alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/538ac9a90e8b46560b0002d0/penyang--azimat-suku-dayak-ngaju
(SHARE)PENYANG – AZIMAT SUKU DAYAK NGAJU

Berhubung thread mengenai Penyang(Azimat suku dayak ngaju) tidak ada,nih saya buat thread nyaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak,NO SARA!!! emoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Please Cekidot..

Penyang adalah azimat yang dikenal oleh suku Dayak utamanya rumpun Dayak Ngaju ada juga yang seperti penyang ini dikenal dalam rumpun Dayak Benuaq / Tunjung disebut dengan istilah GIMAT & SAREMPELIT yang akan penulis bahas dalam tulisan terpisah sebab memiliki konsep yang sedikit berbeda dengan penyang. Biasanya penyang ini diwariskan turun temurun dan diikatkan pada pinggang atau disebut PETENG KAHANG PENYANG ada juga yang dibuatkan menjadi bentuk kalung dan ada juga penyang yang digantung di mandau. PENYANG berbeda dengan BATSAL / BASAL – biasanya basal terdiri atas rajah atau barang-barang bertuah yang dibungkus di dalam kain sabuk, sehingga dari luar tidak dapat dilihat langsung. Basal biasanya berbentuk sabuk berbungkus yang dapat dilipat, dan terdiri dari beberapa lipatan, antara lain 7, 9, dan maksimal 41 lipatan. Umumnya suku Banjar atau Banten menggunakan BASAL yang terbuat dari rajahan-rajahan tertentu namun suku Dayak menggunakan kayu atau benda-benda lain yang dibungkus yang dianggap memiliki khasiat atau tuah. Sedangkan rajahan dayak bukan berupa tulisan tetapi berupa anyaman atau juga ukiran-ukiran tertentu baik yang ditattookan ditubuh atau ditaruhkan dimandaunya – ada juga rajahan dimandau ini yang ditutup ada juga yang dibiarkan terbuka.PENYANG – AZIMAT SUKU DAYAK NGAJU
Penyang Mandau, Peteng Kahang Penyang, Basal

Berbeda dengan Penyang atau Ponyang dimana benda bertuah / azimatnya ini dapat dilihat yang biasanya berupa kayu-kayuan, batu-batuan, botol-botol kecil yang berisi minyak yang ditutup, taring-taring binatang, cangkang kerang, patung-patung bahkan tulang tengkorak manusia, dimana barang-barang ini diyakini oleh orang Dayak mengandung kekuatan magis diantara lain untuk mengobarkan semangat perang, tidak punya rasa takut terhadap musuh, untuk menolak bala, penolak racun, penolak gangguan makhluk halus, mengobati orang sakit dan masih banyak lagi. Penggunaan taring-taringan yang dijadikan penyang pada Mandau adalah merupakan hasil buruan sang pemilik mandau tersebut, apabila orang Dayak mulai beranjak dewasa sebagai tanda ia mulai mandiri, setiap kali ia berburu maka taring-taringnya akan dikumpulkan dan semakin banyak taring yang digantung pada mandau artinya makin tinggi taraf keberaniannya karena binatang buas seperti buaya, beruang, macan, harimau bukan jenis binatang yang gampang dibunuh disamping itu dalam keyakinan Dayak Ngaju setiap makhluk hidup yang dibunuh baik itu juga manusia maka ia harus mengambil salah satu bagian tubuhnya atau memakan hatinya atau menjilat sedikit darahnya dan menggosokan dikening supaya roh korban tidak mengganggu.emoticon-Takutemoticon-Takut
PENYANG – AZIMAT SUKU DAYAK NGAJU
Penyang mandau
PENYANG – AZIMAT SUKU DAYAK NGAJU
Penyang mandau
PENYANG – AZIMAT SUKU DAYAK NGAJU
Penyang mandau koleksi saya,hehe..emoticon-Ngakakemoticon-Malu (S)
PENYANG – AZIMAT SUKU DAYAK NGAJU
PENYANG – AZIMAT SUKU DAYAK NGAJUkalung penyang

Penyang
PENYANG – AZIMAT SUKU DAYAK NGAJU

Penyang kahang dari taring Harimau Gigantik koleksi Museum Nasional
PENYANG – AZIMAT SUKU DAYAK NGAJU
Mandau ber rajah
PENYANG – AZIMAT SUKU DAYAK NGAJU
Penyang Mandau


*Sumber : http://folksofdayak.wordpress.com/20...u-dayak-ngaju/ + saya edit dikit,hehe
Nyobain pertamax.

ada yg mau dihibahin gan....?emoticon-Malu (S)
mantap infonya puh,salah satu kekayaan asli nusantara salam kenal
emoticon-Matabelo

keren gan goloknya, taring macannya ada mo di hibah gak gan....
atau mahar juga boleh deh.....kalo ane kuat emoticon-Matabelo



emoticon-I Love Kaskus (S)
nice share mbahe emoticon-Salaman
no koment ah .. ______emoticon-Ngacir
koreksi taring nya emoticon-Matabelo emoticon-Genit
Izin nyumbang gambar koleksi penyang yg pernah sy punya, sekarang sudah berpindah tangan..hehe
PENYANG – AZIMAT SUKU DAYAK NGAJU
penyang mandau
PENYANG – AZIMAT SUKU DAYAK NGAJU
Penyang ikat pinggang
PENYANG – AZIMAT SUKU DAYAK NGAJU
Penyang taring harimau (bahasa dayak: penyang gawing harimau)
Hehe,itu pusaka keluarga gan emoticon-Smilie salam.Quote:Original Posted By wantek1985
emoticon-Matabelo

keren gan goloknya, taring macannya ada mo di hibah gak gan....
atau mahar juga boleh deh.....kalo ane kuat emoticon-Matabelo



emoticon-I Love Kaskus (S)


pusaka keluarga,heheQuote:Original Posted By punkymania
Nyobain pertamax.

ada yg mau dihibahin gan....?emoticon-Malu (S)


oke,sama sama.. salam emoticon-SmilieQuote:Original Posted By ckikenrun
mantap infonya puh,salah satu kekayaan asli nusantara salam kenal


Ada yang tau ngga pembuat hulu dan kumpang mandau kahayan yang paling bagus gan??? Bisa minta infonya ngga gan??
botol2 kaca itu fungsinya buat apa puh TS?emoticon-Bingung (S)
Botol2 kaca tsb berisi minyak-minyak khusus yang mempunyai fungsi sebagai penyang,menambah kekuatan mandau/pemilik mandau.
daerah mana gan?
absen.. btw itu suku ane gan.. ane berdarah dayak ngaju 100% ori
mau dihibah yak??
nunggu hibahan nih
emoticon-Genit
Ahhh ane jd kangen suasana di daerah pager-palangkaraya gan...
emang sih mandau bisa dideteksi auranya dgn sangat cepat..jd bisa tau mana yg bertuah kalo mau maharin...
mantab share-nya puh.. emoticon-Smilie
khasiatnya lebih ke proteksi ya puh?
emoticon-Salaman
Kalao mandau terbang itu juga beneran gan??
Tutup page one emoticon-Peace