alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
Stay Hungry, Stay Foolish, are U ??
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5376f2d28607e7255a8b45e0/stay-hungry-stay-foolish-are-u

Stay Hungry, Stay Foolish, are U ??

Stay Hungry, Stay Foolish, are U ??


Melihat tulisan saya semalam ( http://www.kaskus.co.id/thread/53765...-entrepreneur/ ), sepertinya bakal semakin banyak yang bakal menyalahkan pembicara di seminar. Karena itu saya akan coba menjelaskan lebih lanjut di sini. emoticon-Big Grin

Mungkin kebanyakan dari Anda adalah "seminar-hater", dan memiliki segudang anggapan buruk tentang seminar2 Kewirausahaan maupun seminar Motivasi. Saya juga yakin, kebanyakan dari Anda sinis dengan pembicara seminar yang bisnisnya hanya seminar itu sendiri, dan sebenarnya bukan merupakan praktisi bisnis, melainkan hanya sebagai pengamat yang sharing mengenai pengamatannya, dan bukan sharing mengenai pengalamannya sendiri.

Kebanyakan dari Anda, sangat mengharapkan yang mesti bicara di depan adalah seorang Chairul Tanjung, Sandiaga Uno, atau Sudhamek (GarudaFood).

Namun pertanyaan saya adalah : siapakah Anda ? Apakah Anda memang betul2 siap mendengar apa yang dibicarakan mereka ? Apakah topik yang mereka bawakan bisa Anda cerna ?

Baru-baru ini, saya melihat Pak Sandiaga Uno berbicara di depan panggung. Luar biasa, beliau membagikan hal-hal yang sangat berguna untuk para pengusaha. Bagi saya, kata2 beliau di depan sudah seperti batu permata yang dibagikan secara gratis. Namun saya melihat, sepertinya tidak begitu hal-nya untuk kebanyakan peserta. Melihat pertanyaan-pertanyaan yang dilayangkan sesudah acara, saya melihat ternyata tidak banyak yang bisa menangkap apa yang dibicarakan seorang Pak Sandi.

Di sana saya menyadari satu hal, ternyata dalam berwirausaha pun ada level2nya. Saya yang 3 tahun yang lalu, mungkin lebih terkagum2 lagi dengan Pak Sandi, namun apa yang beliau bicarakan paling2 saya hanya bisa mengerti 10%nya. Beda dengan kemarin, yang dimana 70-80% yang beliau bicarakan saya bisa mengerti maksudnya.

Nah, pertanyaaannya, sekarang Anda sedang berada di level mana ? Apakah Anda layak sombong dan mengatakan bahwa "Saya tidak suka pembicara yang bukan praktisi".

Maaf ya bro2 sekalian, FYI, dari dulu sampai sekarang, saya pun masih mendengarkan motivasi2 dan tips2 dari pembicara yang bukan praktisi. Dan sebagai Entrepreneur, kita itu dituntut untuk STAY HUNGRY, STAY FOOLISH, alias bisa belajar dari hal apapun, dimanapun, dan siapapun.

Lagipula, memang berapa banyak praktisi yang mau sharing tentang bisnisnya di depan panggung ? Dan seandainya mau, berapa banyak yang bisa menyampaikan pengalamannya dengan bagus sekelas Pak Sandi ?

SEMESTINYA Anda bersyukur atas kehadiran pembicara2 yang bukan praktisi, yang bisa menceritakan pengalaman orang lain kepada Anda. Karena, to be honest, kalau bisnis Anda masih startup (alias masih usaha mikro - kecil), yang lebih Anda butuhkan adalah pembicara2 yang bukan praktisi tersebut, yang lebih memberikan motivasi2 dan cara untuk memperbaiki habit Anda terlebih dahulu.

Di saat bisnis Anda sudah level menengah (Omzet 300 juta - 4.2 M per bulan - which is dari survei 2012 hanya baru 48 ribu entrepreneur yang berada di level ini di Indonesia) , mungkin barulah Anda bisa lebih mengerti hal2 yang dibagikan para pebisnis2 besar.

