alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53849df16b07e723798b46a9/13-tips-pengen-tidur-nyenyak
icon-hot-thread
13 Tips Pengen Tidur Nyenyak
13 Tips Pengen Tidur Nyenyak

Quote:
HT#04 (28 MEI 2014)
Spoiler for Hot Thread:



Quote:
Terima Kasih Cendol dan Abu Gosoknya
Spoiler for Cendol & Abu Gosok:





13 Tips Pengen Tidur Nyenyak

Tidak setiap orang bisa mengalami kualitas tidur yang baik. Simak 13 saran berikut agar Anda bisa tidur nyenyak, sehingga segar dan bugar ketika bangun.


Quote:
13 Tips Pengen Tidur Nyenyak
1. Temukan kedamaian dan ketenangan pada saat menjelang waktu tidur
Untuk bisa tidur cepat dan nyenyak sepanjang malam, ternyata tubuh memerlukan persiapan. Bagaimana bisa tidur enak kalau tubuh dan pikiran tidak dipersiapkan untuk itu? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan suasana damai dan tenang. Tinggalkan masalah yang membebani Anda hari itu. Ringankan pikiran dan tubuh dengan aktivitas yang menyenangkan.
Spoiler for 1:



Quote:
13 Tips Pengen Tidur Nyenyak
2. Buatlah ritual menjelang tidur
Ritual ini diperlukan untuk memberi sinyal kepada tubuh bahwa saat inii adalah waktunya tidur. Tentu ritualnya terserah Anda. Misalnya, pada jam tertentu Anda mengunci semua pintu, mematikan lampu, membersihkan diri di kamar mandi, memakai krim malam, gantu baju, lalu naik ke tempat tidur. Jika ritual ini dilakukan setiap hari, tubuh akan mengerti kapan harus tidur.


Quote:
13 Tips Pengen Tidur Nyenyak
3. Jangan berangkat tidur saat marah
Kalau berangkat tidur masih marah, percayalah, di tempat tidur Anda akan memikirkan argumentasi dan strategi melakukan serangan balik. Terlalu sering orang menjadikan tempat tidur sebagai arena menyelesaikan masalah. Padahal, tempat tidur mestinya dijadikan tempat untuk merasakan kedamaian dan ketenangan.



Quote:
13 Tips Pengen Tidur Nyenyak
4. Jangan mencemaskan soal tidur
Mencemaskan soal tidur sama sekali tidak produktif bahkan hanya menghasilkan lebih banyak stres, kegelisahan dan insomnia.


Quote:
13 Tips Pengen Tidur Nyenyak
5. Jangan paksakan diri untuk tidur
Banyak orang suka memaksakan diri supaya bisa tidur karena keesokan harinya akan melakukan sesuatu yang penting. "Saya harus tidur, saya harus tidur," kalimat yang diucapkan berkali-kali di dalam hati itu bukannya membuat mengantuk dan tertidur. Semakin keras dia berusaha, malah makin sulit. Cobalah untuk melakukan saran nomor 1: rileks!


Quote:
13 Tips Pengen Tidur Nyenyak
6. Tundalah penundaan!
Pada umumnya kita suka menunda pekerjaan dengan moto: "Kalau bisa besok, mengapa harus dikerjakan hari ini." Akibatnya sebagian orang menjadi sulit atau tidak nyenyak tidur karena pikiran masih tertinggal di pekerjaan, memang dibutuhkan disiplin.

Buatlah dafta apa yang harus diselesaikan hari itu, jangan lupa mengatur waktunya.
Selesaikan apa yang telah Anda mulai. Meninggalkan pekerjaan setengah jadi bisa menyulitkan Anda untuk rileks sebelum tidur. Kadang juga membuat malas untuk menyelesaikan pada keesokan harinya. Peganglah janji untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Buatlah jadwal dan tepatilah apa yang telah Anda rencanakan.


