alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary - Part 1
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/538d01a696bde6450c8b4593/suzuki-jimny---katana-sanctuary---part-1

Suzuki Jimny - Katana Sanctuary

Spoiler for :
profile-picture
profile-picture
reo_odranoer dan Ramadhanep096 memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 211

Autolock Thread by Hansip

Suzuki Jimny - Katana Sanctuary

SELAMAT DATANG PARA PENGGUNA ALL VARIANT JIMNY DAN KATANA
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary - Part 1
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary - Part 1

Disini kita semua akan berdiskusi hal hal apa saja yang berhubungan dengan Jimny dan Katana emoticon-Smilie
About Rules

Spoiler for :


Suzuki Jimny
* Manufacturer Suzuki
* Production 1968 to present
* Predecessor HopeStar ON360
* Class Mini SUV
* Body style 2-door Sport utility vehicle 2-door convertible
Sejarah singkat

Suzuki Jimny berawal di tahun 1968. Suzuki membeli mobil bekas Hope Motor Company yang telah menghasilkan 15 kendaraan off-road kecil yang disebut HopeStar ON360. Kemudian pada tahun 1970, mereka membuat Suzuki 4x4 pertamanya. Ini disebut LJ10, dengan mesin 359 cc, two-stroke, in-line two-cylinder engine. Tahun 1972, LJ20 diperkenalkan. Pendingin telah diubah dari udara pendingin ke air pendingin karena peraturan emisi yang baru diberlakukan. Pada tahun 1975, Suzuki melengkapi LJ20 dengan LJ50, yang memiliki 539 cc yang lebih besar, two-stroke, in-line three-cylinder engine dan perbedaan yang lebih besar. Ini awalnya ditargetkan pada pasar Australia.

Jimny8/LJ80 ini merupakan versi update dari LJ50 yang dengan cc 800, four-stroke, in-line four-cylinder engine, diikuti oleh Jimny 1000/SJ410 dan Jimny 1300/SJ413. Versi terbaru dari SJ413 kemudian dikenal dengan nama Samurai dan merupakan Suzuki pertama resmi dipasarkan di Amerika Serikat. Seri dari SJ410 untuk SJ413 dikenal sebagai Sierra di Australia, dan di beberapa pasar.

The New Jimny baru dirilis pada tahun 1998, dan sekarang menyandang nama yang sama di semua pasar. Rilis 1998 menggunakan G13BB mesin EFI, digantikan oleh M13AA mesin EFI tahun 2001 dan M13AA VVT mesin pada tahun 2005, dengan desain ulang pada bagian interior.

Suzuki Jimny yang saat ini sangat digandrungi oleh pecinta jip 4x4 sebagai jip irit, dari hasil sharing dengan kawan2 Jimny lain dan juga bacaan ane di media2 cetak juga online selama ini ..
sebenernya ane udah cari2 ada nemu forum yang ngebahas ini agan2.. judulnya "tentang suzuki Jimny, jip imut dari jepang", tapi maaf ane kira harus coba ngelengkapin aja di thread yang ini, karena kurang lengkap, sekalian menampung info2 dari agan2 lain ttg suzuki Jimny, soalnya thread tersebut udah masuk arsip.. tapi kalo ternyata ada thread yang lain yang udah ada/repost maap ya agan2 .. ane udah cari sebisa mungkin ttg jimny..

Suzuki Jimny tak kalah pamor dengan Kijang yang sukses dalam memasarkan seluruh generasi nya, karena sosok Jimny sanggup memenuhi kebutuhan konsumen di segala medan dengan harga yang ekonomis..

