alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53884f7dd3c1e6c50b8b46fa/keganasan-pln-mengakali-meteran-memeras-rakyat-dan-anti-green-energy
Quote:Original Posted By hingga.kini7
Btw, ane g paham yg d bicarain TS, soalnya ane kgak tw fungsi maupun definisi tiap objek pembahasan, contohnya kyak GTI,dsb. Maklum ane kolot gan. Pdahal ane anak electro gan. Tpi g tw ginian malahan, dn yg bikin ane kesel sih! Sbnernya guru ane gan, klo ksih pelajaran kgak pengertian. Lngsung cerocos asal cepet aja, kejar kurikulum. Tpi g peduli ma muridnya paham apa engga. Mikirin gaji, yg pnting udh ngajar, selesai. Dpet gaji. Itu sih mnurut ane. Guru2 skarang kgak pernah pengertian ama murid, suka hina yg bodoh. Bkannya d bimbing baik2 d arahkan cara alus dn sabar. Psti buahkan hasil. Mimpi ane sih! Perbaiki sistem pendidikan indonesia gan. Harus paham dn bisa praktekin, bkan teori doank! Murid jgn d tekan, sabar,dll

Eitz, ane OOT gan TS sorry ya, ngelantur. Emosi soalnya ane. Pengen banget paham n ngehe apa yg d bahas TS. Tpi apa daya ane gan. Msih cetek wawasan ini, -_- ane haus info n ilmu.


Sama gan ane tamatan elektro juga ,,tp ane gak ngerti tentang perlistrikan yg di bahas ts ,,mungkin ilmu yg ane dpt cuman smpe stm doang ,,heheh,,, sekarang ane rada nyesel pas sekolah banyak bolos nya dan ikut tauran ,wkwk,,,
Namanya juga Indonesia klo meteran mundur dia ngak mau lah..... Jadi susah juga menerapkan green energy di negeri ini.....
pertama, saya salut ama kerjakeras agan memproduksi energi sendiri di rumah keren beut..
dulu saya pernah baca, dulu banget, mungkin tahun 90an atau 2000an awal, baca di artikel majalah, kalau PLN punya ide bikin kampung pembangkit, dimana tiap rumah di kampung menghasilkan energi (solar/mikro hidro/ dll) dan kelebihannya dapat dijual ke PLN melalui jaringannya.. meteran dapat berfungsi sebagai pengukur listrik yg dijual..
itu dulu, sekarang mungkin konsepnya udah gak laku gan
waduh harus segera dibereskan nih gan. coba negosiasi dengan pln sapa tau dapat kompensasi emoticon-Shakehand2
Akhirnya dibikin PP nya bro, selamat emoticon-shakehand

http://finance.detik.com/read/2015/0...ln-ini-caranya
salam
ini terjadi juga di tempat saya bekerja,pabrik saya memiliki mesin yang proses start stop nya dalam waktu cepat. Ketika mesin ini hidup, utility power plant saya akan semua digunakan oleh pabrik kami, namun saat mesin ini mati kelebihan litrik akan dibuang ke PLN. dan itu hitungan nya MW bukan lagi KW. Dan Pln tidak membayar sepeser pun untuk listik yang kami berikan tersebut apalagi untuk mengurangi tagihan kami kalau menggunakan listrik PLN, padahal kalo udah MW watt itu sama aja power listrik untuk 1 provinsi haha... emoticon-Ngakak (S)
kenapa PLN tidak mau membayar untuk kelebihan energy yang kita kirimkan ke mereka, alasan yang saya tangkap dari bos saya bilang :
1. PLN memiliki jaringan nya sendiri untuk memenuhi kebutuhan listrik interkoneksi JAWA BALI dan untuk jaringan lain, dan dia gak butuh bantuan listrik dari pembangkit independent lain yang tidak terdaftar dalam list suplier PLN. jadi kalau anda mau jual kelebihan listrik anda, intinya PLN gak mau beli karena dia gak butuh.