Intinya, saya bukanlah me-recommend Anda untuk datang ke seminar2 wirausaha. Namun jadilah pribadi yang rendah hati, dan siap belajar dari manapun, dan siapapun. Semestinya kita beruntung dengan hadirnya para motivator, karena mereka perannya seperti layaknya supermarket / minimarket yang menjual produk retail.

Saat Anda ingin membeli mie instant, kopi, biscuit, atau sikat gigi, apakah Anda mau jauh2 pergi ke pabriknya langsung ? Dengan kehadiran supermarket / minimarket di sekitar Anda, lebih enak dan praktis bukan, walau harganya PASTI lebih mahal daripada Anda beli langsung di pabrik. Pahamilah hal tersebut, para motivator ini menyaring berbagai pengalaman orang lain, merangkumnya menjadi tips2 khusus, lalu menjualnya pada kita2 yang membutuhkan. Dan seperti layaknya produk lain, jikalau tidak suka, ya tidak perlu dibeli.

Lalu bagaimana dengan motivator2 yang menyarankan Anda berhutang sebanyak2nya, lalu ia sendiri pun terlilit hutang sekarang ? To be honest, saya pun dulu ikut seminarnya, dan SAYA MERASA TERBANTU, walau saya sama sekali tidak menuruti sarannya soal hutang ini.

Datang ke Seminar Kewirausahaan atau Motivasi itu ibaratnya seperti Anda makan buah durian. Sebagai manusia yang pintar, tentunya Anda mengerti kan bahwa makan durian itu Anda mesti belah dulu kulitnya, keluarkan buahnya, dan makan dagingnya yang manis TANPA ditelan bijinya. Nah datang ke seminar pun sama saja, jangan telan mentah2 apa kata pembicaranya, olah dulu setiap hal yang disampaikan oleh si pembicara, cocokkan dulu dengan keadaan Anda saat ini, dan buanglah segala hal yang kurang bagus dari pembicara tersebut. Karena even buah jeruk yang lunak, toh tetap saja Anda mengunyahnya dulu, sebelum Anda menelannya kan ?

So, marilah kita belajar dari almarhum Steve Jobs, yang dimana saat sudah sangat sukses pun tetap "Stay Hungry, Stay Foolish". Dan siapakah kita dibandingkan dirinya, masih bersikap sombong dan tidak mau belajar.

Salam Sukses emoticon-Angkat Beer




Spoiler for My Business:


Spoiler for My Writings:


*Saya bukanlah seorang motivator, bukan juga speaker di seminar-seminar. Saya adalah seorang Entrepreneur murni yang betul-betul bertumbuh dari minus, dan merasakan perjuangan berat sampai bisa jadi seperti saat ini. So, apa yang saya bagikan adalah berdasarkan pengalaman Bisnis yang saya miliki, juga hasil pengamatan saya terhadap bisnis2 lainnya. Enjoy ! emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh [Shadow]LenZ
Halaman 1 dari 3
~ reserved ~
Bantu Up broo...

Bener bro. Bahkan ada kalimat "Hidup sampai mati, belajar sampai mati" itu artinya hiidup selalu berubah dah butuh pembelajaran banyak.

Dijaman sekarang ini perubahan seperti kedipan mata. Internet mewabah dan orang sekitar kita semakin maju.

Kita berdiam diri, tetapi disekitar kita ingin berlari
Mereka mengetahui apa yang kita ketahui
Mereka ingin apa yang kita inginkan.

Btw bro. Kalo boleh tau. Kapan si sandiaga Uno ada pertemuan ya bro.

Salam dari Agus Salim.
Quote:


Kmaren bro, waktu Pesta Wirausaha TDA emoticon-Big Grin
jejakin kaki dulu sambil meresapi ya mod

mengingatkan ane untuk keep hungry keep foolish

Quote:


thanks sharingnya @lenz , membuat ane teringat ada target yang dicapai
berubah dari dulu mikro (omset jutaan) ke kecil sekarang (puluhan juta)
ke step berikutnya menengah omset ratusan juta. semoga bisa tercapai dalam waktu 1 tahun kedepan.
bukan jalan yang mudah pastinya.

