alexa-tracking

Sekarang Bisa Lho, Cetak Kartu BPJS Kesehatan Sendiri

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/539121a3020d81dc558b464e/sekarang-bisa-lho-cetak-kartu-bpjs-kesehatan-sendiri
Sekarang Bisa Lho, Cetak Kartu BPJS Kesehatan Sendiri
BPJS Kesehatan Luncurkan e-ID

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai badan yang ditunjuk pemerintah dalam mengemban tugas Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), hingga saat ini masih mengalami sejumlah kendala dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Satu di antaranya keterlambatan dalam penerbitan kartu kepesertaan BPJS.

Untuk menghindari terhambatnya pelayanan kepada peserta peserta BPJS Kesehatan di fasilitas kesehatan yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, maka BPJS Kesehatan menerbitkan elektronik identitas (e-ID). Kartu ini sudah berlaku mulai bulan Juni ini.

Kepala Divisi Regional II BPJS Kesehatan, Benjamin Saut didampingi Kepala Departemen, HE, SDM dan Umum Rusli Armunandar, Kepala Departemen Manajemen Pelayanan Kesehatan Elfanetti dan Kepala Departemen Pemasaran dan Kepesertaan Suheri kepada Tribun, Rabu (4/6) menyebutkan, sesuai pasal 13 butir a UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan berkewajiban untuk memberikan nomor identitas tunggal kepada peserta.

“Memperhatikan penerbitan kartu BPJS Kesehatan yang masih terkendala, dan antisipasi terhambatnya pelayanan kepada pesertaa di fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan, maka kami membuat suatu identitas dalam bentuk identitas elektronik (E-ID) BPJS Kesehatan,” ungkap Benjamin.

Saat ini, kata Benjamin, penerbitan e-ID BPJS Kesehatan diperuntukan bagi peserta perseorangan atau mandiri (PBPU) dan BP.“Maksudnya, e-ID diterbitkan oleh BPJS Kesehatan, e-ID dapat dicetak dengan tinta hitam, e-ID memuat identitas peserta BPJS Kesehatan dan memiliki fungsi sama dengan kartu peserta BPJS Kesehatan, e-ID dibawa ketika berobat beserta identitas pendukung berupa KK dan KTP atau lainnya, penggunaan e-ID tunduk pada ketentuan perundangan yang mengatur BPJS Kesehatan, e-ID hanya dipergunakan untuk kepentingan pelayanan program JKN BPJS Kesehatan, dan pemalsuan e-ID akan mendapat ancaman hukuman sesuai perundangan berlaku,” jelas Benjamin.

Mekanisme penerbitan e-ID BPJS Kesehatan untuk peserta perorangan, ulas Benjamin, dapat diakses melalui kantor BPJS Kesehatan, teller, perbankkan, dan website BPJS Kesehatan.

“Artinya, peserta harus memiliki NIK yang terdaftar di Disdukcapil Kementrian Dalam Negeri (e-KTP) dan telah memilih fasilitas kesehatan tingkat pertama. Pencetakan e-ID BPJS Kesehatan dapat dilakukan setelah peserta melakukan pembayaran channel perbankan. Bagi peserta yang mendaftar di bank, maka pencetakan dilakukan oleh bank. Sedangkan pendaftar melalui website dilakukan setelah peserta membayar, akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan, yang berisi link pencetakan e-ID BPJS Kesehatan,” papar Benjamin.

Ditambahkan Benjamin, sedangkan mekanisme e-ID BPJS Kesehatan untuk peserta badan usaha atau perusahaan, dapat diakses melalui kantor BPJS Kesehatan.

“Jelasnya, setiap badan usaha akan mendapatkan user ID dan password dari aplikaasi kepesertaan. User ID dan password dikirim ke PIC atau HRD setiap badan usaha oleh BPJS Kesehatan. PIC membuka website BPJS Kesehatan, dan memasukan user ID dan password. PIC dapat melakukan pencetakan secara keseluruhan atau perorangan. Pencetakan dapat dilakukan setelah badan usaha melaksanakan pembayaran iuran. Alamat website untuk cetak e-ID yakni, [url]http://bpjs-kesehatan.go.id:8080/bpjs-admin/,”[/url] beber Benjamin.

