakar pada bahasa latin yakni ‘Singult’ yang maknanya adalah menarik nafas di saat seseorang terisak, sedu-sedan. emoticon-Bingung (S)
_______Iya sih cegukan tuh sebenarnya cuma masalah sepele gan. Yang jadi masalah tuh pas kita lagi ngobrol/lagi ngomong jadi kagak enak banget ceguk hiccup ceguk hiks emoticon-Hammer Tapi tunggu dulu gan jangan dianggap sangat sepele cegukan itu lho emoticon-Takut (S) Ada lho orang yang cegukan sampai 60 th emoticon-Takut (S). Jadi cegukan itu apa sih emoticon-Bingung (S) emoticon-Ngacir
Quote:___Cegukan Bisa dialami siapa saja emoticon-Paw
_______Apa sebenarnya yang terjadi saat Anda cegukan? Cegukan melibatkan kontraksi otot-otot pernapasan, lebih tepatnya diafragma juga otot-otot yang ada pada tulang rusuk. Kontraksi ini kemudian menyebabkan gerakan napas diikuti dengan glottis yang tiba-tiba tertutup. Glottis sendiri adalah katup saluran napas. Saat glottis mengatup dengan tidak normal, maka muncullah bunyi khas yang biasa kita temui saat cegukan.
_______Umumnya, cegukan ini muncul 4 sampai 60 kali dalam satu menit dengan interval yang teratur. Durasi cegukan hanya dalam hitungan menit. Namun dalam kondisi tertentu bisa sampai 48 jam bahkan berhari-hari. Kalau cegukan dalam hitungan menit ini biasanya diakibatkan oleh regangan dilambung perubahan suhu pada perut yang diakibatkan oleh makanan yang panas kemudian dingin. minum alcohol, merokok, dan juga karena stres[kitapunya.info]
_______Ada juga gan cegukan permanent lho emoticon-Takut (S) Selama berhari - hari, berbulan-bulan, bahkan sampe ada yang bertahun-tahun. Cegukan seperti itu biasanya adanya gangguan diotak seperti gejala stroke, gejala tumor dibatang otak emoticon-norose. Dan selain itu juga cegukan bisa diakibatkan oleh gangguan metabolik seperti pada penderita diabetes dan hipertensi. Atau penderita kelainan ginjal, karena urenia. Juga karena gangguan Elektrolit ( Kurang Kalium ), termasuk pengaruh obat-obatan seperti steroid atauobat tidur. [cek]
Quote:___Beberapa Cara Mengusir Cegukan emoticon-Paw
_______Nih gan ada beberapa cara mengusir/mengatasi yang namanya cegukan, mungkin sebagain agan udah pernah tau emoticon-Stick Out Tongue emoticon-Ngacir
Quote:
  1. Berdoa emoticon-angel
_______Dengan doa gan emoticon-angel Ente percayakan kekuatan doa itu maha dasyatnya emoticon-Cool kalau perlu minta doa restu ke Ibu tercinta emoticon-Hammer Dan semoga cegukan hilang lenyap sampai ke akar-akarnya emoticon-Ngakak (S) emoticon-Peace Mari berdoa menurut kepercayaan masing-masing. berdoa mulaaaaiii.........
Selesaii emoticon-Ngacir
Quote:
  1. Bernafaslah Dalam-dalam emoticon-Mad (S)
_______Bernapaslah dalam-dalam dengan menggunakan bantuan kantong kertas. Kadar karbon dioksida di dalam darah haruslah tinggi agar cegukan bisa diatasi. Tiup lalu hirup udara di dalam kantong kertas sebanyak 10 kali. Lakukan kuat-kuat sampai wajah Anda memerah. Usahakan secepat mungkin agar karbon dioksida di dalam kantong kertas tidak digusur oksigen.

Quote:
  1. Menahan Nafas emoticon-Shutup
_______Tahan nafas gan sekuat-kuatnya emoticon-Ngakak (S) dua jam kalau kuat emoticon-Peace emoticon-Ngakak (S) tahan nafas selama mungkin sekuat ente aja gan emoticon-Wink Lalu kemudian telanlah sesuatu saat cegukan sudah mau muncul. Lakukanlah sebanyak 2 sampai3 kali. Setelah itu, tarik napas yang dalam dan mulai dari awal sampai cegukan hilang. emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:
  1. Menahan Nafas Jilid II emoticon-Ngakak (S)
_______Sama seperti nomor dua gan tahan nafas emoticon-Cool cuma yang ini sedikit beda gan, ini menahan nafas dengan posisi kepala yang sedang menengadah keatas. ceguk ceguk emoticon-Ngakak (S) masih belum berhasil juga ? kita coba cara selanjutnya gan. ceguk ceguk emoticon-Ngacir