Quote:


mengambil dan mengadatasi apa yang diterima untuk usaha kita.
jujur ane tidak suka yang menyarankan hutang sebesar besarnya, apa lagi untuk yang baru usaha. namun tetap input ane terima dan apa yang ane aplikasikan ke usaha ane, ane terapkan.

Quote:


dulu ane pernah melihat orang yang punya rumah besar pakai mobil lumayan bagus, namun mau belajar dari penjual ayam bakar dipinggir jalan. dan berpikir ngapain pak udah sukses belajar sama orang yang belum sukses?
bertahun kemudian ane sadar bapak tsb hebat, dia belajar gratis dari penjual ayam bakar dan buat restoran ayam bakar.


Quote:


@lenz kalo ane boleh post pake link my business juga kah?
atau khusus yang baut thread bagus?

terima kasih sebelum dan sesudahnya.
Diubah oleh maxsienak
Mantap Ko, semoga setelah membaca tulisan kok semakin banyak orang yang tidak bilang "jualan tiket" lagi emoticon-Smilie

Sometimes orang nuntut harus yang wah wah wah, tetapi pas ditanya mereka ora mudeng dengan yang disampaikan pembicaranya emoticon-Big Grin
setuju ky thread pesta wirausaha TDA pejwan sudah ada haters nya emoticon-Big Grin
ada juga motivator yg punya budget khusus tiap tahun tuk ikut seminar/workshop artinya dia tetep belajar / upgrade kompetensi

tp kmrn ane sempet ikut seminar mayan mahal mnrt ane
waktunya dikit, materi cukup banyak jd bicaranya cepet bgt.
lg nyatet ketinggalan materi, ud pasang recorder ehh memory penuh emoticon-Big Grin ga dpt hardcopy lagi emoticon-Cape d... (S)
Setuju banget sama yang iniiiii....
Memang top mastah satu iniemoticon-Big Grin

Terima kasih mastah atas pencerahannya emoticon-Big Grin
Mungkin kemarin agan ikut acara Pesta Wirausaha ya gan, soalnya ane jg ikut di seminar Pak Sandiaga S. Uno jg dan ane sendiri masih di level pemula yang masih butuh sharing-sharing atau masukan dari orang2 yang uda punya pengalaman, setuju banget sama nih gan kita memang harus banyak belajar meskipun uda di atas juga.
Stay HUNGRY stay FOOLISH sama spt ilmu padi yang semakin tinggi atau berisi maka padinya akan menunduk, bener bgt emoticon-Cendol (S)



Salam sukses gan.


Spoiler for About Me:

Diubah oleh sisea
nice share gan. emoticon-Cendol (S)

memang benar kalo kita sudah merasa pintar,
maka kita merasa tidak perlu belajar lagi.

biarlah kita dengan rendah hati merasa "bodoh" sehingga kita tetap tekun untuk belajar.

nice banget gan infonya emoticon-Matabelo
bener banget Gan, hidup itu penuh dengan flexibility dan berbagai macam kemungkinan. Kadangkala orang terbelenggu dengan mindset nya sendiri dan sering tidak siap dengan perubahan yang ada di aktual kehidupan berbisbisnya..
bener banget gan.. stay hungry, stay foolish..
smeentara ane belajar mendengar dan membaca, jadi mohon maaf jika banyak postingan agan belum bisa ane cernaemoticon-Malu (S)
Ud mau akhir taun nich...yuk waktunya review akhir tahun dan merencanakan Action Plan tahun depan emoticon-Angkat Beer
omongan orang ky gini yang sealiran sama ane!!
setuju banget sama agan yang satu ini deh....:sup
Desain web nya atraktif, tapi nama domainnya sulit dibaca dan diingat bro (:
but sukses dah usaha lo... emoticon-Jempol
KEREN TEMPATNYA
ya bner, kata2 steve job ini memang singkat pdat dan mngena bgt

org2 slalu bergerak maju, jadi jika kita puas diri dan stuck di comfort zone dgn otomatis kita akan tertinggal

stay hungry, stay foolish
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di