Kepada fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, sebut Benjamin, sudah diberitahukan. Jadi, walaupun e-ID hanya dicetak pada kertas biasa, tidak ada perbedaannya dengan kartu defenitif, layanan dan benefitnya sama.

“Kalau ada kecurigaan dari fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan saat ada pasien yang menggunakan e-ID, fasilitas kesehatan tersebut bisa melihat data peserta di data master file, atau melakukan uji petik, dan atau menghubungi BPJS Kesehatan," tutur Benjamin. (*)

http://pekanbaru.tribunnews.com/2014...luncurkan-e-id
image-url-apps
gimana gan yg daftar lewat perusahaan berarti klo kita mau cetak sediri ga bs ya gan hrs lewat perusahaan dl? udah lebih dari 1/2 taun nih kartu kita blm jadi emoticon-Mewek klo bs cetak mandiri bijimane gan prosedurnya emoticon-Matabelo
Quote:


-sudah dijawab-
KASKUS Ads
image-url-apps
Ok gan thx emoticon-I Love Indonesia nama tempat ane kerja pt batara indah (BANTEX)lokasi bogor
Quote:

Maaf gan, mau nanya nich..
Ditempat kerja ane cuma diikutkan program BPJS Ketenaga kerjaan (JHT), tapi ane ingin ikut program BPJS Kesehatan (untuk ane, istri, & anak), apa bisa ane daftar sendiri (perorangan), atau gimana gan? Atau ada alternatif lain gan.
Mohon pencerahannya gan..
Thanks.
Quote:


Selamat pagi..
Untuk Pekerja Penerima Upah (PPU) seperti karyawan, pegawai, PNS, dll, pengurusan kepesertaan BPJS Kesehatan-nya dilakukan oleh tempat kerjanya ya gan, serta dilakukan secara kolektif. Oleh karena itu, kami sarankan agar agan menghubungi pihak SDM, HRD, atau bagian lain yang menangani kepegawaian di tempat kerja agan..

Untuk tanya-jawab lainnya bisa agan lihat di sini http://www.kaskus.co.id/thread/53571...pjs-kesehatan/

Semoga membantu emoticon-I Love Indonesia (S)

cr cetak kartu mandiri

image-url-apps
Permisi agan dan aganwati...
Mw Tanya.
Ni kmaren aku dah k bpjs...karena g tau klo ada pendaftaran online jd langsung k bpjs.
Setelah dpt virtual account ane bayar k bank nih..trus mw cetak kartu ..ee.ngantri bgt d bpjs.. Bisa ndak ya saya cetak kartu sendiri?dan bgmn caranya?mhn pencerahannya gan.capek udah pke antri.
#Newbie
image-url-apps
Manteb infonya gan.semoga bpjs makin manteb jayaa

Link Kartu BPJS tidak muncul, namun sudah dilakukan pembayaran

gan, gimana ya caranya untuk bisa cetak kartu BPJS lagi? karena link saya kemarin tidak bisa terbuka padahal saya sudah melakukan pembayaran 2 kali . tolong dibantu.


Quote:


Quote:


Selamat siang..
Menjawab pertanyaan agan, mohon berkenan untuk melihat di FAQ kami (FAQ 3 poin ketujuh) : http://www.kaskus.co.id/thread/53571...bpjs-kesehatan

Semoga membantu dan sehat selalu emoticon-I Love Indonesia (S)

link kartu tidak muncul

Halo AGan,

mau nanya ni ane udah daftar online bpjs ane nomer: 0000012919116

Buka email aktivasi link kartunya ga muncul gan..
link yg formulir dan no VA ada. yg ketiga pas mau cetak kartu ga muncul gan. katanya disuruh bayar. padahal ane udah bayar.. emang telat bayarnya sekalian 3 bln baru nov ini dibayar.

Bisa tolong dibantuin dong..

Makasi ya

emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:


Mohon maaf sebelumnya, mohon cek thread kami yang lain ya gan, kami tidak menjawab pertanyaan di thread ini karena tanya-jawab sudah terangkum dalam thread kami yang lain emoticon-Big Grin

Ane Senasib Sama Agan yang satu ini. (SUDAH DAFTAR VIA ONLINE, BAYAR DI BANK,.)