2. Alasan berikutnya adalah, yang paling butuh siapa dalam kasus ini. Kalo menurut saya yang paling dibutuhkan adalah PLN, dan yang paling membutuhkan adalah anda sebagai pengguna solar energi atau pabrik kami (kalau dalam kasus kami). Logikanya begini, kalau misal grid tie tidak dipasang. Apakah sistem solar energy anda bisa dijalankan tanpa masalah. Kalau di pabrik kami jawabnya tidak bisa, bila terjadi perubahan beban terlalu besar saat mesin mati terjadi berulang ulang maka Turbin di pembangkit kami akan rusak, jadi Listrik yang harus kami hasilkan harus stabil, kalo harus stabil maka kemana kami harus membuang kelebihan listrik kami yang MW itu kalo gak ke PLN.

3. Alasan ketiga yah mau gimana lagi, PLN kan perusahaan monopoli yang mengatur distribusi dan produksi listrik di Indonesia, yah mau gimana lagi. Intinya pengusaha gak mau rugi emoticon-Ngakak (S)

paling solusinya gak usah di grid tie aja, bikin masing masing aja, saat solar energynya bisa kasih listrik yang PLN di cut, saat malam hari PLN nya dimasukin solar energynya gi cut.. ^_^!! entah bisa atau enggak soalnya ilmu saya gak sanggup sampek sana emoticon-Ngakak (S)

sekedar share ya ^_^

moga moga peraturan menteri ESDM di postingan di atas bisa segera berlaku dah, biar bisa buka usaha jualan listrik sendiri hahaha
Waduh paraaah juga
jangan2 ini rumah agan TS sudah jualan listrik
m.detik.com/finance/read/2015/05/06/130740/2907294/1034/
Seharus nya pihak pln harus menerap kan system GTI ini karena di musim panas debed air kurang jadi pemanpaatan energy air tidak episien bermbas suplai energi dari padang menipis jd dengan adanya sitem GTI ini penghematan energy di musim panas bisa lebih efisien,karena di musim panas solar cell banyak mendapatkan energy,,
Pak Tony,
Saya tertarik dengan system grid tie ini. Saya ada beberapa pertanyaan teknis mengenai ini.
Apakah grid tie inverter bisa difungsikan sebagai off grid inverter ?
Karena saat ini saya masih menggunakan meteran lama yang memungkinkan penerapan grid tie, tapi jika suatu saat meteran saya diganti PLN yang tidak bisa mundur saya bisa switch ke off grid dan cut dengan PLN tanpa mengganti inverter. Hanya invest di batery dan charging controller.
Saya sempat mendengar berita kalau presiden Jokowi tengah menggalakan sistem ini. apakah teman2 di sini ada info mengenai kebijakan meteran dari PLN yang baru terkait kebijakan dari pak presiden ?
trims before Pak Tony...
Gugat gan, demi kepentingan maslahat bisa!!
coba kontak ini -->
youtube-thumbnail
&index=7&list=PLFc-FULw_9tNS-GQNs3YxLn12Gs28CPal
di video tsb udah ada yang pasang meteran listrik yang support Sistem Grid-Tie.(Grid Tie Inverter atau GTI) .. nama meteran listrik --> KWH Meter Exim
penampakan meteran listrik yang bisa disambungkan dengan panel surya melalui Sistem Grid-Tie ..

Keganasan PLN mengakali meteran, memeras rakyat dan anti green energy

cara mendapatkannya, silahkan hubungi kantor pln terdekat ..
setau ane PLN gak pake grid-tie emoticon-Bingung (S)
Pencerahan Gan

https://janaloka.com/net-metering /emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:
waaa gua udah kepikiran konsep tentang produksi listrik secara independen dan akhirnya nemu nih thread !
makasih om te es dan segenap kaskuser lain yang menyundul inih thread !

keren juga tuh ye alat portable pemantau listriknya , tapi mesti kudu ada solar system-nya dulu ya?
biar pelanggan pln dapet mesin pemantau aliran listrik, prosedur yang dibutuhin apa aja sih? apa kwh rumahnya mesti yang skala perusahaan? yang butuh daya besar?
mohon pencerahan bagi agan2 yg uda pengalaman make itu alat remote/monitor listrik-nya. featurenya ada apa aja di alat tsb..