Quote:
13 Tips Pengen Tidur Nyenyak
7. Jangan terobsesi tentang mimpi
Mimpi memang kontroversial. Ada ilmuwan menganggap mimpi merupakan ungkapan bawah sadar. Yang lain hanya menganggap mimpi sebagai pikiran acak yang masuk ke dalam otak dan tidak memiliki arti. Karena itu, mengenalisis arti mimpi sama sekali tidak ada gunanya. Yang jelas, mengalami mimpi dan bisa mengingat merupakan pertanda tidur kita tidak nyenyak.


Quote:
13 Tips Pengen Tidur Nyenyak
8. Berlatihlah olahraga lebih awal
Olahraga memamg perlu tapi jika itu dilakukan dekat-dekat waktu tidur akan membuat Anda tidak bisa beristirahat dengan enak. Olahraga bukan hanya membuat kita merasa lelah, tapi organ-organ tubuh seperti otak,jantung dan lain-lain akan terstimulasi menjadi aktif, sehingga membutuhkan waktu untuk pendinginan. Lakukan latihan lebih awal, kalau bisa pagi hari, 30-45 menit 3-4 kali seminggu.


Quote:
13 Tips Pengen Tidur Nyenyak
9. Hati-hati dengan kefein
Kafein yang terdapat di dalam kopi dan teh hitam memang lazim kita minum pada pagi atau sore hari. Bahkan karena berpendapat bahwa kopi tidak berpengaruh apap pun, kadang orang minum kopi pada waktu menjelang tidur. Padahal, ada efek yang tidak disadari, yaitu menjadi letih saat bangun tidur. Celakanya, oranhg lantas mencoba menghilangkan rasa lelah, letih dan kurang segar itu dengan minum kopi. Ini tak lebih dari lingkaran setan yang mencelakakan. Jangan minum kafein setidaknya enam jam sebelum waktu tidur. Jangan pula meremehkan kefein pada produk lain seperti minuman ringan, penambah ebergi, dan sebagainya.



Quote:
13 Tips Pengen Tidur Nyenyak
10. Makan cemilan, sebelum tidur
Makan terlalu kenyang, kalau tidak membuat sulit tidur malah membikin ngantuk. Namun, berangkat tidur dalam keadaan perut lapar juga tidak baik karena membuat sulit atau tidak nyenyak tidur. Riset membuktikan makan cepat dan ringan sebelumnya bisa membuat tidur lebih nyenyak. Lakukan sekitar 30 menit sebelum tidur, tapi jangan di atas tempat tidur. Hindari makanan yang mengandung MSG dan kafein.


Quote:
13 Tips Pengen Tidur Nyenyak
11. Jangan merokok
Merokok bukan hanya akan mengganggu keseahtan, tapi juga membuat Anda terjaga. Riset menunjukkan perokok berat memiliki risiko lebih tinggi memgalami insomnia dibanding bukan perokok.


Quote:
13 Tips Pengen Tidur Nyenyak
12. Jangan minum lalu tidur
Ada kalanya minuman beralkohol membantu orang untuk tidur. Namun, alkohol akan membuat mereka terjaga pada tengah malam, menambah porsi minum, dan pada akhirnya menuai berbagai penyakit termasuk terganggunya pernapasan. Jangan memilih minuman beralkohol untuk pengantar tidur. Pilihlah teknik rileksasi lain.


Quote:
13 Tips Pengen Tidur Nyenyak
13. Berjalan kakilah pada pagi hari
Anda mungkin tidak memiliki kesulitan untuk tidur nyenyak. Namun, mungkin Anda belum tahu bahwa jalan kaki pada pagihari bisa membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Mengapa? Ini merupakan rangkaian pembentukan jam biologis Anda. Seperti halnya ritual menjelang tidur, jalan kaki, atau naik sepeda bisa membentuk ritme tubuh kapan harus tidur dan bangun.