Quote:


Tolong Gan, Ane senasib ama agan ini. Ane Pagi daftar. 2 orang. View Website. Berhasil

disuruh bayar di Bank (Ini hari yang sama Seusai makan siang) udah bayar. Tapi Email saya sepi-sepi aja tidak ada Link atau sesuatu.


Mohon bantuannya Gan.emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

emoticon-Matabelo
Quote:


email link aktivasi pendaftaran di klik lagi gan trus tulis kode trus klik aktivasi muncul deh link download kartunya emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Terobosan yg luar biasa. Kebetulan saya baru aja habis meriksa pasien, saya ngecek kartu bpjs koq kayak fotokopian yg dilaminating. Ternyata ada keterangan memang boleh diprint dg tinta hitam .
image-url-apps
Wah salut nih bpjs ada akun kaskus nya, hehe. Mau tanya nih
1. Orang tua saya kan terdaftar di Bpjs peserta kelas II, Nah kalo saya mau upgrade ke tingkat I gimana ya caranya?
2. Kami lupa faskes gigi apa yang saat pendaftaran kami pilih, gimana ya cara ngeceknya?
Thanks, maju terus BPJS
Quote:


Selamat siang..
Pertama kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan apresiasi agan kepada BPJS Kesehatan. Menjawab pertanyaan agan, kami sampaikan beberapa penjelasan sebagai berikut:
1. Peserta BPJS Kesehatan baru dapat pindah / ganti kelas kepesertaan setelah terdaftar selama 1 tahun di kelas yang sekarang gan..
2. Mohon diinfokan nomor kartu BPJS Kesehatan agan ya, untuk dapat kami bantu lakukan penelusuran lebih lanjut.

Adapun untuk pertanyaan lebih lanjut, mohon agan berkenan memposting di sini ya gan, agar lebih terkoordinir emoticon-Smilie
http://www.kaskus.co.id/thread/53571...bpjs-kesehatan

Semoga membantu dan sehat selalu emoticon-I Love Indonesia (S)
Gan mau komplain nih, ane dari BU. Data di e-dabu ane sama entitas peserta yang dikeluarkan BPJS berbeda. itu ngeklopinnya gimana ? tujuan e-dabu kan untuk mempermudah BU, tapi karena datanya masih beda sama entitas ane masih harus bolak-balik ke kantor cabang BPJS untuk minta entitas.

Sama saran, sewa bandwith servernya yang gedean lagi. Kan situs BPJS Kesehatan dipake semua warga Indonesia, baik buat daftar online ataupun yang lainnya.

tidak bisa cetak e_ID BPJS Kesehatan tidak ada tulisan

Dear TS,


Mau nanya ni kenapa ya saat proses cetak kartu BPJS untuk karyawan di kantor tidak muncul untuk kartunya, padahal langkah2nya udah sesuai..

1. login ke http://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-admin
2.pilih menu cari data
3.masukkan no. peserta dan data ditemukan (ada data peserta tsb) kemudian centang di nomor pesertanya
4.muncul pop-up dari kartu BPJS, tetapi tidak ada tulisan apapun kosong seperti kertas putih (ane udah ganti ukuran kertas dari properties printer tapi tdk pengaruh).

mohon solusinya untuk masalah diatas.

Thanks,
Quote:


Selamat siang..
Mohon maaf sebelumnya, apakah data karyawan yang agan isi sudah lengkap dan sudah dicek ulang? Terkait kartu kosong, biasanya terjadi apabila ada data yang lupa dicantumkan (seperti nama faskes, nomor rekening bank, dsb). Adapun untuk informasi lebih lanjut, agan dapat menghubungi Kantor Cabang BPJS Kesehatan sesuai domisili perusahaan. Berikut link nomor telepon Kantor Cabang BPJS Kesehatan dan hotline yang dapat dihubungi:
http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ind...detail/2014/16
http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ind...detail/2014/17

Semoga membantu dan sehat selalu emoticon-I Love Indonesia (S)
×