Quote:
  1. Minum Air 1 Galon emoticon-Peace
_______Kalau cara yang ini pasti kaskuser dah pada tau tuh emoticon-Big Grin banyak yang tau lah. Memang cara ini konon katanya ampuh mengatasi yang namanya cegukan emoticon-Cool Caranya ya gk minum air 1 galon juga sih emoticon-Peace cukup minum sebanyak-banyaknya gan, pakek air hangat gan lebih mantap emoticon-thumbsup Ceguk Ceguk emoticon-Ngacir

Quote:
  1. Pijat Bagian Leher emoticon-Sundul Gan (S)
_______Caranya dengan memijat kedua sisi leher dengan jari telunjuk. Kemudian tarik nafas dalam - dalam lalu minum air dengan 10 tegukan sambil menahan nafas emoticon-Bingung (S) Ulangi terus sampai cegukan ilang emoticon-Peace emoticon-Ngakak (S)

Quote:
  1. Menelan Gula Pasir emoticon-Bingung (S)
_______Cara mengatasi cegukan lainnya yakni dengan menelan satu sendok gula pasir. Langkah ini bisa menghentikan cegukan selama beberapa menit. Hal ini sebagai akibat terganggunya lengkung reflex cegukan karena gula pasir tersebut mengirim sinyal lewat serabut saraf.

Quote:
  1. Kaget emoticon-Kagets
_______Yang ini nih seru emoticon-Ngakak (S) dikejutkan gan harus bener2 spontan nih gan emoticon-Ngakak (S) Yang kasian itu udah cegukan latah terus pakek cara dikejutkan " Doooooor " Eh ayam ayam ayam ayam emoticon-Ngakak (S) Lebih bagus harus ngundang Komeng gan "spontan Uhuuuuy" emoticon-Ngacir

Quote:
  1. Konsumsi Makanan Asam emoticon-Bingung (S)
_______Katanya nih gan dengan mengkonsumsi makanan yang cukup asam dapat menstimulasi pernafasan emoticon-Bingung (S). Jadi merangsang pernafasan gitu gan emoticon-Genit jadi bisa lancar lagi pernafasaannya emoticon-Ngacir cegukan hilang kito orang pun senang yeeeey \emoticon-Metal/ [ cumber ]


Beberapa Gif Versi Cegukan emoticon-Peace
Spoiler for Cegukan :

Video Masha and The Bear Episode Cegukan emoticon-Peace
Spoiler for Cegukan:


Quote:Support | Coment Kaskuser |
Itu dia gan beberapa cara mengatasi cegukan, dan saran saya bila agan terjadi cegukan pas lagi makan, maka hentikan aktifitas itu gan. berbahaya gan emoticon-Takut (S)
Dan bagi yang mau menambahkan tips & trik gokilnya ane persilahkan emoticon-Ngacir
Okeee byeee sampai ketemu di tread aye selanjutnya emoticon-Ngacir


Wassalamualaikum emoticon-Paw

Beberapa Cara Praktis Mengatasi Cegukan
Klik Banner jika berkenan mampir ke mabes kami emoticon-Embarrassment

Coment Kaskuser~

Quote:Original Posted By Azis165
cukup tahan nafas bentar lalu minum air anget aja cukup tuh cengukannya ilang.......emoticon-Big Grin
nice share gan....emoticon-Rate 5 Star

Quote:Original Posted By argygems
klu ane sering liat klu anak bayi cegukan sering dikasih potongan kertas diantara mata nya hihihihi sugest kali yah

Quote:Original Posted By sysctl.conf
pertamax dulu emoticon-Cool
kalo cegukan cukup teken CTRL + Shift + Delete emoticon-Cool
Quote:Original Posted By theroxas
klo tips dr ane..
tutup lubang telinga sama lubang hidung pake tangan gan.. trus buang udara yg ada di paru2 agan.. setelah itu suruh temen agan kasih minum air putih ke agan..
di jamin langsung ilang..

Quote:Original Posted By bayu.kristian
sebenernya minum kurang disarankan dokter karna airnya bisa masuk paru2, disarankan menekan bagian dada, sebelumnya ada kok di dr.oz

Quote:Original Posted By King.Cai
bukan minum air atau tahan nafas, tapi hirup karbondioksida secukupnya.
Caranya, tutup mulut dan hidung dengan kedua telapak tangan dengan se-rapat2 nya, lalu bernafaslah pakai mulut saja selama 3-5x hembusan. Nanti cegukannya ilang, kalau masih belum, coba bernafas lebih lama.