Sumber Artikel & Ilustrasi Gambar (Google+Editing Saya)

Quote:
13 Tips Pengen Tidur Nyenyak

Cowok Merasa 7 Hal Ini Keren, Cewek Menganggapnya Cemen HT#01
Omelan-Omelan Ibu yang Pasti Pernah Kamu Dengar HT#02
Penyebab Balikan Sama Mantan HT#03
13 Tips Pengen Tidur Nyenyak HT#04
Jangan Percaya Sama Cowok HT#05
Nggak Selamanya FASHION ITU Mencerminkan Gaya Hidup Seseorang HT#06
Jurus Jitu Memilih JurusanHT#07
Ini Alasan Kenapa Seseorang Gak Mau PacaranHT#08
Pemicu Rusaknya Hubungan Di Era Per-GADGET-An !HT#09
Gak Perlu Pake Cara Picik Buat Jadi Artis TerkenalHT#10
Fisik Vs Digital (Format Musik Masa Ke Masa)HT#11
Ngambil Rapot Kok Malah Repot !HT#12
Cinta Tapi Beda (Tuhan nyiptain CINTA, Biar yang beda bisa tetep NYATU)HT#13
Cara Cerdas Ajarkan Puasa Pada AnakHT#14
Daur Ulang Kreatif, Unik, MenarikHT#15
[URL="[URL="http://kask.us/hHF5M"]Ragam Pekerjaan Yang Tergerus Zaman[/URL]
Gadis Cantik Ini Menampakkan Dirinya 'Melayang' Di Berbagai Negara
Kebiasaan Buruk Orang Indonesia Saat Menggunakan Transportasi Umum
Ayah, Cinta Kasihmu Tetap Dihati

HOT Fitur - Fitur Yang Sempet Di Ilangin Di "New Kaskus" HOT

Thread Yang Lainnya

Tambahn Tips Agan-Agan Ada Bijak Ada Ngakak

Spoiler for Tips Agan-Agan:
Pertamax kah
nice trit gan....coba ah sekarang...emoticon-Ngacir

moga HT
Ada lagi gan obat alami biar bs tidur nyenyak, yg uda suami istri obat tidur nyenyak alami adalah bercinta...
pernah sy baca gtu gan...
nice thread gan emoticon-Jempol
nambahin gan..

jangan buka kaskus kalo mau tidur..

emoticon-Cool
udah ane lakuin semua dari dulu gan emoticon-Malu (S)
Mandi sebelum tidur bikin nyenyak emoticon-Big Grin
cobain dulu ah emoticon-Ngacir
baca doa sebelum tidur juga gan supaya tambah nyenyak emoticon-Big Grin
nice info, ane bantu emoticon-Rate 5 Star aja ya
cobain dah sekarang emoticon-Matabelo
Kalo ane sih makan dulu ganemoticon-Hammer
kalo uda kenyang baru tiduremoticon-EEK!
emoticon-rose
Quote:Original Posted By naurusap
Pertamax kah


gagal pertamax gan .. wkwkwkw...
Quote:Original Posted By dandelicai
nice trit gan....coba ah sekarang...emoticon-Ngacir

moga HT


Amiinn moga jadi HT #04...
Bantu emoticon-Rate 5 Star sekalian gann....
Quote:Original Posted By 03agoenk
Ada lagi gan obat alami biar bs tidur nyenyak, yg uda suami istri obat tidur nyenyak alami adalah bercinta...
pernah sy baca gtu gan...
nice thread gan emoticon-Jempol


ane belum nikah gan.. apalagi kimpoin... emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By cloudyvinz
baca doa sebelum tidur juga gan supaya tambah nyenyak emoticon-Big Grin
nice info, ane bantu emoticon-Rate 5 Star aja ya


doa emang yg paling utama...
Quote:Original Posted By stresskerss.
Kalo ane sih makan dulu ganemoticon-Hammer
kalo uda kenyang baru tiduremoticon-EEK!
emoticon-rose


kagak baekk gan, kaya singa..
Wow nice tips gan emoticon-Big Grin
paling enak baca buku sebelum tidur, dijamin puless emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By BaisCity
paling enak baca buku sebelum tidur, dijamin puless emoticon-Big Grin


selain tidur nyenyak, dapet ilmu pula... nice share..
×