ane kepikiran mau bikin alat dimana listrik(PLN) bisa diremote and monitor oleh user via device,
entah itu desktop, notebook atau mobile tapi kagak nemu2 jalannya (curcol)..

bisa kagak sih gan semisal listrik dirumah saya pribadi, saya tambah sensor gitu pada input dari meteran ke rumah?
apakah ada pasal yang mengatur tentang itu? kalo ada di pasal berapa, ayat berapa..

Quote:mulustrasi:

pln === blablabla === tiang listrik == meteran == sensor == output

ane lulusan TI gan emoticon-Malu (S)

http://jateng.tribunnews.com/2016/01...kwh-meter-exim

Kita harus mengajukan permohonan penggantian meter ke pln, baru pln akan pasang meter exim
Bukannya udah bisa gan sekarang? harus mengajukan permohonan ke PLN..
Quote:Original Posted By dodolBenjol
Pak Tony,
Saya tertarik dengan system grid tie ini. Saya ada beberapa pertanyaan teknis mengenai ini.
Apakah grid tie inverter bisa difungsikan sebagai off grid inverter ?
Karena saat ini saya masih menggunakan meteran lama yang memungkinkan penerapan grid tie, tapi jika suatu saat meteran saya diganti PLN yang tidak bisa mundur saya bisa switch ke off grid dan cut dengan PLN tanpa mengganti inverter. Hanya invest di batery dan charging controller.
Saya sempat mendengar berita kalau presiden Jokowi tengah menggalakan sistem ini. apakah teman2 di sini ada info mengenai kebijakan meteran dari PLN yang baru terkait kebijakan dari pak presiden ?
trims before Pak Tony...


Ya ampun, lama tidak aktif di forum Sains dan Teknologi, ternyata ada pertanyaan dari Agustus lalu.

Grid-tie inverter tidak bisa difungsikan sebagai off-grid inverter. Ini karena alasan keamanan. Jika listrik dari PLN putus, grid-tie inverter dengan sengaja akan ikut putus agar listrik dari panel surya anda tidak mengalir ke tetangga-tetangga. Selain jumlahnya kemungkinan tidak cukup dan merusak alat elektronik tetangga, aliran listrik dari rumah anda bisa membahayakan petugas PLN yang sedang memperbaiki.

Nah, ada memang grid-tie inverter yang hybrid. Yang jika PLN putus maka dia otomatis memutuskan sambungan ke PLN dan ganti mengambil listrik dari aki sedangkan panel surya sendiri mengisi aki. Lalu kalau PLN nyala lagi dia bisa deteksi dan balik lagi nyambung ke PLN. Grid-tie inverter yang hybrid ini bakal lumayan mahal. Saya tidak ingat berapa harga pastinya, tapi dulu saya cek puluhan juta deh. Tapi grid-tie inverter yang biasa tidak bisa dipakai buat hybrid. Switchnya tidak ada. Atau kalau mau, beli grid-tie inverter dan off-grid inverter, lalu kabelnya dibuat dua sirkuit listrik lalu diberi switch seperti switch genset. Jadi kalau mau nyambung PLN, switchnya ke grid-tie inverter, tapi kalau mau off-grid switchnya ke off-grid inverter dan aki. Dengan demikian kalau PLN mati, ya prinsipnya sama lah kayak nyalain genset.

Syukurnya, seperti yang anda lihat sekarang, PLN sudah mulai memberikan meteran khusus buat "jual listrik". Saya sendiri belum tahu administrasinya bagaimana, tapi seperti yang bisa dilihat dari foto, meterannya secara fisik sudah ada dan sudah mulai ada beberapa yang memakai, cuma saya belum tahu bagaimana cara daftarnya dan bagaimana hitungan jual-belinya.

TRIT KEREN

ijin ndeprok emoticon-Thinking