Atau cara lain menghirup karbondioksida adalah dengan bernafas melalui plastik. Jadi pertama tiup plastik sampai kembung, terus masukkan ujung plastik kedalam mulut dan bernafaslah melalui mulut dengan menggunakan plastik tersebut seperti bernafas menggunakan alat selam. Setelah cukup lemas karena kekurangan oksigen, ntar cegukannya berhenti juga.

Ane tau dan udah praktekkin cara2 tersebut untuk mengatasi cegukan. Dan cara ini ane dapat dari kaskus juga gan, tapi di trit yg lain emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By juragan.pink
ane dulu waktu kecil pernah baca komik doraemon.

dicerita komiknya nobita lagi cegukan.
terus sama doraemonnya dikasih tau cara ngilangin cegukannya.

ternyata cara itu berhasil ngilangin cegukan dan sampai skrg ane pakai cara itu utk ngilangin cegukan.

caranya :

1. ente minum air putih yang banyak. (air biasa, jangan air dingin)

2. setelah minum air yang banyak. ente langsung segera tarik nafas sedalam2nya.

3. setelah tarif yang dalam. ente tahan napas, idung ente jg sebaiknya dipencet pake tangan, mulut jg ditutup. intinya saat tahan napas jangan sampai ada udara yg keluar.

4. tahan selama kurang lebih 30 detik.

5. lepaskan, dan buang nafas anda perlahan.

insyaAllah cegukannya hilang.

emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By dokitzrockitz
kalo ane tips ampuh mengatasi cegukan daridulu dapet resepnya dari nenek.
dan terbukti 100% ampuh mengatasi cegukan, ane buktiin ke temen ane jg efektif.


Code:
caranya : 
Minum air putih / air apa ajalah intinya air, tapi dengan syarat sambil nengok kanan, posisi badan tetep lurus menghadap kedepan. Yah kaya orang minum tapi sambil nengok kanan lah pokoknya.


Silahkan dicoba.
kalo ga works jgn nyalahin nene ane gan emoticon-Peace
Quote:Original Posted By JenoVazz
ane biasa pke minum gan tapi caranya minumnya gini:
1. pertama taro air d dalem mulut. jagan di telen dulu gan trus harus 1 mulut penuh yah gan
2. hadep k kanan tapi palanya aja badannya jangan. hadepnya hrus bener2 ke kanan gan smpe lehernya sakit emoticon-Ngakak
3. baru telen gan

ane pake cara itu selalu manjur gan emoticon-Ngakak
page one gan kalau berkenan emoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By mrak2007
Ane punya solusi yang selama ini selalu berhasil gan.. taro pejwan yah..

Solusi yang selama ini selalu berhasil adalah...

Spoiler for solusi cegukan:


Ane tidak bermaksud SARA dengan solusi yang mengarah ke cara beribadah salah satu agama. tapi ketika ane lakukan, it works gan.
coba aja lakuin setidaknya 2 menit dengan nafas yang dalem.

Quote:Original Posted By keristiar
Obat manjur cegukan.
Nih gan ane kasih tau caranya kalo cegukan, saia sendiri pernah alamin cegukan selama 14 hari, berturut turut dan itu bener bener sangat menyiksa, cegukan saia ga selalu tapi beberapa jam kambuh dan hilang dengan sendiri, dah berbagai cara saia coba, dan yang ini yang paling manjur persiapan alat :

2 lembar kertas A4 atau koran atau kertas bungkus gorengan juga kalo memndadak
Lem kertas tersebut menjadi kantong, kayak kantong gorangan

caranya :

masukan mulut dan hidung kedalam kantong kertas tersebut, lalu bernafas melelaui mulut, didalam kantong tersebut, hisap dengan hidung, jadi intinya menghisap nafas kita sendiri.

Semoga cegukan cepat selesai dan sampai saat ini saia sudah ga cegukan lagi dulu hampir setiap tiga bulan saya tersiksa dengan cegukan ini
Quote:Original Posted By kalabronto
pake cara ane aja nih. dg cara berimajinasi. yaitu tahan nafas lalu usahakan berimajinasi seakan akan cegukannya kamu dorong ke perut. ane g pernah gagal dgn cara ini. cepat juga efeknya. smoga berhasil.
Quote:Original Posted By KhansaShabirah
Tambahan nih gan, coba deh kalau cegukan minum air sambil nengok ke kanan. Kalau sejauh ini sih ane pake cara ini manjur emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By 60nine
Cara ampuh bagi ane saat cekukan.

1. Ambil air segelas aja *gak perlu 1 galon
2. Dekatkan ke mulut *jodoh juga boleh didekatkan
3. Lalu agan minum airnya *jangan dikunyah
4. Saat agan minum / menelan air tadi usahakan agan minumnya sambil nengok ke kanan.
5. Insyaallah bisa hilang cekukan agan. *jika tidak hilang berarti agan gak bisa move on dari cekukan.