masuk pada produksi pertama nih gan, sebenarnya dulunya dari pabrikan kecil asal Jepang, namanya Hopestar, yang kemudian ngerilis Jip kecil dengan panggilan ON 360, mesinnya berbasis Mitsubishi type ME24 berpendingin udara, namun sayang sekali penjualannya sangat minim, cuma 50 unit aja dalam 1tahun , 20unit aja yang beredar di Jepang dan sisanya di Asia tenggara, mungkin karena faktor dari model yang kurang diminati pada saat itu, karena memang umumnya Jip itu memiliki tampang yang sangar. Singkat cerita pada 1968 pabrikan Suzuki yang didirikan Michio Suzuki itu membeli hak desain dan produksi ON 360 dari Hopestar dan dirombak ulang body luar dalemnya gan, tapi mesin tetep pake aslinya dengan perubahan sedikit yang meningkatkan daya kuda nya dari 21 menjadi 24 dan ga lagi pake bensin campur karena sudah terpisah, oiya masin ini 2tak loh...
Spoiler for Hopestar ON 360:

Kemudian Suzuki meneruskan Kesuksesan tersebut denga melakukan Produksi massal pertama pada tahun 1970, spesifikasi mesin yang digunakan sama aja gan..masih tanpa radiator dengan nama "LJ 10 Brute IV". Produk ini sangat laris di amerika gan.. hingga kepopuleran terus menanjak, melahirkan juga "LJ 20" pada tahun 1972 dengan daya kuda yang meningkat menjadi 32dk dengan maximum speed 75km/h dan grille depan jadi vertikal. Akhirnya tahun 1974 di Amerika diberlakukan emisi rendah gan, berbarengan dengan produksi Jimny "LJ 50" yang menaikan kapasitas mesin menjadi 539cc dengan max speed 96km/h dan ban serep pindah ke luar, dan tambahan lampu senja/sein jadi 2lampu satu sisi nya gan.. namun sayang sekali Jimny gak lolos dalam uji emisi .
Spoiler for LJ10 Brute:

Spoiler for LJ20:

Spoiler for LJ50:

Tapi namanya Suzuki tak mau berhenti berinovasi dan riset pun kelar, lahirnya versi 4tak ga ragu2 menyerbu Amerika, pada tahun 1977 mesin baru 4tak, 4silinder segaris, 797cc, SOHC, 41dk mampu menembus 100km/h dengan emisi yang rendah diberi judul "LJ80/ SJ20", kalo dibedain dengan LJ50 grille nya lebih kotak gan.. berjalan produksi dan pemasaran melakukan perbaikan di kaki-kaki dan gear2 untuk penyesuaian jalan tol juga menaikan kapasitas tangki menjadi 40 liter yang sebelumnya 26 liter, kemudian pada tahun 1979 meluncurkan model pintu keras(bukan kanvas) dan tahun 1982 mengeluarkan juga versi lebih besar super Jimny 4WD 1000cc (SJ410), atau yang di Indonesia biasa disebut "jimny cepak" dan muncul juga varian "sierra", hingga tahun 1983 yang dujuluki "jimny Talang" karena atap yang lebih tinggi dari versi cepak. penjualan produk super jimny sangat sukses nih gan dan mesin baru F10A ini memang terbukti tangguh. namun kesuksesan tak lepas dari hambatan masalah, karena wheelbase nya yang sempit dan kaki keras angka kecelakaan di Amerika pada saat itu meningkat, banyak isu2 yang timbul dalam kasus ini, penyewaan stuntman dan dugaan lain menjadi sorotan, tetapi publik sudah terlanjur cinta dengan Zuki yang satu ini.
Spoiler for LJ80:

Spoiler for SJ410:

Tapi suzuki ga berhenti, karena penggemar sudah terlalu banyak, laihrlah "SJ413" atau yang dijuluki Samurai denga kapasitas mesin lebih besar 1.324cc (sebelumnya 1.298) dengan sumbu lebar untuk menghindari body roll dan tambahan booster rem, kemudian suspensi yang lebih empuk gaaannn dan penambahan gigi 5 juga transfer case yang lebih besar, klimaks kejayaan SJ berbuntut pada lahirnya vitara di tahun 1989 yang menjadi cikal bakal SUV dan nama lain Geo Tracker untuk versi General motor, namun Samurai terus di produksi hingga akhir 1998 sampai lahirnya new Jimny.
Spoiler for Samurai:

Spoiler for Geo Tracker/vitara 2 pintu:

Tak berhenti berinovasi nih suzuki di varian Jimny gan.. di tahun 1998 lahirlah "JB23" atau yang dipanggil New Jimny, mesin nya jadi gendong 3 silinder aja dengan cc 660.. tapi DOHC 12 katup, Turbo intercooler juga gan, hasilnya 64dk.. kaki2 juga makin maknyoosss dengan per keong independent atau IFS (independent Front suspension), sayang versi ini ga keluar di Indonesia gan.. tapi ane abca2 dan denger2 dari media sih bakalan keluar 2011, cuma yang bakalan duluan keluar dengan versi SUV 4pintu gan,bisa di isi 7penumpang, kira2 masih pantes ga dipanggil "Jimny"gan? hmm kayanya lebih ngjar tren kali ya gan.. baru gossip aja sih
Spoiler for JB23:

lain lain nyaaa :
*MG410
* JA12
Spoiler for JA12:

*JB32
Spoiler for JB32:

Untuk Katana denger2 dari temen sih katanya begini :
Spoiler for :


lengkapnya bisa di sini om tante sekalian :
Spoiler for sejarah Jimny:

emoticon-Big GrinIt's a good little truck emoticon-Big Grin

About tips and trick

Spoiler for :

mohon kurangnya bisa di tambahkan emoticon-Smilie
Lihat 1 balasan

List Penghuni Thread

Spoiler for :

Video

History of Suzuki Jimny

Spoiler for :


Building Suzuki

Spoiler for :


40 Years Of Suzuki

Spoiler for :


Techniques

Spoiler for Suzuki Four Wheel Drive Techniques:

Penggila Jimny Se Jagat Raya

[will be update soon]


[url]www.jimnyq.com[/url]

http://www.suzuki.co.jp/jimny/#

Info !


Sticker JIMKUSER


Quote:

Quote:

Quote:
*untuk yang diluar jakarta mungkin bisa memberi tahu dimana biasanya ngumpul..jadi nanti bagi agan2 yang ada didaerah tsb bisa ngumpul juga.

Foto Kegiatan

Fun offroad bareng team 841 12-6-2011 di kawasan BSD
Spoiler for 841:

Foto kumpul barudak Bandung yeeeeeuuuh ! emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Spoiler for :

FOTO-FOTO KEGIATAN MALANG JIMNY COMMUNITY by mjc.irfan
Spoiler for :

Peduli Joga oleh Satriacustom and friends
Spoiler for :

All about Jimny fashion (Picture)

Picture Jimny yg tertangkap Kamera

Spoiler for " ":
Congrats For The New Thread

emoticon-Angkat Beer





jgn lupa request update ke index thread FR4 emoticon-Embarrassment
nyampe juga boyongan ke rumah baru.. siap2 turunin barang2 nih...


Spoiler for barang bawaan ane nih...:
Rumah baru

Suzuki Jimny - Katana Sanctuary - Part 1

Diubah oleh doevae
Quote:

Ninggalkan jejak 1 lg emoticon-Big Grin
Wah rumah baru... sukses terus forum tercinta
pekiwan
Numpang Mejeng Pekiwan Dulu Ahh, Abis Lama Ga Liat Ni Thread Abis Dinas Uda Rumah Bru Aja.
Mejeng dolo dirumah baru sekalian perkenalan sama suhu suhu
Salam kenal dr nyubitol buat para suhu dan penghuni di rumah baru.....emoticon-Big Grin
Akhirnya ketemu juga alamat rumah baru
Salam kenal suhu
Mejeng dulu hehehe

Ambil parkiran paling pojokkk emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Nih penampakannya gann emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Spoiler for Penampakan:


Spoiler for Penampakan:


Spoiler for Penampakan:
Diubah oleh harrysetiawanh
Sebagai Silent rider 3taun absen dulu ah dirumah baru, semoga suhu2 pada tambah rajin share dimari
Diubah oleh rahadian.pwt
Halaman 1 dari 211


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di