Page one bicaaa kaleee emoticon-Wink

Page






cegukan
ooh gitu ya gan.. nice share gan
tambahan, menahan nafas
harus tahan nafasnya di perut, cek sama tangan atau kaki atau mulut atau mulut orang lain (emoticon-Malu) kalo perut kita udah keras
nah kalo udah keras tahan deh 10 detik juga cukup, kalo kurang ya 10 jam emoticon-Big Grin
tadi gue cegukan,
disamping ane ada cewek lagi, sial dah emoticon-linux2
Quote:Original Posted By kochikaduy
tambahan, menahan nafas
harus tahan nafasnya di perut, cek sama tangan atau kaki atau mulut atau mulut orang lain (emoticon-Malu) kalo perut kita udah keras
nah kalo udah keras tahan deh 10 detik juga cukup, kalo kurang ya 10 jam emoticon-Big Grin


Oke gan emoticon-Kiss
Ane sih biasa tarik nafas dalam dalam terus ditahan selama beberapa detik gan, lumayan bisa ilang dikit dikit, abis gitu balik lagi emoticon-Ngakak (S)
Quote:
Spoiler for as ad:


tau gini tadi gw reserped sampe post 20 emoticon-Hammer
parah emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By kochikaduy
tambahan, menahan nafas
harus tahan nafasnya di perut, cek sama tangan atau kaki atau mulut atau mulut orang lain (emoticon-Malu) kalo perut kita udah keras
nah kalo udah keras tahan deh 10 detik juga cukup, kalo kurang ya 10 jam emoticon-Big Grin


Ilang cegukan nya sekaligus nyawa nya gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kochikaduy
tambahan, menahan nafas
harus tahan nafasnya di perut, cek sama tangan atau kaki atau mulut atau mulut orang lain (emoticon-Malu) kalo perut kita udah keras
nah kalo udah keras tahan deh 10 detik juga cukup, kalo kurang ya 10 jam emoticon-Big Grin

sehat gan ?

Quote:Original Posted By krnwn_indigo
tadi gue cegukan,
disamping ane ada cewek lagi, sial dah emoticon-linux2

oalah kasian emoticon-Berduka (S)

Quote:Original Posted By garpith
Ane sih biasa tarik nafas dalam dalam terus ditahan selama beberapa detik gan, lumayan bisa ilang dikit dikit, abis gitu balik lagi emoticon-Ngakak (S)


emoticon-Ngakak
yaa sama aja itu namanya emoticon-Hammer (S)
kek orang mau nelen
kalo ane emoticon-Cool
tips ngilangin cegukannya kaya di film" kartun ya emoticon-Ngakak
Ane biasanya sih klo cegukan minum air tp ga segalon juga emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By chiloGG





[/SPOILER]


tau gini tadi gw reserped sampe post 20 emoticon-Hammer
parah emoticon-Cape d... (S)
[/QUOTE]

banyak amat yang iklan gan emoticon-EEK!

kasih tarif gih emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By 338aadmin338a
kek orang mau nelen
kalo ane emoticon-Cool

kek gimana tuh, bisa di praktekan ?

Quote:Original Posted By sheciel
tips ngilangin cegukannya kaya di film" kartun ya emoticon-Ngakak
Ane biasanya sih klo cegukan minum air tp ga segalon juga emoticon-Hammer


yaa segalon juga gk papa emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By 338aadmin338a

banyak amat yang iklan gan emoticon-EEK!

kasih tarif gih emoticon-Hammer


kamu jenius sekali gan emoticon-Belo
hebaaaaaaaaaaaaat emoticon-Ngakak (S)
emoticon-DP
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By chiloGG






[/SPOILER]


tau gini tadi gw reserped sampe post 20 emoticon-Hammer
parah emoticon-Cape d... (S)
[/QUOTE]

Yg sabar gan emoticon-Berduka (S)
Sekalian reserve sampe pej 5 emoticon-Ngakak
ane biasanya kalo cegukan suka nahan nafas gan emoticon-Ngakak
gagal emoticon-Hammer

Quote:Original Posted By sheciel

Yg sabar gan emoticon-Berduka (S)
Sekalian reserve sampe pej 5 emoticon-Ngakak

emoticon-Berduka (S)

Quote:Original Posted By kaskusmaid1
kalau ane ckup denganmenahan nafas sambil duduk emoticon-Malu (S)


ati2 kentut gan emoticon-Hammer
cukup tahan nafas bentar lalu minum air anget aja cukup tuh cengukannya ilang.......emoticon-Big Grin
nice share gan....emoticon-Rate 5 Star